Masjid Agung Bangkalan, Salah Satu Masjid Terbesar dan Tertua di Bangkalan Madura

Terdapat banyak lokasi di Madura yang memiliki corak Agama Islam yang bisa dikunjungi oleh wisatawan Muslim. Yang paling populer dan ramai dikunjungi adalah Masjid Agung Bangkalan. Salah satu masjid bersejarah, tertua dan terbesar yang terletak di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura Jawa Timur.

masjid agung bangkalan
masjid agung bangkalan. google maps. sumber : Dodi Andi

Masjid ini memiliki nama resmi Masjid Agung Sultan Kadirun Bangkalan. Merupakan salah satu warisan sejarah kerajaan Islam yang pernah berdiri di Madura. Masjid ini menjadi salah satu ikon utama dan juga pusat kegiatan keagamaan di Bangkalan.

Masjid Agung Bangkalan di bangun pada 1819, sehingga menjadi salah satu masjid tertua di Madura. Dengan luas 11.527 meter persegi, masjid ini mampu menampung hingga 5000 jemaah. Masjid Agung Bangkalan juga memiliki peran penting dalam pendidikan agama di daerah tersebut. Di sekitar masjid terdapat lembaga pendidikan Islam. Seperti madrasah dan pesantren, yang memberikan pendidikan agama kepada masyarakat setempat.

Keunikan masjid Bangkalan ini adalah bentuk atapnya yang tidak berbentuk kubah. Melainkan atap rumah tradisional Jawa. Selain beribadah, wisatawan yang berkunjung juga dapat menyaksikan arsitektur masjid yang dipenuhi dengan ukiran seni. Arsitektur Masjid Agung Bangkalan dikenal dengan seni bercorak khas Jawa Timur.

Alamat Masjid Agung Bangkalan

  • Jalan Sultan R Jl. Sultan Abd. Kadirun No.5, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69115.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Tidak dipungut biaya.

Rute ke Masjid Agung Bangkalan

Masjid Agung Bangkalan letaknya berada di tengah kota, untuk menemukannya pun tidak sulit. Jika anda berangkat dari Surabaya, anda bisa langsung melalui jembatan Suramadu untuk sampai di pulau Madura. Kemudian langsung melanjutkan ke Kabupaten Bangkalan, di sana anda bisa dengan mudah menemukan Masjid Agung Bangkalan.

Transportasi

Masjid Agung Bangkalan ini terletak di tengah kota. Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Akses jalan yang dilalui sudah sangat baik selayaknya jalur perkotaan yang mudah untuk dilintasi semua jenis kendaraan.

Anda juga bisa memanfaatkan transportasi umum jika anda berangkat menggunakan feri. Dari pelabuhan Kamal, anda bisa naik angkutan umum untuk menuju ke Bangkalan dengan harga yang terjangkau.

Ada Apa di Masjid Agung Bangkalan

masjid agung bangkalan madura
masjid agung bangkalan madura. google maps. sumber : Aditya Andre

Masjid Agung Bangkalan adalah salah satu masjid terbesar dan tertua yang terletak di Kabupaten Bangkalan. Masjid ini merupakan salah satu ikon utama dan juga pusat kegiatan keagamaan di Bangkalan. Keberadaan Masjid Agung Bangkalan ini memiliki beragam fungsi selain hal-hal yang berkaitan dengan keagamaan. Mulai dari keperluan pendidikan sampai dengan wisata religi.

Arsitektur Masjid

Masjid Agung Bangkalan juga menjadi daya tarik wisata religi di Bangkalan. Wisatawan dapat mengagumi keindahan arsitektur masjid dan merasakan suasana spiritual yang khusyu di dalamnya.

arsitektur masjid agung bangkalan
arsitektur masjid agung bangkalan. google maps. sumber : Muhammad Iqbal

Arsitektur Masjid Agung Bangkalan dikenal dengan seni bercorak khas Jawa Timur. Pada bagian atap masjid terbuat dari genteng keramik merah. Sedangkan dindingnya dilapisi dengan keramik berwarna biru dan putih yang membentuk pola-pola geometris yang indah.

Kegiatan Keagamaan

masjid agung kabupaten bangkalan
masjid agung kabupaten bangkalan. google maps. sumber : Semut Hitam

Masjid Agung Bangkalan punya kapasitas yang cukup besar untuk menampung jamaah. Setelah beberapa kali renovasi, masjid ini dapat menampung sekitar 3.000 sampai 5.000 jamaah untuk melakukan ibadah.

Kapasitas Masjid Agung Bangkalan yang besar dan megah kerap menjadi pusat kegiatan keagamaan di Bangkalan. Di dalam masjid, terdapat beberapa ruangan. Ruang utama untuk salat jamaah dan ruangan tambahan lain seperti aula maupun ruang pertemuan untuk kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial.

Masjid Agung Bangkalan juga menjadi tempat pelaksanaan pengajian. Kegiatan tausiyah di acara-acara besar dalam kehidupan Muslim di Bangkalan. Masjid Agung Bangkalan memiliki peran penting dalam pendidikan agama di daerah tersebut. Di sekitar masjid terdapat lembaga pendidikan Islam. Seperti madrasah dan pesantren, yang memberikan pendidikan agama kepada masyarakat setempat.

foto di masjid agung bangkalan
foto di masjid agung bangkalan. google maps. sumber : ida suwito

Fasilitas Masjid Agung Bangkalan

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Masjid Agung Bangkalan.

  • Area parkir
  • Aula / ruang pertemuan
  • Kamar mandi dan lain-lain.

Hotel Sekitar Masjid Agung Bangkalan

Hotel, villa atau penginapan sekitar Masjid Agung Bangkalan.

  • ROSE HOTEL BANGKALAN
    Berjarak 140 meter dari Masjid Agung Bangkalan.
    Jl. HOS. Cokroaminoto No.21, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69115. (031) 30633670.
  • Hotel Ikhlas Beramal
    Berjarak 240 meter dari Masjid Agung Bangkalan.
    Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69115. (031) 30635622.
  • Hotel Ningrat
    Berjarak 1 km dari Masjid Agung Bangkalan.
    Jl. K. H. Moh. Kholil XII No.113, Kemayoran, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69116. (031) 3095388.
  • VELLDAN Syariah Guest House
    Berjarak 1,4 km dari Masjid Agung Bangkalan.
    JL K Lemah Duwur Gg VII No 2D, Kec. Bangkalan, Madura, Injing – Injing, Pejagan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69112. 0823-3812-3019.

Tempat Wisata Sekitar Masjid Agung Bangkalan

Tempat wisata lain sekitar Masjid Agung Bangkalan.

  • Museum Cakraningrat.
  • Mercusuar Sembilangan.

Video Masjid Agung Bangkalan

Video Masjid Agung Bangkalan berikut dikutip dari channel : Jurnal Masjid

Penutup

Masjid Agung Bangkalan menjadi salah satu masjid bersejarah, tertua dan terbesar yang terletak di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura Jawa Timur. Keberadaan Masjid Agung Bangkalan ini memiliki beragam fungsi selain hal-hal yang berkaitan dengan keagamaan. Mulai dari keperluan pendidikan sampai dengan wisata religi.