Mercusuar Sembilangan, Wisata Alam Bersejarah di Bangkalan

Menjadi salah bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih terawat dan berfungsi dengan baik. Mercusuar Bangkalan Jawa Timur tentunya menyimpan sejuta kisah menarik yang menjadi daya tariknya. Mercusuar Sembilangan ini menjadi tempat wisata ikon di Bangkalan Madura. Menyajikan spot pemandangan alam yang menawan diatas ketinggian.

mercusuar sembilangan
Mercusuar Sembilangan. google maps. sumber : fajar hengki wijaya

Mercusuar Sembilangan masih beroperasi sesuai fungsinya hingga saat ini. Dikelola oleh Departemen Perhubungan. Berfungsi untuk membantu kapal yang masuk ke Tanjung Perak. Memberi penerangan dan navigasi bagi kapal-kapal yang berlayar di selat Madura agar terhindar dari bebatuan atau wilayah laut yang dangkal.

Keindahan bangunan serta pemandangannya membuat tak pernah sepi pengunjung. Menjulang setinggi 78 meter dan didominasi warna putih bersih. Mercusuar Sembilangan merupakan peninggalan kolonial Belanda. Dibangun pada 1879, tepatnya pada pemerintahan Z.M. Willem III.

Alamat Mercusuar Sembilangan

  • Jalan Sembilangan, Socah, Slempit, Pernajuh, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, 69161.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 09.00 WIB – 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.5.000,-

Rute ke Mercusuar Sembilangan

Mercusuar Sembilangan berjarak sekitar 10 km dari Alun-alun Bangkalan. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 25 menit berkendara.

  • Rute dari Alun-alun Bangkalan : Ambil arah timur laut di Jl. Letnam Abdullah menuju Jl. Jend. A. Yani. Ambil Jl. KH. Mohamad Kholil ke Jl. KH. Moh. Kholil Gg. IX di Demangan. Ambil Jl. Sidingkap ke Jl. Mertajasah di Wr 02. Ambil Jl. Raya Kramat dan Jl. Sembilangan ke Jl. Mercusuar Sembilangan di Sembilangan. Belok kanan ke Jl. Mercusuar Sembilangan.

Transportasi

Untuk menuju lokasi Mercusuar Sembilangan dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, hingga bis pariwsiata sekalipun dapat sampai disini dengan mudah . Akses jalan yang dilalui sudah sangat baik. Jalur ini sudah bagus dan ramai sehingga nyaman untuk dilewati.

Ada Apa di Mercusuar Sembilangan

tempat wisata mercusuar sembilangan
tempat wisata mercusuar sembilangan. google maps. sumber : Hendry Widianto

Sampai saat ini Mercusuar tersebut masih befungsi sebagai navigasi kapal laut dibawah kendali Departemen Perhubungan. Tempat wisata bersejarah yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Menikmati keindahan alam dari ketinggian dan panorama sekitar Desa Sembilangan yang cukup mempesona.

Pemandangan Menawan dari Ketinggian

pemandangan alam dari atas mercusuar
pemandangan alam dari atas mercusuar. google maps. sumber :  SYAFI’I

Mercusuar ini terdiri dari 17 lantai, dimana lampu besar terdapat di tingkat tertingginya. Dengan menaiki tangga anda akan disajikan pemandangan yang sangat memukau. Ada jendela yang menghadap luar di setiap lantai. Kamu bisa berhenti dan menikmati pemandangan Selat Jawa dan sekitarnya dari ketinggian.

mercusuar sembilangan bangkalan
mercusuar sembilangan bangkalan. google maps. sumber : Heru

Tidak diperkenankan naik hingga puncak

Dulu pengunjung bisa menikmati pemandangan Bangkalan dengan melihatnya lewat puncak mercusuar ini. Tetapi saat ini kamu tidak diperkenankan untuk naik sampai ke puncak mercusuar. Navigasi yang dipakai di mercusuar ini sekarang sudah tidak lagi menggunakan peralatan manual yang sederhana. Namun sudah menggunakan teknologi yang canggih.

Karena navigasi ini diletakkan di puncak mercusuar. Maka untuk menghindari kerusakan yang terjadi para pengunjung tidak diperkenankan masuk dan naik hingga ke menara atau mercusuar ini. Pengunjung tetap boleh mengunjungi tempat ini dan menikmati keindahan mercusuar yang tinggi menjulang.

Menikmati Sunset

Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung. Kamu juga bisa menyaksikan langit sunset yang sangat indah dan menawan.

Hunting Foto

foto di mercusuar sembilangan
foto di mercusuar sembilangan. google maps. sumber : Iqbal Nurul
berswafoto di mercusuar sembilangan
berswafoto di mercusuar sembilangan. google maps. sumber : Hendry Widianto

Bagi anda yang hobi fotografi bisa mengabadikan alam sekitar. Moment seperti ini biasanya menjadi incaran pecinta fotografi landscape professional. Selain dari atas puncak moment fotografi bisa diambil saat sore hari ketika matahari mulai terbenam.

Fasilitas Mercusuar Sembilangan

Dari segi fasilitas dan sarana prasana, masih terbilang apa adanya dan belum lengkap seperti tempat wisata lain pada umumnya. Namun hal tersebut pastinya tak akan mengurangi keseruan anda selama berlibur ditempat ini.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung wisata dan lain-lain.

Hotel Sekitar Mercusuar Sembilangan

Hotel, villa atau penginapan sekitar Mercusuar Sembilangan.

  • Hotel Ningrat
    Berjarak 7,9 km dari Mercusuar Sembilangan.
    Jl. K. H. Moh. Kholil XII No.113, Kemayoran, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69116. (031) 3095388.
  • ROSE HOTEL BANGKALAN
    Berjarak 8,5 km dari Mercusuar Sembilangan.
    Jl. HOS. Cokroaminoto No.21, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69115. (031) 30633670.
  • Hotel Ikhlas Beramal
    Berjarak 8,5 km dari Mercusuar Sembilangan.
    Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69115. (031) 30635622.
  • VELLDAN Syariah Guest House
    Berjarak 9,9 km dari Mercusuar Sembilangan.
    JL K Lemah Duwur Gg VII No 2D, Kec. Bangkalan, Madura, Injing – Injing, Pejagan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69112. 0823-3812-3019.

Tempat Wisata Sekitar Mercusuar Sembilangan

Tempat wisata lain yang jarak dan lokasinya paling dekat dengan Mercusuar Sembilangan.

  • Museum Cakraningrat.

Video Mercusuar Sembilangan

Video Mercusuar Sembilangan berikut dikutip dari channel : MY VLOG 89

Penutup

Salah satu tempat wisata bersejarah di Bangkalan peninggalan kolonialisme Belanda. Hingga kini masih terawat dan berfungsi dengan baik. Mercusuar Bangkalan Jawa Timur tentunya menyimpan sejuta kisah menarik yang menjadi daya tariknya.

Mercusuar Sembilangan ini menjadi suatu tempat ikon Bangkalan Madura yang menawarkan spot pemandangan alam diatas ketinggian. Selain bangunannya terlihat kokoh dan indah, Mercusuar Sembilangan menyuguhkan pemandangan yang memukau.