Wisata Bukit Jaddhih, Wisata Fotogenik di Bangkalan Madura, Jawa Timur

Pegunungan kapur merupakan salah satu bentang alam Jawa Timur. Di Madura, pegunungan kapur ini dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam. Wisata Bukit Jaddhih di Kabupaten Bangkalan, Madura menjadi salah satu destinasi wisata fotogenik yang diminati banyak wisatawan.

wisata bukit jaddhih
wisata bukit jaddhih. google maps. sumber : Aqmar Yoeliati

Bukit Jaddih merupakan kawasan tambang kapur yang aktif. Lahan bekas tambang kapur yang disulap menjadi sebuah objek wisata. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah kawasan bukit yang indah seluas 500 hektare dengan kolam buatan serta pahatan di bukit kapur. Beberapa bagian dari bukit kapur ini sengaja dibentuk sedemikian rupa supaya memberi kesan indah.

Bukit Jaddhih memiliki pemandangan yang luar biasa. Bukit tambang kapur ini digali dan dibuka untuk menghadirkan pemandangan buatan yang menarik dan indah. Untuk menikmati pemandangan sekitar danau, tersedia rakit yang disewakan kepada para wisatawan.

Bukit Jaddih ini disebut-sebut mirip dengan Kapadokia, yaitu sebuah kawasan wisata populer di Turki. Warna kecokelatan pada bukit kapur Jaddih serupa dengan batu-batu bersejarah di kawasan Kapadokia. Kawasan Wisata Bukit Jaddih juga dikelilingi pepohonan yang memberi kesan sejuk pada kawasan wisata ini.

Alamat Wisata Bukit Jaddhih

  • Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 07.00 WIB – 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.10.000,- / orang.

Karcis pintu masuk Bukit Jaddhih

  • Bus Rp.80.000,-
  • Bus Mini Rp.50.000-
  • Elf Rp.30.000,-
  • Mobil Rp. 20.000,-
  • Motor Rp.10.000,-

Rute ke Wisata Bukit Jaddhih

Lokasi Wisata Bukit Jaddhih letaknya tidak terlalu jauh pusat kota. Berjarak sekitar 10 kilometer dari Alun-Alun Arek Bangkalan. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 25 menit berkendara.

  • Rute dari Alun-alun Bangkalan : Ambil Jl. Letnan Singosastro II dan Jl. KH. Moch Yasin ke Jl. Kamal – Kalianget/Jl. Raya Teuku Umar/Jl. Soekarno Hatta di Kemayoran. Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Kamal – Kalianget/Jl. Soekarno Hatta. Tetap di Jl. Raya Bilaporah hingga sampai ke tujuan Wisata Bukit Jaddhih.

Transportasi

Akses jalan menuju Wisata Bukit Jagghih ini terbilang mudah. Hampir semua moda transportasi bisa masuk ke lokasi ini, mulai dari motor, mobil, hingga ELF dan bus medium.

Ada Apa di Wisata Bukit Jaddhih

wisata bukit kapur jaddhih
wisata bukit kapur jaddhih. google maps. sumber : Berkah Abadi Satoto

Wisata Bukit Jaddih di Bangkalan Madura merupakan tambang kapur yang diubah menjadi tempat wisata dan layak untuk dikunjungi. Bukit Jaddih menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Bukit tambang kapur ini digali dan dibuka untuk menghadirkan pemandangan buatan yang indah. Uniknya, pertambangan ditempat ini masih berlangsung, sehingga ada pamandangan truk dan alat berat yang lalu lalang.

Menikmati Keindahan Alam

keindahan wisata bukit jaddhih
keindahan wisata bukit jaddhih. google maps. sumber : wahyu ridistia

Wisata Bukit Jaddhih menjadi salah satu objek wisata alam populer di Kabupaten Bangkalan, Madura. Keindahan alam di Bukit Jaddih bisa anda nikmati bersama keluarga di akhir pekan. Bukit Jaddih menawarkan panorama bukit kapur yang eksotis dan menawan. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam bukit Jaddih adalah pukul 8 dan 9 pagi.

Keindahan dan Keunikan Bukit Kapur

bukit kapur jaddhih bangkalan
bukit kapur jaddhih bangkalan. google maps. sumber :  Teddy Wiradinata

Pahatan dan ukiran unik di Bukit Jaddih berasal dari aktivitas penambangan kapur di masa lalu. Di Bukit Jaddih ditemukan gua-gua kecil sisa penambangan. Pahatan dan ukiran unik itu terdapat di bongkahan batu-batu besar maupun kecil. Bukit kapur ini memiliki dinding-dinding yang indah. Keindahan itu tercipta berkat kegiatan penambangan kapur yang dilakukan oleh para penambang. Dinding-dinding itu memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Beberapa bagian dari bukit kapur ini tampak berongga atau memiliki jendela. Ukuran rongganya beragam. Pengunjung bisa berfoto di antara rongga-rongga yang ada. Di Bukit Jaddhih juga ada tangga berundak yang dibentuk dengan menggali kapur. Tangga itu kini sudah dipasang pegangan sebagai pengaman. Tangga ini menjadi salah satu spot foro favorit pengunjung di Bukit Jaddih.

Kolam Renang

kolam renang di bukit jaddhih
kolam renang di bukit jaddhih. google maps. sumber : Fahrul Rizal

Kawasan Wisata Bukit Jaddih ada sebuah kolam renang bernama Goa Pote. Kolam ini berada di sebelah utara Bukit Jaddih. Uniknya, kolam ini terbentuk secara alami. Goa Pote ini berada di tengah-tengah bukit kapur yang mengelilinginya.

Masyarakat sekitar Desa Jaddih memberikan nama kolam ini dengan sebutan Aeng Goweh Pote yang berasal dari Bahasa Madura. Yang artinya Air Gua Putih, berada di antara bukit-bukit kapur putih. Air di kolam alami ini memang berwarna putih jernih.

Danau Buatan

danau di bukit jaddhih
danau di bukit jaddhih. google maps. sumber : Koento Birowo

Wisata Bukit Jaddih juga memiliki danau buatan dengan air berwarna hijau. Disini wisatawan dapat menikmati spot yang indah. Sebuah danau yang dikelilingi bukit kapur yang terpahat.

Untuk menikmati pemandangan sekitar danau, tersedia rakit yang disewakan kepada para wisatawan. Tidak perlu khawatir dengan kondisi danau, kedalaman danau ini hanya sekitar 70 cm.

Hunting Foto

hunting foto di bukit jaddhih
hunting foto di bukit jaddhih. google maps. sumber : funansia donis
berswafoto di bukit jaddhih
berswafoto di bukit jaddhih. google maps. sumber : Aqmar Yoeliati

Wisata Bukit Jaddih atau yang biasa dikenal dengan Bukit Kapur Jaddih merupakan tempat wisata batuan kapur bekas pertambangan. Bukit Jaddih sangat cocok bagi anda yang gemar hunting foto. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan bukit kapur yang eksotis. Banyak spot foto keren di Bukit Jaddih yang recomended untuk anda jelajahi bersama teman, pasangan atau keluarga.

Fasilitas Wisata Bukit Jaddhih

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Wisata Bukit Jaddhih Bangkalan.

  • Area parkir kendaraan
  • Warung makan
  • Spot foto
  • Gazebo
  • Mushola
  • Tempat duduk dan lain-lain.

Hotel Sekitar Wisata Bukit Jaddhih

Hotel, villa atau penginapan sekitar Wisata Bukit Jaddhih Bangkalan.

  • Hotel Ningrat
    Berjarak 5,4 km dari Wisata Bukit Jaddhih.
    Jl. K. H. Moh. Kholil XII No.113, Kemayoran, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69116. (031) 3095388.
  • ROSE HOTEL BANGKALAN
    Berjarak 6,1 km dari Wisata Bukit Jaddhih.
    Jl. HOS. Cokroaminoto No.21, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69115. (031) 30633670.
  • VELLDAN Syariah Guest House
    Berjarak 7 km dari Wisata Bukit Jaddhih.
    JL K Lemah Duwur Gg VII No 2D, Kec. Bangkalan, Madura, Injing – Injing, Pejagan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69112. 0823-3812-3019.

Video Wisata Bukit Jaddhih

Video Wisata Bukit Jaddhih berikut dikutip dari hcannel : Budi Kliwon Sobo Deso

Penutup

Wisata Bukit Jaddhih di Kabupaten Bangkalan, Madura menjadi salah satu destinasi wisata fotogenik yang diminati banyak wisatawan. Merupakan kawasan tambang kapur yang aktif. Lahan bekas tambang kapur yang disulap menjadi sebuah objek wisata. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah kawasan bukit yang indah seluas 500 hektare. Dengan kolam buatan serta pahatan di bukit kapur.