Agrowisata Gunung Mas di Puncak Bogor & Keindahan Kebun Teh

Puncak, Bogor merupakan wilayah yang selalu padat dikunjungi pada akhir pekan. Setiap orang datang dari penjuru daerah untuk sejenak menikmati kesejukan yang ditawarkannya.

Wilayah Puncak, Bogor berada di atas pegunungan sehingga mampu menyuguhkan sebuah pemandangan yang luar biasa. Maka tak heran jika setiap orang berbondong-bondong datang untuk menikmatinya.

Di Puncak, Bogor terdapat sebuah lokasi wisata yang memiliki konsep Agrowisata. Agrowisata merupakan sebuah aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Agrowisata Gunung Mas
Agrowisata Gunung Mas. Sumber: backpackerjakarta.com

Agrowisata Gunung Mas atau bisa juga disebut Gunung Mas Agro Tourism, itulah namanya.  Agrowisata Gunung Mas berada di ketinggian 800-1.200 meter di atas permukaan laut. Sehingga tak heran jika suhu udaranya antara 12-22 derajat celcius.

Dalam keadaan pandemi seperti ini, Agrowisata Gunung Mas tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Yakni dengan menekankan pada kebersihan, kesehatan, dan kemanan para pengunjung.

Simak baik-baik yuk, apa saja yang bisa kita lakukan di Agrowisata Gunung Mas ini. Check this out!

Ragam wisata yang tersedia di Agrowisata Gunung Mas

Banyak sekali ragam wisata yang tersedia di Agrowisata Gunung Mas, diantaranya :

1. Kebun Teh

Gunung Mas Agrowisata Puncak mempunyai area kebun teh yang sangat luas. Luas kebun teh tersebut yaitu sekitar 2.551 Hektar dan terdapat pabrik teh juga. Perkebunan teh ini merupakan salah satu perkebunan teh milik PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII), dan dapat menghasilkan 28 ton teh basah dan 6 ton teh kering setiap harinya.

Dengan mempunyai area kebun teh yang luas, kamu dapat melakukan beberapa kegiatan disana. Salah satunya ialah melakukan kegiatan Tea Walk. Kegiatan ini merupakan aktivitas berjalan santai mengelilingi kebun teh dengan dipandu seorang pemandu. Yang akan membawa kamu berkeliling menyusuri jalan setapak, sembari melihat proses memetik teh.

Tarif yang ditawarkan tergantung pada rute yang kamu ambil. Harganya mulai dari Rp. 20.000,- sampai Rp. 35.000,- saja. Rutenya yang ditawarkan yaitu sejauh 4 Kilometer, 6 Kilometer, dan 8 Kilometer. Kamu akan dibawa melihat hijaunya hamparan kebun teh.

Menyusuri Kebun Teh di Agrowisata Gunung Mas
Menyusuri Kebun Teh di Agrowisata Gunung Mas. Sumber: kumparan.com

2. Berkuda

Selain dengan kegiatan Tea Walk, kamu dapat menyusuri kebun teh dengan menunggang kuda yang sudah disiapkan. Kamu akan menaiki Kuda Sumbawa, dan menyusuri kebun teh dengan rute yang berbeda sesuai dengan rute yang kamu ambil.

Harganya pun berbeda untuk tiap rute. Durasi naik kuda yang ditawarkan ialah mulai dari 30 menit, 60 menit dan 120 menit.

3. Mengunjungi Pabrik Teh

Tidak jauh dari kebun teh, terdapat pabrik pembuatan teh itu sendiri. Kita dapat mengunjungi pabrik tersebut, dan dapat melihat proses pengolahan daun teh menjadi teh curah, teh celup, maupun minuman kemasan.

4. Camping Ground

Kamu dapat menikmati malam di area Gunung Mas Agrowisata Puncak dengan cara berkemah. Karena di sini disediakan area Camping Ground yang berada di tengah perkebunan teh.

5. Kolam Renang Tirta Mas

Gunung Mas Agrowisata Puncak menyediakan kamu area kolam renang yang bernama Kolam Renang Tirta Mas. Di sana kamu dapat berenang di kolam air hangat dengan bernuansa alam pegunungan yang khas.

Berenang di Agrowisata Gunung Mas Puncak
Berenang di Agrowisata Gunung Mas Puncak. Sumber: krismanawicaksono.wordpress.com

6. Paralayang

Untuk kamu para pencinta adrenalin, kamu dapat menikmati keindahan area Gunung Mas Agrowisata dengan cara yang berbeda. Yaitu dengan melihat dari ketinggian mengitari seluruh hamparan kebun teh dan birunya langit Puncak Bogor.

Menikmati Keindahan Alam dari Atas
Menikmati Keindahan Alam dari Atas. Sumber: www.wisatajabar.com

7. Outbound

Wahana outbound juga tersedia di Gunung Mas Agrowisata Puncak. Disini terdapat dua jenis flying fox yang bisa kamu coba. Harga yang ditawarkan tergantung dari panjang lintasannya. Kamu akan dijemput dan diantar dengan menggunakan mobil ke titik kumpul.

8. Motocross Mini

Motocross mini cocok banget untuk anak kamu yang menyukai motor.

9. Off Road Komodo

Off Road Komodo dikhususkan untuk kamu yang sudah dewasa, beda halnya dengan Motocross Mini yang diperuntukkan untuk anak-anak. Kamu akan diajak menyusuri jalur yang sangat ekstrim, jalur yang penuh dengan bebatuan dan becek. Kamu akan merasakan sensasi off road ini sejauh 12 Kilometer atau memakan waktu sekitar 1 jam lamanya.

10. ATV

ATV merupakan sebuah sepeda motor yang mempunyai empat roda. Kamu dapat melakukan perjalanan mengelilingi area Gunung Mas Agrowisata ini sejauh 2 Kilometer atau memakan waktu selama kurang lebih 15 menit.

Keseruan di Agrowisata Gunung Mas
Keseruan di Agrowisata Gunung Mas. Sumber: pesonawisataindonesia.com

Lokasi Dan Alamat Agrowisata Gunung Mas

Lokasi dan alamat Agrowisata Gunung Mas terletak di Jl. Raya Puncak KM.87 Tugu Selatan Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat 16750. Atau kamu bisa menghubungi melalui call centre : (0251) 8250356.

Rute Menuju Agrowisata Gunung Mas

Jika kamu berangkat dari arah Jakarta, kamu akan menempuh perjalanan kira-kira sejauh 67 Kilometer atau jika tidak macet memakan waktu tempuh kurang lebih selama hampir 2 jam.

Tiket Masuk Agrowisata Gunung Mas

Untuk biaya retribusi di awal masuk kamu cukup membayar sekitar Rp. 15.000,-.

  • Tea Walk sekitar Rp. 20.000,- sampai Rp. 35.000,-
  • ATV selama¬† 15 menit Rp. 50.000,-
  • Untuk Berkuda : Rute 1 sebesar Rp. 50.000,-
  • Untuk Berkuda : Rute 2 sebesar Rp. 75.000,-
  • Untuk Berkuda : Rute 3 sebesar Rp. 100.000,-

Fasilitas yang Tersedia di Agrowisata Gunung Mas

Fasilitas yang tersedia di Agrowisata Gunung Mas adalah sebagai berikut:

  • Gedung serbaguna dengan kapasitas daya tampungnya hingga 250 orang
  • Lapangan Sepak Bola
  • Lapangan Tenis
  • Tempat Parkir
  • Kios-kios Makanan

Penginapan di Agrowisata Gunung Mas

Nama penginapan yang tersedia di Agrowisata Gunung Mas bernama Wisma Affandi Gunung Mas. Yang tersedia dalam beberapa tipe kamar diantaranya:

  • Kamar Standar dengan harga permalamnya Rp. 260.000,- untuk weekday dan Rp. 310.000 untuk weekend.
  • Kamar VIP dengan harga permalamnya Rp. 300.000,- untuk weekday dan Rp. 350.000,- untuk weekend
  • Untuk Bungalow harga permalamnya Rp. 400.000,- untuk weekday dan Rp. 800.000,- untuk weekend.
  • Sedangkan untuk cottage dibandrol dengan harga permalamnya Rp. 340.000,- untuk weekday dan Rp. 390.000,- untuk weekend.

Tips Wisata

Untuk kamu yang akan mengunjungi Agrowisata Gunung Mas, alangkah baiknya kamu mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Jika kamu datang dari luar Bogor baiknya kamu datang sebelum weekend, untuk menghindari kemacetan.
  • Menggunakan sepatu lebih baik untuk membuatmu nyaman saat berjalan menyusuri kebun teh.
  • Bawalah baju hangat, karena cuaca di Puncak lumayan menusuk tulang.
  • Siapkan gadget kamu untuk menangkap setiap momen yang tercipta.

Penutup

Berlibur merupakan sebuah kebutuhan bagi manusia dewasa ini. Dengan berlibur kita dapat sedikit mengistirahatkan tubuh dan fikiran kita, setelah lima hari bekerja bagaikan kuda.

Jadikan liburan kamu lebih bermakna dengan mengunjungi Agrowisata Gunung Mas di Puncak Bogor ini. Kamu akan mendapatkan sensasi liburan yang sepenuhnya.

Nikmatilah hamparan alam yang tercipta, rasakanlah sejuknya suasana pegunungan, dan resapilah situasi yang lebih hening dari biasanya.

Karena kita masih dalam keadaan New Normal, maka alahkah baiknya jika kamu tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah. Siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment