Eldorado Waterpark, Bertualang di Kota Emas Yang Hilang

Eldorado Waterpark mengusung tema yang unik dengan desain yang menarik. Sedangkan, nama Eldorado diambil dari nama sebuah kota emas di daerah Kolombia. Sehingga ornamen-ornamen yang menghiasi pun dikonsepkan dengan salah satu suku di Amerika Selatan

Eldorado Waterpark mengusung tema yang unik dengan desain yang menarik. Ornamen-ornamen yang menghiasi kawasan waterpark memiliki konsep Suku Azetik Amerka Selatan
Totem Eldorado Waterpark. Image via: hargatiket.net

Kolam renang Eldorado WaterPark Legenda Wisata Cibubur sangat cocok untuk hiburan bersama keluarga. Ada kolam yang khusus untuk balita yang memiliki kedalaman hanya 30 – 50 cm, untuk anak yang berusia 6 hingga 10 tahun.

Juga tersedia kolam yang lebih dalam yang di lengkapi dengan peluncuran. Bagi pengunjung, dewasa tersedia kolam yang lebih besar dengan kedalaman hingga 1,2 Meter. Selain 3 kolam tersebut di atas, di Eldorado WaterPark Legenda Wisata terdapat Kolam Arus.

Fasilitas lainnya adalah restaurant yang menyajikan berbagai macam hidangan seperti Burger, Teh Poci, Ayam Goreng, Pop Mie, roti bakar, Nasi Goreng dan Mie Goreng, Jus, dan masih banyak lainnya. Bagi yang nggak punya atau nggak bawa perlengkapan renang jangan kawatir, karea dapat tersedia penyewaan pakaian renang, ban, dan sebagainya.

piramida emas el-dorado sebagai lambang dari peradaban yang hilang
Piramida Emas. Image via: beritacibubur.com

Simak juga: 25 lokasi wisata Populer di Bogor

Lokasi Eldorado Waterpark

Eldorado Waterpark berlokasi di Komplek Legenda Wisata Km.6, Jalan Alternatif Transyogi, Nagrak, Gunung Putri, Nagrak, Kec. Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat.

Rute Eldorado Waterpark

Lokasi wisata ini dapat dicapai dengan mudah melalui Pintu Keluar Tol Km.13 Jagorawi Cibubur/Cikeas/Cileungsi ke arah Bogor. Melajulah lurus ke arah Cileungsi melalui Jalan Alternatif Cibubur sejauh 7 km.

Ketika pintu masuk Perumahan Kota Wisata (bukan Legenda Wisata) sudah terlihat, bersiaplah untuk berputar balik. Pintu masuk Legenda Wisata berada kurang lebih di seberang Kota Wisata. Dari Pintu Masuk kompleks, lokasi Eldorado sudah tidak jauh lagi.

Hewan Mitologi memancarkan kesegaran di eldorado waterpark.

Hewan Mitologi. Image via: travel.detik.com

Jam Buka Eldorado Waterpark

Pengunjung bisa datang dan bermain ke kolam renang Eldorado setiap hari. Water park ini sudah buka mulai pagi sampai sore hari. Pada hari biasa buka mulai jam 07.00 hingga tutup jam 17.00. Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur, kolam mulai buka jam 07.00 dan tutup sedikit lebih lama, pada jam 19.00.

Tiket Eldorado Waterpark

Harga tiket masuk pada hari biasa (weekday) adalah Rp 25,000. Pada akhir minggu (weekend), harga tiket masuk naik menjadi Rp 40,000. Sementara pada high season, harga tiket masuk dinaikkan lagi menjadi Rp 45,000.

foto keluarga
Foto keluarga. Image via: megajalanmegajualan

Simak juga: Moja Museum, petualangan imajinasi di Jaksel

Selain itu, pada hari-hari tertentu, berlaku harga hemat alias Renang Hemat, yaitu Rp 20,000. Menurut petugas yang berjaga, saat ini tarif hemat berlaku pada hari Kamis.

Fasilitas Eldorado Waterpark

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, disini ada beberapa toko yang menjual makanan dan minuman. Dari makanan ringan hingga yang berat berat. Untuk tempat bilasnya juga enak, bersih dan terawat. Terdapat juga Mushola, Toilet, Kamar Ganti Pakaian, dan Loker.

Daya Tarik Wahana Eldorado Waterpark

  1. 4 Kolam Renang

Eldorado Waterpark menyediakan empat jenis kolam renang. Terrdapat kolam dengan ketinggian kurang dari setengah meter yang dilengkapi dengan seluncuran dan pancuran air. Kolam ini sangatlah cocok untuk anak-anak balita.

tersedia kolam dengan ketinggian kurang dari 50cm (sekitar 20-30cm) lengkap dengan seluncuran rendah dan pancuran air.
Kolam dangkal. Image via: @mariaratuintan

Selanjutnya, ada kolam sedalam setengah meter yang diperuntukan bagi balita yang masih belajar berenang. Kemudian Kolam sedalam 1,2 meter bagi yang sudah mahir berenang. Kolam ini sudah dilengkapi dengan seluncuran serta air tumpah dari ember besar.

Kemudian, tersedia juga kolam yang menyerupai kolam arus dengan kedalaman sekitar satu meter.  meskipun tidak ada arus yang mendorong, kolam ini sangat cocok digunakan untuk anak-anak yang sedang melancarkan gerakan renangnya.

Di kolam ini juga tersedia seluncuran yang besar dan ember besar berisi air yang akan diisi air hingga tumpah dan biasanya akan mengundang jeritan histeris dari anak-anak maupun orang dewasa yang entah sengaja atau tidak sengaja sedang berada di bawahnya.
Ember tumpah Eldorado. Image via: @waterparkeldorado

Simak juga: Curug Sang Hyang Taraje

  1. Aneka Permainan Air

Seperti digambarkan melalui namanya, yang berarti kota emas kuno di Kolombia, Eldorado identikd negan warna kuning. Wahana permainan yang ada di waterpark ini didominasi  dengan warna kuning emas.

  • Seluncuran Air

Wahana seluncuran air di tempat ini sanagtlah aman dan cocok bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini sengaja lebih dikhususkan untuk anak-anak usia sepuluh tahun kebawah. Sehingga seluncurannya pun hanya ada satu dengan ukuran yang kecil.

  • Goa

Di dalam kolam renang juga memiliki goa yang bisa menjadi area bermain anak. Goa tersebut sanagtlah aman karena tidak memiliki lorong yang panjang, sehingga sangat aman dijadikan spot bermain anak-anak.

  • Ember Tumpah

Fasilitas ember tumpah mungkin menjadi wahan yang paling digemari para pengunjung. Pengunjung dapat bersenang-senang ketike tubuh mereka diguyur dengan air yang cukup banyak sambil berteriak.

dengan adanya kolam arus, pengunjung bisa berkeliling waterpark dengan ban, layaknya naik perahu.
Kolam Arus. Image via: liburananak.com
  • Kolam Arus

Dengan menggunakan ban besar pengunjung dapat berkeliling tempat wisata ini melalui kolam arus. Kolam ini akan melewati jembatan serta wahana-wahan lainnya.

  • Lingkaran Air

Terdapat tiang-tiang besar yang mengelilingi area kolam renang. Tiang-tiang tersebut menyemberkan air sehingga anak-anak dapat bermain di sekitar tiang tersebut.

  • Ranjau Air

Dalam beberapa menit sekali kolam ini akan mengeluarkan air dari bawah. Semburan air inilah yang disebut ranjau.

burung mitologi purba dari legenda eldorado
Burung Gaib. Image via: @iyannanda

Simak juga: Saygon Waterpark milik Ratu ngebor

  • Patung Binatang

Eldorado Waterpark Legenda Wisata Nagrak Cibubur memiliki patung binatang yang cukup banyak. Patung-patung tersebut akan menyemburkan air dari mulutnya masing-masing.

  • Jamur Air

Wahana jamur air ini terletak di tengah-tengah kolam renang. Jamur tersebut mengeluarkan air dari atasnya sehingga terlihat seperti payung. Anak-anak bisa bermain di bawah jamur untuk menghindari air tersebut.

Jamur Dewa matahari dari dewa pelindung eldorado.
Jamur Dewa. Image via: narmadi.com

Tips Wisata Eldorado Waterpark

Berikut adalah beberapa tips berlbur di waterpark yang sebaiknya diperhatikan.

  • Datanglah saat weekday karena biasanya pada saat weekend pengunjung akan sangat ramai.
  • Pakailah krim pelindung matahari atau sun screen atau sun block untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.
  • Pilihlah wahana air yang nyaman dan tidak terlalu ekstrem untuk kamu.
  • Jika kamu mempunyai penyakit jantung atau penyakit kronis lainnya jangan mencoba wahana yang ekstrem atau terlalu tinggi.
  • Pakailah pakaian renang agar kamu bisa bermain dengan nyaman dan aman.
  • Bawalah baju ganti dan peralatan mandi.
  • Jaga barang bawaan, atau titpkan pada loker yang disewakan.
basah kuyup di bawah guyuran ember tumpah eldorado
Basah Kuyup. Image via: @iyannanda

Simak juga: 2 kolam dan 2 Slide di Dayu Waterpark

Objek Wisata Dekat Eldorado Waterpark

Bagi yang menginginkan melanjutkan menjelajah wisata air di area Bogor, Water Kingdom mekarsari bsia jadi sasaran selanjutnya, Kedua lokasi ini hanayterpaut jarak 11 km saja. Water Kingdom Mekarsari sebenarnya terletak di dalam satu kawasan yang sama dengan Taman Buah Mekarsari. Keduanya hanya dipisahkan oleh Danau Cipicung dan dihubungkan dengan sebuah jembatan khusus.

Jika ingin bermainke wisata air yang sedikit berbau alam, bisa mencoba ke Telaga arwana, yang berjarak sekitar 11 km. Telaga Arwana Cibubur memenuhi kriteria soal suasana pedesaan di tengah kota metropolitan. Sehingga tempat ini sanagtlah cocok untuk dikunjungi bersama keluarga terutama anak-anak.

Semoga informasi seputar Elorado Waterpark ini bisa berguna untuk anda. Selamat berlibur.

Baca juga:

Leave a Comment