Tirta Sanita Ciseeng, Pemandian Air Panas Di Bogor Sambil Melihat Keindahan Alam

Letusan Gunung Berapi yang terjadi ribuan tahun yang lalu selalu menyisakan hal-hal yang menakjubkan. Coba kita lihat sejarah dari terbentuknya Danau Toba, atau kita lihat yang belum lama ini terjadi yaitu meletusnya Gunung Merapi.

Di daerah Bogor tepatnya di Kecamatan Ciseeng,Bogor Jawa Barat, terdapat sebuah tempat yang bernama Tirta Sanita Ciseeng. Tempat tersebut merupakan bekas letusan gunung berapi dan memiliki sumber air panas yang mengeluarkan zat kapur, garam dan belerang yang bercampur menjadi satu.

Tirta Sanita Ciseeng
Tirta Sanita Ciseeng. Sumber: sabogor.com

Tirta Sanita dibangun pada tahun 1990 dan mulai diresmikan pada tahun 1992. Karena sumber air hangatnya mengandung senyawa belerang dimana dipercaya dapat mengobati penyakit kulit.

Tirta Sanita kini telah berganti pengelola kemudian berubah nama menjadi Tirta Sayaga. Namun masyarakat masih mengenalnya dengan nama Tirta Sanita. Apa aja sih yang ada di Tirta Sanita Ciseeng? Check this out!

Berganti Nama Menjadin Tirta Sayaga
Berganti Nama Menjadi Tirta Sayaga. Sumber : www.pawartanusantara.com

Ragam wisata yang ada di Tirta Sanita Ciseeng

1. Kolam Rendam

Tirta Sanita Ciseeng memiliki beberapa kolam rendam yang terbentuk secara alami. Oleh karena itu, bak mandinya berwarna putih, diakibatkan oleh endapan kapur. Air panas kolam Tirta Sanita Ciseeng berasal dari mata air Gunung Kapur Ciseeng yang mengandung belerang, kapur dan garam.

Kolam rendam di Tirta Sanita Ciseeng memiliki dua jenis kolam. Yaitu Kolam rendam terbuka dan kolam rendam tertutup (VIP). Untuk menikmati kolam rendam terbuka harga yang ditawarkan yaitu Rp. 5.000,- per orang sedangkan untuk kolam tertutup (VIP) cukup dengan membayar Rp. 15.000,- per orang.

Kolam Rendam Tirta Sanita Ciseeng
Kolam Rendam Tirta Sanita Ciseeng. Sumber: indolah.com

2. Wahana Bermain

Wahan bermain yang ditawarkan di Tirta Sanita Ciseeng cukup banyak dan beragam, dijamin anak-anak akan puas apabila kamu berkunjung membawa mereka ke sini.

Dimulai dari area waterpark yang cocok untuk anak-anak. Dimana area tersebut memiliki berbagai macam perosotan, sehingga anak bisa meluncur diatas perosotan menuju kolam yang berada di bawahnya.

Wahana permainan lainnya yaitu kereta api kecil yang akan membawa anak-anak berputar diatas lahan seluas 50 meter persegi selama beberapa kali. Atau kamu bisa mengajaknya naik sebuah monorel yang akan membawamu mengitari taman.

Selain itu ada juga wahana permainan lainnya seperti :

  • bombom car,
  • sepeda air
  • balon air
  • bermain ATV
  • gokart mini

Dan masih banyak lagi wahana permainan lainnya yang bisa kamu eksplor. Kalau kamu penasaran makanya cepat datang ke Tirta Sanita Ciseeng Bogor.

3. Arena Outbound

Arena Outbound juga tersedia di Tirta Sanita Ciseeng. Kamu bisa menguji adrenalin dengan merangkak disebuah jaring tali, berjalan di atas jembatan tali, kemudian dilanjutkan dengan menapaki jembatan besi yang digantung menggunakan tali, setelah itu kamu meluncur bebas dengan flying fox. Seru banget, bukan!

Arena Outbound
Arena Outbound. Sumber : pesonawisataindonesia.com

4. Spot Foto

Saat kamu memasuki gerbang utama Tirta Sanita Ciseeng kamu akan menemukan sebuah batu besar berwarna putih, gundukan tersebut merupakan endapan kapur putih yang bernama Bocca Travertin.

Batu tersebut merupakan hasil endapan dari batu kapur yang terbawa oleh air panas dari dalam perut bumi. Batu ini merupakan ciri khas objek wisata Tirta Sanita, jadi sayang sekali kalau kamu melewatkan untuk berfoto disini.

Selain berlatar Bocca Travertin, kamu juga bisa berfoto sambil berendam di kolam rendam terbuka dengan latar pesawahan, pepohonan, gunung dan tentunya kolam rendamnya yang khas.

Spot Foto yang wajib
Spot Foto yang wajib. Sumber: www.klikhotel.com

Banyak sekali spot foto yang terdapat di Tirta Sanita Ciseeng ini, yang sayang banget untuk kamu lewatkan.

Fasilitas di Tirta Sanita Ciseeng

Fasilitas di Tirta Sanita Ciseeng dikategorikan sudah komplit. Dimulai tersedianya lahan parkir yang luas, mushola, toilet, dan kios-kios makanan.

Sedangkan untuk kolam pemandiannya terdapat dua jenis yaitu kolam terbuka dan kolam tertutup (VIP). Terdapat pula wahana permainan dan outbound.

Selain itu tersedia juga gedung serba guna yang bisa digunakan untuk acara gathering atau semacamnya. Juga tersedianya taman yang terbuka sehingga kamu bisa berpiknik sejenak sembari menikmati keindahan alam setelah bermain air.

Lokasi Dan Alamat Tirta Sanita Ciseeng

Lokasi dan alamat Tirta Sanita Ciseeng berada di Jalan Raya Ciseeng, Bojong Indah Kecamatan Parung, Bogor, Provinsi Jawa Barat Kode Pos 16330

Rute Menuju Tirta Sanita Ciseeng

Tirta Sanita Ciseeng meskipun terletak di Bogor namun jaraknya lebih dekat ke Kota Depok, yakni hanya berjarak15 km atau memakan waktu perjalanan selama kurang lebih 30 menit.

Rute yang bisa kamu lalui dari arah Depok yaitu kamu harus melewati Jl. Raya Sawangan menuju Jl. Muchtar Raya ke Jl. Jakarta-Bogor arah selatan sesampainya kamu di pertigaan Parung ambil arah yang menuju Jl. H. Mawi kemudian di perempatan belok kanan.

Untuk kamu yang berangkat dari Kota Bogor, kamu akan melakukan perjalanan sejauh kurang lebih 25 kilometer. Rute yang bisa kamu lalui dari arah Kota Bogor ialah kamu cukup mengikuti Jl. Jakarta-Bogor hingga tiba di pertigaan Jl. Mad Nur kamu belok kiri kemudian setelah sampai di perempatan Ciseeng kamu lurus terus di Jl. Ciseeng.

Untuk kamu yang dari Jakarta kamu akan menempuh perjalanan sejauh 40 kilometer atau memakan waktu sekitar 60 menit. Untuk rute yang paling dekat ialah melewati Pondok Indah terus menuju Serpong selanjutnya masuk ke arah Taman Tekmo menuju Puspitek. Sekitar 10 kilometer lagi kamu akan sampai di Tirta Sanita Ciseeng.

Tiket Masuk dan Parkir Tirta Sanita Ciseeng

Tiket masuk dan parkir ke Tirta Sanita Ciseeng sebagai berikut:

  • Untuk Weekday ( Senin-Jumat)                    : Rp. 10.000,-
  • Untuk Weekend ( Sabtu dan Minggu)          : Rp. 12.000,-
  • Anak-anak                                                     : Rp. 8.000,-
  • Parkir Motor                                                  : Rp. 3.000,-
  • Parkir Mobil                                                   : Rp. 5.000,-
  • Parkir Bis                                                        : Rp. 10.000,-

Jam Operasional Tirta Sanita Ciseeng

Jam operasional Tirta Sanita Ciseeng buka setiap hari, dari mulai hari Senin sampai hari Minggu. Dimulai Pukul 07.30 WIB sampai dengan Pukul 17.00 WIB.

Penginapan

Di Tirta Sanita Ciseeng juga terdapat sebuah penginapan yang biasa disebut pesanggrahan yang berarti tempat istirahat. Penginapan tersebut terletak di sebelah utara danau berdekatan dengan kolam pemandian tertutup (VIP).

Penginapan tersebut dibangun menggunakan kayu dan bambu. Kamu dapat berisitirahat sejenak, menghindari hiruk pikuk perkotaan disana.

Pesanggrahan Tirta Sanita
Pesanggrahan Tirta Sanita. Sumber : plus-minus-traveler.blogspot.com

Untuk kamu yang ingin menginap atau beristirahat sejenak di Resort yang disediakan di Tirta Sanita Ciseeng, harga yang ditawarkan sebagai berikut:

  • Rp. 130.000,- per 6 jam
  • Rp. 170.000,- per malam dengan maksimal 2 orang

Tips Wisata

Ada beberapa tips nih untuk kamu yang akan mengunjungi Tirta Sanita Ciseeng

  • Tentu saja jangan lupa untuk membawa baju ganti atau perlengkapan yang lainnya.
  • Ajaklah sanak saudaramu, atau teman maupun sahabatmu. Bepergian bersama akan jauh lebih menyenangkan.
  • Selalu perhatikan anak-anak saat bermain air.
  • Jangan lupa siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen keindahan alam yang diberikan.
  • tetap waspada terhadap barang bawaan kamu ya.

Penutup

Tubuh ini sudah kita gunakan sedemikian rupa, kita gunakan untuk berjalan, berlari, bergerak kesana kemari, dan berfikir. Tidak ada salahnya jika kita memberikan waktu tubuh ini untuk beristirahat barang sejenak, sebelum kita gunakan kembali.

Merefleksikan tubuh ini bisa dengan cara berendam di kolam air panas, dengan begitu kita akan dapat merecharge tubuh kita menjadi lebih baik lagi.

Banyak manfaat yang akan didapat dengan berendam di kolam air panas, yaitu:

  • Dapat membuat otot lebih rileks dan meredakan radang sendi
  • Dapat melancarkan peredaran darah
  • Dapat menghilangkan stres dan membuat mudah tidur
  • Dapat meredakan sakit kepala dan flu
  • Dan tentu saja menyehatkan kulit

Jadi, ngga salah jika kamu menghabiskan akhir pekanmu untuk beristirahat sejenak di Tirta Sanita Ciseeng. Siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment