Kampung Wisata Cinangneng, Rekreasi Dengan Aneka Fasilitas Edukasi

Kampung Wisata Cinangneng merupakan sebuah tempat wisata yang akan memberikan kamu wisata edukasi dengan diiringi nilai budaya. Dimana disini kamu akan banyak belajar dan berinteraksi dengan alam.

Lokasinya berada di Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Bogor. Ya, Bogor memang selalu memberikan sensasi berlibur yang mengagumkan. Melihat begitu banyaknya tempat wisata yang dapat kamu kunjungi ketika berada disini.

Kampung Wisata Cinangneng
Kampung Wisata Cinangneng. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga apalagi dengan belajar kebudayaan daerah merupakan pengalaman yang harus kamu coba. Dengan berkunjung ke Kampung Wisata Cinangneng kamu akan mendapatkan itu semua.

Dimana di tempat wisata ini kamu akan diajak untuk berinteraksi dengan alam, hal yang sudah jarang bahkan tidak pernah kamu lakukan sebelumnya.

Kampung Wisata Cinangneng memberikan kamu kesempatan untuk rehat sejenak dari hiruk pikuknya perkotaan, dan mengajakmu untuk “Pulang Kampung”.

Back To Nature
Back To Nature. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 25 wisata populer di Bogor

Kamu akan banyak dikenalkan mengenai kebudayaan Sunda khususnya dengan beragam kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat sehari-hari. Mulai dari menanam padi, menggunakan lesung, memakai pakaian adat Sunda, serta memainkan alat musik tradisional.

Berikut ulasan lebih jauh mengenai Kampung Wisata Cinangneng:

Lokasi Kampung Wisata Cinangneng

Lokasi Kampung Wisata Cinangneng berada di Jl. Babakan Kemang RT 01/RW 02, Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Untuk menuju lokasi wisata ini mudah sekali karena dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. disamping itu jalannya pun sudah beraspal.

Transportasi untuk mencapai letak Kamueng Wisata Cinangneng sangat mudah. Jika dihitung dari Jakarta, perjalanan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam melalui tol Jagorawi.

Rute Kampung Wisata Cinangneng

Rute untuk menuju Kampung Wisata Cinangneng, kamu tinggal arahkan kendaraanmu menuju Insitut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga. Setelah itu melanjutkannya menuju ke Jl. Raya Cibanteng, kemudian kamu akan memasuki Desa Cihideung Udik.

Ketika kamu sudah sampai di Kolam Renang Tirta Ayu, itu artinya lokasi Kampung Wisata Cinangneng sedikit lagi. Jika kamu tidak mau nyasar ngga ada salahnya untuk bertanya pada warga sekitar.

Jika kamu bergerak dari Jakarta arahkan kendaraanmu menuju Tol Jagorawi, dengan waktu yang akan kamu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan jika kamu bergerak dari Stasiun Bogor kamu akan menempuh perjalanan sekitar 13 km dengan estimasi waktu 45 menit perjalanan.

Jam Buka Kampung Wisata Cinangneng

Jam operasional Kampung Wisata Cinangneng dibuka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 Sore. Waktu yang tepat mengunjungi lokasi wisata ini adalah dengan mengajak anggota keluarga ataupun teman komunitas yang kamu miliki.

Tiket Kampung Wisata Cinangneng

Tiket yang tersedia di Kampung Wisata Cinangneng terdiri dari beberapa paket, dengan rincian sebagai berikut:

  • Tiket Masuk Rp 12.500
  • Package A – Poelang Kampoeng – One Day Package (Minimum 20 Persons) Rp 145.000
  • Package B – I Am Also From The Kampoeng (Minimum 10 Persons) Rp 125.000
  • Package C – Survey Package/Person Rp 20.000
  • Package D – Ronda/Person Rp 100.000
  • Overnight Package Rp 525.000

Fasilitas Kampung Wisata Cinangneng

Fasilitas yang tersedia di Kampung Wisata Cinangneng sudah lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Tempat makan atau Cafe
  • Saung atau Gazebo tempat kamu bersantai
  • Toko souvenir atau oleh-oleh
  • Penginapan yang berada di 2 buah gedung dengan memiliki 8 kamar disetiap gedungnya. Jadi untuk kamu yang berasal dari luar kota ngga perlu jauh-jauh lagi mencari tempat untuk bermalam.

Simak juga: Kampung main Cipulir, Outbound di Ibu Kota Negara

Daya Tarik dan Kegiatan di Kampung Wisata Cinangneng

Daya tarik yang disampaikan pengelola Kampung Wisata Cinangneng ialah kita akan diajak untuk melakukan berbagai ragam wisata seru yang juga dapat menambah wawasan kita mengenai kebudayaan Sunda khususnya.

Alamnya Yang Masih Asri
Alamnya Yang Masih Asri. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sehingga tempat wisata ini selalu dikunjungi oleh anak-anak sekolah ataupun dari lembaga lainnya. Kamu dapat memilih beberapa paket wisata yang ingin kamu lakukan, ragam wisata tersebut diantaranya:

1. Bermain Alat Musik dan Lagu Tradisional

Ketika kamu berada di Kampung Wisata Cinangneng, kamu akan diajak untuk bermain alat-alat musik tradisional khas Jawa Barat seperti angklung dan gamelan sunda. Selain itu kamu juga akan belajar untuk membawakan lagu-lagu tradisional dengan menggunakan alat musik tersebut.

Belajar Alat Musik Tradisional
Belajar Alat Musik Tradisional. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Belajar Tarian Tradisional

Lengkapi pengetahuan seni mu dengan belajar tarian tradisional dari Jawa Barat, salah satunya kamu akan belajar menari Jaipongan dilengkapi dengan memakai pakaian tradisionalnya.

Tari Jaipongan berasal dari Karawang yang diciptakan oleh H. Suanda pada tahun 1976, dengan menggabungkan pencak silat, wayang golek, topeng banjet, ketuk tilu, dan lain sebagainya. Kemudian dikembangkan di Bandung oleh seorang seniman yang bernama Gugum Gumbira.

Simak juga: Petualangan Legenda Kota emas di eldorado Waterpark

3. Belajar Membuat Kue dan Jamu

Kegiatan seru lainnya yakni belajar membuat kue-kue tradisional seperti kue bugis dan putu. Kedua makanan tersebut menggunakan bahan dasar kelapa, cuman bedanya kue bugis rasanya kenyal-kenyal ketika berada di mulut.

Selain membuat makanan tradisional kamu juga akn mengetahui bagaimana proses pembuatan jamu tradisional yang menggunakam bahan-bahan sederhana yang biasa kita temui sehari-hari.

4. Menanam Padi

Jika selama ini kita hanya bisa melihat para petani yang sedang menanam padi, kali ini kamu akan turun langsung ke sawah untuk menanam padi yang telah disiapkan oleh pengelola.

Menanam Padi
Menanam Padi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kegiatan tersebut akan seru sekali jika dilakukan bersama-sama dengan rombongan, apalagi anak-anak pasti akan sangat menyukainya. Hal ini merupakan pengalaman yang seru juga menyenangkan. Dimana kita dapat mengetahui setiap proses dalam menanam padi yang selama ini tak kita ketahui.

5. Memandikan Kerbau dan Bermain di Sungai

Kegiatan ini akan sangat seru sekali, dimana kamu akan diajak untuk bermain di sungai sembari memandikan kerbau. Memandikan kerbau akan menumbuhkan keberanian khususnya bagi anak-anak.

Serunya Memandikan Kerbau
Serunya Memandikan Kerbau. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Biasanya anak-anak akan takut untuk mendekati kerbau, nah di Kampung Wisata Cinangneng mereka akan belajar untuk memegang kerbau dan memandikannya. Kegiatan ini tentu saja akan didampingi oleh ahlinya, sehingga kamu ngga usah khawatir.

6. Menggambar Caping

Caping merupakan sebuah topi yang terbuat dari anyaman bambu yang biasa dipakai petani ketika hendak pergi ke kebun atau ke sawah. Ketika berada di Kampung Wisata Cinangneng, kamu akan diajak untuk menghias caping sesuai dengan kreasi sendiri.

Berkreasi Diatas Caping
Berkreasi Diatas Caping. Sumber: hot.liputan6.com

Kegiatan menggambar caping ini akan meningkatkan kreatifitas bagi anak-anak, mereka akan diberikan beberapa botol warna serta kuas dan tentu saja capingnya.

Anak-anak akan dibebaskan dalam berkreasi, mereka dapat menggambar apa saja sesuai dengan imajinasi masing-masing. Selain menggambar caping kegiatan yang dapat dilakukan ialah membuat wayang-wayangan yang terbuat dari batang dan daun singkong.

7. Keliling Kampung

Ragam wisata yang terakhir akan saya bahas ialah Tour Kampung atau keliling kampung. Kamu akan diajak untuk berkeliling kampung melihat kegiatan usaha yang dilakukan oleh masyarakat sekitar, seperti konveksi serta kerajinan yang terbuat dari bambu.

Jembatan Yang Membawamu Pulang Kampung
Jembatan Yang Membawamu Pulang Kampung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hal tersebut merupakan pengalaman yang tak boleh kamu lewatkan. Dengan berkeliling kampung kamu akan menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Kampung Wisata Cinangneng.

Alamnya masih sangat asri serta memiliki udara yang masih sejuk, bjauh berbeda dengan keadaan di perkotaan yang biasa kita lalui. Kamu akan diajak melewati perkebunan, sawah, serta hutan.

back to Kampoeng di kampung wisata cinangneng
Back to Kampoeng. Image via: petawisatadunia

Simak juga: Membebaskan imajinasi di Moja Museum Jakarta

Objek Wisata Dekat Kampung Wisata Cinangneng

Setelah mengunjungi Kampung Wisata Cinangneng, sempatkan waktu kamu untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata yang berdekatan seperti berikut ini:

1. Curug Ciampea

Curug Ciampea berada di Desa Tenjolaya, Kecamatan Ciampea. Tempat wisata air yang satu ini sering disebut sebagai Green Lagoonya Bogor, karena airnya sangat jernih serta bersih sekali. Untuk menuju Curug Ciampea kamu harus menembus hutan belantara dan sebuah bukit dengan keindahan alam yang menakjubkan.

2. Gunung Kapur Ciampea

Gunung Kapur Ciampea berada di ketinggian sekitar 385 mdpl, dan mempunyai 3 buah puncak. yakni Puncak Batu Roti, Lalana dan Galau. Untuk menuju puncak waktu yang dibutuhkan sekitar 20 menit saja, ketika di puncak kamu dapat melihat keindahan alam yang ada di sekitarnya.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Kampung Wisata Cinangneng, tempat wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang dibalut dengan edukasi yang tinggi. Tempat berlibur yang sempurna untuk mengajak anak-anak.

Awesome!


Tinggalkan komentar