Kampung Wisata Cinangneng, Rekreasi Dengan Aneka Fasilitas Edukasi

Kampung Wisata Cinangneng merupakan tempat yang unik dan sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Lokasi wisata ini hadir dengan konsep “Back To Nature”. Sebuah konsep wisata dimana mengajak pengunjung untuk mengenang kembali kehidupan masa lalu, khususnya masa kecil ketika mereka ada di kampung.

Kampung Wisata Cinangneng adalah salah satu tempat yang unik dan menarik yang dapat dikunjungi untuk mengenal konsep “Back To Nature”.
Kampung Wisata Cinangneng. Image via: @kampoengwisatacinangneng

Kampung Cinangneng mendapat tepat khusus di kalangan wisatawan yang ingin merasakan suasana mengenang “kembali ke masa kecil”. Atau ada juga yang mengatakan suasana “pulang kampung”. Kebutuhan akan hal ini memang makin terasa dewasa ini, khususnya saat kehidupan kota begitu ketat dan menghimpit dengan jadwalnya yang padat.

Saat berkesempatan datang ke kawasan wisata kampoeng CinangnengJawa barat ini, pengunjung akan diajak sejenak untuk melupakan kebisingan dan tekanankehidupan perkotaan.

Salah satu hal yang ditonjolkan dari visi “pulang kampung” adalah mengajak pengunjung untuk berinteraksi dengan budaya sunda, dan kegiatan masyarakat tani pedesaan di sekitar kampung-udik Ciampea.

Di kampung ini pengunjung juga diajak untuk aktif belajar dan bermain. Kegiatan yang ditawarkan meliputi memanen sayur atau buah-buah di kebun, hingga menanam padi di sawah yang berlumpur.

Bahkan bagi pengunjung yang tertarik, bisa mencoba untuk bermain di sungai bersama kerbau, membuat kue-kue tradisional, hingga mencoba gamelan.

pengunjung kampung wisata cinangneng diberikan pengalmaan langsung, termasuk memandikan kerbau
Mandiin kebo. Image via: ladangkenang-kenangan

Simak juga: 25 wisata populer di Bogor

Lokasi Kampung Wisata Cinangneng

Kampoeng wisata Cinangneng ini berlokasi di Jalan Babakan Kemang RT 01/RW 02, Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Transportasi untuk mencapai letak Kamueng Wisata Cinangneng sangat mudah. Jika dihitung dari Jakarta, perjalanan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam melalui tol Jagorawi.

Rute Kampung Wisata Cinangneng

Lokasi Kampung Cinangneng tidak jauh dari kampung Insitut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga. Dari arah IPB Dramaga, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke arah Cibanteng. Setelah itu akan masuk ke Desa Cihideung Udik dari Jalan Raya Cibanteng.

Sebagai patokan, jika sudah sampai ke Kolam Renang Tirta Ayu, pengunjung bisa bertanya pada penduduk sekitar jika bingung untuk menuju lokasinya. Jarak dari Kampoeng Wisata Cinangneng ke Stasiun Bogor sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Belajar tabuh di kampung wisata cinangneng
Belajar tabuh. Image via: @kampoengwisatacinangneng

Jam Buka Kampung Wisata Cinangneng

Lokasi wisata ini buka setiap hari. Pengunjung bisa datang mulai jam 8 pagi, hingga jam 5 Sore.

Tiket Kampung Wisata Cinangneng

Pengunjung yang ingin menikmati kegembiraan di Kampung wisata Cinangneng, ditawarkan beberapa paket petualangan. Biaya untuk tiket paket Kampung Wisata Cinangneng di pasang mulai dari yang terendah Rp20.000.

  • Tiket Masuk Rp 12.000
  • Package A – Poelang Kampoeng – One Day Package (Minimum 20 Persons) Rp 145.000
  • Package B – I Am Also From The Kampoeng (Minimum 10 Persons) Rp 125.000
  • Package C – Survey Package/Person Rp 20.000
  • Package D – Ronda/Person Rp 100.000
  • Overnight Package Rp 525.000

Fasilitas Kampung Wisata Cinangneng

Pengelola wisata kampung Cinangneng sangat memikirkan kenyamanan pengunjung. Untuk itu mereka telah menyiapkan beberapa fasilitas penunjang kenyamanan. Fasilitas umum yang tersedia di lokasi ini diantaranya Mushola. penginapan, kafe, toko oleh oleh, tempat parkir, saung atau gazebo, dan tentu saja toilet.

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dicoba adalah belajar menbuat kue dan jamu. Pengunjung akan diajak untuk membuat kue tradisional seperti kue bugis dan putu.
Belajar Masak. Image via: sdialazhar17.sch.id

Simak juga: Kampung main Cipulir, Outbound di Ibu Kota Negara

Adapun penginapan, KWC memilikia dua gedung yang masing-masing memiliki sekitar 8 kamar. Tempat penginapan ini biasa disewa oleh pengunjung yang berasal dari luar kota.

Sementara mushola, posisinya berdekatan dengan tempat menari tarian sunda. Mushola ini memiliki toilet sebanyak 2 buah untuk toilet pria dan tiga buah untuk toilet perempuan.

Pada setiap toilet yang ada di lokasi wisata ini, dihadirkan lengkap menggunakan fasilitas sower. Dengan demikian pengunjung bisa sekaligus memakainya untuk mandi. Tersedia juga fasilitas keran wudhu yang tidak terlalu jauh dari toilet. Total ada tersedia 5 keran wudhu.

Daya Tarik dan Kegiatan di Kampung Wisata Cinangneng

Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan di Kampung Wisata Cinangneng Bogor. Mulai dari kegiatan budaya, alam, hingga pertanian. Mengingat jenis kegiatan yang populer itu. Maka tidak mengherankan jika pengunjung desa ini kebanyakan adalah rombongan siswa sekolah atau rombongan studi tour mahasiswa.

Buat pengunjung anak-anak, kegiatan menggambar caping dan membuat karya seni bisa menjadi pilihan
Lukis camping. Image via: tripadvisor.com

Kampung wisata ini cocok dijadikan lokasi field trip. Perjalanan wisata ke Kampung wisata Cinangneng umumnya ditawarkan dalam bentuk paket wisata harian. Ada beberapa pilihan paket yang tersedia, sesuai dnegan waktu yang dimiliki, biaya, dan juga interest pribadi si pengunjung. Berikut kegiatan yang ada di Kampung Wisata Cinangneng Bogor.

  1. Bermain Alat Musik dan Lagu Tradisional

Pilihan kegiatan pertama yang bisa dipilih dan dinikmati adalah bermain alat musik dan lagu tradisional. Berada dalam lingkungan alam yang asri dengan suasana pedesaan dan diisi dengan belajar musik tradisional sungguh suatu pengalaman yang dapat menghaluskan jiwa.

Di Kampung Wisata Cinangneng Bogor ini pengunjung diajarkan beberapa alat musik khas Sunda seperti angklung dan gamelan Sunda. Selain itu juga diajarkan untuk menyanyikan lagu-lagu khas Sunda.

  1. Belajar Tarian Tradisional

Selain musik dan lagu, di sini juga ada kegiatan pembelajaran mengenai tarian tradisional. Salah satu materi yang diajarkan adalah soal tari Jaipong. Bukan sekedar belajar tentang menari, pengunjung juga diajak untuk memakai pakaian adat sederhana. Pemakaian pakaian ini bertujuan untuk membuat pengunjung lebih menghayati tarian yang sedang dipelajari.

Di Kampung Wisata Cinangneng Bogor pengunjung juga berkesempatan untuk merasakan menanam padi.
Nandur. Image via: wartakota.tribunnews.com

Simak juga: Petualangan Legenda Kota emas di eldorado Waterpark

  1. Belajar Membuat Kue dan Jamu

Saat kunjungan ke Kampung Wisata Cinangneng pengunjung memiliki kesempatan menikmati proses penanaman padi di sawah. Pengalaman menanam padi ini, sungguh bisa menjadi hal yang pantas untuk dikenang.

Kegiatan menanam padi ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama rombongan yang terdiri dari teman perjalanan. Dengan demikian tentu saja jadi terasa lebih menggembirakan.

  1. Menanam Padi

Saat kunjungan ke Kampung Wisata Cinangneng pengunjung memiliki kesempatan menikmati proses penanaman padi di sawah. Pengalaman menanam padi ini, sungguh bisa menjadi hal yang pantas untuk dikenang.

Kegiatan menanam padi ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama rombongan yang terdiri dari teman perjalanan. Dengan demikian tentu saja jadi terasa lebih menggembirakan.

  1. Memandikan Kerbau dan Bermain di Sungai

Selain menanam padi, di Kampung Wisata Cinangneng Bogor juga dapat menikmati memandikan kerbau serta bermain air di sungai. Kedua jenis aktivitas khas kampung ini akan menjadi pengalaman yang menggembirakan bagi pengunjung, terlebih jika dilakukan bersama rombongan.

Pengunjung anak hampir dapat dipastikan akan sangat tertarik dengan kegiatan memandikan kerbau ini. Selain soal kegembiraan, memandikan kerbau juga menumbuhkan keberanian dan ketangkasan di dalam diri anak.

bermain rakit bisa memebrikankeseruan di kampung wisata cinangneng ini
Berakit rakit ke Hulu. wisatasekolah.com
  1. Menggambar Caping

Bagi anak anak yang datang berkunjung, pengelola menyiapkan kegiatan yang mengkombinasikan antara kreatifitas dan pengenalan dunia pertanian. Kegiatan itu direalisasikan dalam bentuk melukis dia tas Topi Caping.

Setiap peserta kegiatan diberikan perlengkapan dan bahan berupa sebuah caping, kuas dan beberapa botol warna. Untuk tema lukisan yang dibuat pada dasarnya bebas, sesuai keinginan masing-masing peserta, walau tentu saja umumnya akan menyesuaikan teman dengan suasana pedesaan.

Selain itu melukis caping, ada juga kegiatan seni lainnya. Kegiatan seni lain itu diantaranya membuat wayang-wayangan dari batang dan daun singkong.

  1. Keliling Kampung

Salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan ketika datang ke Kampung Wisata Cinangneng adalah berkeliling atau tour kampung. Selama tour pengunjung diajak untuk berkunjung ke usaha-usaha kecil warga setempat. Usaha kecil itu meliputi,  seperti konveksi dan kerajinan bambu.

Pengunjung diajak untuk mempelajari kinerja dan proses produksi kegiatan UMKM, yang dikelola oleh masyarakat sekitar lokasi wisata. Menjelajah mengelilingi komunitas masyarakat itu, bisa menjadi kegiatan menyenangkan, karena Anda akan merasakan langsung melewati area perkebunan, sawah, dan hutan.

back to Kampoeng di kampung wisata cinangneng
Back to Kampoeng. Image via: petawisatadunia

Simak juga: Membebaskan imajinasi di Moja Museum Jakarta

Objek Wisata Dekat Kampung Wisata Cinangneng

Wilayah Ciampea merupakan pintu untuk menuju beberapa lokasi wisata seperti Gunung Salak Endah, wisata panjat tebing Bukit Kapur Ciampea, dan wisata sejarah petilasan purbakala di Ciaruteun.

Wisata di kawasan wisata Gunung Salak Endah meliputi berbagai air terjun, pemandangan panorama alam, pemandian air panas, kolam pemandian, bumi perkemahan. Tentu saja termasuk Kawah Ratu yang terkenal itu.

Desa Ciaruteun selama ini populer sebagai daerah yang memiliki banyak peninggalan bersejarah. Bahkan beberapa diantaranya berasal darimasa Prasejarah. Yang paling terkenal tentu saja serial prasasti yang ada di kebun kopi dan prasasti jejak kaki Ciaruteun. Di kelurahan ini ada juga bekas wilayah pemukiman zaman purba, yang ditandai keberadaan menhir dan dakon.

Tentu saja berjalan-jalan di kawasan Kampung wisata Cinangneng, sangat menyegarkan. Kita bisa melihat pemandangan alam pedesaan yang asri, alam yang hijau aktifitas pedesaan yang mendamaikan, juga bisa merasakan segarnya air pegunungan.

Awesome!

Baca juga:

Leave a Comment