Moja Museum, Petualangan Imajinasi Dalam 14 Ruang Pamernya

Museum merupakan sebuah tempat yang sangat dihindari oleh kaum remaja, karena biasanya sebuah museum pastilah monoton dan sangat membosankan sekali.

Namun ternyata ada sebuah museum di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat yang seru dan instagramable banget. Namanya ialah Moja Museum yang berada di Pintu 8 GBK sebelah utara.

 

Moja Museum merupakan sebuah tempat dimana kamu dapat menikmati beberapa karya unik di setiap ruangan yang berbeda. Selain itu kamu juga dapat bermain Roller-skating bersama kawan.

Lorong Yang Sangat Cantik
Lorong Yang Sangat Cantik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 21 Wisata Populer di Jakarta

Setidaknya terdapat 14 ruangan tematik yang akan membuat kamu terkagum-kagum sekaligus ingin mengabadikannya. Ini jugalah yang menarik minat para remaja untuk mengunjungi Moja Museum.

Terdapat sebuah ruangan yang berisikan berbagai macam benda yang ada pada zaman dahulu. Ketika kamu mengunjungi Moja Museum dijamin rasa bosan dan monoton tak terlintas sedikitpun.

Berikut ulasan lengkap mengenai Moja Museum:

 

Lokasi dan Rute Moja Museum

Lokasi Moja Museum berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pintu 8, tepatnya terletak di Jl. Gerbang Pemuda RT/RW 1/3, Jakarta Pusat.

Atau kamu dapat menghubungi Moja Museum di nomor 0822-7300-0730

Rute menuju Moja Museum pun sangat mudah dicapai, kamu tinggal arahkan kendaraanmu menuju Gelora Bung Karno (GBK). Atau jika kamu menggunakan kendaraan umum seperti Trans Jakarta ataupun Busway.

Kamu harus meniki Busway jurusan Harmoni – Lebak Bulus kemudian turun di GBK sisi utara (Pintu 10), tinggal lanjutkan dengan berjalan kaki menuju Moja Museum. Atau bisa juga dengan menggunakan MRT dan turun di Stasiun Senayan.

Jam Buka Moja Museum

Jam buka Moja Museum dibuka mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu, mulai pukul 11 siang hingga pukul 19.30 malam.

Tiket Moja Museum

Harga tiket yang ditawarkan Moja Museum yakni:

  • Weekday (Senin sampai Jumat) : Rp. 110.000,- per orang
  • Weekend (Sabtu dan Minggu)   : Rp. 125.000,- per orang

Harga tiket tersebut untuk kunjungan selama 2,5 jam

Fasilitas Moja Museum

Fasilitas yang ada di Moja Museum terdiri dari:

  • Area parkir yang luas
  • Spot foto yang ciamik banget
  • Area untuk bermain Roller-skating
  • Tempat pembelian kaos kaki

Daya Tarik Wahana Moja Museum

1. Sepatu roller skate

Simak juga: Saygon Waterpak, milik Ratu Goyang Ngebor

Hal yang menarik dari Moja Museum ialah kamu dapat mencoba permainan yang pernah booming sekitar tahun 80 hingga 90’an. Permainan ini dulu selalu dimainkan oleh para remaja di Ibu Kota, Roller-skating namanya.

Sama halnya dengan sepatu roda, namun Roller skate mempunyai roda 4 yang saling berhadapan tidak sejajar. Kamu dapat mengelilingi area museum dengan menggunakan Roller sakte.

Bermain Roller Skate
Bermain Roller Skate. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sepatu yang tersedia mulai dari ukuran 30 sampai 45 yang dapat dipinjam ditempat yang sudah disediakan. Lebih nyaman jika menggunakan kaos kaki, namun jika kamu tidak membawanya kamu dapat membelinya dengan harga Rp. 30.000,-.

Tersedia Roller Skate Mulai Dari Ukuran 30 Hingga 45
Tersedia Roller Skate Mulai Dari Ukuran 30 Hingga 45. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bermain Roller skate merupakan pengalaman yang menyenangkan, jika kamu belum mahir kamu akan diajari oleh instruktur yang selalu siap mengajarkanmu. Selain itu, kamu juga akan ditawari untuk menggunakan sebuah papan beroda, supaya kamu tetep seimbang dan tidak terjatuh.

Area Moja Museum dihiasi dengan lampu warnai-warni yang unik namun indah, menjadikan tempat ini layak untuk selalu dikunjungi.

2. 14 Ruangan

Moja museum memiliki 14 ruangan dengan tema yang berbeda di setiap ruangannya. Ruangan-ruaangan tersebut berada di lantai dua.

Kamu nantinya akan diarahkan oleh petugas yang ada untuk menyusuri setiap ruangan, jangan lupa untuk menyiapkan kamera kamu dan mengabadikannya dalam sebuah foto maupun video.

Ruangan Cantik Yang Ada Di Moja Museum
Ruangan Cantik Yang Ada Di Moja Museum. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tema-tema yang ada diantaranya Charlie and The Millenial Pink Candy Room, disini kamu akan dibagi permen oleh petugas. Selain itu terdapat ruangan yang berisikan bola yang berwarna kuning dan putih didalam sebuah kolam, kamu seakan sedang bermain bola ketika berada di ruangan ini.

Mandi Bola
Mandi Bola. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Juga ada ruangan yang bertemakan game legendaris Mario Bross dan pacman, serta ruangan yang berisikan gambar gravity yang menakjubkan dan harus kamu abadikan.

 

Simak juga: 2 kolam dan 2 Slide, di Dayu waterpark

3. Berburu Foto instagenic

Moja Museum merupakan tempat dengan seribu spot menarik untuk diabadikan menjadi sebuah foto maupun video. Ketika mulai memasuki area ini, kamu akan disambut lorong panjang dengan lampu yang cantik.

Kemudian ketika kamu memasuki area Roller skating, disekitarnya dapat kamu jadikan untuk sebuah spot foto maupun video.

Salah Satu Spot Foto Yang Kece Badai
Salah Satu Spot Foto Yang Kece Badai. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Yang ngga boleh terlupakan ialah dengan mengambil beberapa gambar di setiap ruangan yang tersedia di Moja Museum. Kemudian kamu posting di berbagai media sosial yang kamu miliki.

Simak juga: Belajar bertani bareng Pak Budi

Tips Wisata Moja Museum

Untuk kamu yang hendak mengunjungi Moja Museum, sebaiknya kamu ikuti beberapa tips wisata berikut ini:

  • Patuhi aturan

Moja Museum menerapkan beberapa aturan untuk para pengunjung, diantaranya dilarang untuk memanjat, dilarang merokok ketika berada di dalam museum, dilarang berlari, tidak boleh memindahkan barang yang ada di dalam ruangan, karena saat ini pandemi covid masih melanda kamu diwajibkan untuk selalu memakai masker ketika berada di area Moja Museum. Dan kamu juga dilarang untuk membawa makanan dan minuman dari luar.

Moja Museum
Moja Museum. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Antre dengan sabar

Moja Museum tak pernah sepi pengunjung, maka dari itu budayakan antri dan bersikap sabar jika kamu harus menunggu giliran.

  • Berikan kesempatan kepada yang lain

Waktu yang diberikan untuk menikmati Moja Museum hanya selama 2,5 jam, jadi manfaatkan waktu tersebut sebaik-baiknya.

  • Bawalah perlengkapan kamera

Karena banyaknya spot foto yang ada di Moja Museum, maka siapkan kamera atau HP kamu baterainya penuh. Supaya kamu dapat sepuasnya mengambil foto.

Spot Foto Lainnya
Spot Foto Lainnya. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Belanja dan Renang di SKI Bogor

Objek Wisata Dekat Moja Museum

Selain berkunjung ke Moja Museum sempatkan diri kamu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini:

1. Taman Menteng

Taman Menteng dulunya ialah Stadion Menteng yang telah diubah menjadi sebuah taman yang sangat cantik, dan memili 30 spesien tanaman. Selain bangunan Taman Menteng yang menakjubkan harus kamu lihat sendiri.

2. Monas

Monas merupakan iconnya Jakarta, tak lengkap kunjunganmu jika belum menginjakkan kaki di Monas. Monas adalah akronim dari Monumen Nasional, dengan ciri sebuah tugu yang menjulang tinggi, sekitar 132 meter. Dimana di puncak tugu tersebut dilapisi oleh lembaran emas.

Berikut yang dapat saya sampaikan mengenai Moja Museum sebuah tempat yang memberikan kamu 14 ruangan dengan tema yang berbeda-beda. Dan dijamin mengunjungi Moja Museum terhindar dari BT dan jenuh.

Selamat mengunjungi Moja Museum, ya!


Leave a Comment