Water Kingdom Mekarsari, Mencoba Wahana Seru Di Waterpark Terbesar Se Asia Tenggara

Ketika kamu mengunjungi Taman Buah Mekarsari, kemudian ingin melanjutkan dengan berwisata air. Tak perlu pergi jauh-jauh, kamu tinggal menyebrangi sebuah jembatan tibalah kamu di area Water Kingdom Mekarsari.

Water Kingdom Mekarsari merupakan lokasi wisata air yang memanjakan kamu dengan kira-kira 12 jenis wahana yang pertama kali ada di Indonesia. Lokasinya pun sangat luas yakni berada dilahan seluas 5,6 hektar, dan digadang-gadang merupakan waterpark terbesar se Asia Tenggara.

Lokasi wisata air ini dapat dinikmati oleh berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Terdapat banyak wahana seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Water Kingdom Mekarsari.

Water Kingdom Mekarsari
Water Kingdom Mekarsari. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 25 lokasi wisata populer di Bogor

Selain itu tempat wisata ini memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga memudahkan para pengunjung yang datang. Area lokasi Water Kingdom Mekarsari sangat sejuk, dan udaranya juga menyegarkan.

Untuk pengunjung Water Kingdom Mekarsari dapat mengakses Taman Buah Mekarsari dengan melewati sebuah jembatan, namun kamu harus membeli tiket terlebih dahulu sebesar Rp. 20.000,- saja per orangnya.

Water Kingdom Mekarsari berada satu kawasan dengan Taman Buah Mekarsari, dengan hanya dipisahkan oleh Danau Cipicung. Jika digabungkan luas keduanya, kawasan wisata ini berada di lahan sekitar 35 hektar,. Waw luas banget bukan?

Berikut ulasan lengkap mengenai Water Kingdom Mekarsari:

 

Lokasi Dan Rute Water Kingdom Mekarsari

Lokasi Water Kingdom Mekarsari berada di Jl. Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Rute menuju Water Kingdom Mekarsari dapat dilalui oleh kendaraan apapun, mulai dari motor, mobil, bahkan bis. Kondisi jalannya pun mulus, tak ada kendala yang berarti.

Jika kamu bergerak dari Jakarta kamu bisa menuju Tol Cibubur, sekitar 13 km jauhnya dari pintu tol. Akses jalannya sangat mulus dan juga aman, jadi tak perlu terlalu khawatir saat akan mengunjungi lokasi wisata ini.

Pengunjung yang datang dari daerah Jakarta, bisa mengambil arah menuju persimpangan Cibubur, kemudian jalan lurus menuju daerah Cileungsi.

Jam Buka Water Kingdom Mekarsari

Untuk era New Normal saat ini, jam buka Water Kingdom Mekarsari sebagai berikut:

  • Untuk Senin hingga Jumat (kecuali hari libur) dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00
  • Sedangkan untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00

Setiap pukul 15.00 loket tiket Water Kingdom Mekarsari akan ditutup.

Tiket Water Kingdom Mekarsari

Untuk harga tiket memasuki Water Kingdom Mekarsari dimulai tanggal 23 Desember hingga tanggal 3 Januari 2021, hanya sebesar Rp. 45.000 saja. Tiket sudah termasuk menikmati semua wahana permainan air yang ada, wahana Zodara, dan spot selfie.

Anak-anak yang tingginya kurang dari 80 cm belum dikenakan biaya masuk alias gratis, sedangkan untuk anak yang sudah berusia 1 tahun ke atas dikenakan harga tiket normal.

Fasilitas Water Kingdom Mekarsari

Fasilitas yang ada di Water Kingdom Mekarsari terdiri dari:

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Kamar ganti
  • Toilet
  • Kamar bilas
  • Loker tempat menyimpan barang
  • Klinik P3K
  • Toko Souvenir
  • Restoran
  • Coffe Shop
  • Area Piknik
  • Saung Cabana
  • Cabin
  • Dermaga
  • Panggung hiburan

Jika kamu ingin menikmati fasilitas Saung Cabana, akan dikenakan uang sewa sebesar Rp 200.000,- per 3 jam (Senin-Jum’at) dan sebesar Rp 275.000,- per 3 Jam (Sabtu-Minggu). Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengunjungi website resminya di waterkingdom.co.id

Daya Tarik Water Kingdom Mekarsari

1. Boomerang Slide

Boomerang Slide
Boomerang Slide. Sumber: waterkingdom.co.id

Simak juga: Menyelam di Dalam Mall di Jakarta Aquarium

Boomerang Slide merupakan wahana seluncuran yang ekstrim, karena kamu akan berseluncur dari ketinggian sekitar 15,8 meter memasuki terowongan yang cukup panjang dan meliuk-liuk di lintasan sepanjang 118 meter.

Di akhir terowongan kamu akan tiba di lintasan yang melengkung sebesar 70 derajat, sebelum terlempar dengan kecepatan yang cukup tinggi. Inilah yang melatarbelakangi penamaan boomerang pada wahana ini.

2. Raft Slide

Raft Slide
Raft Slide. Sumber: waterkingdom.co.id

Wahana yang kedua bernama Raft Slide, permainan yang satu ini terdiri dari dua lintasan seluncuran dengan tipe yang berbeda. Kedua seluncuran ini letaknya berdekatan, meskipun begitu keduanya memiliki sensasi yang berbeda. Lintasan atau seluncuran yang berwarna ungu memiliki seluncuran yang terbuka sedangkan yang berwarna orange lintasannya tertutup.

Kamu akan merasakan sensasi seluncuran meliuk-meliuk dengan menggunakan ban dari ketinggian sekitar 10,5 meter. Yang paling menantang ialah jika kamu berseluncur dari lintasan yang berwarna orange, karena kamu akan merasakan berseluncur di sebuah terowongan yang cukup gelap.

3. Racer Slide

Wahana yang satu ini selalu ada di setiap waterpark, namun tampil dengan nama dan ketinggian yang berbeda-beda. Racer Slide merupakan sebuah seluncuran yang terdiri dari 4 seluncuran bergelombang, dengan panjang lintasan sekitar 50 meter. Kamu akan berseluncur dengan menggunakan sebuah matras, akan lebih seru jika berlomba dengan kawan.

Racer Slide
Racer Slide. Sumber: waterkingdom.co.id

Simak juga: Menyusun Rencana Wisata di Malang 

4. Toddler Pool

Toddler Pool merupakan wahana permainan khusus untuk balita, di area ini terdapat seluncuran mini. Kedalaman kolamnya pun hanya setinggi tumit saja, sehingga aman untuk balita bermain air.

Toddler Pool

Toddler Pool. Sumber: waterkingdom.co.id

5. Kiddy Pool

Kiddy Pool dikhususkan untuk anak-anak berusia 5 tahun keatas, ciri khasnya ialah adanya sebuah patung nanas yang memiliki seluncuran. Selain itu terdapat banyak patung-patung yang berbentuk buah-buahan dibawah ember tumpah, serta ada beberapa pancuran di sekitar kiddy pool. Dijamin anak-anak akan bersenang-senang ketika berada di area yang satu ini.

Kiddy Pool
Kiddy Pool. Sumber: waterkingdom.co.id

 

6. Wave Pool

Wahana yang satu ini bernama Wave Pool, merupakan wahana kolam ombak dengan suasana seperti sedang berada di pantai. Area Wave Pool dihiasi dengan pohon kelapa yang berada di sekitar kolam, serta terdapat beberapa patung yang menyerupai karakter buah-buahan.

Wave Pool
Wave Pool. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

7. Octopus Splash Pool

Sesuai dengan namanya wahana yang satu ini memiliki ciri adanya beberapa patung octopus atau gurita dengan warna-warna yang cerah. Di Octopus Splash terdapat lorong-lorong yang akan menjadi tempat seru untuk anak-anak bermain, serta dilengkapi beberapa seluncuran mini. Anak-anak akan merasa bersemangat untuk mengeksplor kastil Raja Gurita ini. Hal seru lainnya adalah ketika menunggu deburan air yang akan datang dari ember tumpah.

Simak juga: Merencanakan Perjalanan lIburan Ke Bali

8. Lazy River

Lazy River di Water Kingdom Mekarsari memiliki panjang sekitar 600 meter dengan kedalaman kolamnya mencapai 1,2 meter. Kamu akan dibawa berkeliling dengan arus buatan diatas sebuah ban. Bermalas-malasan sejenak sembari menikmati alam yang dihadirkan, karena di sekitar Lazy River banyak tumbuhan yang menyejukkan mata.

9. Olympic Pool

Untuk wahana yang satu ini bernama Olympic Pool dengan memiliki luas sekitar 945 meter persegi, dan kolamnya berbentuk oval dengan kedalaman sekitar 140-150 cm. Di samping kolamnya terdapat sebuah tempat menyerupai bar, dimana kamu bisa memesan minuman atau makanan ringan. Selain itu dilengkapi juga dengan 2 buah seluncuran air yang tak terlalu tinggi.

10. Whirl Pool

Wahana yang satu ini adalah tempat untuk membuat badan lebih rileks, kamu dapat berendam di Whirl Pool dengan santai. Di sekitar kolam terdapat beberapa pancuran yang terpancar dari beberapa patung yang mengelilingi kolam.

Whirl Pool
Whirl Pool. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

11. Leisure Pool

Leisure Pool merupakan sebuah tempat untuk kamu yang ingin berenang tanpa diganggu oleh hilir mudik pengunjung lainnya. Di sini kamu bisa menikmati keindahan danau yang berada tak jauh dari kolam. Areanya cukup luas, suasananya pun sangat menenangkan.

Simak juga: Mendesain Jalan Jalan di Jogja

12. Futsal Fountain

Ingin mencoba bermain futsal di area yang basah namun ngga licin? Di Water Kingdom Mekarsari, tersedia area futsal yang diberi nama Futsal Fountain. Lantainya berbahan dasar rubber sehingga tidak akan licin meskipun basah. Ko bisa basah? Karena di tengah area futsal ini ada sebuah air mancur, yang akan menambah keseruan kamu pada saat bermain futsal.

Simak juga: Wisata Kawah Putih bandung

Objek Wisata Dekat Water Kingdom Mekarsari

Setelah mengunjungi Water Kingdom Mekarsari, cobalah untuk mngunjungi wahana selanjutnya seperti berikut ini:

1. Taman Buah Mekarsari

Lokasi Taman Buah Mekarsari sangat dekat dengan Water Kingdom Mekarsari, hanya terpisahkan oleh sebuah danau. Kira-kira hanya berjarak 500 meter saja dari pintu masuk Water Kingdom Mekarsari. Di sini kamu dapat menikmati berbagai macam buah-buahan yang berasal dari dalam maupun dari belahan dunia lainnya langsung dari pohonnya.

2. Hobbit Hill

Hobbit Hill Cileungsi Bogor merupakan sebuah restoran dengan konsep latar belakang Kampung Hobbit, lokasi yang satu ini selain menampilkan menu yang menggugah selera juga menampilkan alam yang instagramable. Hal-hal yang dapat kamu lakukan ketika berada di Hobbit Hill Cileungsi ini diantaranya, mengunjungi Danau Hobbit, berkeliling kebun, berfoto selfie serta melakukan kegiatan wall climbing. Lokasi Hobbit Hill berada di Jl. Boulevard No. 88 Harvest City, Cileungsi, Bogor, hanya sekitar 9 km dari Water Kingdom Mekarsari.

Ulasan mengenai Water Kingdom Mekarsari serta beberapa lokasi wisata yang lainnya tersebut semoga dapat menambah referensi kamu untuk menghabiskan liburan saat ini.

Selamat berlibur dan tetap waspada!

Leave a Comment