Kampung Batu Malakasari, Destinasi Liburan Paling Ngetop di Baleendah

Bandung selalu punya cara untuk membuat kita terus ingin mengunjungi kota yang berjuluk Paris Van Java ini. Banyak sekali tempat yang dapat kita tuju ketika berada di Bandung.

Salah satu lokasi wisata yang unik yang ada yakni Kampung Batu Malakasari, yang dulunya merupakan lokasi penambangan batu. Tempat tersebut kemudian disulap menjadi sebuah tempat wisata edukasi yang menyenangkan.

Kampung Batu Malakasari mempunyai konsep edukasi, petualangan, serta kuliner. Disini terdapat beberapa wahana yang dapat kamu coba, mulai dari beternak, berkebun, perikanan, dan yang lainnya. Tersedia juga arena untuk outbound anak-anak.

Sebuah lokasi wisata yang dapat memanjakan setiap pengunjung yang datang, alam disekitarnya pun sangat indah. Lokasinya masih menyisakan bebatuan sisa-sisa dari penambangan, maka tak heran jika dibeberapa area masih terdapat bebatuan.

Di tengah area Kampung Batu terdapat sebuah danau buatan yang luas, di danau ini kamu bisa melakukan kegiatan memancing selain itu kamu bisa juga mengelilingi danau dengan menyewa sebuah perahu. Di lokasi wisata ini juga terdapat area penangkaran rusa totol serta rumah kelinci.

Selain itu kamu juga bisa bermain air di Tektona Waterpark yang berada di sekitar Kampung Batu Malakasari. Sebuah lokasi wisata yang lengkap bukan?

Kampung Batu Malakasari
Kampung Batu Malakasari. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 39 lokasi wisata andalan Bandung

Berikut ulasan lengkap mengenai Kampung Batu Malakasari Bandung:

Lokasi Kampung Batu Malakasari

Lokasi Kampung Batu Malakasari teretak di Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dari pusat kabupaten Bandung Barat, Lokasi wisata ini berjarak sekitar 32 km ke arah tenggara.

Rute Kampung Batu Malakasari

Rute menuju Kampung Batu Malakasari, kamu bisa melalui Jl. Cisangkuy ke arah barat daya untuk menuju ke Ranca Bungur. Setelah itu, kamu akan masuk ke Desa Malakasari.

Jika kamu bergerak dari arah Banjaran, tinggal lurus terus sampai kamu menemukan petunjuk di pinggir jalan tentang lokasi Kampung Batu Malakasari. Lokasi wisata ini sangat mudah untuk dituju, namun jika kamu ragu ketika mengambil arah, tak ada salahnya untuk bertanya pada warga sekitar yang kamu temui.

 

 

 

 

Gerbang Masuk Kampung Batu Malakasari
Gerbang Masuk Kampung Batu Malakasari. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Jalan-Jalan Ke korea Via Kampung Korea Bandung

Jam Buka Kampung Batu Malakasari

Jam operasional Kampung Batu Malakasari terbagi menjadi:

  • Untuk hari Senin hingga Jumat dibuka mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore
  • Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore

Tiket Kampung Batu Malakasari

Tiket Masuk dan Parkir Kampung Batu Malakasari dibedakan menjadi:

  • Tiket masuk Kampung Wisata Batu Malakasari sebesar Rp. 10.000,- per orang
  • Tiket masuk Tektona Waterpark sebesar Rp. 60.000,- per orang
  • Untuk anak-anak yang memiliki tinggi di bawah 80 cm tidak perlu membeli tiket, sedangkan untuk anak-anak yang memiliki tinggi di atas 80 cm wajib membayar tiket sebesar Rp. 10.000,-
  • Tiket parkir roda dua sebesar Rp. 2.000,-
  • Tiket parkir roda empat sebesar Rp. 5.000,-

Untuk informasi lebih jelas kamu bisa mengunjungi website resminya di kampungbatu.co.id

Fasilitas Kampung Batu Malakasari

Fasilitas yang tersedia di Kampung Batu Malakasari sudah lengkap, hal tersebut ditunjukkan dengan adanya:

  • Area parkir yang sangat luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo atau saung untuk kamu beristirahat yang berderet sepanjang area
  • Camping Ground plus penyewaan peralatan campingnya
  • Aula atau gedung yang bisa digunakan untuk acara gathering, pelatihan, seminar atau lainnya
  • Lokasi Kampung Batu Malakasari juga sering digunakan untuk foto prewedding.

Daya Tarik Wahana Kampung Batu Malakasari

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Kampung Batu Malakasari yakni sebagai berikut:

1. Outbound

Outbound merupakan sebuah kegiatan yang dapat meningkatkan motorik anak, mereka akan berlatih untuk mengatasi ketakutan, mereka juga akan belajar untuk bekerjasama dengan temannya.

Kegiatan Oubound Anak
Kegiatan Oubound Anak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tersedia berbagai paket outbound yang ditawarkan pihak pengelola Kampung Batu Malakasari, yakni:

  • Kids Outbound sebesar Rp. 80.000,-
  • Fun Adventure sebesar Rp. 90.000,-
  • Guyang Leutak sebesar Rp. 95.000,-
  • Wisata Pelajar sebesar Rp. 100.000,-
  • Lembur Kuring sebesar Rp. 105.000,-
  • Smart and Creative sebesar Rp. 110.000,-

Setiap paket yang ditawarkan memiliki beragam kegiatan yang berbeda-beda. Kamu dapat memilih kegiatan yang kamu inginkan, dengan jumlah minimal peserta outbound sebanyak 20 orang.

Untuk kamu yang sudah dewasa kamu dapat mencoba melayang di atas danau sepanjang 120 meter dengan mencoba wahana flying fox.

2. Penangkaran Hewan

Melihat Rusa Totol Dari Dekat
Melihat Rusa Totol Dari Dekat. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Wisata Outbound di Pelita Desa

Di Kampung Batu Malakasari terdapat penangkaran rusa totol yang berjumlah 30 ekor, rusa tersebut sudah jinak untuk dilihat dari dekat. Selain melihat Rusa Totol, kamu juga dapat melihat lucunya hewan kelinci dan marmut.

Mengambil susu sapi atau kambing pun dapat kamu lakukan ketika berada di Kampung Wisata Malakasari. Kamu juga akan diberitahukan bagaimana cara beternak unggas seperti, bebek, itik, ayam, kalkun serta angsa.

Kamu juga bisa mencoba untuk mengangon bebek dan mengumpulkan telurnya untuk dibuat telur asin. Dimana hasilnya dapat kamu bawa pulang. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai cara membuat pupuk organik dan pupuk kompos.

3. Belajar Menjadi Petani

Ragam wisata seru lainnya ialah, kegiatan berkebun, melakukan penyemaian, serta mengetahui cara bertani yang benar juga mencoba membajak sawah dengan menggunakan kerbau.

Bermain Bersama Kerbau
Bermain Bersama Kerbau. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sangat seru bukan! Kamu akan melakukan hal yang tak pernah kamu lakukan sebelumnya, apalagi dengan menaiki kerbau ketika membajak sawah.

4. Bale Budaya

Kampung Batu Malakasari menyediakan sebuah area untuk kamu yang ingin mengetahui dan mempelajari kebudayaan Sunda. Disini kamu akan diberitahukan mengenai macam-macam rumah adat Sunda serta bagian-bagiannya. Kamu pun akan mempelajari berbagai jenis kaulinan Sunda atau permainan tradisionalnya.

5. Berperahu

Mengelilingi Danau Menggunakan Perahu
Mengelilingi Danau Menggunakan Perahu. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: MAkan di tepi Ciliwung bersama Cimory Riverside

Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan ialah mengelilingi danau buatan dengan menyewa sebuah perahu. Kamu dapat melihat keindahan danau buatan dengan lebih dekat.

6. Petualangan

Ragam wisata seru lainnya selain out bound yang dapat kamu lakukan ialah mengikuti kegiatan Fun and Adventure Games, yang akan dipandu oleh seorang pemandu.

Hamparan Batu Yang Dijadikan Sebagai Spot Selfie
Hamparan Batu Yang Dijadikan Sebagai Spot Selfie. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu akan diajak untuk melakukan berbagai macam permainan seperti Lomba Bakiak, Kukuyaan, Ngala Tutut, Tangkap Belut, Tangkap Kelinci, serta kegiatan seru lainnya.

7. Tektona Waterpark

Tektona Waterpark merupakan wahana air yang berada di lokasi Kampung Batu Malakasari dengan memiliki Kolam Ombak, Kolam Arus, Kolam Anak dan Balita, Semi Olympic, Perosotan mini untuk anak-anak, serta perosotan dengan tinggi mencapai 30 meter untuk kamu yang menyukai tantangan.

Bermain Kolam Ombak Di Tektona Waterpark
Bermain Kolam Ombak Di Tektona Waterpark. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Fasilitas yang tersedia di waterpark ini pun sudah lengkap, jadi kamu ngga perlu khawatir. Jam Operasional Tektona Waterpark yakni:

  • Untuk hari Senin sampai Jumat dibuka mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00
  • Untuk hari Sabtu dan Minggu atau hari libur dibuka mulai pukul 08.30 hingga pukul 17.00

8. Wisata Kuliner

Untuk kamu yang tidak membawa bekal terus perutmu keroncongan karena lelah mencoba wahana permainan yang ada, jangan khawatir karena di Kampung Batu Malakasari terdapat sebuah tempat makan yang akan menyajikan menu khas Jawa Barat yang enak.

Namanya ialah Resto Dapur Neng, disini kamu akan menyantap makanan yang lezat dihiasi pemandangan yang langsung menghadap ke arah danau. Menu-menu yang bisa dipesan di Resto Dapur Neng antara lain nasi timbel, nasi liweut, ikan bakar, berbagai macam tumis, serta jajanan khas bandung lainnya.

Simak juga: Wisata Basah-Kering, di Transera Waterpark

Objek Wisata Dekat Kampung Batu Malakasari

Selain Kampung Batu Malakasari, Di Baleendah juga terdapat tempat wisata lainnya yang harus kamu kunjungi, yakni:

1. Guntur Resort Baleendah

Guntur Resort Baleendah merupakan tempat wisata kuliner yang memiliki view yang luar biasa, tempat yang tepat untuk berfoto kemudian kamu posting di media sosial yang dimiliki. Lokasinya yang berada di Situ Sipatahunan menjadikan tempat ini tempat yang tepat untuk menikmati alam sambil mengisi perut.

2. Situ Sipatahunan

Situ Sipatahunan merupakan danau buatan yang dibangun pada tahun 1971, dengan tujuan untuk mengairi lahan pesawahan di Kecamatan Baleendah. Dimana sumber airnya berasal dari Sungai Cigajah dan Sungai Sipancur.

Luas permukaan situ ini mencapai 10 hektare dengan kedalaman rata-rata 8 meter. Di lokasi ini suka diadakan acara Festival Situ Sipatahunan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Bandung, dengan menampilkan atraksi kesenian Jawa Barat.

Berikut yang dapat saya ulas mengenai Kampung Batu malakasari, dimana lokasi wisata tersebut merupakan lokasi yang tepat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta.

Tak lupa selalu jaga kondisi kesehatan kita dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Selamat berlibur, ya!