Kampung Batu Malakasari, Destinasi Liburan Paling Ngetop di Baleendah

Kampung Batu Malakasari merupakan destinasi liburan dan wisata yang berkonsep edukasi, petualangan, dan kuliner. Di Kampung Batu Malaksari terdapat beberapa wahana, mulai dari beternak, berkebun, perikanan, dan yang lainnya. Selain itu anak-anak juga bisa bermain outbound.

Kampung Batu Malakasari merupakan destinasi liburan dan wisata yang berkonsep edukasi, petualangan, dan kuliner
Kampung Batu Malakasari. Image via: fourstar-holiday.com

Dulunya tempat wisata ini adalah lokasi penambangan batu. Tetapi sejak tempat ini dibeli dan direnovasi yang melibatkan Ir. Bambang Sutedja, maka berubahlah menjadi tempat wisata edukasi yang menyenangkan.

Sebagai tempat wisata keluarga yang terintegrasi yang bisa dinikmati oleh semua usia baik dewasa, remaja bahkan anak kecil, tentu banyak sekali kegiatan yang seru dan menarik bisa sahabat lakukan ditempat.

Di Kampung Batu Malakasari tersedia wahana Tektona Water Park, aktivitas outbond, flaying fox, melihat penangkaran rusa totol dan rumah kelinci. Juga ada danau buatan yang luas lengkap dengan aktivitas memancing dan dan bermain perahu.

Selain itu tersedia juga aktivitas bertani, berkebun dan beternak, fun and adventure games hingga mempelajari kekayaan budaya Sunda.

Sebagai tempat wisata keluarga yang terintegrasi yang bisa dinikmati oleh semua usia baik dewasa, remaja bahkan anak kecil, tentu banyak sekali kegiatan yang seru dan menarik bisa sahabat lakukan ditempat.
Spot Foto. Image via: tripadvisor.com

Simak juga: 39 lokasi wisata andalan Bandung

Lokasi Kampung Batu Malakasari

Wisata Kampung Batu Malakasari lokasinya berada di Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dari pusat kabupaten Bandung Barat, Lokasi wisata ini berjarak 32 km ke arah tenggara.

Rute Kampung Batu Malakasari

Untuk mencapai Kampung Batu Malakasari, pengunjung bisa melalui jalan Cisangkuy ke arah barat daya menuju ke Ranca Bungur. Setelah itu, masuk Desa Malakasari. Dengan berkendara dari Jalan Cisangkuy, waktu yang pengunjung perlukan hanya lima menit.

Apabila dari arah Banjaran, pengunjung tinggal lurus terus sampai bisa menemukan petunjuk di pinggir jalan Kampung Batu Malakasari. Sangat mudah menemukan, apalagi dengan bertanya pada warga sekitar.

Warga masyarakat di sepanjang jalur Banjaran hampir dipastikan akan mengetahui lokasi Tempat Wisata Di Bandung ini dan juga bersedia membantu menunjukkan arah.

Kolam Arus Tektona Park.
Kolam Arus Tektona Park. Image via: kampungbatu.co.id

Jam Buka Kampung Batu Malakasari

Jam operasional objek tempat wisata keluarga Kampung Batu Malakasari ini untuk Senin-Jumat jam 09.00 sampai 16.00. Sedangkan hari Sabtu-Minggu buka 08.30 sampai 17.00.

Tiket Kampung Batu Malakasari

Untuk masuk dan menikmati suasana di dalam Kampung Batu Malakasari ini dibagi antara pegunjung dewasa dan anak anak. Untuk anak dengan tinggi di bawah 80 cm, tiketnya Rp 10.000, sedangkan untuk pengunjung dewasa tiketnya Rp 15.000.

Bagi yang membawa kendaraan, pengujung dikenakan Rp 2000 untuk sepeda motor, dan Ro 5.000 untuk yang membawa mobil.

Pemandangan alam di sekitar Kampung Batu Malakasari indah dan cocok untuk latar berfoto
Panorama alam. Image via: tripadvisor.co.id

Simak juga: Jalan-Jalan Ke korea Via Kampung Korea Bandung

Fasilitas Kampung Batu Malakasari

Fasilitas yang ada di Kampung Batu Malakasari sangat lengkap. Fasilitas umum seperti toilet dan musholla tersedia disana. Fasilitas umum tersebut pun bersih dan terawat.

Pengunjung juga beristirahat atau sekedar duduk-duduk di gazebo yang sudah tersedia disana. Jika suka berkemah, pengelola juga menyediakan area camping yang bisa disewa oleh para pengunjung. Tidak hanya itu, peralatan berkemah pun tersedia disana.

Kampung Batu Malakasari juga menyediakan aula dan gedung yang bisa disewa oleh siapapun. Aula biasanya disewa untuk acara gathering, pelatihan, seminar dan lainnya. Wisata ini juga sering digunakan untuk pengambilan foto prewedding.

Daya Tarik Wahana Kampung Batu Malakasari

Pengunjung Wisata Kmapung Batu Malakasari, bisa menikmati berbagai wahana dan aktivitas di tempat ini. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Outbound

Flying Fox di kampung batu unik, karena lintasan luncurnya melintas di atas permukaan danau yang dikelilingi oleh bukit-bukit batu di satu sisinya.
Flaying Fox. Image via: tempatwisataunik.com

Aktivitas yanbg paling populer dan juga paling direkomendasikan di Kampung Batu Malakasari adalah outbound. Biasanya wahana outbound ini dipakai untuk acara-acara Gathering anak-anak TK hingga SD. Berbagai fasilitasnya juga sangat menunjang pelatihan gerak motorik anak-anak usia TK dan SD.

Namun, kegiatan outbound di kampung Batu initidak terbatas pada anak anak saja. Pengunjung dewasa juga dapat menikmati petualangan di tempat ini. Pengunjung dewasa bisa mencoba sensasi bergantung di Flying fox sepanjang 120 meter.

Flying Fox di kampung batu unik, karena lintasan luncurnya melintas di atas permukaan danau yang dikelilingi oleh bukit-bukit batu di satu sisinya.

  1. Penangkaran Hewan

Saat berkunjung ke Kampung Batu Malakasari, anak-anak dikenalkan dengan berbagai macam binatang ternak.
Taman Kelinci. Image via: yourbandung.com

Simak juga: Wisata Outbound di Pelita Desa

Saat berkunjung ke Kampung Batu Malakasari, anak-anak dikenalkan dengan berbagai macam binatang ternak. Anak-anak akan mendapatkan informasi mengenai binatang yang bisa diternak serta pakan dan cara perawatan mereka. Binatang-binatang yang dikenalkan di sana ada Sapi, Ayam, Bebek dan Kelinci.

Di bagian kandang hewan ternak ini, anak-anak juga dikenalkan dengan hewan khas Indonesia yaitu rusa tutul. Kandang rusa di Kampung Batu ini ditempatkan di area yang cukup luas dari hewan lainnya. Terdapat sebuah jembatan menuju ke tengah kandang agar pengunjung bisa memberi makan rusa dari tengah kandang.

  1. Belajar Menjadi Petani

Edukasi selanjutnya yang terdapat di taman rekreasi ini adalah belajar menjadi Petani. Pengunjung akan merasakan bagaimana serunya menjadi petani di Sawah. Di area ini pengunjung akan diajarkan tentang bagaimana membajak sawah dengan kerbau dan menanam padi.

Pengunjung diajak menaiki kerbau sambil mengelilingi lahan pertanian, bermain lumpur hingga belajar cara menanam padi.
Menanam Padi. Image via: hargatiket.net

Membajak sawah merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan agar tanah menjadi lebih subur dan gembur. Di Kampung Batu pengunjung dapat secara langsung menikmati aktivitas membajak sawah menggunakan cara tradisional.

Pengunjung diajak menaiki kerbau sambil mengelilingi lahan pertanian, bermain lumpur hingga belajar cara menanam padi.

  1. Bale Budaya

Bagi pengunjung yang tertatik akan kearifan lokal terutama budaya sunda, dapat mempelajarinya disini. Pengunjung dapat mengenal lebih dalam kesenia-kesenian sunda. Kemudian anak-anak juga dapat mengenal budaya sunda lewat permainan-permainan tradisional khas sunda.

  1. Berperahu

Danau yang menjadi ikon kampung Batu Malakasari ini adalah tempat penambangan batu tradisional dulunya. Pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau melihat bagian sisi yang masih terdapat bekas pahatan batu.
Menjelajah Danau. Image via: dutatouristama.com

Simak juga: MAkan di tepi Ciliwung bersama Cimory Riverside

Untuk menjelajahi keindahan danau di Kamung Batu, pengunjung dapat menyewa perahu. Dengan menaiki perahu pengunjung dapat melihat bagian sisi danau yang masih terdapat pahatan batu. Tak hanya itu pengunjung juga dapat berswafoto diatas perahu untuk kemudian diunggah ke sosial media.

  1. Petualangan

Selain out bound tempat wisata ini juga menyediakan wahana permainan petualangan. Wahana ini dipandu oleh instruktur yang berpengalaman dalam memberikan arahan permainan. Di wahana ini pengunjung akan dilatih kerja sama dalam berbagai macam permainan menyenangkan.

  1. Tektona Water Park

Tektona water park adalah wahana permainan air yang terdapat di Kampung Batu Malakasari. Dengan jaminan keseruan, sensasi dan pengalaman baru, tektona water park layak untuk dicoba.

Tektona water park adalah wahana permainan air yang terdapat di Kampung Batu Malakasari. Dengan jaminan keseruan, sensasi dan pengalaman baru, tektona water park layak untuk dicoba.
Tektona Waterpark. Image via: kampungbatu.co.id

Beberapa fasilitas yang bisa dicoba di Tektona water park kampung Batu adalah kolam ombak dan kolam arus. Bagi pengunjung yang membawa balita juga bisa mengajak buah hati dan bermain di kolam anak dan balita.

Selain itu terdapat juga kolam semi olympic dan Mega Slinder.

  1. Wisata Kuliner

Bagi pengunjung yang datang ke Kampung Batu Malakasari tidak membawa bekal makan, tidak perlu khawatir. Resto Dapur Neng yang ada di taman rekreasi ini siap dengan menunya mengenyangkan perut pengunjung. Tentunya setelah aktivitas yang cukup berat perut akan terasa lapar dan perlu untuk diisi.

Resto Dapur Neng, menyediakan berbagai macam menu yang siap menggoyang lidah pengunjung. Pengunjung bisa memilih berbgai menu tradisional dan modern dengan variasi lengkap dan harga yang terjangkau. Menu-menu yang bisa dipesan di resto Dapur Neng antara lain nasi timbel, nasi liweut, ikan bakar, berbagai macam tumis, dan jajanan khas bandung lainnya.

Pengunjung bisa memilih berbgai menu tradisional dan modern dengan variasi lengkap dan harga yang terjangkau
Nasi Liwet di Kampung Batu malakasari. Image via: kelananusantara.com

Simak juga: Wisata Basah-Kering, di Transera Waterpark

Objek Wisata Dekat Kampung Batu Malakasari

Tempat wisata di Baleendah ada juga yang berupa situ. Namanya Situ Sipatahunan. Sayang situ ini kurang terpelihara. Situ Sipatahunan adalah danau buatan yang merupakan aliran Sungai Cigajah dan Sungai Cipancur. Luas permukaan situ ini mencapai 10 hektare dengan kedalaman rata-rata 8 meter. Sedangkan ketinggian permukaan kurang lebih 700 mdpl.

Di Baleendah juga ada objek wisata Guntur Resort Baleendah. Guntur Resort Baleendah mengusung konsep wisata sele dan kuliner yang tentunya sangat cocok buat berfoto-foto. Terdapat saung-saung dan tempat lesehan terbuat dari bambu. Unik sekali memang, pengunjung bisa berfoto dengan latar yang berwarna-warni Sambil lesehan.

Itulah sedikit cerita dari keseruan berkunjung ke Kampung Batu malakasari. Jika penasaran untuk tahu dan merasakan langsung, bisa meluncur ke Kampung Batu Malakasari ya.

Walau kita sudah bolh jalan-jalan, tetap Ingat Jaga Protokol Kesehatan.

Baca juga:

Leave a Comment