Kampung Singkur Pangalengan, Liburan Seru Di Tepi Sungai Kawasan Hutan Pinus

Menghabiskan waktu berlibur di Bandung memang tak ada habisnya, banyak sekali tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di kota yang berjuluk Paris Van java ini.

Salah satunya ialah Kampung Singkur yang terletak di Pangalengan, Bandung. Lokasi wisata alam yang satu ini sangat indah sekali, dengan dikelilingi deretan pohon pinus yang menjulang dengan tingginya. Sehingga menimbulkan udara dan hawa yang sangat sejuk.

Kampung Singkur Pangalengan
Kampung Singkur Pangalengan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com 

Simak juga: 39 pilihan lokasi wisata di Bandung

Selain alamnya yang mengagumkan Kampung Singkur Pangalengan juga akan memberikan kamu beberapa ragam wisata seru dan menyenangkan yang sulit untuk dilupakan.

Ragam wisata yang dihadirkan tentu saja yang bertemakan alam, seperti arung jeram, tubing trip, camping, paint ball, serta kegiatan seru lainnya.

Tempat wisata yang satu ini sangat tepat untuk kamu yang ingin kembali ke alam dan menikmati relaksasi alami. Meskipun untuk menuju lokasi kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu, namun Kampung Singkur Pangalengan sangat tepat untuk mengajak serta seluruh anggota keluarga.

Berikut ulasan lengkap mengenai Kampung Singkur Pangalengan:

Lokasi Kampung Singkur Pangalengan

Lokasi Kampung Singkur Pangalengan berada di Jl. Raya Situ Cileunca KM. 4 Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawasan wisata ini berada di sepanjang Jalan Raya Utama Rahong sehingga mudah untuk dituju.

Jarak yang ditempuh menuju lokasi wisata ini, dari kota bandung kurang lebih sekitar 50 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan.

Rute Kampung Singkur Pangalengan

Rute menuju Kampung Singkur Pangalengan bisa melalui jalan tol Soroja maupun melalui tol Moh. Toha. Rute menuju lokasi wisata yang satu ini, disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah.

Hamparan kebun teh yang hijau serta pemandangan yang menakjubkan menjadi pemandangan utama selama kamu di perjalanan. Hawa yang sejuk serta udara yang menyegarkan selalu menemanimu.

Rute yang dapat kamu tempuh bisa melewati Situ Cileunca dan menuju ke arah Pinus Rahong lewat Jalan Raya Rahong. Untuk menghindari kesasar kamu dapat mengikuti petunjuk arah yang ada, ataupun dengan bertanya pada warga sekitar yang kamu temui di sepanjang jalan.

Jam Buka Kampung Singkur Pangalengan

Jam operasional Kampung Singkur Pangalengan saat ini dibuka setiap hari mulai Pukul 07 pagi hingga Pukul 07 malam.

Tiket Kampung Singkur Pangalengan

Tiket masuk Kampung Singkur Pangalengan sendiri kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 10.000,- saja per orangnya.

Sedangkan untuk beberapa ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di lokasi wisata ini terbagi menjadi beberapa paket, yakni:

  • Rafting dan Tubing mulai dari Rp. 50.000
  • Camping mulai dari Rp. 50.000
  • Offroad sekitar Rp. 200.000
  • Paintball mulai dari Rp. 75.000
  • Flying Fox mulai dari Rp. 20.000
  • Penginapan mulai dari Rp. 600.000 per unit

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap kamu bisa mengunjungi website resminya di kampungsingkur.com

Menikmati Keindahan Alam Kampung Singkur
Menikmati Keindahan Alam Kampung Singkur. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Bumi Pelangi di kaki Ciremai

Fasilitas Kampung Singkur Pangalengan

Fasilitas yang tersedia di Kampung Singkur Pangalengan sangat lengkap, dengan adanya:

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Spot Foto yang ciamik
  • Penginapan
  • Restoran atau Tempat makan
  • Camping Ground

Daya Tarik Kampung Singkur Pangalengan

1. Sungai yang cantik

Lokasi Kampung Singkur Pangalengan memiliki sebuah sungai yang sangat bersih juga indah sekali, aliran sungai ini ditata sedemikian rupa oleh pihak pengelola sehingga dapat menarik minat para pengunjung.

Sungai Cantik Tempat Beragam Wisata Seru
Sungai Cantik Tempat Beragam Wisata Seru. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sungai yang cantik ini berada diantara deretan pohon pinus yang menjulang tinggi ke atas, serta terdapat sebuah  jembatan unik yang terbuat dari kayu menambah kecantika lokasi aliran sungai ini.

Banyak pengunjung yang berfoto di aliran sungai ini, karena hamparan keindahan alamnya memang layak untuk diabadikan. Selain itu kamu dapat menikmati suara aliran air yang menenangkan serta semilir angin yang menyejukkan.

Berfoto Bersama Keluarga Tercinta
Berfoto Bersama Keluarga Tercinta. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Rasa tenang dan tenteram merasuk kedalam jiwa, dan membuat raga nyaman berlama-lama disini. Kampung Singkur Pangalengan merupakan tempat yang tepat untuk kamu yang sedang lelah.

2. Berbagai Aktifitas

Banyak ragam wisata seru dan menyenangkan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Kampung Singkur Pangalengan yang tak boleh kamu lewatkan, yakni:

  • Arung Jeram

Kegiatan yang pertama yang akan diulas ialah Arung Jeram, kegiatan yang satu ini membutuhkan tim yang kompak ketika mengarungi sungai. Kamu akan menyusuri sungai dengan arus yang cukup deras serta medan yang menantang, dengan hanya menggunakan perahu karet.

Keseruan Arung Jeram Di Kampung Singkur
Keseruan Arung Jeram Di Kampung Singkur. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Taman Sabin di Pematang Sawah

Ragam wisata Arung Jeram biasanya akan dimulai dari hulu sungai, namun lain halnya dengan yang ada di Kampung Singkur Pangalengan. Saat bermain arung jeram disini kamu akan memulai perjalanan di Situ Cileunca, dengan kondisi sungai yang cukup menantang.

Sebelum memulai kegiatan tersebut, kamu akan diberikan jaket pelampung serta helm untuk memastikan keamanan selama di perjalanan. Nikmatilah keseruan yang akan kamu dapatkan, dan menjadikan liburanmu lebih berkesan.

Menaklukan Semua Tantangan Yang Ada
Menaklukan Semua Tantangan Yang Ada. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

 

Simak juga: Watu Rumpuk, 40 km dari Madiun

  • Outbond

Ragam wisata yang kedua ialah kegiatan Outbound, kegiatan yang satu ini berfungsi untuk melatih kerjasama serta kemandirian. Fasilitas outbound yang ada di Kampung Singkur Pangalengan diantaranya Flying Fox, Paint Ball, serta Tubing Trip.

Dengan flying fox kamu akan merasakan sensasi meluncur diatas sebuah tali diantara jajaran pohon pinus dengan kencangnya. Butuh nyali yang kuat untuk mengikuti ragam wisata yang satu ini.

Paint ball merupakan sebuah kegiatan perang-perangan, dimana kamu akan dilengkapi sebuah senjata yang berisi peluru warna-warni serta pakaian lengkap layaknya sedang berperang sungguhan.

Tubing trip merupakan sebuah kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan sebuah ban yang didesain sedemikian rupa. Dengan ban tersebut kamu akan bergerak diatas aliran sungai sendirian.

Kegiatan seru lainnya ialah Offroad dengan menggunakan sebuah mobil, menyusuri hutan dengan cara yang berbeda.

  • Camping

Kampung Singkur Pangalengan merupakan surga bagi kamu para pecinta alam. Alam yang disajikan sangat sejuk juga menenangkan. Lokasi wisata yang sangat tepat untuk melakukan kegiatan camping, karena memiliki area camping yang cukup luas dan dapat menampung banyak tenda.

Area Camping Yang Tersedia Di Beberapa Titik
Area Camping Yang Tersedia Di Beberapa Titik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Menginap di udara terbuka dengan hanya ditemani suara serangga serta aliran sungai sepanjang malam, merupakan sebuah pengalaman yang seru dan tak terlupakan. Hal tersebut merupakan salah satu cara menikmati keindahan alam yang tercipta.

  • Penginapan

Jika kamu mau menikmati malam di Kampung Singkur namun tidak dengan camping, kamu ngga perlu khawatir apalagi resah dan gelisah. Karena terdapat beberapa penginapan di sekitar aliran Situ Cileunca yang dapat kamu sewa.

Penginapan Di Dekat Aliran Sungai
Penginapan Di Dekat Aliran Sungai. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Situ Cipanten dengan airnya yang bening bercahaya

Objek Wisata Dekat Kampung Singkur Pangalengan

Setelah mengunjungi Kampung Singkur Pangalengan, kamu juga dapat mengunjungi area wisata lainnya seperti:

1. Perkebunan Teh Cukul

Perkebunan Teh Cukul berada di Jl. Cukul, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Bandung. Lokasi ini merupakan hamparan kebun teh yang berwarna hijau dengan berada di atas ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Sehingga kamu dapat melihat keindahan alam dari ketinggian serta jalan yang meliuk-liuk. Lokasi yang satu ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati sunrise ataupun sunset.

2. Curug Bangku

Curug ini bernama Curug Bangku dikarenakan bentuknya yang mirip dengan bangku yang biasa ada di sekolah, selain itu Curug Bangku memiliki ketinggian hanya sekitar 30 meter saja. Namun lokasi dimana Curug Bangku ini berada masih sangat alami, yang sayang untuk kamu lewatkan. Curug Bangku sendiri terletak di Margaluyu, Pangalengan.

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai Kampung Singkur Pangalengan, keindahan alam serta banyaknya ragam wisata yang dihadirkan menjadi daya tarik tarik tersendiri bagi lokasi wisata alam yang satu ini.


Tinggalkan komentar