Kampung Korea Bandung, Teleportasi Ke Korea dari Portal Bandung

Demam K-Pop semakin merasuki jiwa anak-anak muda pada saat ini, mereka tergila-gila dengan segala sesuatu yang berbau Korea Selatan. Entah itu Drama Koreanya, musiknya, kebudayaannya, bahkan makanannya, pasti menjadi incaran para kawula muda.

Untuk mereka yang berduit mereka bisa sesukanya langsung datang ke negeri ginseng tersebut, namun jika kamu tak memiliki uang yang cukup apa yang harus kamu lakukan?

Jangan khawatir, kamu tinggal datang saja ke daerah Kebonwaru, Batununggal, Bandung. Karena di sana terdapat sebuah lokasi yang akan membawamu seperti seakan berada di Korea Selatan. Ketika kamu memasuki gerbangnya, seakan ter-Teleportasi ke Seoul.

Pintu Masuk Menuju Kampung Korea
Pintu Masuk Menuju Kampung Korea. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Namanya ialah Kampung Korea Bandung, lokasi ini didesain khusus menggambarkan kebudayaan Korea Selatan. Tempat wisata yang instagramable di Bandung ini dibuat dengan bertemakan street food ala Korea. Lokasi wisata ini terdiri dari dua area, area tradisional serta area modern

Area tradisional ditandai dengan kehadiran Bunga Mugunghwa yang berwarna pink, serta bangunan disekitarnya terbuat dari kayu. Kamu seperti sedang berada di area istana kerajaan di Korea.

Satu area lagi yakni area modern, disini menggambarkan bagaimana keadaan di Kota Seoul yang modern. Dengan ditandai jendela kaca yang lebar, dinding yang berwarna-warni, bangku taman yang dapat berfungsi sebagai meja makan, serta dihiasi lampu yang berbentuk unik dan sangat cantik.

Area Tempat Istirahat Dan Menikmati Makanan
Area Tempat Istirahat Dan Menikmati Makanan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 39 Lokasi Wisata di Bandung

Disini kamu bisa mencicipi jajanan khas yang biasa ada di Drama-drama korea, seperti Toppoki, Eomuk, Kimbap, Hottoek, mandu, serta jajanan yang lainnya.

Selain itu, tempat ini dibuat semirip mungkin seperti di Seoul. Hal tersebut ditunjukkan dengan gaya bangunannya yang seakan membawamu benar-benar berada di Korea Selatan. Pembangunan Kampung Korea ini sebagai bagian dari kegiatan Sister City antara Bandung dengan Seoul.

Ketika kamu berada di Kampung Korea, jangan lupa untuk mencoba Hanbok. Yang merupakan pakaian khas Korea Selatan. Kamu dapat berfoto selfie dengan menggunakan baju tersebut dengan berlatarkan bangunan khas Korea.

Pokoknya Kampung Korea Bandung ini merupakan tempat untuk kamu para pecinta Korea, Kampung Korea berbeda dengan Little Seoul namun memiliki tema yang sama.

Berikut ulasan lebih lengkap mengenai Kampung Korea di Bandung:

Lokasi Kampung Korea Bandung

Alamat Kampung Korea Bandung ini terletak di Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya masih berada di kawasan Taman Kiara Artha.

Rute Kampung Korea Bandung

Rute menuju Kampung Korea Bandung ini sangat mudah, karena dapat dilalui oleh kendaraan mobil maupun motor. Kamu pun dapat menggunakan angkot yang melintasi kawasan ini seperti angkot jurusan Ciwastra – Cicaheum, Binong – Kalapa, serta Riung – Dago.

Akses menuju Kampung Korea Bandung ini bisa melalui dua pintu. Yakni pintu pertama ialah melalui gerbang Taman Kiara Artha di Jl. Kiaracondong, sedangkan untuk pintu kedua ialah melalui Jl, Banteng dari arah Jl. Jakarta.

Untuk menghindari kesasar kamu dapat memanfaatkan GoogleMaps ataupun Waze. Atau bisa juga dengan bertanya ke warga sekitar yang kamu temui.

Jam Buka Kampung Korea Bandung

Kampung Korea Bandung sempat ditutup dalam rangka menghormati keputusan Pemerintah yang ingin menekan tingkat penyebaran Covid-19. Namun saat ini sudah dibuka kembali, Kampung Korea dibuka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam.

Salah Satu Spot Foto
Salah Satu Spot Foto. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Wisata Outbound di Pelita Desa

Tiket Kampung Korea Bandung

Tiket masuk Kampung Korea Bandung sangat terjangkau, kamu cukup membayar tiket sebesar:

  • Weekday sebesar Rp. 10.000 saja per orangnya
  • Weekend sebesar Rp. 15.000 per orang

Tiket tersebut sudah termasuk voucher diskon dari beberapa tempat makan yang ada di dalam.

Fasilitas Kampung Korea Bandung

Fasilitas yang ada di Kampung Korea Bandung terdiri dari:

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Gazebo atau tempat beristirahat
  • Stand-stand makanan
  • Tempat penyewaan Hanbok
  • Spot foto yang ciamik

Daya Tarik Wahana Kampung Korea Bandung

1. Bangunan Ala Korea

Sebelum kamu memasuki area Kampung Korea, kamu akan disambut oleh sebuah pintu yang terbuat dari kayu dengan dihiasi beberapa pilar seperti sebuah istana Korea dengan warna dominanya ialah merah.

Kemudian ketika kamu mulai menginjakkan kaki di dalam Kampung Korea, kamu akan disambut oleh Bunga Mugunghwa yang berwarna pink. Serta kamu akan melihat dekorasi bangunan yang mirip seperti di istana-istana kerajaan Korea pada zaman dahulu.

Suasana Di Kampung Korea
Suasana Di Kampung Korea. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain itu, kamu juga akan merasakan seperti sedang berada di Kota Seoul. Pokonya selama disini kamu seakan sedang berada di negeri aslinya.

Bangunan-bangunan yang ada layak untuk kamu abadikan menjadi sebuah foto maupun video, kemudian kamu posting di media sosial yang kamu miliki. Pasti banyak yang akan menyangka bahwa kamu sedang berada di Seoul, Korea Selatan.

Salah Satu Bangunan Yang Ada
Salah Satu Bangunan Yang Ada. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Spot Instagramable

Setiap sudut yang ada di Kampung Korea Bandung ini merupakan spot foto yang menarik, apalagi jika kamu menggunakan Hanbok berfotonya. Sensasi Korea seperti merasuk ke dalam jiwa.

Berfoto Dengan Menggunakan Hanbok
Berfoto Dengan Menggunakan Hanbok. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: MAkan di Tepi Ciliwung di Cimory Riverside

Untuk dapat memakai Hanbok kamu harus menyewanya di tempat yang sudah disediakan dengan membayar uang sewa sebesar Rp. 100.000 per jam. Dengan uang segitu kamu sudah dapat difoto dengan hasil foto sebesar 10R.

Berjalan-jalan di area Kampung Wisata sambil menggunakan Hanbok merupakan pengalaman yang sangat berkesan, jangan lupa untuk jepret sana jepret sini ya.

3. Masakan Korea

Selain berfoto dengan menggunakan Hanbok, jangan lupakan untuk mencicipi kuliner atau jajanan yang ada di Kampung Korea Bandung. Setiap makanan yang ada dijual dengan harga yang tak terlalu mahal.

Suasana Malam Di Kampung Korea
Suasana Malam Di Kampung Korea. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain makanan Korea disini juga tersedia makanan atau minuman yang berasal dari dalam negeri, misalnya Es Campur Pa Oyen, Bola Ubi, dan lainnya. Selain itu ada juga makanan yang berasal dari Jepang.

Untuk kamu yang menyukai kopi, kamu harus kunjungi Joheun Keopi. Spot kopi yang satu ini menawarkan kamu berbagai macam jenis kopi, namun menu khasnya ialah Naeng. Yang merupakan perpaduan antara kopi dengan madu.

Joh Eun Keopi
Joh Eun Keopi. Sumber: travelspromo.com

Simak juga: Transera Watermark, wisata basah-Kering

Tips Wisata Kampung Korea Bandung

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Kampung Korea Bandung, berikut saya sampaikan beberapa tips yang dapat menjadi bahan referensi untuk kamu, yakni:

  • Siapkan budget yang cukup

Budget yang kamu keluarkan kebanyakan untuk mencicipi kuliner atau jajanan khas Korea yang ada, disamping itu juga untuk menyewa baju Hanbok.

  • Datanglah di hari yang cerah

Karena lokasi Kampung Korea berada di ruangan terbuka, maka kamu harus pastikan cuaca sedang cerah tidak mendung apalagi sedang turun hujan.

  • Siapkan kamera

Banyak sekali spot-spot foto menarik yang sayang untuk kamu lewatkan. Kamu dapat berfoto dengan latar bangunan khas Korea, serta jangan lupakan untuk berfoto bersama bunga Mugunghwa yang cantik.

Simak juga: Menikmati Gelombang Hawai di Sejuknya Malang

Objek Wisata Dekat Kampung Korea Bandung

Banyak sekali tempat wisata di Bandung yang harus kamu tuju setelah mengunjungi Kampung Korea, namun disini saya akan memberikan 2 referensi tempat wisata yang ada di Bandung Wetan, yakni:

1. This Is Me

This Is Me merupakan sebuah tempat wisata selfie yang dikhususkan untuk kamu berfoto ria dengan banyak spot-spot foto unik dan sangat cantik. Lokasinya berada di Jl. Cihampelas, Tamansari, Bandung Wetan.

Spot foto yang ada di This Is Me diantaranya Flamingo Beach, Sunday Mart, Pink Hotel, Pink Theater, Pink Ice Cream, Fly Me Unicorn, Kolam Bola, dan masih banyak lagi. Kamu dapat mengunjunginya mulai pukul 10 pagi hingga pukul 8 malam.

2. Gedung Sate

Gedung Sate merupakan ikonnya Kota Bandung, bangunan ini memiliki gaya arsitektur Indo-Eropa dengan dihiasi taman yang indah. Yang menjadi ciri khas utama Gedung Sate ialah ornamen tusuk sate yang terdapat di menara pusat bangunan tersebut.

Hal tersebutlah yang melatarbelakangi gedung ini dengan sebutan Gedung Sate. Lokasinya berada di Jl. Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan. Di sekitar Gedung Sate udaranya sangat sejuk, karena masih berdirinya pepohonan rindang di sekitar lokasi.

Untuk kamu para K-Pop holic pasti mendambakan untuk pergi mengunjungi Negeri Ginseng tersebut. Namun, karena saat ini sedang pandemi kamu bisa mengunjungi Kampung Korea yang ada di Bandung terlebih dahulu.

Lokasi wisata ini akan membawamu seakan berada di Seoul. Tak pecaya, buktikan saja sendiri!


Leave a Comment