5 Wisata Kuliner Malang, Cita Rasa Legendaris Yang Tak Lekang Oleh Waktu

|

Wisata kuliner Malang yang legendaris di Malang wajib kamu coba, karena rasanya yang melegenda dan tak berubah meski sudah beralih dari generasi satu ke generasi lainnya.

Malang memiliki udara yang sejuk, dengan pemandangan pegunungan yang lebih dominan. Selain itu Malang juga disebut dengan kota bunga, selain disebut dengan Kota Apel.

Terlepas dari itu, Malang ternyata memiliki banyak sekali tempat kuliner legendaris yang memiliki cita ras khas yang tak lekang oleh waktu meski sudah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu.

Berikut kami pilihkan beberapa tempat wisata kuliner legendaris di Malang, yang wajib banget kamu coba.

5 Wisata Kuliner Malang

1. Puthu Lanang

puthu lanang
puthu lanang. google maps. sumber: Zaki Refaeli

Simak juga: pilihan kuliner Bogor.

Tempat wisata kuliner pertama di Malang yang akan kami ulas ialah Puthu Lanang, merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras kemudian diberi taburan kelapa.

Puthu Lanang ini sudah berdiri sejak tahun 1930 loh, tapi cemilan yang satu ini masih diminati. Rasanya yang manis karena ada campuran gula merah di dalamnya ditambah gurihnya taburan kelapa, menjadi padanan rasa yang nikmat. Jadi, ketika kamu sedang berada di Malang jangan lewatkan untuk mencicipi kudapan legendaris yang satu ini ya…

  • Lokasi: Jl. Jaksa Agung Suprapto No.73, RT 03, Samaa,Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.
  • Jam buka: 17.30 – 21.30
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 10.000,-

2. Depot Hok Lay

depot hok lay
depot hok lay. google maps. sumber: Winnu Ayi Satria

Simak juga: 11 Kuliner Legenda dari Bandung.

Depot Hok Lay atau Rumah Makan Hok Lay memiliki menu andalan yang selalu diburu para pecinta kuliner, yakni:

  • Cwie Mie,
  • Lumpia Semarang, dan
  • Es Fosco.

Ke tiga menu tersebut selalu saja ludes diburu pengunjung, padahal masih ada lagi menu pilihan lainnya. Hal tersebut dikarenakan rasa dari ke tiga menu di atas sungguh sangat menggugah selera, selain itu merupakan kompisisi menu yang lengkap. Mulai dari makanan pembuka, inti hingga dessert.

Bukan hanya itu saja yang menjadi daya tarik dari Depot Hok Lay ini, suasana Malang tempo dulu sangat terasa ketika berada di dalam rumah makan yang lokasinya tak jauh dari Alun-Alun Kota Malang.

  • Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.10, Klojen, Kota Malang
  • Jam buka: 09.00 – 13.00 dan 17.00 – 20.30 (Selasa: 17.00 – 20.30)
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp. 13.000,-

3. Sego Resek

sego resek
sego resek. google maps. sumber: Vinie Aghistnaa

Kuliner legendaris di Malang selanjutnya ialah Sego Resek, yang telah ada sejak tahun 1959. Sego Resek merupakan kuliner malam di Malang, yang menjadi teman setia ketika perut keroncongan di waktu-waktu krusial.

Sajian menu di Sego Resek ialah nasi goreng Jawa ditambah dengan beberapa toping yang disesuaikan dengan keinginan pengunjung.

Meski terlihat sangat sederhana, tapi rasa dari nasi goreng Sego Resek ini mantapz banget. Hal tersebut dibuktikan selalu panjangnya antrean pengunjung yang ingin menikmati menu nasi goreng dari Sego Resok.

  • Lokasi: Jl. Brigjen Katamso, Kasin, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur.
  • Jam buka: 17.00 – 20.00
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp. 19.000,-

4. Toko Oen

toko oen malang
toko oen malang. google maps. sumber: Dwi TOJ1N9

Simak juga: Demam kuliner Telur Asin melanda.

Toko Oen sudah berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka, yakni 1930. Pada awalnya berdiri di Jogja pada tahun 1910, kemudian menyebar ke Semarang, Jakarta hingga Malang.

Toko Oen awalnya difokuskan menjual hidangan pastry, yakni terdiri dari kue kering, kue basah, roti hingga es krim. Namun saat ini ditambah dengan beberapa menu lainnya juga.

Suasana vintage di Toke Oen sangat terasa, dengan penyajian kursi tempo dulu, sehingga terkadang menjadi spot berfoto bagi pengunjung sambil menunggu pesananya tiba.

  • Lokasi: Jl. Jend, Basuki Rachmat No.5, Kuaman, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur.
  • Jam buka: 08.00 – 21.30
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp. 25.000,-

5. Es Teler Dempo No.7

es teler dempo no.7
es teler dempo no.7. google maps. sumber: Yohanes Saputra

Simak juga: Tempat ngopi romantis di Bandung.

Kuliner legendaris Malang yang terakhir akan diulas kali ini, ialah Es Teler Dempo, atau lebih dikenal dengan nama Es Teler Dempo No. 7.

Dilihat dari namanya, kedai legendaris yang satu ini menyajikan menu-menu minuman yang dapat menghilangkan dahaga. Dengan menu andalannya ialah Es Teler Mocca dan Mocca Durian.

Pas banget untuk disantap di siang hari yang panas, atau setelah melakukan berbagai kegiatan yang membuat tenggorokan kering.

  • Lokasi: Jl. Gede, Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur.
  • Jam buka: 09.00 – 16.00
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp. 7.000,- hingga Rp. 20.000,-