Pandawa Water World, Pangejawantahan Spirit Pandawa 5 dalam Konsep Wisata Dunia Air

Kata “pandawa” bagi masyarakat Sukoharjo Jawa Tengah, bukan hanya sekedar tentang 5 ksatria gagah perkasa dalam dunia pewayangan saja.

Namun, kata “pandawa” merujuk kepada salah-satu wahana kolam renang, atau water world terbesar yang ada di provinsi Jawa Tengah.

Pandawa Water World
Pandawa Water World. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Nama objek wisata tersebut adalah Pandawa Water World. Selaras dengan namanya, objek wisata Pandawa Water World menyajikan pesona budaya pewayangan dalam balutan keseruan wisata air.

Meskipun selama pandemi Covid-19 ini pihak management Pandawa Water World menyatakan tutup sampai batas waktu yang belum ditentukan, penulis akan coba membahas apa saja daya tarik dari Pandawa Water World tersebut, sebagai referensi awal nanti saat objek wisata tersebut dibuka kembali.

Daya Tarik Pandawa Water World Sukoharjo

Daya tarik dari Pandawa Water World Sukoharjo terletak pada tema wisata, dan ragam wahana yang disuguhkan kepada pengunjung. Diantaranya :

1. Water World Di Alam Terbuka

Daya tarik yang pertama dari objek wisata Pandawa Water World menawarkan sensasi keseruan berada di alam terbuka, dengan konten utama berupa spot kolam renang.

Sudah sering saya sampaikan di artikel-artikel sebelumnya, bahwa wahana kolam renang merupakan salah-satu objek wisata yang sangat disukai oleh “pasar”, atau para wisatawan.

Wisata Alam Terbuka
Wisata Alam Terbuka. Sumber : pandawa-lima.com

Apalagi area kolam tersebut seperti di Pandawa Water World, yang sangat luas, tidak hanya satu kolam, dilengkapi dengan wahana keseruan lainnya, tentu saja akan menghadirkan sensasi yang berbeda dari masing-masing area.

Ditambah, area kolam renang ibarat dua sisi mata uang dengan wisata di alam terbuka. Dengan demikian akan menghadirkan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Salah Satu Kolam Di Pandawa Water World
Salah Satu Kolam Di Pandawa Water World. Sumber : pandawa-lima.com

2. Destinasi Wisata Keluarga

Daya tarik yang ke dua dari objek wisata Pandawa Water World adalah mampu menjadi sebuah destinasi wisata keluarga, semua kalangan, semua umur.

Wisata Keluarga Di Pandawa Water World
Wisata Keluarga Di Pandawa Water World. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Wahana yang disediakan sudah diatur menyesuaikan dengan usia pengunjung, termasuk kolam renangnya. Tinggal pengunjung mematuhi protokol keamanan yang sudah ditetapkan.

Dan hampir di setiap daerah, objek wisata kolam renang selalu menjadi favorit destinasi wisata keluarga. Tentunya anda sendiri sering melihat fakta tersebut kan?

3. Destinasi Wisata Budaya, Dan Sejarah

Objek wisata Pandawa Water World merupakan sebuah objek wisata yang menyajikan nilai sejarah, dan budaya dalam balutan keseruan wisata.

Hal tersebut sudah tercermin dari mulai penamaan lokasi, bahkan spot yang ada di dalamnya didominasi dengan nama yang mengandung unsur sejarah dan budaya, khususnya pewayangan.

Nilai Sejarah Dan Budaya Di Pandawa Water World
Nilai Sejarah Dan Budaya Di Pandawa Water World. Sumber : pandawa-lima.com

Bukan hanya pada nama saja balutan budaya yang ada di Pandawa Water World. Kehadiran beberapa patung besar, serta di gerbang pintu masuk utama ternyata dikemas dengan design tokoh pewayangan, terutama tokoh ksatria Pandawa Lima.

4. Daya Tarik Ragam Wahana Pandawa Water World

Ragam Wahana Dan Fasilitas Di Pandawa Water World
Ragam Wahana Dan Fasilitas Di Pandawa Water World. Sumber : pandawa-lima.com

Daya tarik selanjutnya dari objek wisata Pandawa Water World terletak pada ragam wahana yang disuguhkan untuk para pengunjung.

Pandawa Water World memiliki luas sekitar 5 ha, kondisi tersebut menjadikan kawasan Pandawa Water World mempunyai  34 ragam wahana dan fasilitas. Dari 34 spot tersebut, inilah lokasi yang bertemakan dunia wayang :

  • Kresna
  • Kunti
  • Yudhistira
  • Bima
  • Arjuna
  • Nakula
  • Sadewa
  • Drupadi
  • Gatotkaca
  • Bima Slide
  • Kunti Children & Toddler Pool
  • Kresna Wave Pool
  • Drupadi Food Servery
  • Yudhistira & Drupadi Open Count
Wahana Dan Fasilitas Di Pandawa Water World
Wahana Dan Fasilitas Di Pandawa Water World. Sumber : pandawa-lima.com

Semua wahana tadi ada yang merupakan nama dari spot patung, restoran, kolam renang, serta fasilitas seluncuran, atau water slide.

Sisa dari wahana tersebut, diberi nama sesuai dengan jaman kekinian. Pada akhirnya, objek wisata Pandawa Water World mampu menghadirkan perpaduan yang apik dari dimensi masa lalu, dengan dunia saat ini.

Salah Satu Spot Di Pandawa Water World
Salah Satu Spot Di Pandawa Water World. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sepertinya, tak cukup sehari, dan tak cukup sekali untuk menjajal semua keseruan wahana yang ada di Pandawa Water World.

Tapi hasrat berkunjung tersebut ditahan dulu ya, sampai kondisi pandemi reda, serta mendapat pengumuman resmi dari pihak pengelola.

Lokasi Pandawa Water World

Pandawa Water World Solo ini bertempat di Kompleks Pandawa Solo Baru, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Pengunjung membutuhkan sekitar 15 menit perjalanan dari pusat kota solo dengan berkendara.

Rute Pandawa Water World

Objek wisata ini mudah untuk dijangkau karena lokasinya yang hanya berjarak 4 km dari pusat Kota Solo. Wisatawan yang berangkat dari Solo tinggal menyusuri rute di kawasan Keraton Kasunanan menuju Pasar Klewer, lalu ke Barat hingga sampai perempatan Coyudan.

Di perempatan ini ambil jalan ke kiri dan ikuti jalan tersebut hingga bertemu Perempatan Patung Pandawa.

Jam Buka Pandawa Water World

Tempat wisata ini buka dari pukul 09.00 – 18.00. Saat akhir pekan, tempat wisata ini akan buka mulai pukul 08.00-18.00.

Namun, berdasarkan situs resmi Pandawa Water World, objek wisata tersebut masih ditutup selama masa pandemi berlangsung.

Tiket Pandawa Water World

Mengenai tiket masuk Pandawa Water World ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 65.600 pada hari-hari biasa. Sedangkan saat weekend dan hari libur, tiketnya naik menjadi seharga  Rp. 82.000.

Harga yang sangat terjangkau mengingat tempat wisata ini adalah tempat yang berkelas internasional.

Fasilitas Pandawa Water World

Pandawa Water World menyediakan sejumlah fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Sebut saja loker, penyewaan ban, musala, dan ruang kesehatan.

Ada juga fasilitas olahraga, seperti lapangan futsal, lapangan tenis, maupun Pandawa Fitnes untuk yoga, aerobik, gym, dan sauna dengan biaya tertentu.

Fasilitas Fitnes Di Pandawa Water World
Fasilitas Fitnes Di Pandawa Water World. Sumber : pandawa-lima.com

Jika lapar, pengunjung dapat mendatangi food court yang menghadirkan sejumlah outlet dengan berbagai menu makanan dan minuman. Sembari menyantap makanan, pengunjung dapat memanfaatkan area hotspot yang tersedia.

Penutup

Itulah info lengkap tentang Padawa Water World. Semoga saja situasi pandemi segera berakhir, sehingga para pengunjung segera bisa meluapkan hasrat kerinduan terhadap objek wisata tersebut.


Tinggalkan komentar