Pandawa Water World, Pangejawantahan Spirit Pandawa 5 dalam Konsep Wisata Dunia Air

Sesuai namanya, Pandawa Water World menerapkan desain dan konsep pewayangan, yaitu Pandawa. Semua sosok tersebut dapat ditemukan kehadirannya di Pandawa Water World lewat patung dan nama wahana atau fasilitas yang tersedia di sini.

Sesuai namanya, Pandawa Water World menerapkan desain dan konsep pewayangan, yaitu Pandawa. Semua sosok tersebut dapat ditemukan kehadirannya di Pandawa Water World lewat patung dan nama wahana
Pandawa Water World. Image via: jawapos.com

Pandawa merupakan sebutan dari kelima putra Pandu, seorang raja dari Hastinapura dalam kisah Mahabharata. Tokoh Pandawa adalah Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Meskipun memiliki konsep budaya yang berkesan klasik, bukan berarti tidak ada sentuhan modern di waterpark ini. Semua wahana didesain secara modern dan memiliki standar internasional sehingga dijamin aman, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Setidaknya, terdapat 27 wahana di Pandawa Water World. Wahana tersebut terdiri dari kolam-kolam maupun seluncuran air, seperti Black Hole Slide, Raft Slide, Bima Slide, Volcanic Pond, Kresna Wave Pool, dan Earth Shower. Khusus untuk balita, tersedia wahana Kunti Children and Toddler Pool.

Setidaknya, terdapat 27 wahana di Pandawa Water World. Wahana tersebut terdiri dari kolam-kolam maupun seluncuran air, seperti Black Hole Slide, Raft Slide, Bima Slide, Volcanic Pond, Kresna Wave Pool, dan Earth Shower.
Dunia Air. Image via: wisataoke.com

Simak juga: Aneka tujuan wisata di Solo

Lokasi Pandawa Water World

Pandawa Water World Solo ini bertempat di Kompleks Pandawa Solo Baru, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Pengunjung membutuhkan sekitar 15 menit perjalanan dari pusat kota solo dengan berkendara.

Rute Pandawa Water World

Objek wisata ini mudah untuk dijangkau karena lokasinya yang hanya berjarak 4 km dari pusat Kota Solo. Wisatawan yang berangkat dari Solo tinggal menyusuri rute di kawasan Keraton Kasunanan menuju Pasar Klewer, lalu ke Barat hingga sampai perempatan Coyudan.

Di perempatan ini ambil jalan ke kiri dan ikuti jalan tersebut hingga bertemu Perempatan Patung Pandawa.

berfoto cantik di bawah Mata Bhatara Kreshna

Di bawah Mata Bhatara Kreshna. Image via: gustinbrida

Jam Buka Pandawa Water World

Tempat wisata ini buka dari pukul 09.00 – 18.00. Saat akhir pekan, tempat wisata ini akan buka mulai pukul 08.00-18.00.

Objek wisata ini cukup luas untuk menampungpara wisatawan sehingga para pengunjung tak perlu merasa khawatir ketika tempat ini sedang ramai dipadati.

Pandawa Water World menyediakan sejumlah fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Sebut saja loker, penyewaan ban, musala, dan ruang kesehatan. Ada juga fasilitas olahraga, seperti lapangan futsal, lapangan tenis, maupun Pandawa Fitnes untuk yoga, aerobik, gym, dan sauna dengan biaya tertentu.

Peta Fasilitas. Image via: pandawa-lima.comSimak juga: Mandalawangi Camping Ground, spot Ideal untuk Kemah Rekreasi

Tiket Pandawa Water World

Mengenai tiket masuk Pandawa Water World ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 65.600 pada hari-hari biasa. Sedangkan saat weekend dan hari libur, tiketnya naik menjadi seharga  Rp. 82.000.

Harga yang sangat terjangkau mengingat tempat wisata ini adalah tempat yang berkelas internasional.

Fasilitas Pandawa Water World

Pandawa Water World menyediakan sejumlah fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Sebut saja loker, penyewaan ban, musala, dan ruang kesehatan.

Ada juga fasilitas olahraga, seperti lapangan futsal, lapangan tenis, maupun Pandawa Fitnes untuk yoga, aerobik, gym, dan sauna dengan biaya tertentu.

Jika lapar, pengunjung dapat mendatangi food court yang menghadirkan sejumlah outlet dengan berbagai menu makanan dan minuman. Sembari menyantap makanan, pengunjung dapat memanfaatkan area hotspot yang tersedia.

Daya Tarik Wahana Pandawa Water World

  1. Kresna Wave Pool

Salah satu dari 27 wahana yang tersedia di destinasi wisata ini adalah Kresna Wave Pool. Wahana ini menyuguhkan air berombak yang membuat pengunjung seperti sedang berenang di lautan.
Kresna Wave. Image via: wowkeren.com

Ketika berada di wahana ini, pengunjung akan serasa berenang di lautan karena terdapat air berombak di kolam ini. Ombak yang dihasilkan pun cukup bervariatif dari ombak yang rendah hingga ombak yang tinggi yang dapat menyeret perenang hingga ke tepi. Sesuai namanya, pengunjung dapat melihat replika kepala krisna di ujung kolam renang.

Simak juga: Kampung Batu Malakasari, destinasi paling top di Baleendah

  1. Menyusuri Lorong Gelap

Wahana lain yang tak kalah seru dan mendebarkan adalah Black Hole Slide. Pengunjung akan dibuat berdebar dengan meluncur dengan kecepatan tinggi di lintasan berupa lorong panjang dan berkelok.

Pengunjung dapat menikmati wahana ini menggunakan sebuah ban yang telah disediakan oleh pengelola. Kemudan pastikan berpegangan dengan erat pada ban tersebut. Wahana ini cukup seru dan dapat membuat pengunjung untuk mencobanya berkali-kali.

  1. Kunti Slide dan Bima Slide

Patung Bima berukuran besar berdiri gagah di antara dua perosotan, seakan ingin melindungi anak-anak yang bermain di kolam di bawah kakinya
Bima Sang Perkasa. Image via: persadasolo.net

Kunti Slide dan Bima Slide ini adalah wahana Pandawa Water World yang ramah bagi anak-anak. Anak-anak dapat bersenang-senang di wahana khusus anak ini. Mereka dapat menjajal perosotan berombak dan terjun langsung ke kolam.

Kemudian, Bima Slide merupakan perosotan yang berkelok, anak-anak seolah-olah sedang berenang di bawah air terjun dengan pancuran yang landai. Dengan patung Bima berukuran besar yang terlihat seakan sedang melindungi anak-anak yang sedang seru bermain.

Kunti Slide dan Bima Slide ini adalah wahana Pandawa Water World yang ramah anak. Dua wahana ini dikhususkan untuk anak-anak yang ingin bermain air dan bersenang-senang

Wisata Keluarga. Image via: @putrie_arie21Simak juga: Penuhi Impian Ala Drama Korea di Kampung Korea Bandung

Tips Wisata Pandawa Water World

  • Pastikan Kamera Siap Dipakai

Pastikan membawa kamera saat berkunjung ke Pandawa Water World. Atau paling tidak emmebawa power bank untuk jaga jaga Baterai HP habis.

  • Jangan Makan Sebelum Main

Jika anda ingin mengisi perut, usahakan untuk makan satu atau dua jam sebelum berenang. Perut yang kenyang dapat menyebabkan kecelakaan di kolam renang. Jadi, hati-hati ya para orang tua.

  • Memakai sunblock

Penggunaan sunblock ini bertujuan untuk menjaga kulit agar tidak terbakar sinar matahari serta mengurangi paparan sinar ultraviolet. Pilihlah sunblock yang waterproof, agar tetap menempel di kulit saat terkena air saat berenang.

  • Awasi Anak-Anak

Tidak semua kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak terpisah atau minimal diberi pembatas berupa tembok. Jangan sampai kamu kehilangan mereka di sana.

  • Segera mandi setelah selesai berenang

Setelah selesai main air, langsung mandi. Jangan lupa menggunakan sabun dan shampoo untuk membersihkan sisa air kolam renang yang telah dicampur dengan kaporit.

Datang Berombongan di Pandawa Water World lebih asik
Rombongan lebih asik. Image via: brobali.com

Objek Wisata Dekat Pandawa Water World

Sukoharjo, walau jarang terdnegar, ternyata juga menyimpan beberapa objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Untuk wisata alam misalnya, di sana ada beberapa objek cantik, salah satunya Gunung Sepikul.

Meskipun namanya gunung, namun tempat wisata ini sebenarnya adalah bukit. Pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mendaki ke puncak.

Objek wisata alam lain di Sukoharjo ada Telaga Biru Sukoharjo. Objek wisata ini cukup unik karena menyuguhkan telaga yang bentuknya berliku-liku.

Demikian sedikit gambaran soal betapa menyenangkannya berkunjung menghabiskan liburan di Pandawa Water World Sukoharjo ini.

Baca juga:

Leave a Comment