12 Tempat Wisata Di Sukoharjo, Dari Yang Romantis Hingga Bersejarah

|

Tempat wisata di Sukoharjo menyajikan beragam tema wisata, dari mulai wisata alam, kolam renang, taman, hingga tempat nongkrong yang romantis.

Tempat wisata di Sukoharjo juga menyajikan tempat wisata yang bersejarah dan edukatif. Namun bukan berarti meninggalkan trend wisata kekinian yang sangat populer yaitu spot selfie yang instagramable.

Bahkan sebagian besar tempat wisata alam Sukoharjo bisa dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga terutama saat liburan tiba.

Dan inilah daftar tempat wisata di Sukoharjo Jawa tengah yang sudah kami siapkan untuk anda. Nomor terakhir adalah wisata yang saat ini lagi hits loh….

1. Royal Water Adventure

fasilitas di royal water adventure
fasilitas di royal water adventure. google maps. sumber: Mega Devi Novitasari

Royal Water Adventure adalah tempat wisata di Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah yang menawarkan keseruan wahana kolam renang, lengkap dengan beragam fasilitas pendukungnya.

Royal Water Adventure adalah salah-satu waterpark di Sukoharjo yang sangat populer, dan sering dipadati oleh para pengunjung, terutama saat liburan tiba.

  • Lokasi Royal Water Adventure berada di alamat Jl. Raya Telukan, Dusun IIII, Desa Telukan, Kecamatan Grogo, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Royal Water Adventure Sukoharjo adalah Rp. 30.000 per orang.
  • Harga sewa ban di Royal Water Adventure Rp. 15.000 / single.
  • Harga sewa ban di Royal Water Adventure Rp. 20.000 / double.

2. Curug Krajan

curug krajan
curug krajan. google maps. sumber: Ikh San

Curug Krajan adalah wisata Sukoharjo yang masih tergolong sebagai objek wisata yang masih perawan, alias belum terdapat sentuhan kreasi tangan manusia.

Curug Krajan Sukoharjo memiliki pesona air terjun yang didominasi oleh bebatuan, serta beberapa undakan. Air yang turun tidak terlalu deras, dan terurai layaknya tirai yang indah.

Kolam utamanya juga tidak dalam, sehingga para pengunjung bisa bermain air di tempat tersebut. Selain itu, kondisi airnya sangat jernih.

Air yang mengalir dari Curug Krajan akan langsung mengalir ke sebuah sungai kecil. Jika beruntung, para pegunjung bisa melihat kehadiran ikan-ikan kecil.

  • Lokasi Curug Krajan berada di alamat Desa Krajan, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Curug Krajan Sukoharjo belum ada keuputusan resmi.

3. Gunung Sepikul

sejarah gunung sepikul
sejarah gunung sepikul. google maps. sumber: Muh Ismail

Gunung Sepikul adalah salah-satu gunung yang ada di Sukoharjo yang cocok dijadikan tujuan pendakian untuk para pemula. Hanya saja, wisata Sukoharjo tersebut belum cocok untuk anak-anak usia SD.

Gunung Sepikul tidak hanya menyimpan pesona keindahan alam saja. Gunung tersebut memiliki sisi legenda yang masih menjadi cerita di beberapa kalangan masyarakat.

Gunung Sepikul memiliki ketinggian sekitar 350 mdpl, dengan sudut kemiringan 40 – 60 derajat. Gunung Sepikul adalah dua gunung batu yang saling berhadapan.

Tetapi hanya 1 gunung saja yang bisa didaki untuk umum. Bahkan sangat recommended bagi para pendaki pemula yang ingin mencoba petualangan menaklukan puncak gunung.

  • Lokasi Gunung Sepikul berada di alamat Dukuh Gunung Lor, Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Gunung Sepikul seikhlasnya. Terdapat kotak tiket seikhlasnya yang terletak di dekat gerbang utama menuju pendakian ke puncak Gunung Sepikul Sukoharjo.

4. Gunung Pegat

spot foto
spot foto. google maps. sumber: muhammad harudin

Gunung Pegat adalah wisata Bulu yang menyajikan pesona alam pegunungan, yang dilengkapi dengan beragam spot selfie yang instagramable.

Gunung Pegat juga memiliki pesona lain berupa sisi misteri, atau mitos yang masih berkembang hingga saat ini. Dan seiring perkembangan jaman, sisi tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung.

Pesona keindahan Gunung Pegat Sukoharjo menyajikan sensasi menikmati view alam di Desa Karangasem, Kecamatan Bulu dari ketinggian.

Tentu saja capture alam yang terlihat lebih luas, dan lebih indah. Dari mulai view area sawah, pemukiman penduduk desa, kebun-kebun, hingga panorama gunung.

  • Lokasi Gunung Pegat berada di alamat Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Gunung Pegat Rp. 3.000 per orang.
  • Tiket parkir onthel Rp. 1.000.

5. Ronce Stable

berkuda di ronce stable
berkuda di ronce stable. google maps. sumber: Siti Misjiati

Ronce Stable menyajikan konten wisata seputar dunia “perkudaan”. Dari mulai menunggangi kuda mengelilingi area pedesaan, hingga kursus menunggangi kuda.

Perlu diketahui mengapa wisata seperti itu tergolong sebagai konsep wisata anti mainstream, karena konsep seperti itu masih jarang ditemui di daerah – daerah.

  • Lokasi Ronce Stable berada di alamat Kelurahan Tepisari, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket sewa menunggangi kuda untuk wisata Rp. 20.000.
  • Tiket sewa menunggangi kuda untuk kepentingan kursus Rp. 150.000 per jam (Bukan member),
  • Tiket sewa menunggangi kuda untuk kepentingan kursus Rp. 130.000 per jam (Member).
  • Wisata Ronce Stable And farm buka dari jam 07.00 – 15.00.
  • Wisata Ronce Stable And farm beroperasional setiap hari.

6. Gunung Taruwongso

puncak gunung taruwongso
puncak gunung taruwongso. google maps. sumber: Y T S

Gunung Taruwongso menyajikan beragam pesona dalam satu kawasan yang sama. Dari mulai wisata sejarah, wisata religi, wisata alam, hingga pesona yang berbalut mitos, atau misteri.

Daya tariknya terletak dari sajian view alam di puncaknya yang instagramable, serta keberadaan Batu Mancen yang diyakini sebagai batu anti jomblo.

  • Lokasi Gunung Taruwongso berada di alamat Tengklik, Tawangsari, Watubonang, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Gunung Taruwongso sangat murah, hanya Rp. 2.000.-
  • Wisata Alam Gunung Taruwongso Sukoharjo buka selama 24 jam, dan beroperasional setiap hari.

7. Pesanggrahan Langenharjo

pesanggrahan langenharjo
pesanggrahan langenharjo. google maps. sumber: Dyah

Pesanggrahan Langenharjo, adalah wisata Sukoharjo yang menyimpan nilai sejarah yang sangat tinggi. Hal Tersebut dikarenakan keberadaanya sangat terkait erat dengan sejarah Keraton Kasultanan Surakarta.

Saat ini Pesanggrahan Langenharjo memiliki status sebagai Cagar Budaya Situs Pesanggrahan Langenharjo. Dengan status tersebut diharapkan mampu menjaga segala sesuatu yang memiliki nilai sejarah yang tinggi di area Pesanggrahan Langenharjo.

Tentu saja terdapat nilai edukatif bagi para pengunjung yang datang, terutama terkait informasi sejarah Pesanggrahan Langenharjo secara langsung dari pihak pengelola.

  • Lokasi Pesanggrahan Langenharjo, atau Pesanggrahan Pakubuwono IX Langenharjo berada di alamat Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tidak ada ketentuan resmi berapa harga tiket masuk Pesanggrahan Langenharjo.

8. Sendang Semurup

sendang semurup sukoharjo
sendang semurup sukoharjo. google maps. sumber: Enje

Sendang Semurup adalah wisata Sukoharjo yang menawarkan konsep wisata alam, khususnya tempat mancing yang ditata secara baik, dan mampu menyesuaikan dengan kebutuhan trend wisata kekinian.

Sendang Semurup bisa menjadi alternatif pilihan tujuan wisata di Kabupaten Sukoharjo terutama saat liburan tiba. Karena di kawasan tersebut terdapat banyak spot selfie yang instagramable, serta wahana wisata lainnya.

  • Lokasi Sendang Semurup berada di alamat Desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, 57571.
  • Tiket masuk Sendang Semurup gratis.
  • Parkir mobil di Sendang Semurup Rp. 5.000,-
  • Parkir motor di Sendang Semurup Rp. 2.000,-

9. Taman Pakujoyo

taman lalu lintas pakujoyo
taman lalu lintas pakujoyo. google maps. sumber: IWAN JAYA SOLO

Taman Pakujoyo adalah salah-satu taman di Sukoharjo yang sangat populer, inspiratif, dan bisa dibilang sebagai taman yang memiliki aturan antimainstream.

Taman Pakujoyo memiliki aturan yang menjadi pro, dan kontra khususnya di kalangan milenial. Yaitu bagi siapa saja yang kepergok berduaan, atau mesum akan langsung diceburkan ke danau yang ada di sana.

Memang Taman Pakujoyo Gayam Sukoharjo sangat menarik animo para pengunjung. Selain alasan view alam sekitar yang indah, teduh, di sisi lain juga sebagai wisata Sukoharjo yang murah meriah.

  • Lokasi Taman Pakujoyo berada di alamat Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk ke Taman Pakujoyo Sukoharjo gratis.

10. Wisata Alam Batu Seribu

fasilitas di batu seribu
fasilitas di batu seribu. google maps. sumber: Bani Salendra

Daya tarik yang pertama dari Wisata Alam Batu Seribu Sukoharjo adalah spot kolam renangnya. Kolam renang tersebut menyajikan sensasi yang tidak biasa.

Karena lokasinya berada di atas gunung, serta dikelilingi pepohonan dengan nuansa hutan. Selain itu, airnya bersumber dari mata air langsung yang ada di kawasan tersebut.

Selain itu, kawasan Gentan Geopark juga sangat terkenal view sunrise dan sunsetnya. Bahkan jika anda memilih opsi untuk camping, maka terdapat bonus golden sunset yang selalu diburu para fotografer.

  • Alamat Wisata Alam Batu Seribu berada di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Wisata Alam Batu Seribu Rp. 5.000,-
  • Biaya parkir motor Wisata Alam Batu Seribu Rp. 2.000,-
  • Tiket kolam renang Wisata Alam Batu Seribu Rp. 5.000,- per orang.

11. Pandawa Water World

Wisata Alam Terbuka
Wisata Alam Terbuka. google maps. sumber: pandawa-lima.com

Pandawa Water World adalah salah-satu wisata kolam renang di Sukoharjo yang hits dan populer dimasyarakat. Karena di dalamnya bukan hanya sekedar wahana air saja, tetapi dilengkapi juga spot selfie yang ikonik.

  • Lokasi Pandawa Water World berada di Kompleks Pandawa Solo Baru, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Pandawa Water World Rp. 65.000 (Weekday).

12. The Heritage Palace

landmark the heritage palace
landmark the heritage palace. google maps. sumber: Bilqis Inayatillah

The Heritage Palace layaknya sebuah gerbang menembus masa lalu. Karena tempat wisata tersebut mampu menyajikan sensasi hidup di jaman Eropa klasik.

The Heritage Palace juga menyajikan sensasi ilusi bagi setiap mata yang memandang. Spot tersebut saat ini menjadi trend wisata yang kekinian.

  • Secara administratif, lokasi The Heritage Palace terletak di Kabupaten Sukoharjo. Hanya saja sebagian masyarakat menyebutnya juga dengan nama The Heritage Palace Solo.
  • Lokasi The Heritage Palace berada di alamat Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, RT. 002 – RW. 008, Dusun Honggobayan, Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk The Heritage Palace Solo, atau The Heritage Palace Sukoharjo Rp. 65.000.