Pantai Cemara, Pantai Eksotik dengan Pepohonan Cemara Teduh di Jember

Kabupaten Jember adalah sebuah kabupaten yang berada di wilayah pantai selatan. Memiliki beberapa destinasi wisata pantai yang menghampar dengan pantainya yang indah dan menawan. Salah satunya adalah destinasi wisata Pantai Cemara.

Pantai Cemara Jember
Pantai Cemara Jember. google maps. sumber : Zaenal Arifin

Sesuai namanya, ciri khas dari Pantai Cemara adalah banyak ditumbuhi pohon cemara menjulang tinggi . Pantainya diisi dengan rapatnya pepohonan cemara. Pohon cemara yang ditanam rapi dengan luas bidang yang sangat luas.

Barisan pohon cemara dengan ukuran tidak terlalu besar ini menjadikan kondisi pantai disini menjadi sangat sejuk. Bahkan, hutan pohon cemara yang ada di tempat ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Di sini, wisatawan bisa menikmati keindahan hutan pohon cemara sekaligus keindahan pantainya yang meanwan.

Pantai Cemara memiliki ombak yang sangat besar. Dipantai inipPengunjung sangat tidak disarankan untuk bermain air apalagi berenang. Kegiatan seru dan menyenangkan yang dapat dilakukan di tempat ini bisanya bersantai menikmati angin pantai dan pemandangan bersama keluarga. Bermain pasir atau menikmati keindahan pantai diatas Hammock.

Alamat Pantai Cemara Jember

  • Jl. Lintas Selatan, Kalimalang, Desa Mojomulyo, Kec. Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68164.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 06.00 WIB – 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Tidak dikenakan biaya tiket masuk. Pengunjung cukup membayar jasa parkir motor Rp.5.000,- dan jasa parkir mobil Rp.10.000,-.

Rute ke Pantai Cemara Jember

Pantai Cemara Jember berjarak sekitar 44 km dari Alun-alun Kota Jember. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam 25 menit berkendara.

  • Rute dari Alun-alun Jember : Ambil Jl. R.A. Kartini ke Jl. Nasional III. Ikuti Jl. Nasional III dan Jl. Lumajang – Jember ke Jl. Karetan di Karang Sono. Ambil Jl. Sonoan dan Jl. Pesisir ke Jl. Lintas Selatan di Kalimalang.

Transportasi

Menuju Pantai Cemara Puger di Jember paling mudah dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi. Sepeda motor hingga mobil bisa menjangkau pantai ini. Akses jalan yang dilalui sudah cukup bagus dan beraspal baik.

Ada Apa di Pantai Cemara Jember

Pantai Cemara
Pantai Cemara. google maps. sumber : Sulistiyo Utomo

Pantai Cemara menjadi salah satu tempat wisata populer di Jember, Jawa Timur. Suasana sekitar pantai terasa sejuk dan asri karena rimbunnya pepohonan cemara. Tidak hanya itu, pemandangan pantai dan lautnya pun juga tak kalah menarik.

Bermain Tepi Pantai

bermain tepi pantai 1
bermain tepi pantai. google maps. sumber : Anton Sujatmiko

Piknik di Tepi Pantai

piknik tepi pantai
piknik tepi pantai. google maps. sumber : dwy freedomjaya

Di Pantai Cemara, wisatawan bisa menggelar tikar untuk duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati bekal yang dibawa. Menikmati hembusan angin pantai yang segar menjadi pendukung suasana piknik.

Selain menikmati pemandangan pohon cemara yang berjejer rapi, anda juga bisa menemukan pemandangan lain yang tidak kalah menarik. Yaitu hamparan rawa yang berada di sisi kiri pantai. Tidak hanya itu, anda juga dapat melihat pemandangan perahu-perahu yang menepi di sisi kiri pantai.

Hutan Cemara Tepi Pantai

Hutan cemara ini menjadi spot favorit bagi wisatawan yang berkunjung. Hutan ini bisa menjadi tempat untuk bersantai dan berteduh dari sinar matahari. Suasana yang sejuk ditambah dengan hembusan angin membuat betah berlama-lama.

hutan cemara tepi pantai
hutan cemara tepi pantai. google maps. sumber : muhyiddin ubaidillah

Pantai Cemara di Jember ini memiliki hutan pohon cemara yang tumbuh di sekitar area pantai. Hutan cemara ini seolah menjadi seperti pintu masuk ke area pantai. Untuk sampai ke pantai, wisatawan akan melewati hutan ini. Tidak hanya itu, pohon ini juga tumbuh di sekitar pasir pantai.

Selain iu, hutan cemara ini juga menjadi tempat untuk berswafoto . Pengunjung biasanya berswafoto dengan latar belakang pohon-pohon cemara. Sesuai dengan namanya Pantai Cemara Puger. Nama “cemara” berasal dari pohon cemara yang ada di tempat ini, sedangkan nama “Puger” merupakan lokasi pantai ini di Kecamatan Puger.

Pasir Hitam Eksotik

Kawasan pantai berada di pesisir selatan Jawa. Memiliki karakter ombak yang besar dan cukup tinggi. Wisatawan dilarang keras untuk berenang atau mandi di laut.

pasir hitam pantai cemara
pasir hitam pantai cemara. google maps. sumber : Indana Zulfa

Pantai Cemara Puger memang memiliki karakteristik ombak khas pantai Selatan Jawa. Namun untuk warna pasir pantainya berbeda. Pasir yang ada di pantai ini memiliki ciri pasir pantai yang ada di pantai Utara Jawa. Yaitu berwarna cokelat kehitaman dengan tekstur yang lembut.

Berkuda dan Naik Perahu

naik kuda di pantai cemara
naik kuda di pantai cemara. google maps. sumber : Muhammad NurFurqan

Di sekitar pantai wisatawan bisa mencoba naik kuda atau berperahu. Dengan menunggang kuda akan diajak menyusuri sepanjang bibir pantai. Ada pendamping yang bertugas mendampingi wisatawan saat naik kuda.

naik perahu di pantai cemara
naik perahu di pantai cemara. google maps. sumber : Farah Awaliyah

Selanjutnya, ada penyewaan perahu. Rute naik perahu ini bukan di laut, namun di genangan air yang ada di sisi kanan pantai yang menjadi tempat untuk berenang.

Area Berkemah

berkemah dipantai cemara
berkemah dipantai cemara. google maps. sumber : abela ridmaoktavia

Kawasan Pantai Cemara ini juga cocok untuk lokasi perkemahan. Pantai ini menyediakan area Camping Ground. Area untuk perkemahan berada di bawah hutan cemara. Selama berkemah anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit di pagi hari. Saat sore hari pun juga bisa melihat pemandangan langit senja.

Berswafoto

berswafoto di pantai cemara
berswafoto di pantai cemara. google maps. sumber :  Ibrahim Khalilullah
hunting foto di pantai cemara
hunting foto di pantai cemara. google maps. sumber : fathulikur rohman

Sunset di Pantai Cemara

sunset di pantai cemara
sunset di pantai cemara. google maps. sumber :  ardita yoga

Fasilitas Pantai Cemara Jember

Saat ini, fasilitas yang tersedia masih sangat terbatas. Namun, fasilitas yang dibutuhkan seperti toilet, musala hingga penjual-penjual makanan dan minuman sudah tersedia.

Hotel Sekitar Pantai Cemara Jember

Hotel, villa atau penginapan yang jarak dan lokasinya paling dekat dengan Pantai Cemara Jember.

  • Dira Hotel Kencong
    Berjarak 14,7 km dari Pantai Cemara.
    Jl. Krakatau No.92, Pd. Waluh, Kencong, Kec. Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68167. 0823-3704-3476.
  • Foresta Resort Tanjung Papuma
    Berjarak 15,6 km dari Pantai Cemara.
    Jl. Raya, Area Kebun, Lojejer, Wuluhan, Jember Regency, East Java 61374. 0823-3278-8725.

Video Pantai Cemara Jember

Video Pantai Cemara Jember berikut dikutip dari channel :

Penutup

Pantai Cemara Puger Jember memang cukup unik. Objek wisata pantai yang banyak ditumbuhi pepohonan Cemara. Pantai ini termasuk Pantai Selatan Jawa yang memiliki ciri khas tersendiri. Sesuai dengan namanya, Pantai ini banyak ditumbuhi pohon cemara menjulang tinggi.

Bahkan, hutan pohon cemara yang ada di tempat ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Di sini, Wisatawan bisa menikmati keindahan hutan pohon cemara sekaligus keindahan pantainya yang meanwan.