Pantai Asmara, Wisata Pantai Eksotis Tersembunyi di Jember

Pantai Asmara lokasinya terletak dikawasan garis pantai selatan Jawa Timur yang penuh dengan wisata pantainya. Pantai Asmara ini masih banyak tidak diketauhi oleh wisatawan. Berada diantara pantai Payangan dan Papuma, pantai Asmara ini memiliki daya tarik wisatanya tersendiri. Di pantai ini kalian dapat menikmati birunya air laut dengan ombak yang tidak terlalu besar.

wisata pantai asmara
wisata pantai asmara. google maps. sumber : danny lazuardi

Menjadi salah satu rekomendasi pantai yang cocok untuk bersantai. Air laut yang jernih serta ombaknya yang cukup bersahabat. Disini anda bisa bermain air ditepi pantai, tapi tetap harus hati-hati sebab tidak ada yang tahu bagaimana kondisi lautan.

Pantai dengan hamparan pasir landai ini punya pesona yang tidak kalah cantik. Menawarkan suasana pantai yang tenang dan sering menjadi pilihan wisatawan untuk rekreasi bersama keluarga. Di tepi pantainya terdapat sejumlah gazebo atau kursi pantai yang bisa digunakan untuk beristirahat atau menyantap makanan dari warung di sekitarnya.

Alamat Pantai Asmara Jember

  • Jl. Raya Watu Ulo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 07.00 WIB – 19.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Untuk berkunjung ke Pantai Asmara kalian tidak perlu membayar tiket masuk pantai. Kalian hanya perlu mengeluarkan biaya untuk retribusi parkir.

  • Parkir motor RP.5.000,-
  • Parkir mobil Rp.10.000,-

Rute ke Pantai Asmara Jember

Pantai ini memang belum banyak dikenal masyarakat luas. Berjarak sekitar 37 km dari Alun-alun Jember, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam berkendara.

Jika datang dari arah pusat kota, jalan terbaik adalah dengan menuju simpang empat pasar Mangli kemudian dilanjur berbelok menuju Ambulu atau Wuluhan.

Sementara jika dari arah Lumajang khususnya jalur Kencong atau daerah Balung, dapat melalui jalan simpang tiga di pasar balung dengan berbelok kearah Ambulu, kedua rute ini sama-sama akan membawa kalian ke Alun-alun Ambulu.

Dari alun-alun Ambulu, anda dapat langsung menuju arah pantai Payangan dan Watu Ulo. Jalan menuju kemari sudah nampak jelas dengan pertanda plang petunjuk jalan. Namun tidak dipertanda tersebut masih tidak ada petunjuk menuju pantai Asmara.

Setelah tiba di persimpangan tiga masjid Nurul Huda, untuk menuju ke pantai Asmara, jika berbelok ke kanan disini kalian akan menuju pantai Watu Ulo. Untuk menuju ke pantai Asmara kalian cukup lurus menuju arah pantai Payangan. Kemudian akan menemukan simpang 3 lagi, disini anda harus berbelok ke arah kanan. Pantai Asmara ini ditandai dengan warung atau restoran seafood yang berada di tepi pantai.

Transportasi

Untuk mencapai lokasi Pantai Asmara Jember ini cukup mudah, lokasinya tidak terlalu jauh dari kota dan kondisi jalannya sudah cukup baik. Anda bisa mengunjungi pantai ini dengan menggunakan kendaraan mobil maupun motor.

Jalur yang akan dilalui juga cukup bagus, aksesnya yang mudah dilalui oleh kendaraan. Bagi pengendara diwajibkan anda berhati-hati, karena akan melewati tanjakan.

Ada Apa di Pantai Asmara Jember

pantai asmara jember
pantai asmara jember. google maps. sumber : Silviana Rina

Pantai Asmara lokasinya terletak di Kawasan garis pantai selatan yang penuh dengan wisata pantai. Pantai Asmara ini masih banyak tidak diketauhi oleh wisatawan. Pantai ini adalah tempat yang cocok untuk berlibur di pantai.

Menikmati pemandangan

menikmati pemandangan pantai
menikmati pemandangan pantai. google maps. sumber :  alfons hartono
pemandangan pantai
pemandangan pantai. google maps. sumber : Mardianti Utami

Terletak diantara pantai Payangan dan Papuma, pantai Asmara ini memiliki daya tarik tersendiri. Di pantai ini anda dapat menikmati birunya air laut dengan ombak yang tidak terlalu besar. Menawarkan suasana yang tenang dengan keindahan panorama alam sekitar.

Bermain di Tepi Pantai

bermain tepi pantai
bermain tepi pantai. google maps. sumber : Saleh Muhamad

Pantai Asmara berada di pesisir selatan jawa yang memiliki ombak besar dan pastinya berbahaya. Para wisatawan dilarang keras untuk bermain air atau berenang di pantai, dikarenakan ombak di pantai besar dan sangat berbahaya arusnya. Namun anda masih bisa bermain pasir ditepi pantai ini, pasir dipesisir pantai yang halus akan terasa sangat menyenangkan.

Kuliner Hidangan Laut

kuliner hidangan laut
kuliner hidangan laut. google maps. sumber : Aisyah Bahar

Di pantai ini terdapat beberapa warung tradisional tepi pantai dan rumah makan yang menyediakan aneka menu seafood. Anda bisa memesan menu seafood seperti kepiting, cumu-cumi atau ikan bakar. Ditambah dengan air kelapa muda yang dapat kalian nikmati di kursi pantai. Berwisata di pantai sambil menikmati hidangan seafood pastinya suasana menjadi sangat menyenangkan.

Sunset di Pantai Asmara

sunset di pantai asmara
sunset di pantai asmara. google maps. sumber : ghie on seven

Berswafoto di Pantai Asmara

berswafoto di pantai asmara
berswafoto di pantai asmara. google maps. sumber : Jayanti Mandasari
foto di pantai asmara
foto di pantai asmara. google maps. sumber : Adipati Bayu Music

Ada banyak spot foto di Panta Asmara ini, seperti memanfaatkan kursi-kursi pantai di tepi Pantai Asmara untuk berpose ala-ala di Bali. Atau berfoto dengan landscape pasir putih bersih dan birunya laut disini.

Fasilitas Pantai Asmara Jember

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Asmara Jember.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Restoran
  • Warung
  • Kursi pantai dan lain-lain.

Hotel Sekitar Pantai Asmara Jember

Hotel, villa atau penginapan sekitar Pantai Asmara Jember.

  • Hotel Watu Ulo Asri
    Berjarak 1,3 km dari Pantai Asmara.
    Jl. Raya Watu Ulo, Brego, Sumberrejo, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172.
  • Foresta Resort Tanjung Papuma
    Berjarak 2,6 km dari Pantai Asmara.
    Jl. Raya, Area Kebun, Lojejer, Wuluhan, Jember Regency, East Java 61374. 0823-3278-8725.
  • Hotel Ambulu
    Berjarak 9,5 km dari Pantai Asmara.
    Hotel bintang 3. Jl. Manggar No.200, Tegalsari, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172. (0336) 884488.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Asmara Jember

Tempat wisata lain sekitar Pantai Asmara Jember.

  • Pantai Papuma
  • Pantai Payangan
  • Teluk Love
  • Bukit Samboja
  • Dira Park Ambulu
  • Pantai Watu Ulo

Video Pantai Asmara Jember

Video Pantai Asmara Jember berikut dikutip dari channel : FIRDAN productions

Penutup

Pantai Asmara merupakan destinasi yang sangat tepat untuk dikunjungi sebagai tempat liburan keluarga. Diilengkapi tempat makan yang sangat nyaman, bersih dan banyak fasilitas telah disediakan untuk bersantai. Menjadi salah satu rekomendasi pantai yang cocok untuk bersantai. Air laut yang jernih serta ombaknya yang cukup bersahabat.