Objek Wisata Bahari Pantai Paseban Kencong di Jember Jawa timur

Pantai Paseban menjadi tempat rekreasi dan spot wisata bersama keluarga atau sahabat untuk menikmati keindahan panorama yang disajikan. Pantai eksotik ini berada di Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi pantai sendiri cukup mudah, karena sudah terdapat rambu-rambu penunjuk arah.

wisata pantai paseban
wisata pantai paseban. google maps. sumber : Istanti Aveiro

Salah satu daya tarik Pantai Paseban memiliki hamparan pasir hitam yang halus dan deburan ombak yang eksotis. Dipantai ini pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seru dan menarik. Seperti bermain ditepi pantai, duduk bersantai menikmati panorama keindahan alam. Disarankan untuk tidak berenang di pantai ini, karena karakter ombak besar yang bisa datang kapan saja.

Di beberapa area pantai, pengunjung juga dapat melihat banyak perahu nelayan yang bersandar diparkir di daratan. Sambil menikmati keindahan alam anda juga dapat melihat kegiatan nelayan di pantai tersebut. Pantai Paseban biasanya sangat ramai ketika waktu libur tiba, terutama saat libur hari raya lebaran.

Alamat Pantai Paseban

  • Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Tiket masuknya kita hanya perlu membayar Rp 5.000,- untuk biaya parkir.

Rute ke Pantai Paseban

Untuk menuju ke lokasi Pantai Paseban, para pengunjung sudah dimudahkan dengan adanya rambu-rambu penunjuk arah. Lokasi pantai berjarak sekitar 55 kilometer dari pusat kota. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam berkendara.

  • Rute dari Alun-alun Jember : Dari pusat kota Jember ambil arah ke Jl. R.A. Kartini ke Jl. Nasional III. Ikuti Jl. Nasional III dan Jl. Lumajang – Jember ke Jl. Karetan di Karang Sono. Ambil Jl. Sonoan , Jl. Pesisir , Jl. Lintas Selatan , Jalur Lintas Selatan, dan Jl. Jalur Lintas Selatan hingga sampau ke tujuan anda di Paseban.

Transportasi

Untuk akses ke Pantai Paseban, dari pusat Kota Jember bisa diakses melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Untuk menuju ke lokasi pantai sendiri cukup mudah, karena sudah terdapat rambu-rambu penunjuk arah.

Ada Apa di Pantai Paseban

pantai paseban
pantai paseban. google maps. sumber : Neisa Rasyidi

Pantai Paseban menawarkan pemandangan indah dengan deburan ombak laut selatan yang penuh dengan mitos. Pantai ini lokasinya berada di 50 Km arah barat daya Kota Jember. Tepatnya di Desa Paseban Kecamatan Kencong. Menyajikan gugusan pantai yang sangat panjang dan hamparan pasir yang luas membentang.

Menikmati Keindahan Pantai

pemandangan pantai paseban
pemandangan pantai paseban. google maps. sumber : aan rosdianto
pemandangan pantai paseban jember
pemandangan pantai paseban jember. google maps. sumber : fafan ton

Pantai Paseban memiliki pasir yang sangat halus dengan karakter pasir berwarna hitam. Hamparan pasir ini terbentang sepanjang 2 kilometer. Menikmati panorama pantai sambil duduk di atas pasir menikmati keindahan laut pastinya sangat menyenangkan. Menjelang sore, udara di pantai tidak terlalu panas dan cocok untuk bermain dan bermain voli.

Bermain Tepi Pantai

bermain tepi pantai paseban
bermain tepi pantai paseban. google maps. sumber : fafan ton

Pantai Paseban cenderung landai sehingga sangat aman untuk bermain air di bibir pantai. Disarankan untuk tidak berenang di pantai ini, karena ombak besar bisa datang kapan saja. Apalagi Pantai Paseban masih termasuk bagian pantai selatan yang terkenal dengan keganasan ombaknya.

Sunrise dan Sunset di Pantai Paseban

sunset di pantai paseban
sunset di pantai paseban. google maps. sumber : Nur Sahri

Pantai ini juga menyajikan pemandangan sunset dan sunrise yang menawan. Keindahan matahari terbenam yang tidak kalah dengan pantai lainnya. Menjelang petang, pemandangan di Pantai Paseban akan semakin indah. Saat langit berubah menjadi jingga atau yang dikenal dengan sunset. Jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan sunset ini dengan kamera.

Hunting Foto

berswafoto di pantai paseban
berswafoto di pantai paseban. google maps. sumber : Roro Kemuning
foto di pantai paseban
foto di pantai paseban. google maps. sumber :  Blur Blur

Pantai Paseban para pengunjung dapat menikmati spot foto yang keren.

Fasilitas Pantai Paseban

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Pancer Paseban Jember.

  • Area parkir
  • Warung makan
  • Spot foto
  • Tempat duduk
  • Toilet dan lain-lain.

Video Pantai Paseban

Video Pantai Paseban berikut dikutip dari channel : SURYA BAKRI

Penutup

Pantai ini menjadi tujuan populer pada akhir pekan. Pantai Paseban biasanya ramai dikunjungi ketika waktu libur tiba, terutama saat libur hari raya lebaran. Suasana pantai yang tenang dan deburan ombak yang bergemuruh membuat pantai ini nyaman untuk dikunjungi.