Hamparan Pasir Putih dan Tujuh Batu Karang di Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dengan karang-karang yang eksotis. Pantai Papuma merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan. Merupakan nama yang diberikan oleh Perhutani saat membuka kawasan ini.

pantai papuma
pantai papuma. google maps. sumber :  Detik

Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Tanjung Papuma karena memiliki tanjung yang menjorok ke laut. Dikutip dari laman Perhutani, kata “Tanjung” disematkan dalam nama Pantai Papuma untuk menandakan posisi Pantai Papuma yang menjorok ke laut, tepatnya ke arah barat daya. Dari tanjung ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan mempesona.

Pantai Papuma menjadi salah satu pantai terbaik di pulau Jawa. Pantai dengan pesona dan panorama yang indah untuk dinikmati. Salah satu daya tarik Pantai Papuma adalah keberadaan tujuh karang besar yang berdiri kokoh di tengah laut. Nama karang-karang tersebut diambil dari tokoh pewayangan. Karang di Pantai Papuma merupakan surga bagi pecinta fotografi.

Alamat Pantai Papuma

  • Desa Lolejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Jam Buka

Buka setiap hari. 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga Tiket Masuk Weekday : Rp.18.000,-
  • Harga tiket Masuk Weekend Rp.25.000,-
  • Parkir motor Rp.5.000,-
  • Parkir mobil Rp.10.000,-

Rute ke Pantai Papuma

Jarak tempuh menuju Pantai Papuma dari Kota Jember sekitar 37 km. Dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih satu jam.

Rute bagi para wisatawan yang berangkat dari stasiun utama Jember, pengunjung akan memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Dengan jarak tempuh sekitar 45 km menggunakan kendaraan pribadi. Kemudian menuju arah terminal Ambulu dan lanjutkan perjalanan menuju ke arah pantai Papuma.

Selama di perjalanan menuju pantai Papuma, anda akan melewati tanjakan dan jurang terjal. Sehingga pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi harus berhati-hati dengan medan tempuh menuju pantai terbaik Jember tersebut.

Transportasi

Untuk mencapai lokasi Pantai Papuma ini cukup mudah, lokasinya tidak terlalu jauh dari kota dan kondisi jalannya sudah cukup bagus. Anda bisa mengunjungi pantai ini dengan menggunakan kendaraan mobil maupun motor.

Jalur yang akan dilalui juga cukup bagus, aksesnya yang mudah dilalui oleh kendaraan. Bagi pengendara diwajibkan anda berhati-hati, karena akan melewati tanjakan dan jurang terjal.

Ada Apa di Pantai Papuma

Wisata Pantai Watu Ulo Jember dikenal dengan pemandangannya yang indah dan menawan. Tempat wisata ini juga menyimpan keunikan tersendiri yang membuatnya begitu istimewa.

pantai papuma jember
pantai papuma jember. google maps. sumber : Surya Bastian

Sama seperti pantai yang lainnya tentu Pantai Papuma juga memiliki daya tariknya tersendiri. Pantai ini dikenal dengan pemandangannya yang indah dan menawan.

Air Pantai Papuma sangat bersih dan tenang. Jika dilihat dari atas bukit, Pantai Papuma terlihat berwarna hijau karena warna dari alga laut. Berbagai kegiatan seru dan menarik dapat dilakukan di pantai ini. Seperti berswafoto, bermain tepi pantai, menikmati pantai dari bukit Siti Hinggil, menjelajahi pulau dengan perahu nelayan hingga menikmati hidangan laut.

Menikmati Pemandangan

menikmati pemandangan
menikmati pemandangan. google maps. sumber : M. August N. Hidayatullah

Pantai Papuma menawarkan pemandangan yang indah. Daratan yang menjorok ke laut di kawasan pantai ini membuat area pantai memiliki pemandangan dan panorama yang sangat indah. Air Pantai Papuma sangat bersih dan tenang, dengan hamparan pasir yang menawan.

Tujuh Batu Karang Besar

tujuh batu karang di pantai papuma
tujuh batu karang di pantai papuma. google maps. sumber : Steve JJ CROM

Salah satu daya tarik Pantai Papuma adalah adanya tujuh karang besar yang berdiri kokoh di tengah laut. Tujuh batu karang besar yang masing-masingnya memiliki namanya sendiri. Karang-karang ini memiliki nama yang unik, yaitu Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Kajang, dan Pulau Nusa Barong.

Nama-nama ini diambil dari tokoh-tokoh pewayangan yang populer di Jawa. Karang-karang ini menjadi latar belakang yang menawan untuk berfoto dan bermain air.

Bermain Tepi Pantai

bermain tepi pantai 2
bermain tepi pantai. google maps. sumber : M. August N. Hidayatullah

Pantai Papuma ini juga dikenal dengan warna pasirnya yang putih dan halus. Wwarna pasir yang putih semakin mempercantik pemandangan pantai dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pengunjung dapat bermain air atau pasir di tepi pantai dengan menyenangkan.

Pemandangan dari Bukit Siti Hinggil

spot bukit siti hinggil
spot bukit siti hinggil. google maps. sumber : Ipong Kezia
spot bukit siti hinggil pantai papuma
spot bukit siti hinggil pantai papuma. google maps. sumber :  Ipong Kezia

Bukit Siti Hinggil merupakan salah satu spot untuk melihat panorama Pantai Papuma. Dari atas bukit anda akan disajikan pemandangan lautan lepas dan batu karang di barat dan Pulau Nusa Barung yang berjarak sekitar 4 jam dengan perahu.

Wisata Perahu

wisata pantai papuma jember
wisata pantai papuma jember. google maps. sumber : Christ EL (Christ)

Anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau karang dengan perahu nelayan.

Camping Area

Kawasan Pantai Papuma juga tersedia Camping area. Pasir putihnya yang halus serta suhu udara yang hangat di malam hari dan sejuk di siang hari. Sehingga pantai ini cukup nyaman untuk camping.

Sunset di Pantai Papuma

sunset di pantai papuma
sunset di pantai papuma. google maps. sumber : Farah diba

Pantai Papuma juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan sunset atau matahari terbenam indah.

Ikan Bakar Di Tepi Pantai

Selain menyajikan keindahan pantai, anda juga bisa menikmati kuliner yang ada di sekitar pantai. Salah satu sajian menu khas di kawasan pantai ini adalah ikan bakar. Menikmati sajian lezat ikan bakar dan ditepi pantai sekaligus melihat keindahan pantai.

Hunting Foto

berswafoto di pantai papuma
berswafoto di pantai papuma. google maps. sumber : Ipong Kezia
hunting foto di pantai papuma
hunting foto di pantai papuma. google maps. sumber :  Ipong Kezia
wisata pantai papuma
wisata pantai papuma. google maps. sumber : Vincentius A Paulo Teddy Hananto

Fasilitas Pantai Papuma

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Papuma Jember.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Camping ground
  • Penjual makanan dan minuman.
  • Perahu wisata dan lain-lain.

Hotel Sekitar Pantai Papuma

Hotel, villa atau penginapan sekitar Pantai Papuma Jember.

  • Foresta Resort Tanjung Papuma
    Jl. Raya, Area Kebun, Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur 61374. 0823-3278-8725.
  • Hotel Watu Ulo Asri
    Jl. Raya Watu Ulo, Brego, Sumberrejo, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172.
  • Hotel Ambulu
    Hotel bintang 3. Jl. Manggar No.200, Tegalsari, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172. (0336) 884488.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Papuma

Tempat wisata lain sekitar Pantai Papuma Jember.

  • Pantai Payangan
  • Teluk Love
  • Bukit Samboja
  • Dira Park Ambulu
  • Pantai Watu Ulo

Video Pantai Papuma

Video Pantai Papuma berikut dikutip dari channel : Bude Enwin

Penutup

Pantai Papuma, satu lagi pantai yang populer dan tak kalah indahnya di kawasan Jember. Wisata pantai ini dikenal dengan pemandangannya yang indah dan menawan. Tempat wisata ini juga menyimpan keunikan tersendiri yang membuatnya begitu istimewa.

Salah satu keindahan yang ada di pantai ini adalah area yang terdapat banyak batu karang. Terdapat tujuh karang besar dan masing-masingnya memiliki namanya sendiri. Pantai Papuma menawarkan nuansa yang sangat indah untuk dikunjungi.