Pantai Payangan, Wisata Pantai Eksotis di Pesisir Selatan Kabupaten Jember

Pantai Payangan adalah salah satu tempat wisata eksotis yang ada di pesisir selatan Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai ini letaknya tidak jauh dari Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma. Memiliki panorama alam yang menakjubkan.

Pantai Payangan memang cocok dijadikan tempat liburan dan rekreasi. Keindahan pantai ini semakin menawan dengan deretan perbukitan hijau yang menyembul di tengah laut.

pantai payangan
pantai payangan. google maps. sumber : Nurul Laila Asyahad

Pantai ini menjadi destinasi favorit dengan bentang alam yang luar biasa di sekelilingnya. Suasana senja di pantai satu ini juga cukup memikat. Perbukitan hijau di tengah laut menjadikan Pantai Payangan semakin terlihat eksotis. Keindahan Pantai Payangan paling pas dinikmati dari atas bukit. Tak hanya itu, terdapat beragam mitos di Pantai Payangan Jember yang makin menambah daya tarik tempat wisata ini.

Alamat Pantai Payangan

  • Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Pantai Payangan Rp. 7.500,-
  • Parkir motor Rp.5.000,-
  • Parkir mobil Rp.10.000,-

Rute ke Pantai Payangan

Pantai Payangan berjarak sekitar 38 km di sebelah selatan dari pusat Kabupaten Jember. Dengan waktu tempuh kurang lebih hampir satu jam. Perjalanan akan melalui Jalan Semeru, Jalan Jember-Ambulu, Jalan Kopral Soetomo, Jalan Raya Suyitman, dan Jalan Watu Ulo.

Transportasi

Menuju Pantai Payangan paling mudah dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi. Sepeda motor hingga mobil bisa menjangkau pantai ini. Akses jalan yang dilalui sudah cukup bagis dan beraspal baik.

Ada Apa di Pantai Payangan

Salah satu pesona yang dimiliki Pantai Payangan adalah panorama yang menakjubkan. Kawasan pantai ini sangat unik, terdapat 1 pulau, 3 bukit, dan 4 pantai di area wisata ini. Itu berarti, Anda bisa bebas mengeksplor tempat-tempat cantik hanya dalam satu area saja.

wisata pantai payangan
wisata pantai payangan. google maps. sumber : Cycy Lurista

Bagian pertama pantai menghadap ke arah barat daya, sebuah kawasan bagi para nelayan untuk mencari ikan. Kemudian bagian kedua kawasannya dihiasi gugusan batu karang besar, serta terpisah dengan sebuah bukit. Sementara pantai ketiga adalah yang paling luas dan berada di sisi utara.

Pantai Payangan memiliki garis pantai yang sangat panjang. Tak hanya bentangan laut dan bukit yang indah, disini pengunjung pun bisa menikmati pasir cokelat kehitaman yang menjadi ciri khas dari pantai ini. Ditambah dengan keindahan batu-batu karang besar dan bukit yang menjorok ke arah laut.

Bermain di Tepi Pantai

Pantai Payangan di Jember ini menyuguhkan panorama keindahan alam yang menakjubkan. Kawasan pantai ini , akan membuat anda terpesona dengan melihat 4 pantai yang langsung menyambut Anda. Pantai di sebelah utara bentuknya melengkung dengan pasir berwarna hitam.

bermain tepi pantai
bermain tepi pantai. google maps. sumber : Ninin Arindrias

Pantai di bagian tengah memiliki daya tarik batu-batuan yang cantik. Sedangkan pantai di selatan punya sabana yang luas. Pantai satunya lagi khusus untuk nelayan.

Pantai Payangan merupakan pantai yang memiliki pasir hitam yang solid. Butiran pasirnya sangat lembut bahkan sangat nyaman saat digunakan untuk pijakan. Banyak kegiatan dan seru dan menarik yang bisa anda lakukan di pantai ini.

Seperti bermain membuat istana pasir, membuat tulisan, aktivitas bola voli, hingga bermain bola di pantai. Pengunjung juga dapat menikmati hamparan pasir yang cukup luas ini disertai hembusan angin laut.

Pantai Payangan memiliki karakter ombak yang besar sehingga pengunjung dilarang untuk berenang. Bahkan pengunjung juga diminta menjauh dari pantai mengingat tarikan air lautnya sangat kuat.

Bukit Suroyo

pemandangan dari atas bukit
pemandangan dari atas bukit. gogole maps. sumber : zaqial fikri fahimsa

Keistimewaan Pantai Payangan diantaranya terdapat bukit-bukit yang terdapat di atas tepi laut. Pengunjung dapat naik ke bukit tersebut untuk melihat pemandangan dari ketinggian yang sangat menawan. Bukit Pantai Payangan juga memiliki peninggalan sejarah, yaitu bunker Jepang.

Keunikan dari Pantai Payangan adalah pantai yang berbentuk hati. Bentuk pantai tersebut dapat dilihat dari salah satu bukit yang bernama bukit Suroyo. Lokasi bukit Suroyo ini terdapat di bagian sisi timur Pantai Payangan. Dari puncak bukit tersebut, kamu dapat melihat pemandangan khas dari Pantai Payangan, yaitu Teluk Love.

Bukit Samboja

pantai payangan jember
pantai payangan jember. google maps. sumber : FAHANIM FAHANIM

Untuk menikmati keindahan Pantai Payangan, kamu bisa coba naik ke atas Bukit Samboja. Bukit ini berada di sebelah barat daya pantai, serta membatasi area pantai nelayan dengan pantai yang dipenuhi oleh batu karang.

Jalan menuju ke puncak bukit cukup mudah dilalui karena sudah dilengkapi oleh anak tangga. Saat menaikinya, kamu akan melihat hamparan bunga warna-warni yang indah di sebelah kanan dan kiri bukit.

Dari puncak Bukit Samboja, kamu akan disajikan pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian. kamu dapat akan melihat garis Pantai Roro Ayu sampai Pantai Canga’an yang melengkung, serta tampak seperti bulan sabit. Di puncak bukit juga tersedia gazebo untuk tempat bersantai.

Bukit Syarat

Pantai Payangan memiliki pasir hitam itu yang menawarkan keindahan yang memesona. Panoramanya diperindah dengan bukit yang menjadi latar belakang pantai tersebut yang bernama Bukit Syarat.

Bukit Syarat diapit oleh dua bukit lainnya, yakni Bukit Samboja dan Bukit Suroyo. Salah satu bukit di atasnya terdapat makam tua yang dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan Pati Ulung,

Naik Kuda Keliling Pantai

Pengunjung juga dapat naik kuda sewa untuk berkeliling melihat keindahan pantai.

Menikmati Sunset

sunset di pantai payangan
sunset di pantai payangan. google maps. sumber : David Yasin

Pantai Payangan menawarkan panorama sunset yang menawan. Jangan lewatkan momen matahari terbenam dipantai ini.

Camping Ground

camping di pantai payangan
camping di pantai payangan. google maps. sumber : Murti Naba

Area sabana di pantai bagian selatan ini bisa anda gunakan untuk mendirikan tenda jika ingin camping di sini. Dari tempat mendirikan tenda, anda bisa melihat pemandangan jejeran perahu-perahu nelayan yang terparkir rapi di pantai sebelah.

Memancing

memancing di pantai payangan
memancing di pantai payangan. google maps. sumber : muhammad rofi’i

Berswafoto

berswafoto di pantai payangan
berswafoto di pantai payangan. google maps. sumber : Feby H S
hunting foto di pantai payangan
hunting foto di pantai payangan. google maps. sumber : Efa MarDiana

Fasilitas Pantai Payangan

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Payangan.

  • Area parkir
  • Toilet / Kamar mandi
  • Tempat makan
  • Penginapan
  • camping ground
  • Gazebo dan lain-lain.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Payangan

Tempat wisata lain sekitar Pantai Payangan.

  • Teluk Love
  • Bukit Samboja
  • Dira Park Ambulu
  • Pantai Watu Ulo
  • Pantai Papuma

Video Pantai Payangan

Video Pantai Payangan berikut dikutip dari channel : Pak Buang Family

Penutup

Memiliki panorama alam yang menakjubkan, Pantai Payangan memang cocok dijadikan tempat liburan dan rekreasi. Pantai ini menjadi destinasi favorit dengan bentang alam yang luar biasa di sekelilingnya. Keindahan pantai ini semakin menawan dengan deretan perbukitan hijau yang menyembul di tengah laut.