Teluk Love di Jember, Wisata Teluk Berbentuk Hati dengan Pemandangan Mempesona

Teluk Love ini berada di kawasan wisata Pantai Payangan yang cukup luas. Berada sekitar 200 meter ujung timur pantai Payangan. Dinamakan Teluk Love karena penampakannya yang menyerupai love atau bentuk hati jika dilihat dari atas.

teluk love
teluk love. google maps. sumber : Indra Susandi

Untuk bisa menikmati keindahan Teluk Love, kamu harus mengunjungi Bukit Suroyo yang ada di paling selatan pantai Payangan. Sesampainya di kaki Bukit Suroyo, kamu harus berjalan kaki untuk sampai spot panorama Teluk Love.

Daya tarik Teluk Love berupa teluk yang berbentuk hati, selain uniknya teluk berbentuk hati, panorama alam di sini juga begitu memesona. Pemandangan Teluk Love paling indah dilihat dari ketinggian dengan mendaki Bukit Suroyo.

Untuk menikmati keindahan tersebut, wisatawan harus menyiapkan fisik yang prima. Bukit Suroyo tidak terlalu tinggi namun anda harus melewati jalan setepak untuk mendaki bukit. Ada baiknya pengunjung melakukan pemanasan dahulu sebelum mendaki untuk menghindari kram.

Alamat Teluk Love

  • Jl. Ambulu – Watu Ulo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68162.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 05.00 WIB – 19.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.5.000,-

Rute ke Teluk Love

Jarak tempuh Teluk Love dari pusat kota Jember sekitar 43,8 Kilometer. Dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 15 menit. Perjalanan akan melalui Jl Basuki Rahmat, Jl MH Thamrin, Jl Semeru, Jl Watu Ulo, Jl Papuma, dan Jl Payangan.

Transportasi

Menuju Teluk Love di Pantai Payangan Jember paling mudah dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi. Sepeda motor hingga mobil bisa menjangkau pantai ini. Akses jalan yang dilalui sudah cukup bagis dan beraspal baik.

Ada Apa di Teluk Love

wisata teluk love
wisata teluk love. google maps. sumber : AL Wijaya

Teluk Love ini berada di kawasan Pantai Payangan. Menjadi salah satu destinasi wisata romantis yang ada di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Selain uniknya teluk berbentuk hati, panorama alam di sini juga begitu indah dan mempesona.

Trekking ke Bukit Suroyo

Keindahan Teluk Love paling bagus dinikmati dari atas Bukit Suroyo. Bukit ini berada di sisi timur kawasan Pantai Payangan. Nama Suroyo berasal dari kata Suryo atau Surya yang berarti matahari karena keindahan sunrise dan sunset bisa dinikmati di sini.

trekking menuju bukit suroyo
trekking menuju bukit suroyo. google maps. sumber : ABhie Production (Abhie)

Perlu perjuangan untuk mendaki butkit Suroyo. Meski tidak terlalu tinggi, namun tetap saja ada jalan setapak menanjak yang harus dilalui. Panorama sepanjang perjalanan mendaki bukit sangat indah sehingga mampu mengusir rasa lelah selama perjalanan. Jalan setapak yang tersedia dibuat mengelilingi bukit sehingga dapat melihat panorama dari segala arah.

Selama perjalanan, anda juga dapat menikmati keindahan barisan perbukitan Taman Nasional Meru Betiri. Untuk perjalanan wisata dengan mendaki bukit ini hendaklah memilih pakaian yang nyaman atau menyerap keringat. Menggunakan sepatu, sandal atau alas kaki yang tidak licin.

Pemandangan Indah dari Ketinggian

pemandangan indah dari ketinggian
pemandangan indah dari ketinggian. gogole maps. sumber : Kevin Arf

Sesampainya di puncak bukit, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan hijaunya perbukitan. Laut yang biru, dan garis pantai yang berbentuk hati yang menjadi ciri khasnya.

pemandangan teluk love
pemandangan teluk love. gogole maps. sumber : Alrez

Teluk Love memiliki garis pantai yang berbentuk hati dengan gugusan pulau karang di antara dua lengkungan. Di puncak bukit juga tersedia spot foto dan gazebo untu beristirahat sambil menikmati pemandangan.

Menikmati Sunset

sunset di teluk love
sunset di teluk love. google maps. sumber : jimbron asf

Waktu berkunjung terbaik adalah pada saat pagi dan sore dalam cuaca cerah, keindahan sunrise dan sunset dapat dinikmati di sini.

Berswafoto

berswafoto di teluk love
berswafoto di teluk love. google maps. sumber : Karel dwi pratama
berswafoto di teluk love jember
berswafoto di teluk love jember. google maps. sumber : Roozee Nach
foto di teluk love
foto di teluk love. google maps. sumber : Yoga Wahyu Mahendra

Fasilitas Teluk Love

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di objek wisata Teluk Love.

  • Area parkir
  • Toilet / Kamar mandi
  • Tempat makan
  • Penginapan
  • camping ground
  • Gazebo dan lain-lain.

Tempat Wisata Sekitar Teluk Love

Tempat wisata lain sekitar Teluk Love Jember.

  • Pantai Payangan
  • Bukit Samboja
  • Dira Park Ambulu
  • Pantai Watu Ulo
  • Pantai Papuma

Video Teluk Love

Video wisata Teluk Love berikut dikutip dari channel : MY VLOG 89

Penutup

Objek wisata Teluk Love menawarkan pesona alam yang romantis dan sejarah yang menarik. Daya tarik Teluk Love berupa teluk yang berbentuk hati, selain uniknya teluk berbentuk hati, panorama alam di sini juga begitu memesona. Teluk Love di Jember menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi pengunjungnya.