Sunset Menawan dan Spot Memancing di Pantai Pancer Puger Jember

Pantai Pancer Puger terletak di sebelah barat daya pusat Kota Jember. Lokasinya berada tidak terlalu jauh dari pusat kota, menjadikan Pantai Pancer ini sebagai salah satu destinasi favorit masyarakat Jember.

pantai pancer puger
pantai pancer puger. google maps. sumber : Samdjaja Suseno

Pantai ini terkenal dengan karakter ombaknya yang besar khas pantai selatan. Pantai ini memiliki susunan batu-batu yang dipasang dengan tujuan sebagai pemecah ombak laut. Garis pantai yang panjang mencapai 3 km dengan hamparan pasir pantai berwarna hitam.

Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan ritual tahunan yang bernama Larung Sesaji. Kegiatan adat yang digelar rutin setiap tahun oleh nelayan Puger sebagai bentuk tanda syukur pada Tuhan atas limpahan rezeki dan karunia.

Menariknya, Pantai Pancer di Desa Puger ini pernah dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Puger International Surf Exhibition. Sebuah pameran surfing berskala internasional. Hal tersebut dikarenakan Pantai Pancer memiliki karakter ombak yang relatif besar, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan selancar.

Pantai Pancer di Desa Puger menjadi salah satu pantai yang sangat indah di Jember Jawa Timur. Selain menyajikan pemandangan alam yang memukau, kita juga bisa menemukan kegiatan nelayan setempat dan mencicipi hasil tangkapan laut yang segar. Pantai Pancer ini memiliki khas sebagai tempat pelelangan ikan. Tidak hanya dapat membeli ikan hasil tangkapan para nelayan, wisatawan juga dapat membeli olahan ikan.

Alamat Pantai Pancer Puger

  • Manderan II, Puger Kulon, Kec. Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68164.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 05.00 WIB – 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp. 5.500,- / orang.
  • Parkir mobil Rp.5.000,-
  • Parkir motor Rp.2.000-

Rute ke Pantai Pancer Puger

Dari Kota Jember ke Pantai Pancer Puger, berjarak sekitar 36 km. Dari pusat kota, langsung arahkan kendaraan anda ke daerah bernama Rambipuji dan terus ke arah Balung. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam berkendara, tergantung dari tingkat keramaian jalan.

Sepanjang perjalanan anda akan disajikan pemandangan persawahan dan gunung-gunung kapur yang menjulang tinggi. sebagai karakteristik perbukitan yang ada di Desa Puger.

Transportasi

Untuk akses ke Pantai Pancer, dari pusat Kota Jember bisa diakses melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Akses menuju Pantai Pancer minim papan-papan petunjuk arah, kondisi jalan yang dilewati juga tidak terlalu bagus. Tidak mudah dilalui pada musim penghujan dan sangat berdebu saat kemarau.

Ada Apa di Pantai Pancer Puger

wisata pantai pancer puger
wisata pantai pancer puger. google maps. sumber : Muhammad Hadi Prayitno

Pantai Pancer telah menjadi destinasi wisata yang populer di Jember. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai yang indah, memancing, atau bahkan berselancar dengan ombak yang cukup besar.

Selain sebagai tempat wisata, Selain sebagai tempat wisata, pantai Pancer juga menjadi urat nadi kehidupan ekonomi masyarakat nelayan sekitar pantai. Pantai ini menjadi tempat para nelayan untuk menangkap ikan dan berlabuh.

Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Pancer adalah objek wisata bahari yang berada di selatan Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai ini menawarkan pemandangan yang menawan dengan bentangan bukit dan pantai yang terlihat menawan.

menikmati pemandangan pantai
menikmati pemandangan pantai. google maps. sumber : Anggi Wicaksono
foto di pantai pancer puger
foto di pantai pancer puger. google maps. sumber :  Nuri Efendi

Dipantai ini anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Pantai yang memiliki pasir halus berwarna putih, serta air laut yang jernih. Pantai ini juga cocok untuk berjemur karena terkena sinar matahari secara langsung.

Menikmati pemandangan pantai yang indah dengan ombak besar. Selain itu, di sekitar pantai terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi dan memberikan panorama yang menakjubkan.

Bermain Tepi Pantai

bermain ditepi pantai
bermain ditepi pantai. google maps. sumber : Nadhroh Jauharoh

Pantai Pancer Puger memiliki ombak yang cukup besar, selain cocok untuk para peselancar juga untuk berenang. Namun, sebaiknya berhati-hati karena ombak yang tinggi bisa membahayakan. Selain berenang, anda juga bisa bermain air, bermain bola air atau sekadar berlarian di tepi pantai.

Spot Surfing

spot surfing di pantai pancer
spot surfing di pantai pancer. google maps. sumber : Febrioka M Riza

Pantai Pancer di Desa Puger pernah dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Puger International Surf Exhibition. Hal tersebut dikarenakan Pantai Pancer memiliki karakter ombak yang relatif besar dan cocok untuk melakukan kegiatan selancar.

Berburu Ikan Segar di Pelelangan Ikan Puger

Selain sebagai spot selancar, Desa Puger pun terkenal dengan tempat pelelangan ikannya. Pantai-pantai di daerah Puger sangat terkenal sebagai pantai nelayan. Pada pagi hari anda dapat melihat kegiatan mereka. Pulang dari melaut dan dilanjutkan dengan keramaian pasar ikannya.

Sunrise dan Sunset

sunset di pantai pancer
sunset di pantai pancer. google maps. sumber : Nurdin Rizqiansyah

Pantai Pancer juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan panorama sunrise dan sunset yang menakjubkan. Saat matahari terbit, warna-warni indah akan terlihat di langit dan pantai. Begitu juga saat matahari terbenam, panorama yang menakjubkan akan terlihat dengan cahaya orange keemasan di langit.

Keindahan sunrise dan sunset menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Menikmati keindahan Sunset dan Sunrise di Pantai Pancer sambil menikmati kelapa muda atau ikan bakar lezat.

Camping

Pantai Pancer juga menyediakan fasilitas untuk camping atau berkemah. Anda dapat membawa perlengkapan camping sendiri atau menyewa dari pihak pengelola. Lokasi camping disediakan di area pantai dengan suasana yang asri dan tenang.

Spot Mancing

kegiatan mancing di pantai pancer
kegiatan mancing di pantai pancer. google maps. sumber : Kevin Akhdan Alambana

Pantai Pancer juga menjadi tempat yang populer untuk kegiatan memancing. Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Pancer untuk menikmati keindahan alam sekaligus menangkap ikan di sekitar pantai. Beberapa spot mancing yang populer adalah di sekitar batu karang di pantai dan di bibir sungai di sekitar pantai. Pantai Pancer juga dikenal sebagai tempat untuk menangkap ikan laut seperti kakap, kerapu, dan ikan tuna.

Untuk memancing, anda perlu membawa peralatan sendiri, seperti joran, kail, umpan, dan perlengkapan lainnya. Selain itu, wisatawan juga disarankan untuk mengikuti peraturan setempat. Sseperti tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan pantai.

Hunting Foto

berswafoto di pantai pancer
berswafoto di pantai pancer. google maps. sumber : Samdjaja Suseno
berswafoto di pantai pancer puger
berswafoto di pantai pancer puger. google maps. sumber : Rifa SM

Di Pantai Pancer, terdapat beberapa spot yang keren untuk berswafoto dengan latar belakang yang indah. Seperti beberapa batu karang yang tersebar di sepanjang pantai yang bisa menjadi latar belakang foto yang indah. Batu karang ini juga biasanya menjadi tempat berjemur atau duduk santai para pengunjung.

Memiliki pasir putih yang bersih dan halus. Pasir putih dipantai ini juga bisa dijadikan latar belakang foto yang menarik. Kemudian ada bukit kapur yang ada di sekitar Pantai Pancer juga bisa menjadi latar belakang untuk berswafoto.

Jembatan Cinta di Desa Puger

Desa Puger juga terkenal dengan Jembatan Cinta. Dinakaman demikian karena di jembatan ini banyak ditemukan pasangan yang biasanya duduk berduaan. Lokasinya berada di Jalur Lintas Selatan (JLS) yang tidak jauh dari Pantai Pancer. Jembatan Cinta ini merupakan salah satu spot yang harus dikunjungi. Dengan pemandangan pantai yang indah dan deretan pohon-pohon mangrove, menjadikan spot ini sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas Pantai Pancer Puger

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Pancer Puger.

  • Area parkir
  • Toilet / Kamar mandi
  • Area bermain
  • Area berkemah
  • Perahu wisata
  • Warung makan dan lain-lain.

Hotel Sekitar Pantai Pancer Puger

Hotel, villa atau penginapan sekitar Pantai Pancer Puger.

  • Foresta Resort Tanjung Papuma
    Berjarak 9,8 km dari pantai Pancer Puger.
    Jl. Raya, Area Kebun, Lojejer, Wuluhan, Jember Regency, East Java 61374. 0823-3278-8725.
  • GGM HOTEL
    Berjarak 11,4 km dari pantai Pancer Puger.
    Jl. R.A. Kartini No.159, Krebet, Gumukmas, Kec. Gumukmas, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68165.
  • Grand Gumuk Mas Hotel dan Karaoke
    Berjarak 11,4 km dari pantai Pancer Puger.
    Kebonan, Gumukmas, Kec. Gumukmas, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68165.
  • Hotel Ambulu
    Berjarak 13,8 km dari pantai Pancer Puger.
    Hotel bintang 3Jl. Manggar No.200, Tegalsari, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172. (0336) 884488.

Video Pantai Pancer Puger

Video Pantai Pancer Puger berikut dikutip dari channel : Pak Buang Family

Penutup

Pantai Pancer di Desa Puger adalah salah satu pantai yang sangat indah dan menawarkan pengalaman wisata yang menarik. Selain pemandangan alam yang memukau, di pantai ini juga tersedia beragam kegiatan wisata pantai yang seru.

Menariknya, Pantai Pancer pernah dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Puger International Surf Exhibition. Dikarenakan memiliki ombak yang relatif besar dan cocok untuk melakukan kegiatan selancar.