Scientia Square Park, Wisata Outdoor Instagramable di Tangerang

Untuk kita kita yang penat dan bosan dengan dengan suasana ibukota. Suasana yang penuh dengan kepenatan kerja, kemacetan, lantai  beton dan aspal. Tentu menginginkan relaksasi sejenak dari semua ketegangan dan stress itu. Namun tidak semua orang juga yang punya banyak waktu dan biaya untuk liburan ke objek alam jauh jauh ke Malang atau bahkan NTT.


Di dekat jakarta, ada lokasi wisata yang cukup bisa memenuhi keinginan untuk melepas kan diri sejenak dari kepenatan jakarta. Tempat rekreasi yang lokasinya masih mepet dengan kota Jakarta.  Scientia Square Park (SSQ) yang berada di Serpong Tangerang.

Untuk memenuhi harapan soal melepas penat, tempat ini memang good recommended untuk anak-anak, remaja, dan juga dewasa. Dengan luas lebih dari 1 hektar, sangat cukup untuk menyediakan berbagai fasilitas outdoor bagi para pengunjungnya.

Kegiatan yang ditawarkannya pun bervariasi, dari yang hanya dapat diikuti sekali kedatangan atau dapat dijadikan pertemuan rutin.

Scientia-Square-Park
Scientia Square Park. Image via: sarrahghina.com

Masuk ke SSQ pengunjung bisa membeli tiket terlebih dahulu di loket yang terdapat di area Brewok’s. Setelah melakukan pembelian tukarkan struk tersebut dengan tiket masuk berupa gelang yang dapat digunakan untuk top up saldo jika dibutuhkan.

Gunakan gelang atau simpan baik-baik sebagai akses keluar masuk area SSQ selama jam operasional berlangsung.

Scientia-Square-Park
Kenalkan anak pada pertanian. Image via: serpongupdate.com

Baca juga: daftar tempat wisata di Tangerang

Lokasi Scientia Square Park Serpong Tangerang

Lokasinya tempat wisata ini sangat mudah dicapai. Berada di JI. Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang.

Rute Menuju Scientia Square Park Serpong Tangerang

Untuk rutenya sendiri sangat mudah, karena tempatnya ada di wilayah Jin. Scientia Square.  Jika kita turun di Bandara Soekarno Hatta, kita tinggal naik bus khusus Scientia Square Park, yang akan mebawa langsung ke SSP ini. Jadi tidak perlu bingung mencari kendaraan lain.

Harga Tiket Scientia Square Park Serpong Tangerang

Untuk harga tiketnya sendiri bermacam-macam, mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 50.000. Pengunjung juga bisa menjadi member untuk mendapatkan akses yang lebih hemat dan bebas selama waktu yang ditentukan.

Harga untuk tiket member mulai dari Rp 88.000 untuk semingguan di weekdays, Rp 150.000 untuk sebulan, dan Rp. 1 juta untuk setahun.

piknik
Piknik. Image via: cakrawalatour.com

Jam Buka Scientia Square Park Serpong Tangerang

Kamu bisa datang mulai pukul 6 pagi, dan baru tutup pukul 11 malam di hari- hari weekend. Namun ika di hari biasa, baru akan dibuka pukul 7 pagi, dan jam 9 malam sudah tutup.

Direkomendasikan untuk kamu yang tidak suka panas, sebaiknya datang pagi sekali atau saat malam, karena udaranya lebih sejuk dan pemandangan malamnya pun lebih indah dengan lampu- lampunya.

Aktivitas di Scientia Aquare Park

Berikut beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan selama jalan jalan di Scientia square serpong tanggerang.

1. Sweet Treats

ruang donat
Sweet Treats. Image via: @mellhafzyh

Sweet treats sebuah lokasi baru di objek wisata scientia Square Park BSD Tangerang. Jangan bayangkan kalau ini adalah tempat makan kue kue dan manisan. Lokasi ini adalah lokasi petualangan imajinasi. Mengingtakan apda dongeng soal rumah permen penyihir pada cerita anak anak eropa.

Lokasi ini menjadi menjanjikan tempat-tempat foto yang dengan warna-warna pastel meriah. Sesuai dengan namanya, makanan-makanan manis dan menyegarkan, pintu gerbang objek ini berbentuk kue donat raksasa.

Setelah melewati gerbang donat pengunjung tidak disambut tangga, tapi perosotan. Dasar perosotan dipenuhi oleh kotak-kotak busa berwarna-warni. Ini mengingatkan kepada perosotan mandi bola di permainan anak-anak.

es krim
Es krim berserak. Image via: @nuraeni143

Lepas ruang donat, pengunjung diajak untuk memasuki ruangan selanjutnya yang penuh dengan es krim.  Ratusan es krim menempel di dinding dinding kemudian ada juga yang menggantung di langit langit. Ada juga ruangan lain yang penuh dengan permen Lollipop raksasa menggantung di lantai, menempel di tembok ataupun menjulang dari lantai.

Intinya wahana, Sweat Treats benar benar maksimal dalam memenuhi imajinasi masa kecil kita mengenai rumah permen.

Lihat juga; info seputar Telaga Biru Cisoka

2. Playground

SSQ menyediakan 2 playground yang masing-masing berada di dekat pintu masuk utama dan di area tengah dekat water feature air mancur anak-anak. Ada beberapa jenis permainan dari setiap playground-nya, rata-rata seluruh permainan dapat digunakan oleh anak-anak usia 2 tahun keatas.

Playground
Playground. Image via: cakrawalatour.com

Ada jungkat jungkit, halang rintang dan sebagainya. Bentuk dan variasi permainan yang tersedia disini sedikit nampak berbeda dari  playground  yang ada pada umumnya, boleh dibilang masih jarang saya temukan

3. Vertical Limit

Vertical limit atau yang biasa dikenal dengan panjat dinding dapat pengunjung manfaatkan dari anak-anak usia 2 tahun hingga dewasa. Yang penting sudah bisa panjat-panjat.

Desain dinding warna warni ini dibuat bervariasi, sehingga pengunjung dapat memilih sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing.

4. The Bars

the bars
The Bars. Image via: tripadvisor.com

Area ini berada disamping persis area Vertical Limit yang ditujukan untuk melatih otot-otot tubuh yang dapat dihasilkan dari berbagai sudut yang disediakan. Semacam gymnastic freestyle. Yang pasti cocok digunakan oleh anak-anak usia 5 tahun hingga dewasa.

5. Velocity Skatepark

Velocity Skatepark
Velocity Skatepark. Image via: http: scientiasquarepark.com

Area ini khusus untuk para skater yang ingin mengasah kemampuannya atau sekedar ingin bermain dengan papan skatenya. Jadwal buka area dimulai jam 06.00-10.00 dan 16.00-21.00 (weekdays) atau 06.00-11.00 dan 14.00-23.00 (weekend).

SSQ juga menawarkan paket kursus yang akan dibimbing oleh instruktur berpengalaman dengan  harga mulai dari Rp. 250.000/2 jam sesuai dengan level kemampuannya.

6. Gravity Zone

Zona ini dapat digunakan untuk berbagai jenis kegaiatan seperti inline skate (sepatu roda), scooter, dan bersepeda. Khusus untuk sepatu roda terdapat paket kursus yang dapat diambil dengan private, semi private dan per grup. Jika pengunjung tidak dapat datang rutin, dapat mencoba paket sekali kunjungan Rp. 30.000 untuk belajar dengan coach berpengalaman selama 30 menit.

SSQ menyediakan penyewaan peralatan untuk bermaind I zone ini. Untuk sewa inline skate dikenakan biaya 20.000/jam dan sewa scooter Rp. 30.000/jam.

Water Feature

Water Feature
Water Feature. Image via: red-circles.bonekakecil.com

Tersedia di beberapa titik dengan fitur permainan air yang berbeda. Ada yang lokasinya dekat dengan Kids Playground. Pengunjung dapat bermain uap dingin sambil ciprat-ciprat air yang berada di dalam kolam.

Sedangkan Water Feature yang satu lagi terdapat di area tengah. Disini terasa lebih seru karena pengunjung bisa total basah-basahan. Biasanya anak-anak yang paling semangat dengan air yang memancar dari bawah dan menyemburkannya ke segala arah.

7. Paddy Field

Disini pengunjung akan disajikan dengan hamparan sawah hijau ditengah kota. Padi dipanen setiap 3 bulan sekali. Jika pengunjung datang di saat momen tersebut, bisa sekalian melihat dan mempelajari proses terbentuknya padi hingga menjadi beras yang akan ditemani oleh petugasnya langsung. Dekat dengan sawah, terdapat juga tanah luas sebagai area kerbau.

8. Rabbit and Serenity Koi Farm

ikan koi
Kolam Ikan koi. Image via: perahumerah

Disini pengunjung dapat melihat kelinci beserta kandangnya dan ikan-ikan koi beserta kolam besarnya. Ada saungnya juga buat duduk-duduk santai bareng keluarga.

9. The Metamorphosis

Lokasinya masih di sekitar Rabbit dan Koi Farm. Disini pengunjung dapat mempelajari metamorfosis dari seekor ulat hingga menjadi kupu-kupu cantik.

Taman ini sengaja dibuka sangat pagi agar para pengunjung dapat bertemu langsung dengan kupu-kupu cantik. Pengunjung dapat melihat secara jelas kupu-kupu yang aktif beterbangan dan hinggap di atas bunga untuk mencari nektar.

Oleh karena konsep zona ini adalah taman, maka ada bermacam bunga yang ditanam sebagai makanan kupu-kupu. Datanglah pada waktu pagi hari tatkala Scientia Square Park belum terlalu ramai dan panas untuk melihat serangga cantik ini. Jika pengunjung ingin dihinggapi oleh kupu-kupu maka cobalah menggunakan topi dan baju yang berwarna cerah.

10. The Twister Track

sirkuit RC
Sirkuit mobil RC. Image via:red-circles.bonekakecil.com

Buat para pecinta mobil remote control sayang untuk melewatkan zona yang satu ini. Fasilitas ini adalah sirtkuit balap utuk mobil RC. Pengunjung akan dikenakan biaya lagi untuk dapat menggunakan fasilitas ini.

11. Brewok’s – Food Court

Terakhir, area yang satu ini siap memanjakan perut kamu. Terdapat berbagai pilihan makanan siap saji yang dapat kamu cicipi. Cocok buat nongkrong santai setelah lelah menguras energi.

12. The Torque Zone Jr.

Suka dengan wahana motor cross yang berjalan di jalanan becek? Biasanya orang-orang yang menggemari hobi ini mengambil outdoor yang jauh dari kota. Banyak yang harus dipersiapkan bila di alam bebas, misalnya memesan tempat dan memeriksa medan.

Scientia Square Park memberi kesempatan bagi pencinta motor cross untuk tetap melakukannya di tengah padatnya kegiatan. Meski lebih kecil daripada medan sesungguhnya, namun setidaknya The Torque Zone dapat memudahkan pengunjung melakukan hobi secara rutin.

13. Permainan Cahaya di Universal Amphitheater

main cahaya
Permainan Cahaya . Image via: sarrahghina.com

Di Universal Amphitheater, pengunjung duduk-duduk santai sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang menyenangkan saat siang hari. Pengelola Scientia Square Park juga menyediakan bantal-bantal hijau besar gratis bagi para pengunjung untuk keperluan piknik keluarga.

Menjelang malam, duduk-duduk di sini sambil memandang sawah dan lampu warna-warni merupakan pemandangan indah yang tak terlupakan. Pengunjung juga bisa bermain bola di lapangannya dari pagi hingga malam hari. Tidak perlu khawatir bila gelap saat malam, karena sudah disediakan pencahayaan yang terang benderang disini.

Tips Berwisata ke Scientia Square Park

Sedikit tips untu memaksimalkan kegembiraan saat jalan jalan ke lokasi ini:

  • Datang pagi sekali atau sore sekalian. Saat siang hari sangat terik panasnya.
  • Membawa makanan sendiri. Bawa bekal makan dari rumah, cemilan dan air minum. Nanti bisa sambil piknik di pinggir taman sepuasnya dan menonton pertunjukan cahaya.
  • Bawa alas duduk.
  • Bawa alat permainan sendiri. Bisa membawa alat permainan sendiri, seperti: skateboad, sepatu roda, badminton, sepeda, remote control.

Lokasi wisata dekat scintia square park

Nggak jauh dari sana ada Brancshto. Bermain-main di Branchsto. Di sana pengunjung bisa menunggang kuda yang keren dan gagah.

Secara keseluruhan Scientia Square Park sangat seru. Lokasi ini bisa dinikmati oleh semua usia. Mulai dari anak anak, remaja, dewasa, sampai warga lansia, bisa menikmati kesenangan dengan datang ke Scientia Square Park Tangerang.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment