Pulo Saiji, Kawasan Wisata Absah Seluas 3,5 hektar Di Tengah Kawasan Perumahan Urban

Di cuaca yang panas terik akan sangat menyegarkan jika kita bemain-main air, ditambah dengan permainan seru lainnya. Tangerang memiliki udara yang panas, pas banget jika kamu mengunjungi Pulo Saiji Water Adventure yang terletak di dalam sebuah perumahan Serpong Garden Tangerang. Namun sayang seribu kali sayang, saat ini Pulo Saiji Water adventure tutup sampai batas waktu yang tak ditentukan.

Wahana Seri Lainnya
Wahana Seru Lainnya. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pulo Saiji Water Adventure dibangun sejak tahun 2013 dengan Luas sekitar 3,2 hektar. Pulo Saiji diambil dari bahasa Jawa, “Pulo” artinya Pulau sedangkan “Saiji” atau siji berarti satu. Dengan maksud ada satu pulau atau daratan, di tengah-tengah danaunya.

Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi dari berbagai kalangan usia, terdapat berbagai macam wahana yang seru dan menyenangkan. Seperti Waterboom, Flying fox, Bioskop 4D, wisata danau, serta area untuk memancing. Meskipun banyak sekali wahana yang tersedia, namun tiket masuknya sangat terjangkau.

 

Pulo Saiji Water Adventure
Pulo Saiji Water Adventure. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 10 lokasi berakhir pekan seru di Tangerang

Lokasi Pulo Saiji

Lokasi Pulo Saiji berada di Perumahan Serpong Garden, Jalan Raya Serpong Rumpin, Desa Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten. Lokasi ini berjarak sekitar 23 km, atau sekitar 45 menit dari pusat kota Tangerang dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Rute Pulo Saiji

Rute untuk menuju Pulo Saji kamu tinggal arahkan kendaraanmu untuk menuju Perumahan Serpong Garden. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa lokasi wisata ini tak pernah sepi pengunjung, karena akses untuk menujunya mudah.

Kamu juga bisa menggunakan commuter line untuk menuju Pulo Saiji Water Adventure, nanti kamu tinggal turun di Stasiun Cisauk. Kemudian tinggal meneruskannya dengan menaiki angkutan umum yang menuju ke arah Pulo Saiji.

Jarak dari Stasiun Cisauk menuju Perumahan Serpong Garden tak terlalu jauh, kamu tinggal bayar ongkos sekitar Rp. 3.000,- saja. Namun jika ingin diantar sampai ke depan pintu masuk Pulo Saiji Water Adventure, kamu harus membayar sebesar Rp. 5.000,-

Jam Buka Pulo Saiji

Taman rekreasi keluarga ini dibuka setiap hari, mulai dari hari Senin sampai Minggu.  Setiap harinya lokasi wisata ini buka mulai pukul 08:00 sampai pukul 17:00, termasuk hari libur dan musim liburan. Namun, sayangnya untuk saat ini Pulo Saiji Water adventure ditutup permanen sampai batas waktu yang tak ditentukan.

Tiket Pulo Saiji

Harga tiket masuk Pulo Saiji cukup terjangkau, yakni:

  • Untuk weekday (Senin-Jumat)     : Rp. 35.000,- per orang
  • Untuk weekend (Sabtu-Minggu) : Rp. 40.000,- per orang

Harga tiket tersebut termasuk untuk semua usia, baik anak-anak maupun dewasa.

Fasilitas Pulo Saiji

Fasilitas penunjang yang tersedia di Pulo Saiji Water Adventure sejauh ini cukup memadai yakni:

  • Area parkir
  • Musholla
  • Kamar mandi umum
  • Gazebo tempat istirahat
  • Warung-warung makananan dan minuman

Daya Tarik Wahana Pulo Saiji

1. Danau

Simak juga: Lawu Park, Restoran di Kaki Gunung Lawu

Di area Pulo Saiji Water Adventure terdapat sebuah danau yang cukup besar, luasnya sekitar 1 hektar dengan kedalaman mencapai 7 meter. Kamu dapat memandangi keindahan Danau Pulo Saiji sambil duduk-duduk di sebuah saung bambu yang disewakan.

Harga sewa untuk saung bambu tersebut sekitar Rp. 50.000/jam. Disekitar danau terdapat beberapa warung yang menyajikan berbagai makanan yang berbeda dengan harga yang terjangkau. Menikmati keindahan danau sambil mengisi perut yang mulai keroncongan.

Mengelilingi Danau Pulo Saiji
Mengelilingi Danau Pulo Saiji. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah mengisi perutmu kamu dapat menjelajahi danau dengan menggunakan perahu dayung atau dengan menyewa bebek-bebekan, bahkan kano. Kamu harus mencoba juga untuk mencoba balon air.

2. Permainan

Selain menikmati danau yang indah, Pulo Saiji Water Adventure juga memiliki fasilitas Outbound yang seru. Permainan yang paling populer dan banyak diminati para pengunjung ialah Flying Fox.

Arena Outbound Di Atas Danau
Arena Outbound Di Atas Danau. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu akan diajak untuk meluncur dengan melintasi tali yang terbentang di atas danau dengan ketinggian dan kecepatan yang cukup untuk memompa adrenalin.

Ketika kamu mencoba untuk menikmati wahana ini, kamu dapat melihat keindahan Danau Pulo Saiji dari atas menara yang terletak di tengah danau.

Satu wahana lainnya yang tak boleh ketinggalan ialah mencoba menyebrangi Sky Bridge atau jembatan dari tali yang dimaksudkan untuk melatih keberanian pada anak.

3. Bioskop 4D

Disini kamu bisa mencoba menonton bioskop dengan cara yang berbeda, yakni dengan mencoba wahana bioskop 4D. Dimana kamu akan seakan terbawa pada cerita atau film yang sedang diputar.

bersiap di bangku menunggu pertunjukan bioskop 4D

Bersiap menonton. Image via: viva.co.idSimak juga: Mojosemi, lebih dari sekedar perkemahan

Bioskop 4D dirancang secara khusus, semua perangkat yang ada mulai dari kursi hingga sound system akan menyesuaikan dengan alur cerita yang sedang diputar.

Hal tersebut tentu saja merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan sekaligus seru, apalagi jika menonton bersama kawan maupun keluarga tercinta.

4. Waterboom

Serunya Bermain Air
Serunya Bermain Air. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pulo Saiji Water Adventure menyediakan tiga macam kolam, dimana dua kolam diantaranya dangkal dan dapat dinikmati dengan aman oleh semua usia sedangkan satu kolam lagi cukup dalam.

Layaknya sebuah water adventure, di Pulo Saiji juga terdapat seluncuran dimana kamu dapat berseluncur dari ketinggian sekitar 7 meter. Perlu nyali yang besar untuk mencoba wahana yang satu ini.

Berseluncur Dari Ketinggian
Berseluncur Dari Ketinggian. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Biasanya kamu dilarang untuk membawa makanan ke kolam, namun disini terdapat sebuah warung yang menyediakan snack dan warung tersebut letaknya berada di tengah-tengah kolam.

Simak juga: Berburu 35 foto si Ayanaz Semarang

5. Kolam pemancingan ikan mas

Untuk kamu para mancing mania, di Pulo Saiji Water Adventure juga terdapat sebuah kolam pemancingan. Sebelum memaning kamu harus memilih akan menggunakan skema yang mana.

Karena terdapat dua skema yang ditawarkan oleh pengelola yakni kolam pemancingan harian atau kolam pemancingan kiloan. Tarif yang diberikan sekitar Rp. 35.000,- untuk setiap kg ikannya.

Tips Wisata Pulo Saiji

Tips wisata yang dapat saya bagikan diantaranya:

  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika sedang bermain air.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti atau peralatan lainnya.

Objek Wisata Dekat Pulo Saiji

1. Situ Gintung

Objek wisata lain yang dapat kamu nikmati selain Pulo Saiji ialah Situ Gintung, dimana tempat ini merupakan lokasi wisata yang berbasis alam. Jarak dari Pulo Saiji menuju Situ Gintung sekitar 23 km.

Panorama Situ Gintung
Panorama Situ Gintung. Image via: nativeindonesia.com

Taman Wisata Situ Gintung terdapat wahana outbound, permainan yang dapat kamu lakukan diantaranya Jembatan Goyang, Flag of Glory, Jembatan Gantung, Halang Rintang, Flying Fox, serta Ilusi Gravitasi.

2. Scientia Square Park

Lokasi selanjutnya ialah Scientia Square Park jaraknya sekitar 11 km ke arah Utara, salah satu wahana populer yang paling banyak dikunjungi di sini ialah Sweet treats. Lokasi ini disuguhi pula dengan spot-spot foto yang ciamik dengan warna-warna pastel yang meriah. Pintu gerbangnya sangat lucu yakni berbentuk kue donat raksasa.

Menghabiskan waktu di Pulo Saiji Water Adventure pasti seru sekali, karena banyak hal yang dapat kamu lakukan. Selain itu tempat wisata ini dapat dinikmati oleh berbagai usia.


Tinggalkan komentar