Pulo Saiji, Kawasan Wisata Absah Seluas 3,5 hektar Di Tengah Kawasan Perumahan Urban

Mengunjungi Water Park, memang sangat menyenangkan untuk mengisi liburan. Apalagi jika fasilitas itu di dalam kota dan memiliki wahana yang beragam. Semua hal itulah yang dipenuhi oleh Pulo Saiji Tanggerang.

Pulo Saiji Tanggerang., emenuhi kriteria sebagai loaksi wisata seru murah meriah dan dekat kota
Pulo Saiji. Image via: yukpigi.com

Pulo Saiji Water Adventure dibangun tahun 2013. Lokasinya di dalam perumahan Serpong Garden. Luasnya sekitar 3,2 hektar. “Saiji” atau siji dalam bahasa Jawa berarti satu. Maksudnya ada satu pulau, atau daratan, di tengah-tengah danau.

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh semua umur karena setiap wahana yang ada dirancang sesuan standar keamanan dan kenyamanan pengunjung. Dengan tarif tiket yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana yang disediakan seperti, waterboom, Flying fox, Bioskop 4D, wisata danau, serta memancing di kolam ikan.

prosotan memompa adreanalin dari ketinggian 7 meter

Prosotan. Image via: orami.co.idSimak juga: 10 lokasi berakhir pekan seru di Tangerang

Lokasi Pulo Saiji

Lokasi Pulo Saiji berada di Perumahan Serpong Garden, Jalan Raya Serpong Rumpin, Suradita, Cisauk, Cibogo, Cisauk, Tangerang, Banten. Lokasi ini berjarak sekitar 23 km, atau sekitar 45 menit dari pusat kota Tanggerang dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Rute Pulo Saiji

Pulo saiji yang berada di dalam komplek perumahan Serpong Garden, membuatnya mudah dicapai. Inilah salah satu alasan yang paling utama kenapa lokasi ini menjadi tempat liburan favorit. Pengunjung bisa mencapai lokasi ini dengan menggunakan kereta.

Kalau datang berkunjung dengan Commuter Line, pengunjung cukup turun di stasiun Cisauk. Dari situ, pengunjung dengan mudah bisa menemukan angkutan umum yang ke arah saiji. Cukup dengan membayar Rp. 3.000 sudah bisa sampai ke pulo saiji.

poll Bar di pulo saiji unik berada di tengah kolam,bukan di bibir kolam
Bar di tengah kolam. Image via: @dewivitaloka

Sebenarnya jarak dari stasiun ke depan perumahan Serpong Gardeng itu dekat. Tapi kadang ada juga supir angkot yang minta Rp. 5.000 untuk ongkos tambahan, agar bisa diantar masuk sampai ke dalam perumahan. Dengan demikian, pengunjung bisa langsung diturunkan tepat di depan pintu masuk Pulo Saiji.

Jam Buka Pulo Saiji

Taman rekreasi keluarga ini dibuka setiap hari,dari Senin sampai Minggu.  Setiap harinya lokasi wisata ini buka mulai pukul 08:00 sampai pukul 17:00, termasuk hari libur dan musim liburan.

Tiket Pulo Saiji

Harga tiket masuk Pulo Saiji cukup terjangkau. Untuk hari senin-jumat harga tiketnya hanya Rp. 35.000 untuk anak-anak dan dewasa. Sedangkan kalau weekend dan musim liburan harga tiketnya menjadi Rp. 40.000.

Fasilitas Pulo Saiji

Fasilitas penunjang wisata yang tersedia di Pulo Saji, sejauh ini cukup memadahi kebutuhan pengunjung. Setidaknya di lokasi ini terdapat : area parkir, musholla, kamar mandi atau MCK, tempat istirahat, warung makan.

Daya Tarik Wahana Pulo Saiji

  1. Danau

Danau Pulo Saiji seluas 3 hektar.
Danau Pulo Saiji. Image via: ceritamelalak.com

Simak juga: Lawu Park, Restoran di Kaki Gunung Lawu

Pengunjung bisa menikmati keindahan danau Pulo Saiji dengan duduk santai di saung bambu yang disewakan dengan harga Rp.50.000/jam. Tak hanya itu pengunjung juga dapat menikamti keindahan danau seluas satu hektar ini secara gratis dengan cara membeli makanan di resto tepi danau. Harga makanan disini bervariatif mulai dari belasan ribu rupiah.

Pengunjung juga dapat menikmati indahnya danau uang berkedalaman tujuh meter ini dengan menggunakan perahu dayung bebek keliling danau. Selain itu juga ada balon air serta kano.

  1. Permainan

Ada juga Sky bridge outbond. permainan untuk melatih keberanian anak. Anak meniti jembatan tali di atas danau
Sky Bridge. Image via: ogahrugi.com

Pulo Saiji juga memiliki fasilitas Outbound. Permainan yang paling populer tentu saja adalah Flaying Fox. Pengunjung diajak meluncur dari ketinggian, memompa adrenalin dengan melintasi tali yang terbentang di atas danau dan dataran berumput.

Dengan menggunakan wahana ini, pengunjung dapat menikmati keindahan danau pulo saiji dair atas menara yang letaknya di tengah danau. Disini juga ada Sky Bridge outbond atau jembatan dari tali yang dapat melatih keberanian anak.

  1. Bioskop 4D

Di bioskop ini pengunjung dapat merasakan menonton di bioskop dengan sensasi seperti merasakannya karena disini pengunjung dapat merasakan getaran, suara, dan goncangan secara nyata.

bersiap di bangku menunggu pertunjukan bioskop 4D

Bersiap menonton. Image via: viva.co.idSimak juga: Mojosemi, lebih dari sekedar perkemahan

Bioskop 4D dirancang secara khusus, sehingga penonton dapat merasakan seolah-olah berada dalam film tersebut. Semua perangkat yang digunakan tentunya dirancang secara khusus agar dapat menyesuaikan dengan alur cerita dalam film.

Mulai dari kursi, light hingga soud system menyesuaikan denag cerita film. Hal ini tentunya menjadi pengalaman tersendiri karena penonton seolah-olah menjadi salah satu pemeran dalam film tersebut.

  1. Waterboom

Ember tumpah Waterboom Pulo Saiji.
Ember tumpah Waterboom Pulo Saiji. Image via: ulihape.com

Disini, pengelola menyediakan tiga kolam yakni dua kolam dangkal dan satu kolam dalam. Sperti wahana air pada umumnya, disini pengunjung juga dapat menikmati seluncuran air dengan ketinggian tujuh meter.

Yang berbeda dari wahana lainnya adalah disini terdapat warung yang menyediakan snack di tengah-tengah kolam. Anak-anak harus berenang ketengah kolam ini untuk jajan snack. Unik bukan?

Simak juga: Berburu 35 foto si Ayanaz Semarang

  1. Kolam pemancingan ikan mas

Selain wahana air yang seru, disini juga terdapat kolam pemancingan. Ada dua skema yang ditawarkan oleh pengelola yakni kolam pemancingan harian serta kolam pemancingan kiloan. Tarif untuk kolam pemacingan disini sekitar Rp. 35.000 untuk setiap kg ikannya.

Bebek Danau. Image via: https://yukpigi.com/10-gambar-saiji-waterpark-tangerang-harga-tiket-masuk-lokasi-alamat-buka-jam-luar-area-bermain.sfr

Tips Wisata Pulo Saiji

Hal yang perlu diingat ketika bertamasya bersama keluarga adalah membawa makanan yang cukup. Tempat wisata yang satu ini memang sangatlah cocok untuk dikunjungi bersama keluarga terutama anak-anak.

Selain membuat anak-anak meresa senang, dengan membawa makanan kita tidak perlu khawatir anak-anak akan lapar. Perlu diingat karena wahana air merupakan aktivitas yang membuat anak anak bergerak terus sehingga kita dapat mengisi kembali energi anak-anak dengan makanan ynag kita bawa.

Objek Wisata Dekat Pulo Saiji

Walau masuk dalam katagoti kota besar, Tanggerang ternyata masih menyimpan banyak lokasi wisata yang berbasis Alam. Salah satu yang populer adalah Situ gintung. Situ legendaris ini berjarak 23 km dari Pulo Saiji.

Panorama Situ Gintung
Panorama Situ Gintung. Image via: nativeindonesia.com

Taman wisata pulau situ gintung juga menyediakan tempat outbound. Pengunjung bisa melakukan aktifitas fisik yang menyenangkan dan seru di fasilitas ini. Ada berbagai jenis kegiatan outbound yang disiapkan pengelola. Beberapa diantaranya berupa Jembatan Goyang, Flag of Glory, Jembatan Gantung, Halang Rintang, Flying Fox, dan Ilusi Gravitasi.

Sedikit lebih dekat, 11 km ke arah Utara, terdapat Scientia Square Park. Salah satu wahana populer di sini adalah Sweet treats. Lokasi ini menjadi menjanjikan tempat-tempat foto yang dengan warna-warna pastel meriah. Sesuai dengan namanya, makanan-makanan manis dan menyegarkan, pintu gerbang objek ini berbentuk kue donat raksasa.

Secara keseluruhan Pulo Saiji sangat seru. Lokasi ini bisa dinikmati oleh semua usia. Mulai dari anak anak, remaja, dewasa, sampai warga lansia, bisa menikmati kesenangan dengan datang ke Pulo Saiji Tangerang.

Baca juga:

Leave a Comment