Taman Aloon Aloon Tulungagung, Ikon Kebanggan Masyarakat Tulungagung

aloon aloon tulungagung
aloon aloon tulungagung. google maps. sumber : Andy Hermawan

Alun-alun Kabupaten Tulungagung, atau dikenal dengan sebutan Taman Aloon – aloon merupakan ikon dari Kabupaten Tulungagung. Taman alun-alun Tulungagung ini dulunya bernama Taman Kusuma Wicitra. Namun sekarang taman ini berubah nama menjadi Taman Aloon-Aloon Tulungagung.

Taman aloon-aloon banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang rindang. Serta berbagai jenis bunga di dalamnya yang membuat suasana menjadi sejuk dan asri. Di Taman Aloon-aloon ini kita bisa bersantai atau melakukan berbagai aktivitas. Seperti olahraga, bermain, belajar, atau berlatih sesuatu. Taman Aloon-aloon ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas dan sarana seperti bangku-bangku, refleksi kaki, area lapang, hingga arena outbond di dua sudut taman.

Menara Patung Garuda

menara patung garuda
menara patung garuda. google maps. sumber : Arif Usman

Spot yang paling menonjol dari destinasi wisata yang satu ini adalah menara patung garuda . Menara ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Menara inilah yang menjadi ikon taman sekaligus Kabupaten Tulungagung.

Taman Aloon-aloon Tulungagung ini setiap harinya selalu ramai dikunjugni terutama di akhir pekan. Taman yang cocok dikunjungi untuk semua kalangan usia. Pengunjungnya pun beragam dari anak-anak remaja, dewasa, hingga dan lansia. Fasilitas dan sarana di taman ini memang mendukung untuk berbagai kalangan usia.

Alamat Taman Aloon Aloon Tulungagung

  • Jl. RA Kartini, Kampungdalem, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66212.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Gratis.

Rute ke Taman Aloon Aloon Tulungagung

Taman Aloon Aloon Tulungagung lokasinya berada di pusat kota. Dari Stasiun Tulungagung berjarak 650 meter, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 5 menit berkendara.

  • Rute dari Stasiun Kereta Tulungagung : Ambil arah utara di Jl. Pangeran Antasari menuju Jl. M Husni Thamrin. Belok kiri ke Jl. M Husni Thamrin. Belok kiri ke Jl. Basuki Rahmat. Belok kanan setelah Toko Emas Sampun Mapan H.Basroni (di sebelah kiri). Jl. Jaksa Agung Suprapto belok kiri dan menjadi Jl. RA Kartini. Tujuan ada di sebelah kanan.

Transportasi

Taman Aloon Aloon tulungagung ini terletak di tengah kota. Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan transportasi angkutan umum, atau kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Akses jalan yang dilalui sudah sangat baik selayaknya jalur perkotaan yang mudah untuk dilintasi semua jenis kendaraan.

Ada Apa di Taman Aloon Aloon Tulungagung

taman aloon aloon tulungagung
taman aloon aloon tulungagung. google maps. sumber : Rokhis Khomarudin

Taman Aloon-aloon Tulungagung ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Hampir setiap hari Taman Aloon-aloon ini ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan. Ditempat ini masyarakat dapat menikmati pesona pemandangan hijau dan segar. Tidak hanya sekedar rekreasi, namun juga bermain, olahraga, dan aktivitas seru yang lainnya juga bisa dilakukan di sini.

Naik Kereta Kuda

naik kereta kuda
naik kereta kuda. google maps. sumber : Dafistrade Indonesia

Pada akhir akhir pekan dan hari libur, di Taman Aloon aloon ini ada kereta kuda atau delman. Kereta ini bakal mengantar kita berkeliling taman atau kota, tergantung permintaan. Tarifnya pun disesuaikan, tetapi umumnya sekitar Rp.10.000,- hingga Rp.20.000,- per orang.

Beri makan burung merpati

memberi makan burung merpati
memberi makan burung merpati. google maps. sumber : Helmi Fauzi

Di taman ini, terdapat beberapa kandang burung merpati. para pengunjung bisa memberi mereka makan dengan membelinya di pedagang di area alun-alun. Harga pakan burung sekitar Rp. 2.000,-.

Main skateboard

Taman Aloon-Aloon juga menyediakan lahan untuk bermain Skateboard. Arenanya cukup luas dan telah dilengkapi trek yang cocok untuk anak dan pemula.

Outbond mini anak

Taman Aloon aloon Tulunaggung juga Ramah anak. Taman ini dilengkapi outbond mini untuk anak-anak. Permaainan anak berupa tali memanjang yang biasa dipakai untuk outbond dengan menyeberang dari landasan satu ke landasan lain. Tak terlalu tinggi, jadi aman untuk si kecil.

area bermain anak 1
area bermain anak. google maps. sumber : Om Agung

Ada juga penyewaan mobil mainan dan skuter anak disini. Bagi anda yang ingin buah hati belajar melukis disini juga ada. Taman Aloon-aloon Tulungagung menjadi alternatif lengkap bagi anda yang ingin berliburan bersama keluarga.

Piknik / Rekreasi Keluarga

tempat piknik keluarga
tempat piknik keluarga. google maps. sumber : MotoMideo Tulungagung (MotoMideoTV)

Setiap taman tentu dapat digunakan sebagai tempat piknik atau rekreasi bersama keluarga. Disini anda bisa menggelar karpet atau tikar di rumput atau duduk di gazebo. Kemudian berpiknik dengan keluarga dengan menjaga kebersihan dan kelestarian taman dan tidak membuang sampah sembarangan.

Jogging

Taman ini juga kerap dijadikan area jogging bagi para penikmat olahraga. Taman ini bisa digunakan untuk jogging di pagi hari.

Spot indah untuk berfoto

foto di taman aloon aloon tulungagung
foto di taman aloon aloon tulungagung. google maps. sumber : Eli Aprilia
berswafoto di taman aloon aloon tulungagung
berswafoto di taman aloon aloon tulungagung. google maps. sumber : Halooo Ayu disini

Bagi anda yang ingin berswafoto di taman Aloon-aloon Tulungagung terdapat banyak sekali spot-spot foto yang indah.

Fasilitas Taman Aloon Aloon Tulungagung

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Taman Aloon-aloon Tulungagung.

  • Area parkir luas
  • Perpustakaan
  • Pusat pelayanan publik
  • Bangku taman
  • Area refleksi kaki
  • Area lapang
  • Arena outbond anal
  • Areana skateboard dan lain-lain.

Hotel Sekitar Taman Aloon Aloon Tulungagung

Hotel, villa atau penginapan sekitar Taman Aloon Aloon Tulungagung.

  • Hotel Palapa
    Berjarak 370 meter dari Taman Aloon Aloon Tulungagung.
    Hotel bintang 2. Jl. Teuku Umar No.81-83, Kutoanyar, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66215. (0355) 321854.
  • Narita Hotel Kota Tulungagung
    Berjarak 450 meter dari Taman Aloon Aloon Tulungagung.
    Hotel bintang 3. Jl. KH Agus Salim No.87-89, Kenayan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66212. (0355) 321608.
  • Lojikka Hotel
    Berjarak 470 meter dari Taman Aloon Aloon Tulungagung.
    Hotel bintang 2. Jl. KH Agus Salim No.73-75, Kenayan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66212. (0355) 332377.
  • Padekosan Staycation
    Berjarak 660 meter dari Taman Aloon Aloon Tulungagung.
    Bago, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. 0895-0985-8028.
  • Votel Hotel Tulungagung
    Berjarak 770 meter dari Taman Aloon Aloon Tulungagung.
    Hotel bintang 2. Jl. I Gusti Ngurah Rai No.26, Bago, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66218. (0355) 331170.
  • Grand Hotel
    Berjarak 770 meter dari Taman Aloon Aloon Tulungagung.
    Hotel bintang 2. Jl. I Gusti Ngurah Rai No.26, Bago, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66218.
  • Front One Hotel Tulungagung
    Berjarak 970 meter dari Taman Aloon Aloon Tulungagung.
    Jl. Pangeran Antasari No.1, Kenayan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66212. (0355) 5239000.

Video Taman Aloon Aloon Tulungagung

Video Taman Aloon Aloon Tulungagung berikut dikutip dari channel : Armanu Channel

Penutup

Taman Aloon-aloon Tulungagung yang indah, sangat cocok untuk nongkrong dan bersantai dengan teman, keluarga, dan nuansa alam yang sangat sejuk.

Ditempat ini masyarakat dapat menikmati pesona pemandangan hijau dan segar. Tidak hanya sekedar rekreasi, namun juga bermain, olahraga, dan aktivitas seru yang lainnya juga bisa dilakukan di sini.