Nangkula Park, Wisata Thematic dan Ikonik di Tulungagung Jawa Timur

Nangkula Park merupakan taman rekreasi dan sarana olahraga yang berada di Kabupaten Tulungagung. Wisata ini berada di area persawahan Desa Kendalbulur. Berdekatan langsung dengan area persawahan, disini wisatawan dapat menikmati serunya wisata selfie, kuliner, rekreasi keluarga hingga aktivitas olahraga dalam satu kawasan.

nangkula park tulungagung
nangkula park tulungagung. google maps. sumber : David Witono

Taman rekreasi ini merupakan hasil inisiatif pengembangan potensi alam desa sebagai destinasi wisata. Resmi berdiri pada tahun 2020, tempat rekreasi ini tak pernah sepi pengunjung terutama di akhir pekan dan hari libur. Bahkan taman rekreasi menjadi salah satu destinasi favorit di Tulungagung. Objek wisata yang menawarkan pesona alam dengan rekreasi modern.

Nama Nangkula sendiri memiliki latar belakang yang unik. Nangkula merupakan gabungan dari kata Anang, Kuliner dan Lapangan. Nama ini menggambarkan fasilitas utama yang terdapat disini yaitu lapangan olahraga. Tempat ini juga menjadi wadah untuk kuliner lokal. Sedangkan Anang adalah nama kepala desa yang mengusulkan proyek pembangunan destinasi wisata ini.

Tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, didalamnya banyak terdapat sentuhan seni dan budaya. Terdapat taman bunga dan monumen keris raksasa yang akan menyambut wisatawan. Kemudian disisi luar taman terdapat jajaran lampion keren berbentuk bunga tulip beraneka warna. Ada mainan anak tradisional, barisajan bajak tradisional hingga lukisan mural.

Beberapa wahana seru juga hadir di tempat wisata ini. Seperti bianglala, istana balon, sepeda air dan lain sebagainya. Disini juga terdapat bangunan-bangunan miniatur yang bisa anda jadikan latar untuk berswafoto.

Alamat Nangkula Park Tulungagung

  • Rongganan, Kendalbulur, Kec. Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, 66235.

Jam Buka

  • Buka setiap hari.
  • Senin – Jum’at 09.00 WIB – 21.00 WIB.
  • Sabtu – Minggu 07.00 WIB – 21.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Dewasa Rp. 5.000,-.
  • Anak-anak : Rp.2.000,-

Rute ke Nangkula Park Tulungagung

Nangkula Park lokasinya tidak jauh dari pusat kota Tulungagung sehingga akses jalannya cukup mudah. Jarak tempuh perjalanan 11 km, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 20 menit berkendara.

Lokasinya tidak jauh dari jalan besar Tulungagung. Berkendara ke arah selatan dari Aloon-Aloon Tulungagung. Bisa melalui Jalan Raya Waung atau Jalan Ki Mangun Sarkoro melewati Jembatan Boyolangu. Sangat mudah menemukan lokasinya karena berada tepat di pinggir jalan raya.

Transportasi

Objek wisata Nangkula Park ini tidak jauh dari pusat kota Tulungagung. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Akses jalan yang dilalui sudah sangat baik selayaknya jalur perkotaan yang mudah untuk dilintasi semua jenis kendaraan.

Ada Apa di Nangkula Park Tulungagung

wisata nangkula park
wisata nangkula park. google maps. sumber : NANGKULA PARK

Taman rekreasi ini merupakan hasil inisiatif pengembangan potensi alam desa sebagai destinasi wisata. Resmi berdiri pada tahun 2020, tempat rekreasi ini tak pernah sepi pengunjung terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Bahkan taman rekreasi Nangkula Park ini sudah jadi primadona wisata lokal. Nangkula Park sendiri menyajikan bermacam macam perpaduan wisata kekinian. Menyajikan wisata seni, wisata fotografi hingga wisata alamnya yang memikat para pengunjung.

Taman Bunga Celosia dan Keris Jangkung Mangkurat

Taman Bunga Celosia
Taman Bunga Celosia. google maps. sumber : Gandra Channel

Begitu memasuki kawasan wisata anda akan langsung disambut hamparan Bunga Celosia. Bunga Jengger Ayam berwarna merah dan kuning yang menghiasi taman di pintu masuk ini. Tanaman hias ini memang banyak dijumpai di tanah Jawa. Bunga Celosia jadi salah satu unsur dan daya tarik utama di taman wisata ini.

Taman Bunga Celosia di sini dilengkapi deretan gazebo kayu di kanan dan kirinya. Terdapat bentangan jalan setapak yang membelah area taman menjadi dua. Jalan setapak ini akan membawa wisatawan ke sebuah monumen.

kerins jangkung mangkurat
kerins jangkung mangkurat. google maps. sumber : HERU SANCOKO

Sebuah monumen berbentuk keris raksasa yang bernama Keris Jangkung Mangkurat. Monumen tersebut merupakan ikon utama dari wisata Nangkula Park. Mengandung filosofi di balik keris tersebut yaitu keberadaan Nangkula Park sebagai pengayom masyarakat.

Tempat Rekreasi & Olahraga

lapangan olahraga di nagkula park
lapangan olahraga di nagkula park. google maps. sumber : Arif Usman

Fasilitas utama dari taman rekreasi ini adalah lapangan olahraga yang berada di tengah area. Lapangan terbuka yang dapat digunakan oleh wisatawan. Pengunjung juga bisa berolahraga di jogging tracknya. Disekelilingnya tersaji taman dan spot-spot foto yang keren dan menarik.

spot lampion di nangkula park
spot lampion di nangkula park. google maps. sumber : Arif Usman

Di sisi luar taman, terdapat jajaran lampion dengan bentuk bunga tulip aneka warna. Sedangkan lampion lain yang menyambut di pintu masuk berbentuk burung garuda. Lengkap dengan simbol-simbol Pancasila di bagian dadanya. Pada malam hari, lampion ini akan menambah keindahan suasana taman.

Wahana Permainan

wahana bianglala
wahana bianglala. google maps. sumber : Leni tri Utami

Objek wisata Nangkula Park sudah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan yang seru menarik. Wahana permainan yang bisa dinikmati pengunjung dari berbagai kalangan usia.

wahana sepeda air
wahana sepeda air. google maps. sumber : fitri grey

Untuk wahana permainan, saat ini sudah tersedia sejumlah wahana seru. Diantaranya tersedia wahana istana balon, bianglala, kereta, hingga sepeda air. Taman ini semakin meriah di malam hari dengan adanya lampion-lampion cantik. Wisatawan dapat merasakan suasana liburan dan rekreasi layaknya pasar malam.

Spot Foto Keren dan Menarik

berfoto di nangkula park
berfoto di nangkula park. google maps. sumber : Kris Diantoro
foto di nangkula park
foto di nangkula park. google maps. sumber :  Isya Marthatikasari

Taman wisata Nangkula Park juga menghadirkan sejumlah spot foto. Spot berfoto ini berupa instalasi kreatif. Lokasinya tersebar mulai dari pintu masuk dan sekitar lapangan.

Taman ini berada di tanah lapang yang sekelilingnya merupakan area sawah dan ladang. Pengunjung dapat berswafoto dengan latar pemandangan sekitar Nangkula Park. Dan spot lampion menjadi spot favorit untuk berfoto di malam hari.

spot foto di nangkula park
spot foto di nangkula park. google maps. sumber : Kuni Naila
wisata thematic nangkula park tulungagung
wisata thematic nangkula park tulungagung. google maps. sumber : Kris Diantoro

Kemudian di pinggir lapangan tersedia kursi dan ayunan dalam berbagai bentuk. Pengunjung bisa bersantai menikmati suasana sambil berfoto sepuasnya. Spot lainnya adalah instalasi berbentuk perahu dan balon udara bernama Balon Larasati. Sementara fasilitas penunjang lainnya ada VIP room, jembatan merah, joglo limas, dan KIP Line.

Wisata Kuliner Lokal

wisata kuliner di nagkula park
wisata kuliner di nagkula park. google maps. sumber : Kris Diantoro

Tidak sulit untuk mendapatkan makanan dan minuman di taman rekreasi ini. Terdapat deretan kios makanan dan minuman ringan di pintu masuk. Selain kios-kios, berbagai kuliner juga tersedia di foodcourt yang ada. Wisatawan dapat mencicipi berbagai cita rasa khas Kendalbulur dengan harga yang terjangkau. .

Pengunjung bisa menikmati berbagai hidangan kuliner dengan memanfaatkan gazebo yang tersedia. Bangku-bangku dengan payung juga tersebar di berbagai sudut. Spot favoritnya yaitu area duduk yang berada di sekitar ruang VIP. Area ini berada di tengah sawah dan memiliki suasana khas pedesaan.

Fasilitas Nangkula Park Tulungagung

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Nangkula Park Tulungagung.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Foodcourt / restoran
  • Spot foto
  • Lapangan olahraga
  • Ruangan VIP yang bisa disewa
  • Wahana permainan

Hotel Sekitar Nangkula Park Tulungagung

Hotel, villa atau penginapan sekitar Nangkula Park Tulungagung.

  • Crown Victoria Hotel
    Berjarak 5,2 km dari objek wisata Nangkula Park.
    Hotel bintang 4. Jl. Supriadi No.41, Jepun, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66218. (0355) 331321.
  • Votel Hotel Tulungagung
    Berjarak 5,9 km dari objek wisata Nangkula Park.
    Hotel bintang 2. Jl. I Gusti Ngurah Rai No.26, Bago, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66218. (0355) 331170.
  • Grand Hotel
    Berjarak 5,9 km dari objek wisata Nangkula Park.
    Hotel bintang 2. Jl. I Gusti Ngurah Rai No.26, Bago, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66218.
  • Pama Hostel
    Berjarak 6,4 km dari objek wisata Nangkula Park.
    Jl. Panglima Sudirman Gg. 8 No.16, Kepatihan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66219. 0815-5479-9655.
  • Front One Hotel Tulungagung
    Berjarak 6,8 km dari objek wisata Nangkula Park.
    Jl. Pangeran Antasari No.1, Kenayan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66212. (0355) 5239000.

Video Nangkula Park Tulungagung

Video Nangkula Park Tulungagung berikut dikutip dari channel : Jalan Jalan Nusantara

Penutup

Nangkula Park merupakan salah satu destinasi favorit di Tulungagung Jawa Timur. Taman rekreasi ini merupakan hasil inisiatif pengembangan potensi alam desa sebagai destinasi wisata. Wisata yang tak pernah sepi pengunjung terutama di akhir pekan dan hari libur. Objek wisata yang menawarkan pesona alam dengan rekreasi modern.