Waduk Wonorejo, Bendungan Air dengan Keindahan Alami di Tulungagung

Waduk Wonorejo atau Bendungan Wonorejo merupakan sebuah bendungan yang terletak di Tulungagung, Jawa Timur. Waduk Wonorejo ini berlokasi tepat di kaki Gunung Wilis dikelilingi oleh bukit-bukit indah.

waduk wonorejo tulungagung
waduk wonorejo tulungagung. google maps. sumber : Bagus RS

Selain berfungsi sebagai PLTA, Waduk Wonorejo juga menjadi tempat wisata. Hal tersebut karena didukung kondisi alam disekitarnya. Sebuah bendungan air yang menyajikan keindahan alam yang alami di daerah pedesaan dan tidak jauh dari kota Tulungagung.

Waduk ini berada di aliran Sungai Gondang Desa Wonorejo. Waduk Wonorejo dimanfaatkan sebagai penyedia air bersih, irigasi ladang, hingga tenaga PLTA. Sejak 2004, waduk ini juga terbuka sebagai tempat wisata.

Menariknya, setiap spot di waduk ini terlihat sangat indah dan instagrammable. Tak heran jika destinasi ini selalu ramai dikunjungi anak-anak muda untuk nongkrong hingga hunting foto. Ditempat ini kamu juga bisa mencoba berbagai olahan ikan bakar, yang dijajakan oleh warga sekitar.

Bendungan Terbesar se-Asia Tenggara

Luas Waduk Wonorejo 380 hektare, menempati kawasan kaki Gunung Wilis. Memiliki kapasitas sekitar 122 juta meter kubik menjadi salah satu bendungan terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu waduk terbesar di Asia Tenggara.

Air yang terbendung oleh Bendungan Wonorejo ini dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik melalui sebuah PLTA berkapasitas 6,5 MW. Serta sebagai sumber air minum sebesar 8,02 meter kubik per detik. Air yang terbendung juga dimanfaatkan untuk mengairi lahan pertanian seluas 7.540 hektar.

Selain itu Bendungan Wonorejo ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya banjir di Tulungagung, bersama Terowongan Neyama di Kecamatan Besuki.

Alamat Waduk Wonorejo

  • Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp. 12.000,-

Rute ke Waduk Wonorejo

Lokasi Waduk Wonorejo tidak terlalu jauh dari pusat Kota Tulungagung. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer di sebelah barat laut kota. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 35 menit berkendara.

  • Rute dari Taman Aloon-aloon Tulungagung : Ambil Jl. Su Tan Syahrir ke Jl. KHR Abdul Fattah di Mangunsari. Mengemudi dari Jl. Wilis, Jl. Dk. Jatiwekas, dan Jl. Kauman ke Mulyosari. Mengemudi ke Jl. Raya Waduk Wonorejo di Kalituri.

Transportasi

Letaknya menempati kawasan kaki Gunung Wilis. Jika ingin menikmati kesegaran bentang alamnya, wisatawan bisa mengakses Waduk Wonorejo dengan mudah dari kota. Untuk mencapai lokasi Waduk Wonorejo, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Ada Apa di Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo adalah bendungan terbesar Indonesia dan menjadi salah satu waduk terbesar di Asia Tenggara. Waduk ini terletak di aliran Kali Gondang Desa Wonorejo. Fungsinya sebagai penyedia air bersih, irigasi ladang, hingga tenaga PLTA. Sejak tahun 2004, waduk ini juga terbuka sebagai tempat pariwisata.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Waduk Wonorejo. Seperti Memancing, jogging, dan piknik dan lain sebaginya. Objek wisata ini cocok sebagai destinasi wisata di akhir pekan bersama teman dan keluarga.

Tempat Rekreasi Menikmati Panorama Alam

pemandangan di waduk wonorejo
pemandangan di waduk wonorejo. google maps. sumber : Citra Rhasmi Dyah Arimurti

Area Waduk Wonorejo merupakan perbukitan hijau yang penuh dengan pohon pinus. Menawarkan suasana teduh sebagai tempat rekreasi dan liburan di akhir pekan. Berada di kaki gunung area sekitar waduk memiliki udara sejuk dan segar. Sekeliling waduk adalah area perbukitan yang telah mengalami penghijauan.

Pengunjung juga dapat melihat hutan alami maupun hutan buatan. Udara sekitar waduk terasa sejuk sehingga cocok sebagai tempat rekreasi. Sementara area perbukitannya adalah hutan Pinus yang rindang serta hamparan rumput hijau.

Wisata Air

waduk wonorejo
waduk wonorejo. google maps. sumber : Rheys sah

Berbagai aktivitas menarik juga dapat dinikmati di Waduk Wonorejo. Seperti jet ski, perahu kano dan lain sebaginya.

Tempat Penyelenggaraan Event

Waduk Wonorejo juga kerap digunakan untuk penyelenggraan event, dimanfaatkan untuk acara nasional maupun internasional. Di antaranya adalah kejurnas motocross, lomba panahan, off road, dan lain-lain.

Berolahraga di Waduk Wonorejo

berolahraga di waduk wonorejo
berolahraga di waduk wonorejo. google maps. sumber : W. Arum

Waduk Wonorejo juga digunakan sebagai area untuk berolahraga. Jalannya yang mulus juga cukup nyaman untuk jogging maupun bersepeda.

Hunting Foto

foto di waduk wonorejo
foto di waduk wonorejo.. google maps. sumber :  rifki angga
berswafoto di waduk wonorejo
berswafoto di waduk wonorejo. google maps. sumber : Imam Mujib

Hampir setiap spot di waduk Wonorejo ini terlihat sangat indah dan instagrammable. Destinasi ini selalu ramai dikunjungi terutama anak-anak muda untuk nongkrong dan hunting foto.

Fasilitas di Waduk Wonorejo

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Waduk Wonorejo Tulungagung.

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung makan
  • Tempat istirahat
  • Spot foto
  • Sarana penerbangan domestik setingkat helikopter.

Hotel Sekitar Waduk Wonorejo

Hotel, villa atau penginapan sekitar Waduk Wonorejo Tulungagung.

  • Wonorejo Hotel & Resort
    Hotel bintang 3. Jl. Raya Waduk Wonorejo, Bantengan, Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66262. 0812-1747-8911.
  • Swaloh Resort & Spa
    Hotel bintang 2. Bendungan Wonorejo, Bantengan, Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66262. (0355) 335500.

Video Waduk Wonorejo Tulungagung

Video Waduk Wonorejo berikut dikutip dari channel : VINNODESTA CHANNEL

Penutup

Waduk Wonorejo atau Bendungan Wonorejo adalah bendungan terbesar Indonesia dan menjadi salah satu waduk terbesar di Asia Tenggara. Banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa dilakukan di Waduk ini. Seperti Memancing, jogging, dan piknik dan lain sebaginya. Objek wisata ini cocok sebagai destinasi wisata di akhir pekan bersama teman dan keluarga.