Pantai Sine, Cocok Untuk Liburan Keluarga Di Tulungagung

|

Pantai Sine ini adalah pantai yang sangat recommended bagi kalian yang ingin merasakan ketenangan disaat berlibur. Suasananya yang tenang dapat membuat kalian merasa sangat nyaman saat berkunjung ke pantai ini.

Pantai Sine adalah gambaran pesona keindahan pantai di Tulungagung, Jawa Timur. Apalagi, fasilitas wisata di Pantai Sine Tulungagung sudah terbilang lengkap.

pantai sine tulungagung
pantai sine tulungagung. sumber: Fahira

Di sisi utara Pantai Sine terdapat tebing yang mengalirkan mata air alami, dan di sekeliling Pantai Sine juga terdapat hutan lindung alami yang asri.

Keindahan Pantai Sine Tulungagung ini bahkan membuat banyak orang yang menyebutnya sebagai Balinya Tulungagung. Hal ini cukup beralasan, sebab di sepanjang  Pantai Sine ini penuh dengan hamparan pasir pantai berwarna putih.

Tempat wisata ini termasuk salah – satu pantai terindah dan terbaik di Tulungagung. Dan inilah deskripsi Pantai Sine yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awl menentukan tempat liburan di Tulungagung, Jawa Timur.

Simak juga : 12 Tempat Wisata Di Tulungagung

Lokasi Pantai Sine

Lokasi Wisata Pantai Sine berada di alamat Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Tetapi jika kalian masih bingung di mana lokasi atau letak Pantai Sine, saya sarankan untuk search dengan mengetik Wisata Pantai Sine di Tulungagung di search Google Maps saja.

Rute Pantai Sine

ombak pantai sine
ombak pantai sine. google maps. Sumber:  BAGUS WIDODO

Rute Pantai Sine kurang lebih 29 km jika kalian berangkat dari Pusat Kabupaten Tulungagung, dan bisa anda tempuh dengan estimasi waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Akses menuju Pantai Sine terdapat dua rute yang dapat digunakan pengunjung untuk  menuju ke lokasi tempat wisata ini.

Untuk rute pertama, anda dapat menuju ke arah perempatan Gragalan lalu ambil arah kiri dan lurus mengikuti jalur yang ada sampai tiba di Kecamatan Kalidawir.

Dari kecamatan Kalidawir pengunjung dapat langsung menuju ke Pantai Sine dengan mengikuti petunjuk arah yang sudah tersedia di jalan.

Apabila pengunjung datang dari arah Tulungagung maka Anda dapat melalui rute kedua yaitu Pasar Campur Darat.

Pengunjung dapat meneruskan perjalanan hingga bertemu dengan lampu lalu lintas pasar campur darat,  lalu belok ke kiri dan lanjutkan perjalanan sampai ke Desa Ngentrong, setelah itu di lanjutkan hingga menuju Kecamatan Tanggung Gunung dan pilih jalur menuju Pantai Sine.

Simak Juga : Pantai Ngalur Tulungagung

Harga Tiket Masuk Pantai Sine

  • Tiket Masuk Pantai Sine Rp 10.000/orang
  • Tiket Parkir dengan tarif Rp. 3000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil
  • Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sesuai dengan kebijakan pihak pengelola.

Jam Buka Pantai Sine

  • Jam Buka Pantai Sine ini beroperasi selama 24 jam,
  • Pantai Sine Tulungagung buka setiap hari

Fasilitas Pantai Sine

fasilitas wisata pantai sine
fasilitas wisata pantai sine. sumber: Fahira

Wisata Pantai Sine di Tulungagung ini sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan di antaranya :

  • Area Parkir Kendaraan,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Rumah Makan,
  • Wahana Permainan ATV
  • Spot Selfie

Simak juga : Air Terjun Alas Kandung

Daya Tarik Pantai Sine

1. Keindahan Panorama Pantai Sine

wisata keluarga di pantai sine
wisata keluarga di pantai sine. google maps. sumber: Febranis Setiawan

Selama di pantai ini, kegiatan yang dapat kalian lakukan seperti menyusuri pantai dengan hamparan pasir putih yang indah, dan luas.

Pantai Sine menyuguhkan pantai yang memiliki bukit atau tebing di dekat tepian pantai. Kalian juga dapat berjalan sambil menikmati hembusan angin laut yang sepoi-sepoi dengan diiringi deburan ombak yang menghantam pinggiran pantai. Tidak heran banyak orang yang menyebut tempat ini sebagai Bali dari Kota Tulungagung.

Area pasir Pantai Sine merupakan salah-satu spot terbaik untuk melakukan aktivitas wisata bersama keluarga, dari mulai bermain pasir, sampai naik ATV menjelajah kawasan tersebut.

Berhati-hatilah saat bermain ombak, apalagi saat ombaknya sedang besar, karena keselamatan wisata yang paling utama. Dan jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

2. Acara Pagelaran di Pantai Sine

Pantai Sine Tulungagung juga memberikan nilai budaya. terbukti bahwa di Pantai Sine sering diadakan beberapa pagelaran seperti wayang kulit, yang biasanya akan diselenggarakan pada tanggal satu suro.

Tidak hanya wayang kulit, pengunjung juga dapat menemukan beberapa pagelaran tradisional yang sangat menarik untuk dilihat.

Hal ini dilakukan oleh pihak pengelola untuk melestarikan budaya tradisional yang semakin lama terlupakan karena perkembangan zaman

Selain terdapat pagelaran seni wayang kulit, di pantai Sine ini juga sering pula diadakan acara ritual budaya seperti Upacara Larung Sesaji semacam upacara adat setempat guna mengusir hal-hal buruk.

Simak juga : Pantai Gemah

3. Spot foto Pantai Sine

pesona keindahan pantai sine
pesona keindahan pantai sine. google maps. sumber: natania chenel

Selain menikmati pesona keindahan yang di tawarkan Pantai Sine, terdapat banyak spot foto yang menarik. Tentu saja, Pantai Sine adalah latar terbaiknya.

Bentuk hamparan dari pantai ini saja sudah menarik sehingga pengunjung bisa terpaku pada area pantai, sambil menunggu matahari terbenam, untuk menghasilkan kualitas foto siluet.

Keindahan alam Pantai Sine juga rekomended untuk berburu foto instagenic, dapatkan foto kece untuk mempercantik feed di media sosial anda.