Pantai Gemah, Keseruan Bermain Di Pantai Andalan Tulungagung

Pantai Gemah merupakan salah satu destinasi wisata bahari favorit masyarakat Tulungagung dan sekitarnya. Pantai ini sudah lama ditutup untuk wisatawan, dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19.

Dan saat ini sudah dibuka kembali untuk umum, namun tetap dengan pengawasan protokol kesehatan yang selama ini dihimbau oleh pemerintah.

pantai gemah
pantai gemah. google maps. sumber: Ayra Edukasi

Saat ini Pantai Gemah sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan kembali, banyak dari mereka yang menghabiskan waktu dengan berpiknik bersama dan bermain beberapa wahana seru yang ada.

Lokasinya berada di sepanjang jalur lintas selatan atau biasa disingkat JLS, sehingga akses menuju Pantai Gemah sangat mudah untuk dituju.

Supaya kondisi pantai tetap bersih dan terlihat asri, selalu jaga kebersihan di sekitar area pantai jangan buang sampah sembarangan dan yang paling penting tetap jaga protokol kesehatan jangan sampai kendor!

Ragam Wisata Pantai Gemah

Ketika berada di Pantai Gemah, dijamin kamu ngga akan gabut. Selain memiliki rimbunan pohon pinus, disini juga tersedia banyak sekali wahana permainan yang pastinya seru-seru.

Berikut beberapa info ragam wisata seru yang ada di Pantai Gemah:

1. Bermain Air

bermain air di pantai gemah
bermain air di pantai gemah. google maps. sumber: Nana Maretha

Ada peribahasa yang berbunyi, bagai sayur tanpa garam. Seperti itulah gambaran jika pergi ke pantai namun tidak bermain air, hambar banget rasanya.

Di sekitar Pantai Gemah kamu dapat bermain air dan jangan lupakan untuk bermain pasirnya yang lembut. Deburan ombak di sini cukup besar, apalagi jika air laut sedang pasang, jadi harus tetap waspada dan hati-hati.

Duduk-duduk di atas hamparan pasirnya yang berwarna cokelat, sesekali tubuhmu dibasuh oleh deburan ombak yang datang, lebih seru lagi jika kamu berlari menjauh ketika ombak datang dan kembali mendekat untuk menanti ombak yang datang. Aneh memang, tapi seru banget loh,,,

Di sekitar Pantai Gemah terdapat perbukitan serta nampak deretan pohon pinus yang berada persis di depan pantai.

2. Bermain ATV atau Motor Cross mini

bermain atv
bermain atv. google maps. sumber: Din Sodin

Pantai Gemah memiliki hamparan pasir yang cukup luas, sehingga tersedia beberapa pilihan permainan yang harus kamu jajal. Diantaranya bermain ATV dan motor trail mini.

Kamu dapat berkeliling di sepanjang pantai tanpa merasa cape, tinggal seru-seruan bermain ATV atau motor trail bersama teman atau keluarga.

Harga yang harus dikeluarkan untuk mencoba wahana permainan tersebut ialah:

  • Sewa ATV selama 1 jam dengan membayar sebesar Rp. 80.000,-
  • Sewa motor trail sebesar Rp. 60.000,- per jam

3. Berlayar Dengan Menggunakan Perahu

Keseruan lain yang dapat kamu lakukan ialah dengan mengarungi lautan menggunakan perahu, untuk biayanya kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar:

  • Dewasa Rp. 15.000,- per orang
  • Anak-anak sebesar Rp. 10.000,- per orang

Kamu akan diajak berkeliling di lautan Pantai Gemah selama kurang lebih 20 menit. Untuk kamu yang ngga bisa berenang jangan khawatir apalagi takut, karena sebelum berlayar kamu akan diberikan jaket pelampung.

4. Piknik Di Teduhnya Pohon Pinus

piknik di bawah rindangnya pohon pinus
piknik di bawah rindangnya pohon pinus. google maps. sumber: tony indrianto

Keadaan yang hampir 2 tahun ini selalu di rumah aja, semua aktivitas kita terbatas rasanya me time bareng keluarga di Pantai Gemah merupakan pilihan yang tepat.

Pantai Gemah memiliki deretan pohon pinus yang cukup rindang dan luas, banyak dimanfaatkan pengunjung yang datang bersama rombongan keluarganya untuk berpiknik bersama.

Kamu ngga perlu repot-repot membawa tikar dari rumah, karena di sekitar pantai tersedia penyewaan tikar dengan harga sewa antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,- saja.

Nikmatilah waktu berharga bersama keluarga atau orang terkasih tersebut, ingat jangan buang sampah sembarangan ya….

Jangan lewatkan untuk menikmati indahnya sunset di Pantai Gemah Tulungagung, abadikan kecantikan alam berupa siluet cantik.

5. Flying Fox

bermain flying fox
bermain flying fox. google maps. sumber: Benny Purwantoro

Flying Fox biasanya dilakukan di atas tebing atau diantara pepohonan yang sejuk, eitss…jangan salah di pantai juga kamu bisa kok bermain flying fox.

Yakni di Pantai Gemah Tulungagung, kamu akan mencoba sensasi meluncur dengan ketinggian sekitar 40 meter dengan pemandangan laut dan deburan ombak.

Untuk mencoba wahana tersebut kamu hanya cukup membayar sebesar Rp. 25.000,- saja per orang, dan rasakanlah sensasi flying fox yang berbeda dari biasanya.

Lokasi & Alamat Pantai Gemah

Alamat Pantai Gemah terletak di Soireng, Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Dan berada di jalur jalan lintas selatan.

Lokasinya berdekatan dengan objek wisata lain seperti Pantai Bayeman, Pantai Klatak, dan Goa Bolong.

mengabadikan momen
mengabadikan momen. google maps. sumber: Rinov Priambodo

Simak juga: daftar tempat wisata di Tulungagung

Rute Menuju Pantai Gemah

Rute menuju Pantai Gemah dengan mengikuti Jl. Pesantren hingga tiba di Pasar Boyolangu, kemudian belok kiri menuju Jl. Ki Mangun Sarkoro.

Kemudian dilanjutkan dengan belok ke kiri menuju Jl. Raya Popohyang hingga memasui jalan lintas selatan. Dari sana kamu akan menempuh jarak sekitar 7 km hingga akhirnya tiba di Pantai Gemah Tulungagung.

Jalan yang dilalui sangat bagus dan beraspal, selain itu dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun baik itu motor, mobil, bis, elf, bahkan truk.

Tiket Masuk Pantai Gemah

Tiket masuk Pantai Gemah berbeda antara hari-hari biasa dengan hari libur, yakni:

  • Senin hingga Jumat sebesar Rp. 5.000,- per orang
  • Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya antara Rp. 7.500 hingga Rp. 10.000,- per orang

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk retribusi parkir kendaraan yang kamu gunakan.

landmark pantai gemah
landmark pantai gemah. google maps. sumber: Rani Martalina

Baca juga: sunrise di Ranu Kumbolo yang keren abis

Jam Buka Pantai Gemah

Pantai Gemah dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Fasilitas Di Pantai Gemah

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Gemah diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Toko pakaian dan souvenir,
  • Warung-warung makanan dan minuman.

Tinggalkan komentar