Pantai Gemah Yang Indah, di Bingkai Hamparan Pasir Cokelat

Saat berkunjung ke daerah Jawa Timur, jangan lewatkan untuk mampir menikmati keindahan objek wisata alamnya yang mempesona. Salah satu objek wisata tersebut adalah Pantai Gemah.


Pantai ini mulai dikenal oleh para wisatawan karena keindahannya yang memukau. Letaknya berada di Besuki sepanjang jalur lintas selatan yang cukup ramai dengan kendaraan yang berlalu lalang.

Pantai-Gemah
Pantai gemeh. Image via: travelingyuk.com

Disini, Anda dapat menikmati biru dan jernihnya air laut yang berpadu dengan langit. Tak hanya itu saja, lingkungan pantai ini juga masih bersih dan asri sehingga Anda akan merasa nyaman disana. Karena belum begitu terkenal, pantai ini masih agak minim pengunjung sehingga sampah yang ada masih terkontrol. Ini merupakan point plus sebab ada banyak pantai indah yang terlihar kotor akibat ulah pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Berikut ini detail informasi dari Pantai Gemah untuk Anda yang akan mengunjunginya.

Lokasi Pantai Gemah

Pantai Gemah  terletak di Jalur Lintas Selatan, tepatnya di Soireng, Besuki. Daerah ini masih masuk dalam kawasan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Simak juga: daftar tempat wisata di Tulungagung

Jalan atau Rute Menuju Pantai Gemah

Bila Anda dari arah pusat kota, jarak ke Pantai Gemah yang harus ditempuh kurang lebih 37 kilometer. Diprediksi akan memakan waktu sekitar satu jam bila jalanan sedang tidak macet dan aman terkendali. Di hari tertentu seperti weekend atau hari libur mungkin akan membuat perjalanan lebih lama karena terjadi kemacetan.

Rute yang harus Anda lewati adalah dengan mengikuti Jln. Pesantren yang berjarak kurang lebih 2 kilometer, kemudian beloklah ke kanan. Setelah melakukan perjalanan sejauh 2,5 kilometer, ambil belokan ke arah kiri dan lanjutkan lagi perjalanan sejauh 550 meter lalu ambil ke kanan. Setelah melewati jalan tadi, lanjutkan perjalanan dengan menempuh jarak 2 kilometer lalu ambil jalur ke kiri. Disitu Anda akan melewati objek wisata di sebelah kanan jalan.

Lanjutkanlah perjalanan menuju ke arah Pasar Boyolangu.Dari pasar tersebut, Anda harus berbelok ke kiri menuju ke Jalan Ki Mangun Sarkoro.Setelah itu,teruskan perjalanan sejauh 7 kilometer, kemudian belok ke kiri menuju arah Jalan Raya Popohyang terdapat pasar di belokan.

Berikutnya lanjutkan perjalanan dengan jarak 11 kilometer, kemudian ambil ke arah kiri menuju ke jalan lintas selatan. Lanjutkan lagi perjalanan dengan menempuh jarak 7 kilometer untuk sampai ke Pantai Gemah Tulungagung.

Flaying Fox
Flaying Fox. Image via: www.julajuli.com

Baca juga: sunrise di Ranu Kumbolo yang keren abis

Harga Tiket Masuk Pantai Gemah

Tiket masuk Pantai Gemah cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang. Sedangkan, tarif parkir berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Untuk tarif parkirnya yaitu 3 ribu untuk kendaraan beroda dua, 5 ribu untuk mobil dan 10 ribu untuk bus.

Namun perlu diketahui bahwa tarif tiket masuk akan berubah lebih mahal saat libur hari besar nasional, tahun baru atau liburan sekolah.

Tiket Masuk Pantai Gemah
Tiket Masuk Pantai Gemah. Image via: www.instagram.com/pantai_gemah_tulungagung/

Biasanya, saat hari libur tarifnya akan naik menjadi Rp 7.500 hingga Rp 10.000 per orangnya. Kenaikan tarif di musim liburan seperti ini sudah umum terjadi di berbagai tempat wisata lainnya juga. Jika Anda datang secara berombongan, harga tiketnya akan dihitung sesuai jumlah orang yang terdapat di dalam kendaraan.

Jam Buka

Pantai Gemah dibuka untuk umum selama 24 jam, jadi Anda dapat datang kapanpun juga kesana.

Daya Tarik

Pantai Gemah banyak menyimpan daya tarik yang membuat para wisatawan terpesona oleh keindahan alamnya. Keindahan tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Pantai berpasir putih

Pasir putih
Pantai berpasir putih. Image via: wisatabaru.com

Pantai berpasir putih sangat disukai oleh wisatawan karena tampak indah dan memukau.

Pantai Gemah terlihat menarik karena lingkungannya yang masih bersih bebas sampah.

Pantai Gemah memiliki pasir putih yang terhampar luas dengan kebersihan lingkungan yang terjaga dengan baik. Warna pasir disini adalah perpaduan dari warna putih kecokelatan. Anak-anak dapat bermain dengan membuat istana pasir di pantai ini.

2. Spot berenang

Di Pantai Gemah, Anda dapat bermain air dan berenang karena memiliki ombak yang relatif tenang dan aman. Namun, Anda tetap harus waspada jika berenang atau bermain air di pantaikarena alam tidak dapat diprediksi.

Oleh karena itu, jagalah keselamatan diri dan orang disekitar Anda.

3. ATV

ATV Ride
ATV Ride. Image via: http://curvetube.com

Anda dapat berkeliling pantai menikmati keindahan alam tanpa rasa lelah dengan menyewa ATV. Tarifnya adalah Rp. 20.000 dengan durasi waktu 20  menit.

4. Spot sunrise dan sunset

Menikmati sunset dan sunrise adalah salah satu hal yang digemari oleh para wisatawan. Pantai Gemah merupakan spot yang tepat karena dari tempat ini matahari terlihat sangat jelas tanpa terhalang oleh bangunan apapun.

Pantai dibuka selama 24 jam sehingga Anda dapat datang kapan saja untuk menikmati keindahan sunset dan sunrise sambil berfoto ria.

sunrise
Sunrise Pantai Gemah. Image via: www.instagram.com/duwika_ika/

5. Hutan pinus

Salah satu daya tarik yang istimewa di lingkungan Pantai Gemah ini adalah adanya hutan pinus yang menjulang tinggi. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk berteduh dari teriknya sinar matahari saat siang hari.

Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk berfoto dengan background deretan pohon pinus yang terlihat memukau.

hutan pinus
Hutan pinus Pantai Gemah. Image via: info-trenggalek.blogspot.com

6. Menyewa jet ski dan banana boat

Selain wahana permainan ATV, masih ada lagi wahana yang dapat Anda coba yaitu jet ski dan banana boat. Keduanya adalah wahana permainan air yang sangat menyenangkan dan harus dicoba. Namun bila ingin mencoba permainan ini, jangan lupa membawa baju ganti karena baju Anda akan basah terkena air laut.

banana boat
Banana boat Pantai Gemah. Image via: www.facebook.com/pg/gemahbeach/posts/

7. Memancing

Bagi yang memiliki hoby memancing, Anda dapat mencoba pengalaman baru dengan memancing di tengah laut. Untuk menuju ke tengah laut, Anda dapat menyewa kapal yang sudah disediakan.

8. Fasilitas yang lengkap

Fasilitas umum di Pantai Gemah sudah lengkap dan memberikan kenyamanan para pengunjungnya. Fasilitas yang tersedia antara lain adalahmushola, wc, kamar mandi bilas. Jumlah dari kamar mandi yang tersedia sudah memadai sehingga pengunjung tidak usah lama mengantri. Sediakan uang pecah saat Anda akan ke wc atau kamar mandi karena penggunaannya tidak gratis. Di Pantai Gemah juga terdapatwarung yang banyak menjajakan makanan dan minuman yang dapat dinikmati saat merasa haus dan lapar.

Selain warung yang menjajakan makanan dan minuman ringan, ada pula warung makan yang menyediakan berbagai hidangan seafood yang dapat dinikmati para pengunjung. Menu yang menjadi andalan adalah ikan asap dan kelapa muda. Untuk Anda yang ingin berburu oleh-oleh, Anda dapat membeli kaos yang bertuliskan dan bergambar Pantai Gemah dengan beraneka pilihan dan juga berbagai macam souvenir.

Pantai Gemah ini ternyata menarik sekali dengan berbagai macam spot wisata yang dapat dikunjungi. Oleh karena itu, segeralah agendakan waktu untuk mengunjunginya bersama keluarga, teman ataupun rekan kerja Anda. Namun jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungannya agar Pantai Gemah tetap indah dipandang.

Pantai Gemah Yang Indah, di Bingkai Hamparan Pasir Cokelat
4.6 (92%) 5 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment