Pantai Popoh, Wisata Pantai Andalan di Tulungagung Jawa Timur

Pantai Popoh menjadi salah satu objek wisata terkenal di Tulungagung Jawa Timur. Pada akhir pekan dan musim liburan, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Lokasinya juga dapat dijangkau dengan mudah.

pantai popoh
pantai popoh. google maps. sumber : zall sinathrya

Lokasi Pantai Popoh berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan di ujung timur Pegunungan Kidul. Awalnya, Pantai Popoh hanya dijadikan sebagai tempat pendaratan ikan. Pantai Popoh kemudian mulai dijadikan sebagai salah satu objek wisata bahari di Kabupaten Tulungagung.

Pantai Popoh menawarkan pemandangan yang indah, asri dengan udara yang sejuk. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena terdiri dari karang landai dan sedikit pasir. Air yang cukup tenang, angin laut yang tidak begitu besar, ditambah keindahan gunung disekitar teluk telah menjadi daya tarik utama pantai ini.

Dipantai ini kita akan menemukan perahu-perahu nelayan yang bersandar di pantai. Selain itu, Pantai Popoh juga memiliki dermaga yang berukuran sedang yang biasa digunakan sebagai sandaran perahu nelayan. Dermaga tersebut terbuat dari bongkahan batu besar yang disusun menjorok ke tengah laut, dan terlihat kokoh. Di sebelah barat, dermaga selalu ramai dengan perahu nelayan yang hilir mudik, serta terdapat tempat pelelangan ikan yang sibuk.

Alamat Pantai Popoh

  • Desa Besola, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk untuk memasuki kawasan wisata Pantai Popoh berkisar di antara Rp.3.000,- hingga Rp.10.000,-. Biaya tersebut berlaku untuk satu orang.

Rute ke Pantai Popoh

Wisata Pantai Popoh berjarak sekitar 28 km dari Aloon Aloon Tulungagung. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam berkendara.

  • Rute dari Taman Aloon Aloon Tulungagung : Ambil Jl. Pangeran Diponegoro ke Jl. Ki Mangun Sarkoro di Tamanan. Tetap di Jl. Ki Mangun Sarkoro. Ambil Jl. Raya Boyolangu dan Jl. Raya Popoh ke Jl. Pantai Popoh di Gambiran. Tetap di Jl. Pantai Popoh ke tujuan Anda di Popoh.

Transportasi

Salah satu rute utama untuk mencapai Pantai Popoh adalah melintasi jalan utama dari Kecamatan Boyolangu atau Kecamatan Campurdarat. Rute ini menjadi pilihan favorit karena akses jalan sudah baik. Dalam perjalanan menuju Pantai Popoh, anda akan disajikan pemandangan bukit dan rimbunan pohon jati.

Pantai Popoh dapat dicapai menggunakan kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Bagi anda yang berada dari luar kota, anda bisa menggunakan kereta api atau bus sebagai kendaraannya. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka nantinya Anda akan turun di kota Tulungagung.

Ada Apa di Pantai Popoh

wisata pantai popoh
wisata pantai popoh. google maps. sumber : Masih Ngantuk

Pantai Popoh, adalah salah satu objek wisata pantai yang terletak di Tulungagung. Pantai yang langsung berhadapan langsung dengan laut Bebas Samudera Hindia ini menawarkan kawasan pantai yang eksotik. Panorama pantai yang indah dengan pemandangan alam yang menawan disekitarnya.

Menikmati Suasana dan Keindahan Alam

pemandangan pantai popoh
pemandangan pantai popoh. google maps. sumber : Yurico Erik Pratama
pantai popoh tulungagung
pantai popoh tulungagung. google maps. sumber : Lianna Puspita

Salah satu daya tarik utama Pantai Popoh adalah keindahan alam yang dimilikinya. Pantai ini mempunyai pemandangan alam yang masih alami. Memiliki garis pantai panjang dengan pasir putih dan lembut serta laut yang tenang.

Berenang dan Bermain Air Tepi Pantai

berenang di pantai popoh
berenang di pantai popoh. google maps. sumber :  Deni Rusianto

Di pantai ini pengunjung pun bisa bersantai di tepi pantai, berjemur atau bermain-main air ditepi laut. Namun, wajib diperhatikan lagi intensitas serta ketinggian dari ombak lautnya. Upayakan untuk menjauh dari pantai ketika ombak mulai membesar dengan intensitas yang sering.

Berselancar

Bagi Anda yang suka tantangan, anda bisa melakukan selancar di Pantai Popoh ini.

Berkeliling dengan Perahu

Wisatawan juga bisa berkeliling pantai dengan menggunakan perahu yang disewakan. Pastinya pemandangan akan semakin terlihat indah ketika anda bisa berkeliling area pantainya.

Sunset di Pantai Popoh

Spot Sunset yang dimiliki pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk selalu datang ke Pantai Popoh. Saat matahari mulai tenggelam, langit di Pantai Popoh dipenuhi dengan warna senja yang memukau.

Diving dan Snorkeling

Bagi yang suka aktivitas wisata laut, Pantai Popoh memiliki beragam pilihan, seperti Diving dan Snorkeling. Anda dapat menjelajahi kehidupan bawah laut yang beragam dan memukau di sekitar pantai ini. Jangan lupa membawa peralatan snorkeling pribadi atau bisa menyewanya di sekitar pantai.

Camping

Kegiatan menarik lain di Pantai Popoh yaitu kegiatan Ccamping atau berkemah. Mendirikan tenda di pinggiran pantai akan terasa begitu menyenangkan. Ditambah dengan bakar-bakar hasil laut, pastinya akan semakin seru.

Wisata Tebing

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah adanya wisata tebing. Letak dari tebing ini ada di bagian Barat dan Timur Pantai Popoh. Lokasinya yang sangat alami membuatnya terlihat sangat apik. Terlebih untuk spot foto, lokasi ini sangat instagramable.

Disekitaran area tebing sudah dibangunkan pagar pengaman. Namun, anda tetap diwajibkan untuk berhati-hati dalam menjaga keselamatan diri sendiri.

Tebing ini memiliki medan yang cukup ekstrim, jalanan terjal dan cukup curam. Untuk itu, pengunjung dihimbau untuk lebih berhati-hati lagi ketika melewati jalanan ini.

Berswafoto

berswafoto di pantai popoh
berswafoto di pantai popoh. google maps. sumber : cinta naura fitri
berfoto di pantai popoh
berfoto di pantai popoh. google maps. sumber : Nur Haya Indah

Berswafoto adalah kegiatan wajib yang dilakukan di Pantai Popoh ini. Anda bisa berswafoto dengan latar pemandangan dikawasan Pantai Popoh ini.

Wisata Kuliner

wisata kuliner di pantai popoh
wisata kuliner di pantai popoh. google maps. sumber : mohamad abidin abidin

Berkunjung ke Pantai Popoh, jangan lupa untuk mencari oleh-oleh dan mencicipi kuliner lokal. Ada banyak pedagang souvenir dan warung makan di sekitar pantai yang menjual makanan lezat dan barang-barang unik sebagai kenang-kenangan.

Fasilitas Pantai Popoh

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Popoh Tulungagung.

  • Area parkir
  • Fasilitas keamanan
  • Kamar mandi
  • Warung kuliner
  • Sewa peralatan Diving / Snorkeling
  • Toko souvenir dan lain-lain.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Popoh

  • Pantai Coro
  • Pantai Klatak
  • Pantai Gemah
  • Pantai Midodaren
  • Pantai Niyama

Video Pantai Popoh

Video Pantai Popoh berikut dikutip dari channel : Melihat Dari Atas

Penutup

Pantai Popoh merupakan salah satu obyek wisata andalan daerah Tulungagung. Hampir setiap hari libur dan hari besar kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung. Baik yang berasal dari sekitar Tulungagung maupun luar daerah, bahkan tidak sedikit wisatawan yang berasal dari luar negeri.

Pantai Popoh berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan di ujung timur Pegunungan Kidul. Menawarkan pemandangan yang indah, asri dengan udara yang sejuk. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena terdiri dari karang landai dan sedikit pasir.