Pesona Keindahan Wisata Pantai Midodaren di Tulungagung

Pantai Midodaren merupakan objek wisata yang berada di Tulungagung Jawa Timur. Keindahan pantai ini begitu memukau sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar negeri. Salah satu daya tarik Pantai Midodaren adalah tebing yang tinggi dan banyaknya rerumputan serta bebatuan karang.

pantau midodaren tulungagung
pantau midodaren tulungagung. google maps. sumber : Tas Wir
pantau midodaren
pantau midodaren. google mas. sumber : Rita Anggun Tabah Imania

Pantai Midodaren adalah destinasi wisata yang menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Tempat wisata ini menjadi salah satu ikon Kabupaten Tulungagung. Sebelumnya, Pantai Midodaren merupakan kawasan semak belukar. Saat ini kawasan pantai ini telah disulap menjadi objek wisata dengan berbagai aktivitas menarik.

Nama Pantai Midodaren diambil dari bahasa Jawa yaitu Widodari yang berarti bidadari. Cara menuju ke Pantai Midodaren Tulungagung dapat ditempuh melalui Pantai Gemah dan Pantai Bayeman. Pantai ini dihiasi dengan pasir putih yang lembut dan ombak yang menawan. Pantai Midodaren juga menyediakan penginapan bernuansa alam dengan pemandangan pantai dan perbukitan yang indah. Udara yang sejuk dengan deretan pepohonan pinus.

Selain digadang untuk menjadi salah satu ikon Kabupaten Tulungagung di sektor kepariwisataan. Pantai Midodaren juga diharapkan menjadi pantai wisata terbaik di Jawa Timur. Mampu menarik perhatian para wisatawan luar daerah hingga mancanegara untuk datang ke Kabupaten Tulungagung.

Alamat Pantai Midodaren

  • Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 24 jam.

Harga Tiket Masuk

Untuk menuju ke Pantai Midodaren Tulungagung, ditempuh dengan melalui pintu masuk Pantai Gemah & Pantai Bayeman. Dari Pantai Gemah, lanjutkan perjalanan sampai menemui jembatan ke dua. Jembatan kedua tersebut menjadi pintu masuk Pantai Midodaren. Di tempat tersebut, pengunjung akan membayar tiket masuk lagi.

  • Tiket masuk Pantai Gemah Rp 5.000,-
  • Tiket masuk pantai Midodaren Rp. 15.000,-
  • Tarif perkir motor Rp 2.000,-
  • tarif parkir mobil Rp 5.000,-

Rute ke Pantai Midodaren Tulungagung

Jarak tempuh Pantai Midodaren Tulungagung dari pusat Kota Tulungagung sekitar 34,4 kilometer. Dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih satu jam. Rute menuju Pantai Midodaren Tulungagung dapat melalui Jl Raya Pasir, Jl Raya Pucung Kidul, Jl Raya Boyolangu, dan Jl Raya Popoh.

Untuk menuju ke Pantai Midodaren Tulungagung dengan melalui Pantai Gemah & Pantai Bayeman. Dari Pantai Gemah, pengunjung dapat berbelok ke kiri melewati jembatan Pantai Bayem dan hutan cemara, sampai menemui jembatan ke dua. Jembatan kedua tersebut menjadi pintu masuk Pantai Midodaren. Di tempat tersebut, pengunjung akan membayar tiket masuk lagi.

Transportasi

Pantai Midodaren dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Jika kamu berangkat dari kota, perjalanan menuju pantai ini akan memakan waktu sekitar satu jam.

Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bis atau angkutan lainnya. Anda dapat berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi untuk menuju lokasi Wisata Pantai Midodaren di Tulungagung.

Ada Apa di Pantai Midodaren Tulungagung

wisata pantai midodaren
wisata pantai midodaren. google maps. sumber : Yeni Arisma

Pantai Midodaren menyajikan pesona alam dan keindahan yang memukau. Setiap harinya pantai ini gak pernah sepi pengunjung. Baik pengunjung dari luar kota, maupun pengunjung dari dalam kota.

Pasir Putih dan Hutan Pinus

pasir putih pantai midodaren
pasir putih pantai midodaren. google maps. sumber :  Arina Chusnatayaini

Pantai Midodaren menawarkan panorama alamnya yang menakjubkan. Di sini, pasir putih yang lembut berpadu dengan air laut yang jernih. Hamparan pasir putih yang luas dan nyaman untuk bermain pasir, dengan pemandangan birunya ombak yang khas pesisir selatan. Pantai Midodaren juga memiliki hutan pinus yang rindang.

menikmati panorama pantai 1
menikmati panorama pantai. google maps. sumber : zee cell

Fasilitas tempat duduk dan bersantai disertai payung lebar juga tersedia di pantai. Para wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk bersantai menikmati suasana sekitar yang dikelilingi pohon pinus.

Bermain Air dan Pasir Tepi Pantai

bermain air ddn pasir tepi pantai
bermain air ddn pasir tepi pantai. google maps. sumber : Titik Setyani

Sunset di Pantai Midodaren

sunset di pantai midodaren
sunset di pantai midodaren. google maps. sumber : Achmad Eri Mahmudi

Suguhan matahari terbenam juga menjadi daya tarik tak tertandingi di Panta Midodaren.

Kolam Renang View Laut

kolam renang tepi pantai
kolam renang tepi pantai. google maps. sumber : Irwan Syahputra

Pantai Midodaren juga memiliki kolam renang sekaligus bisa menikmati view pantai. Kolam renang yang menghadap langsung ke laut.

Wahana Banana Boat

wahana banana boat
wahana banana boat. google maps. sumber : Diana Sitasari

Bermain ATV dan Scooter Pantai

bermain atv di pantai midodaren
bermain atv di pantai midodaren. google maps. sumber : Moh subhan Ridwan

Di pantai ini wisatawan juga bisa menyewa scooter untuk mengelilingi kawasan Pantai Midodaren. Wisatawan juga akan dilengkapi perlengkapan safety selama berkeliling dan menikmati suasana Pantai Midodaren. Selain Scooter juga terdapat berbagai macam wahana kendaraan lain seperti ATV dan becak listrik.

Resort / Penginapan

resort di pantai midodaren tulungagung
resort di pantai midodaren tulungagung. google maps. sumber : Ririh Dyah

Pantai Midodaren juga memiliki resort yang unik. Bernuansa hangat karena material resort didominasi oleh kayu-kayuan. Resort ini berada tak jauh dari lokasi pantai dengan view Pantai Midodaren.

resort di pantai midodaren
resort di pantai midodaren. google maps. sumber : Eko Ahmad87

Berbagai macam fasilitas resort juga bisa dinikmati oleh wisatawan. Mulai dari queen bed, ac, wifi access, hot dan cold shower, tv cable dan lainya. Kapasitas ruangan bisa digunakan 4 hingga 8 tamu.

Wahana Paralayang

Bagi anda yang ingin menikmati panorama pantai dengan sudut pantai dari udara. Pengelola juga menyediakan wahana pralayang dan paramotor.

Camping Tepi pantai

camping tepi pantai
camping tepi pantai. google maps. sumber : Mada BM

Ruang Meeting Joglo

Jika ingin rapat sekaligus berlibur, mungkin Pantai Midodaren bisa menjadi tujuan yang cocok. Tak jauh dari pantai, terdapat sebuah joglo dengan nuansa khas jawa. Tempat ini memiliki keistimewaan ruang meeting dengan nuansa khas Jawa berbentuk Joglo.

Metting joglo memiliki ruangan yang cukup luas untuk jumlah tamu yang cukup banyak. Ruang meeting ini mampu menampung hingga ratusan orang. Selain itu, di depan ruang meeting ini juga diperindah dengan adanya kereta kuda zaman kerajaan.

Berswafoto

berswafoto di pantai midodaren
berswafoto di pantai midodaren. gogole maps. sumber : Novita Krisnaningrum
wana wisata pantai midodaren
wana wisata pantai midodaren. google maps. sumber : Nike Aprilia

Fasilitas Pantai Midodaren Tulungagung

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Midodaren Tulungagung.

  • Kolam renang
  • Taman bermain anak
  • Restoran
  • Kafe
  • Penginapan
  • Warung makan
  • Tempat penyewaan perlengkapan renang
  • Toko souvenir.
  • Kursi taman
  • Toilet
  • Mushola dan lain-lain.

Hotel Sekitar Pantai Midodaren Tulungagung

Hotel, villa atau penginapan sekitar Pantai Midodaren Tulungagung.

  • Midodaren Hotel & Villa
    Berjarak 108 meter dari Pantai Midodaren Tulungagung.
    Besuki, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Lugano Hotel
    Berjarak 6,3 km dari Pantai Midodaren Tulungagung.
    Hotel bintang 2. Karanggongso, Jalan Pantai, RT.34/RW.06, Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382. 0813-3557-0544.
  • Pondok Prigi
    Berjarak 6,4 km dari Pantai Midodaren Tulungagung.
    Jl. Pantai Karanggongso Prigi, Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382. 0813-3549-4821.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Midodaren Tulungagung

  • Pantai Popoh
  • Pantai Klatak
  • Pantai Gemah
  • Pantai Coro
  • Pantai Niyama

Video Pantai Midodaren Tulungagung

Video Pantai Midodaren Tulungagung berikut dikutip dari channel : Adihanti_ Cha

Penutup

Pantai Midodaren di Tulungagung menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Di Pantai ini, anda bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Tersedia berbagai aktivitas menarik, dan merasakan ketenangan serta kesejukan yang ditawarkan pantai ini. Destinasi ini menawarkan berbagai macam pilihan hiburan yang relatif terjangkau dan menarik tentunya. Lokasinya juga terbilang cukup mudah utuk dijangkau.