Sungai Niyama, Sajian Alam Estetik di Tulungagung

Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur memiliki potensi tempat wisata yang melimpah. Hal itu meliputi wisata alam hingga wisata buatan. Termasuk Sungai Niyama yang menawarkan pemandangan alam yang menawan.

sungai niyama 1
sungai niyama. google maps. sumber : lis tya

Sungai yang memiliki keindahan alam ini menyajikan alamnya yang estetik. Sungai ini berperan penting pagi masyarakat Tulungagung bagian selatan. Yang mana digunakan sebagai penyaluran air, kemudian dialihkan ke pantai selatan.

Sungai Niyama menjadi salah satu sungai bersih di Indonesia. Air di Sungai Niyama sangat jernih sampai terlihat bebatuan di dasar sungai. Area ini merupakan area terbatas milik PLTA Tulungagung. Sungai Niyama memiliki kedalaman yang cukup dalam, yaitu 2-3 meter sehingga pengunjung harus berhati-hati.

Sungai Niyama memiliki arti sungai yang terletak di antara dua gunung. Dalam bahasa Jepang Ni artinya dua dan Yama artinya gunung. Sungai yang membelah gunung menjadi dua bagian yang pada awalnya gunung tersebut bernama Gunung Tumpak Oyot.

Aliran sungai ini sebenarnya tidak hanya sekedar sungai. Akan tetapi aliran ini memiliki nama Spillway atau saluran pemisah. Fungsinya adalah untuk mengontrol arus banjir dari hulu sungai.

Aliran air atau Spillway PLTA Tulungagung ini terbentuk secara alami. Dengan memanfaatkan aliran sungai sebagai saluran pembuangan yang diteruskan ke pantai. Memiliki struktur dasar sungai yang terdiri dari komponen batu stalaktit. Aliran inilah yang oleh para wisatawan disebut dan terkenal dengan nama Sungai Niyama.

Alamat Sungai Niyama

  • Dusun Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung , Jawa Timur. 66275.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 06.00 WIB – 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Sungai Niyama adalah gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja. Pengunjung hanya diminta untuk menjaga ketertiban saat berkunjung dan kebersihan sungai.

Rute ke Sungai Niyama

Jarak tempuh Sungai Niyama dari Taman Aloon-aloon Tulungagung sekitar 29 kilometer. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 55 menit berkendara.

  • Rute dari Taman Aloon-aloon Tulungagung : Ambil Jl. Pangeran Diponegoro ke Jl. Ki Mangun Sarkoro di Tamanan. Tetap di Jl. Ki Mangun Sarkoro. Ambil Jl. Raya Boyolangu dan Jl. Raya Popoh ke Jl. Pantai Popoh di Gambiran. Tetap di Jl. Pantai Popoh hingga sampai di lokasi wisata tujuan.

Transportasi

Sungai Niyama ini lokasinya sangat berdekatan atau masih satu kawasan dengan Pantai Niyama. Untuk menuju lokasi Sungai Niyama dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Jika kamu berangkat dari kota, perjalanan menuju pantai ini akan memakan waktu sekitar satu jam.

Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bis atau angkutan lainnya. Anda dapat berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan ojek untuk menuju lokasi Sungai Niyama di Tulungagung.

Ada Apa di Sungai Niyama

sungai niyama tulungagung
sungai niyama tulungagung. google maps. sumber :  Achmad Amirullah

Berwisata ke Sungai Niyama cocok bagi anda yang suka menikmati keindahan alam. Bersantai, berswafoto hingga melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air. Sungai Niyama ini menawarkan keindahan alam dan pesona yang menawan.

Menikmati Pemandangan Sungai Niyama

pemandangan menawan sungai niyama
pemandangan menawan sungai niyama. google maps. sumber : putridm

Sungai Niyama Tulungagung ini memiliki pemandangan mempesona dengan air yang berwarna kehijauan yang jernih. Salah satu waktu terbaik untuk berkunjung ke Sungai Niyama Tulungagung adalah saat musim kemarau. Karena saat itu air akan tampak lebih jernih dan pemandangannya pun akan lebih indah.

pemandangan sungai niyama
pemandangan sungai niyama. google maps. sumber : Ahmad Achyar

Di beberapa tempat di Sungai Niyama Tulungagung, Anda akan mendapati beberapa batuan. Bebatan tepi sungai yang kerap digunakan pengunjung untuk sekedar duduk-duduk menikmati suasana yang adem dan asri di sekitar.

Sungai Niyama juga memiliki tebing-tebing yang curam di sekelilingnya dan dikelilingi hutan yang masih hijau. Kabarnya kawasan sungai ini masih memiliki hewan buas disana, karena itu disarankan bagi wisatawan untuk berhati-hati.

Bermain Air

bermain air di sungai niyama
bermain air di sungai niyama. google maps. sumber : kasyful azhim

Pengunjung juga bisa datang untuk sekadar bermain air dan merasakan kesegaran alam dari Sungai Niyama. Akan tetapi pengunjung diharuskan untuk tetap waspada, karena kedalaman sungainya mencapai 2-3 meter.

Wajib diperhatikan untuk hati-hati, dan tidak sembarangan berenang di area spillway. Hal ini karena tidak ada pemberitahuan kapan terowongan akan dibuka. Bisa saja tiba-tiba air mengalir deras seperti air bah dan menyeret siapapun yang berenang di sungai. Oleh karena itu, untuk yang ingin berkunjung, harus berhati-hati dan waspada.

Terowongan Niyama

Salah satu daya tarik lain Sungai Niyama adalah keberadaan Terowongan Niyama. Sebuah terowongan yang dibangun pada jaman penjajahan Jepang dahulu.

terowongan niyama
terowongan niyama. google maps. sumber : berta welantika

Terowongan Niyama ini dibangun oleh para pekerja romusha. Terowongan di sungai ini ada 2, alirannya akan mengalir ke Laut Selatan. Terowongan ini dikerjakan pada masa kependudukan Jepang di Indonesia. Tepatnya pada Februari tahun 1943.

Kemudian pada tahun 1981-1984 dilakukan perehaban . Tujuan dari pembangunan terowongan ini adalah untuk mengalirkan banjir ke Samudera Hindia. Saat ini terdapat dua terowongan di dekat Sungai Niyama.

Pemerintah juga sempat mengubah nama Niyama menjadi Sukamakmur, namun tetap saja orang-orang lebih mengenalnya dengan Terowongan Niyama. Untuk menuju ke Terowongan Niyama, anda harus berjalan kaki melewati semak-semak sejauh kurang lebih 500 m.

Hunting Foto

berswafoto di sungai niyama
berswafoto di sungai niyama. google maps. sumber : Arif Usman
berfoto di sungai niyama
berfoto di sungai niyama. google maps. sumber : Arina Manasikana

Berbagai spot foto yang indah dan Instagrammable juga tersedia di Sungai Niyama. Pengunjung bisa mengambil foto dengan latar panorama indah dan bebatuan yang besar.

Fasilitas Sungai Niyama

Fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Sungai Niyama memang masih terbatas. Tempat wisata ini masih tergolong baru sehingga belum dilakukan perawatan yang lebih maksimal.

Hotel Sekitar Sungai Niyama

Hotel, villa atau penginapan sekitar Sungai Niyama Tulungagung.

  • Midodaren Hotel & Villa
    Berjarak 1,3 km dari Sungai Niyama.
    Besuki, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Lugano Hotel
    Berjarak 7,7 km dari Sungai Niyama.
    Hotel bintang 2. Karanggongso, Jalan Pantai, RT.34/RW.06, Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382. 0813-3557-0544.

Tempat Wisata Sekitar Sungai Niyama

  • Pantai Popoh
  • Pantai Klatak
  • Pantai Gemah
  • Pantai Coro
  • Pantai Midodaren
  • Pantai Niyama

Video Sungai Niyama

Video Sungai Niyama berikut dikutip dari channel : Dandi Setyawan

Penutup

Sungai Niyama di Tulungagung menawarkan keindahan alam yang estetik. Panorama alam yang indah serta bebatuan besar di Sungai Niyama mampu menyejukkan hati. Berwisata ke Sungai Niyama cocok bagi anda yang suka menikmati keindahan alam.