Pantai Dlodo Tulungagung, Pemandangan Alami Pantai Tropis yang Menakjubkan

Kabupaten Tulungagung menjadi salah satu wilayah di Jawa Timur yang berada di sisi selatan. Kondisi letak geografis menjadikan kabupaten ini dianugerahi belasan pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Dlodo, Pantai ini merupakan salah satu pantai di Tulungagung yang indah dan menawan. Pantai yang satu ini memiliki pesona yang tidak boleh dilewatkan.

pantai dlodo tulungagung
pantai dlodo tulungagung. google maps. sumber : Hamzah Ardianto

Pantai Dlodo merupakan kawasan pesisir dengan garis pantai terpanjang di Tulungagung. Salah satu pantai yang menawarkan pemandangan alam indah dengan mempertemukan arus sungai dengan samudera secara langsung.

Selain menawarkan ombak yang lumayan besar, pengunjung juga dapat menikmati pesona keindahan saat matahari terbit. Pantai ini juga menawarkan spot foto yang menarik. Seperti pertemuan arus sungai dengan samudera secara langsung dan air payau uniknya. Ombaknya pun ideal buat para peselancar. Buat kamu yang suka surfing, Pantai Dlodo bisa jadi pilihan yang pas.

Selain pasir putih yang indah, pantai ini juga punya area bukit pasir yang unik. Kamu bisa main pasir di bukit pasir, atau sekadar nikmatin suasana pantai yang asyik.

Alamat Pantai Dlodo

  • Dusun Dlodo, Desa Panggung Kalak, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 24 Jam.

Harga Tiket Masuk

  • Tiket masuk Rp 7.500,- / orang.
  • Tarif parkir kendaraan Rp 5.000,- / kendaraan.

Rute ke Pantai Dlodo

Jarak Pantai Dlodo dari pusat Kota Tulungagung yaitu sekitar 32 kilometer. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 60 menit berkendara.

Rute yang dapat kamu tempuh untuk menuju Pantai Dlodo adalah Dari Pasar Ngunut ke arah selatan – Ikuti jalan hingga percabangan ke arah Pucanglaban / Pantai Kedung Tupang – Belok ke arah Pucanglaban – Selanjutnya ikuti petunjuk yang tersedia .

Transportasi

Pantai ini lokasinya cukup terpencil, dan cukup jauh dari pemukiman warga. Akses jalan menuju Pantai Dlodo Tulungagung hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi saja seperti motor dan mobil. Tidak ada angkutan umum untuk menuju ke pantai ini.

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi wisata, anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam perbukitan. Perlu diperhatikan, medan jalan yang nantinya dilalui lumayan curam dengan jalan bergelombang sehingga anda perlu waspada dan hati-hati.

Ada Apa di Pantai Dlodo

wisata pantai dlodo
wisata pantai dlodo. google maps. sumber :  Saroh Maymundz

Pantai Dlodo menjadi salah satu pantai di Tulungagung yang menarik untuk anda kunjungi. Ada beragam pilihan aktivitas liburan menarik yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pantai ini. Selain berenang atau surfing, kamu juga bisa menikmati keunikan tersendiri yang ada di pantai ini.

Menikmati Pemandangan Pantai Tropis

pemandangan pantai dlodo
pemandangan pantai dlodo. google maps. sumber : Ananda NVR

Pantai Dlodo menawarkan pemandangan pantai tropis dengan deretan pohon-pohon kelapanya. Memasuki area pantai, wisatawan akan menyusuri jalanan yang sekelilingnya berjejer pepohonan kelapa yang tinggi.

pemandangan pantai tropis
pemandangan pantai tropis. google maps. sumber : OKTAFIA NURAZIZAH

Selain memberikan pemandangan yang indah, keberadaan pepohonan-pepohonan ini juga memberikan suasana yang lebih sejuk di sekitar pantai.

Garis Pantai yang Panjang

garis pantai panjang di pantai dlodo
garis pantai panjang di pantai dlodo. google maps. sumber : Ananda NVR

Pantai Dlodo ini terkenal akan garis pantainya yang cukup panjang. Dipantai ini wisatawan dapat berjalan jalan hingga 2 km untuk menyusuri pantai dari satu ujung ke ujung lainnya. Hamparan pasir pantainya cukup luas dengan beberapa sisinya membentuk lengkungan unik. Dengan garis pantai yang panjang, objek wisata ini sering dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas wisatawan.

Bermain di Pinggir Pantai

wisata pantai dlodo tulungagung
wisata pantai dlodo tulungagung. google maps. sumber : Dian Prakoso

Pasir pantainya cukup bersih sehingga nyaman untuk pengunjung bermain di area pantai. Namun wisatawan tetap selalu memperhatikan kondisi ketinggian gelombang. Bermain air di sekitar pantai sambil menikmati pemandangan alam di sekelilingnya.

Berenang

Wisatawan juga dapat menikmati wisata pantai ini dengan berenang di bibir pantai. Pastikan jarak untuk berenang ini aman supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantai dengan Bukit Pasir yang Eksotis

bukit pasir di pantai dlodo
bukit pasir di pantai dlodo. google maps. sumber : Sam Crez

Salah satu daya tarik dari Pantai Dlodo ini adalah keberadaan bukit atau gundukan pasir yang cukup luas. Gurun pasir yang cukup tinggi ini akan dilalui wisatawan sebelum mencapai lokasi bibir pantai.

Uniknya, pasir di Pantai Dlodo memiliki dua warna yang berbeda. Pasir pantainya memiliki warna sedikit kecokelatan. Sedangkan di salah satu sisi pantai, terdapat gundukan pasir dengan warna hitam yang gelap.

Keberadaan bukit pasir tersebut terbentuk secara alami menciptakan pemandangan gurun pasir yang unik. Gundukan pasir ini menciptakan suasana pantai yang mirip seperti gurun di negeri Timur Tengah.

Menikmati Keindahan Air Payau di Tepi Pantai

air payau tepi pantai
air payau tepi pantai. google maps. sumber : Lutfi Ardy Setiawan

Pantai Dlodo mempunyai spot unik yang mungkin jarang ditemukan di pantai pada umumnya. Yaitu keberadaan sungai di tepi pantai. Di salah satu sisi pantai ini terdapat sungai kecil dengan aliran air payau yang mengalir hingga ke pantai.

pemandangan air payau tepi pantai
pemandangan air payau tepi pantai. google maps. sumber : lastry eka

Sepanjang sungai air payau ini banyak ditumbuhi pepohona hijau yang membuat area sekitar pantai dan sungai menjadi rindang dan alami. Aliran air yang meliuk hingga bibir pantai menyajikan pemandangan yang mempesona.

Arusnya cukup tenang dengan ketinggian air yang hanya setumit orang dewasa. Area ini juga menjadi favorit wisatawan dan anak-anak untuk bermain air dengan tenang dan aman.

Sunrise dan Pemandangan Pulau Pandan

sunrise di pantai dlodo
sunrise di pantai dlodo. google maps. sumber : Triatmaja Gatra Subagyo

Pada salah satu sisi Pantai Dlodo ada sebuah bukit karang yang cukup tinggi. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Pulau Pandan. Keberadaan bukit karang dengan pepohonan hijau ini semakin menambah pesona dan daya tarik dari pantai ini.

Pulau Pandan juga menjadi spot terbaik untuk menikmati Sunrise atau matahari terbit. Wisatawan dapat menikmati pemandangan terbaik disaat Sunrise ini dari sisi barat Pulau Pandan.

Spot Camping Terbaik

camping di pantai dlodo
camping di pantai dlodo. google maps. sumber : Totok Orisa

Pantai Dlodo di Tulungagung juga menjadi spot terbaik untuk kegiatan camping atau berkemah. Pasir pantainya yang luas menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat camping terbaik di Tulungagung.

Banyak jajaran pohon kelapa menjulang tinggi yang membuat spot camping menjadi teduh dan terlindung dari angin. Jaraknya dari bibir pantai pun cukup jauh sehingga aman dari gelombang pasang pantai. Hanya saja, anda harus membawa semua peralatan camping sendiri sebab disini belum ada tempat penyewaan yang tersedia.

Hunting Foto

berswafoto di pantai dlodo
berswafoto di pantai dlodo. google maps. sumber :  Saroh Maymundz
air payau tepi pantai dlodo
air payau tepi pantai dlodo. google maps. sumber : luth zakky

Beberapa spot terbaik untuk berswafoto adalah di sekitar gundukan pasir, di kolam air payau, dan tentunya di area pantai dekat Pulau Pandan.

Fasilitas Pantai Dlodo

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Dlodo Tulungagung.

  • Area parkir kendaraan
  • Ayunan
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Spot foto
  • Camping ground
  • Gazebo dan lain-lain.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Dlodo

  • Pantai Kedung Tumpang
  • Pantai Lumbung
  • Pantai Pacar
  • Pantai Molang
  • Pantai Kelinci / Pantai Blabak

Video Pantai Dlodo

Video Pantai Dlodo berikut dikutip dari channel : Ranggajati 9A

Penutup

Kabupaten Tulungangung merupakan salah satu daerah yang memiliki pesisir dengan pantai-pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Dlodo yang merupakan destinasi wisata pantai di sebelah barat Pucanglaban, Tulungagung. Pantai ini memiliki pesona keindahan yang membuat kawasan wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat akhir pekan atau saat musim tiba, pengunjung pantai ini akan lebih ramai.