Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Keindahan Alami Batuan Karang dan Tebing

Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung merupakan salah satu pantai yang berada di pesisir Selatan Jawa Timur. Menawarkan pesona alam yang menakjubkan dengan keindahan karang dan tebing. Pantai Kedung Tumpang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Tulungagung.

pantai kedung tumpang tulungagung
pantai kedung tumpang tulungagung. google maps. sumber : Kristina Dameria

Pantai ini dikenal karena keindahan karang-karang dan tebing yang terjal. Memiliki tebing alami yang berada di tepi lautan sehingga menjadi pemandangan yang menawan. Salah satu daya tariknya adalah hamparan batu karang di pinggir pantai yang membentuk kolam-kolam kecil. Kolam alami berupa ceruk atau kedung dengan air yang jernih yang terbentuk di atas karang-karang bertingkat.

Pantai Kedung Tumpang berhadapan langsung dengan Laut Selatan sehingga karakter ombak di sini cukup tinggi. Hal utama yang wajib diperhatikan yaitu jangan berenang saat air laut pasang. Pengelola ditempat ini juga melarang agar wisatawan tidak nekat berenang saat pasang karena dikhawatirkan dapat terseret ombak.

Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan pemandangan alam yang indah. Pohon-pohon kelapa yang berada di sekitar pantai yang menambah keindahan pantai. Pantai Kedung Tumpang menjadi destinasi favorit bagi wisatawan, terutama masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.

Alamat Pantai Kedung Tumpang

  • Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.5.000,-

Rute ke Pantai Kedung Tumpang

Jarak pantai Kedung Tumpang dari kota Tulungagung mencapai sekitar 42 kilometer. Dapat dicapai dalam waktu tempuh perjalanan 1 jam 20 menit berkendara.

  • Rute dari Taman Aloon Aloon Tulungagung : Ambil Jl. Pangeran Diponegoro ke Jl. Ki Mangun Sarkoro di Tamanan. Mengemudi dari Jl. Mastrip dan Jl. Raya Wajak Lor ke Wajak Kidul. Ambil Jl. Raya Junjung ke Jl. Raya Bendilwungu di Podorejo. Mengemudi dari Jl. Raya Wates , Jl. Raya Tunggangri , Jl. Raya Karangtalun , Jl. Raya Bendiliet, dan Jl. Raya Tanggunggunung ke Tekik. Ambil Jl.Pucanglaban, Teruskan ke Jl. Pucanglaban Ngunutke hingga samapi di lokasi tujuan.

Dari tempat parkir, anda dapat jalan hingga sampai ke pantai atau menyewa ojek dengan tarif Rp 10 ribu. Bagi yang menggunakan kendaraan roda dua, anda dapat berkendara hingga sampai di bukit terakhir dan parkir di sana.

Setelah sampai di lokasi, kamu harus memarkirkan motormu untuk kemudian berjalan menuju pantai. Usahakan tidak memakai sandal biasa karena harus menuruni tebing berbatu untuk sampai di pantai. Sebaiknya menggunakan sepatu atau sandal gunung yang nyaman dan tidak licin.

Transportasi

Untuk mencapai lokasi Pantai Kedung Tumpang, dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Jalan untuk menuju Pantai Kedung Tumpang belum cukup baik sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Jika menggunakan transportasi umum, anda bisa naik bus jurusan Tulungagung-Blitar atau Tulungagung-Kediri dan turun di Terminal Pucanglaban. Selanjutnya anda bisa naik ojek atau angkot menuju pantai ini.

Ada Apa di Pantai Kedung Tumpang

wisata pantai kedung tumpang
wisata pantai kedung tumpang. google maps. sumber : Khoirul Huda

Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung ini memiliki beberapa daya tarik. Pantai ini menawarkan pesona alam yang indah dengan karang dan tebing alami.

Trekking Menuju Pantai

trekking menuju pantai
trekking menuju pantai. google maps. sumber : maria kireina

Wisata Pantai Kedung Tumpang di tulungagung ini lokasinya cukup jauh dari jalan raya. Pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu kurang lebih selama 3 km untuk sampai ke sana. Jalan menuju pantai tidak selalu mulus, bahkan wisatawan harus melewati bebatuan yang cukup terjal.

Ketika berada di pantai, penting bagi pengunjung untuk memperhatikan kenyamanan alas kaki mereka. Disarankan untuk menggunakan sandal yang aman seperti sandal gunung, karena pengunjung akan melewati bebatuan karang.

Menikmati Pemandangan Laut Biru dari Tebing

pantai kedung tumpang
pantai kedung tumpang. google maps. sumber : Achmad Sirojudin

Pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan laut biru dari tebing. Terdapat tebing-tebing yang membentuk kolam dan berisi air laut yang jernih. Tebing tersebut berwarna coklat keemasan dan berpadu birunya air laut sehingga sangat indah.

pemandangan pantai kedung tumpang
pemandangan pantai kedung tumpang. google maps. sumber : aris wibowo

Tebing-tebing tinggi yang tawarkan panorama pantai lepas dari ketinggian. Menikmati pemandangan alam indah Pantai Kedung Tumpang dari atas. Pengelola telah menyediakan semacam gardu pandang sebagai spot foto untuk wisatawan.

Berenang di Kolam Air Laut

kolam air laut pantai kedung tumpang
kolam air laut pantai kedung tumpang. google maps. sumber : Ahmad Durriyatan Toyiba134

Salah satu daya tariknya dan keunikan dari Pantai Kedung Tumpang adalah hamparan batu karang di pinggir pantai yang membentuk kolam-kolam kecil. Kolam alami berupa ceruk atau kedung dengan air yang jernih yang terbentuk di atas karang-karang bertingkat.

Ada banyak kolam air laut yang dapat dinikmati untuk berendam. Kolam-kolam alami yang berair biru toska yang jernih bisa untuk berenang, berendam, atau sekedar bersantai. Kolam tersebut terbentuk karena bebatuan berbentuk cekung akibat korosi dan terisi oleh air laut. Hijaunya lumut dalam kolam dengan airnya yang jernih memberikan keindahan yang menarik.

spot kolam air laut pantai kedung tumpang
spot kolam air laut pantai kedung tumpang. google maps. sumber : candra wijaya

Perlu diperhatikan, sebelum berenang anda harus memperhatikan kondisi air laut. Wisatawan dapat berenang di kolam alami tersebut ketika ombak pantai sedang surut dan tenang. Jika ombak sedang besar, maka pengunjung tidak diperbolehkan berenang atau berada di sekitar kolam karena sangat berbahaya. Ketika air laut sedang pasang, ombak air akan mencapai kolam dan dapat membahayakan anda.

Berswafoto

berswafoto di pantai kedung tumpang
berswafoto di pantai kedung tumpang. google maps. sumber : Yuliani channel
berswafoto di pantai kedung tumpang tulungagung
berswafoto di pantai kedung tumpang tulungagung. google maps. sumber : Adi Yuwono

Daya tarik selanjutnya adalah ada banyak spot foto dengan berbagai latar. Mulai dari latar belakang laut hingga tebing-tebing yang mengelilingi Pantai Kedung Tumpang. Batu-batu karang yang eksotis juga cocok sekali sebagai spot foto dengan tema alam.

Sunset Menawan di Pantai Kedung Tumpang

sunset di pantai kedung tumpang
sunset di pantai kedung tumpang. google maps. sumber : Joker Flower

Fasilitas Pantai Kedung Tumpang

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Kedung tumpang Gulungagung.

  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Area bermain
  • Camping area
  • Toilet
  • Warung

Hotel Sekitar Pantai Kedung Tumpang

Hotel, villa atau penginapan yang jarak dan lokasinya paling dekat dengan wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung.

  • Gita Puri Hotel Blitar
    Berjarak 25 km dari Pantai Kedung Tumpang.
    Hotel bintang 2. Jalan Cemara no.555,557,559, Cangkring, Plosoarang, Kec. Sanankulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66125. (0342) 812886.
  • Grand Hotel
    Berjarak 28,6 km dari Pantai Kedung Tumpang.
    Hotel bintang 2. Jl. I Gusti Ngurah Rai No.26, Bago, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66218.
  • Hotel Palapa
    Berjarak 29,4 km dari Pantai Kedung Tumpang.
    Hotel bintang 2. Jl. Teuku Umar No.81-83, Kutoanyar, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66215. (0355) 321854.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Kedung Tumpang

  • Pantai Dlodo
  • Pantai Lumbung
  • Pantai Pacar
  • Pantai Molang
  • Pantai Kelinci / Pantai Blabak

Video Pantai Kedung Tumpang

Video Pantai Kedung Tumpang berikut dikutip dari channel : Muhaemin nuryati

Penutup

Pantai Kedung Tumpang menawarkan pesona alam yang menakjubkan dengan adanya karang dan tebing. Anda bisa menikmati kolam-kolam alami yang terbentuk di atas karang. Pantai Kedung Tumpang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Tulungagung.