Pantai Niyama Tulungagung, Pemandangan Hamparan Pasir Putih yang Luas

Pantai Niyama merupakan salah satu wisata pantai yang terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Wisata pantai ini menawarkan pemandangan indah dengan hamparan pasir yang luas. Warna pasirnya berwarna putih sedikit gelap dengan airnya yang jernih kebiruan.

pantai niyama tulungagung
pantai niyama tulungagung. google maps. sumber : Titi Adenan

Niyama sendiri berasal dari bahasa Jepang, kata Ni berarti dua dan Yama artinya gunung. Dapat diartikan pantai Niyama terletak diantara dua gunung. Tempat wisata ini memiliki pemandangan pantai yang indah dan memukau. Suasana di pantai sangat sejuk dan nyaman. Dipantai ini anda akan disajikan dengan pemandangan deretan pegunungan hijau dan tumbuhan rimbun yang asri disekitar pantai.

Selain itu, disini pengunjung bisa bermain pasir atau bermain air. Namun dihimbau tetap waspada dan hati-hati. Jika cuaca sedang bagus, Pantai Niyama menawarkan view sunset yang menawan.

Sungai Niyama

Di Pantai Niyama, anda juga bisa menjumpai keindahan alam lainnya yaitu Sungai Niyama. Aliran sungai indah yang turun dan membentuk cekungan besar berisi air. Dengan keindahan sungai Niyama ini, pengunjung bisa memanfaatkannya untuk berswafoto. Sungai ini akan terlihat sangat indah ketika musim kemarau, warna airnya sangat jernih dan tidak keruh.

Aliran sungai dengan sajian alamnya yang estetik, selain itu, sungai ini juga berperan penting pagi masyarakat Tulungagung bagian selatan. Yang mana sungai digunakan sebagai penyaluran air, kemudian dialihkan ke pantai selatan.

Alamat Pantai Niyama

  • Dusun Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung , Jawa Timur. 66275.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. Buka 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Tiket masuk Pantai Niyama : Rp.8.000,- /orang.

Rute ke Pantai Niyama

Jarak tempuh Pantai Niyama dari Taman Aloon-aloon Tulungagung sekitar 29 kilometer. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 55 menit berkendara.

Rute dari Taman Aloon-aloon Tulungagung : Ambil Jl. Pangeran Diponegoro ke Jl. Ki Mangun Sarkoro di Tamanan. Tetap di Jl. Ki Mangun Sarkoro. Ambil Jl. Raya Boyolangu dan Jl. Raya Popoh ke Jl. Pantai Popoh di Gambiran. Tetap di Jl. Pantai Popoh hingga sampai di lokasi wisata tujuan.

Transportasi

Untuk menuju lokasi Pantai Niyama dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Jika kamu berangkat dari kota, perjalanan menuju pantai ini akan memakan waktu sekitar satu jam.

Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bis atau angkutan lainnya. Anda dapat berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan ojek untuk menuju lokasi Wisata Pantai Niyama di Tulungagung.

Ada Apa di Pantai Niyama

pantai niyama
pantai niyama. google maps. sumber : blushing Mellon

Pantai Midodaren menyajikan pesona alam dan keindahan yang memukau. Ketika akan memasuki lokasi wisata ini, Anda akan langsung disambut dengan tulisan “Pantai Niyama” dengan huruf warna-warni.

Menikmati Pemandangan Pantai

pemandangan laut pantai niyama
pemandangan laut pantai niyama. google maps. sumber : Fajar Setiawan

Pantai Niyama menawarkan pemandangan yang sangat indah. Walau memang tidak sepenuhnya pantai ini bersih, karena masih terdapat sampah yang berserakan. Tapi secara umum pemandangannya sangat menawan.

Disini anda dapat menikmati pemandangan hamparan pasir Pantai Niyama yang luas. Air laut yang sangat jernih berwarna agak kebiruan. Pasir pantainya sendiri berwarna putih sedikit gelap.

Pantai ini juga menyajikan view deretan pegunungan hijau seperti menghimpit pantai. Pemandangan para nelayan dan perahu-perahu yang sedang beraktifitas akan anda saksikan di sini.

Bermain di Tepi Pantai

bermain tepi pantai 2
bermain tepi pantai. google maps. sumber : Ferdian Faturizal

Pantai Niyama memiliki karakter ombak yang besar. namun anda masih bisa bermain pasir maupun air di tepi pantai. Hamparan pasir yang luas dipantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Wajib diperhatikan bagi pengunjung ketika bermain air, anda harus selalu waspada dengan ombaknya.

Spot Memancing

memancing di pantai niyama
memancing di pantai niyama. google maps. sumber : Adit Seribu

Buat yang hobi memancing, lokasi pantai ini tentu cocok bagi untuk kegiatan memancing. Anda bisa memancing di tepi pantai atau ikut nelayan setempat yang sering menghabiskan waktunya mencari ikan.

Spot Foto yang Menarik

berswafoto di pantai niyama
berswafoto di pantai niyama. google maps. sumber : petrek 83
hunting foto di pantai niyama
hunting foto di pantai niyama. google maps. sumber : Vero Nika

Dengan keindahan alam yang dimilikinya, Pantai Niyama cocok untuk berswafoto. Disini banyak spot menarik untuk membuat foto instagramable.

Menikmati Sunset

sunset di pantai niyama
sunset di pantai niyama. google maps. sumber : Ahmad Achyar

Di Pantai Niyama anda juga bisa menikmati indahnya sunset.

Berkunjung ke Sungai Niyama

sungai niyama
sungai niyama. google maps. sumber : Arif Usman

Selain menikmati keindahan Pantai Niyama, anda juga bisa menemukan keindahan lain yang tak kalah menarik. Anda bisa menyaksikan sajian alam berupa aliran sungai cantik yang turun membentuk cekungan besar berisi air. Namanya Sungai Niyama. Sungai ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk hunting foto.

Pemandangan di sungai ini sangat cantik sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk berfoto. Adapun waktu terbaik untuk menikmati pemandangan sungai Niyama yaitu pada saat musim kemarau. Alasannya karena pada saat kemarau, air sungai terlihat jernih dan jalannya pun tidak licin.

Aliran sungai ini sebenarnya bukan sekedar sungai belaka. Akan tetapi aliran ini memiliki nama Spillway atau saluran pemisah. Fungsinya adalah untuk mengontrol arus banjir dari hulu sungai.

Aliran air atau Spillway PLTA Tulungagung ini terbentuk secara alami. Dengan memanfaatkan aliran sungai sebagai saluran pembuangan yang diteruskan ke pantai. Memiliki struktur dasar sungai yang terdiri dari komponen batu stalaktit. Aliran inilah yang oleh para wisatawan disebut dan terkenal dengan nama Sungai Niyama.

Fasilitas Pantai Niyama

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Niyama.

  • Area parkir
  • Spot foto
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat duduk
  • Warung dan lain-lain.

Hotel Sekitar Pantai Niyama

Hotel, villa atau penginapan sekitar Pantai Niyama.

  • Lugano Hotel
    Berjarak 7,6 km dari Pantai Niyama.
    Hotel bintang 2. Karanggongso, Jalan Pantai, RT.34/RW.06, Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382. 0813-3557-0544.
  • Pondok Prigi
    Berjarak 7,6 km dari Pantai Niyama.
    Jl. Pantai Karanggongso Prigi, Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382. 0813-3549-4821.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Niyama

  • Pantai Popoh
  • Pantai Klatak
  • Pantai Gemah
  • Pantai Coro
  • Pantai Midodaren

Video Pantai Niyama

Video Pantai Niyama berikut dikutip dari channel : Indi Riana

Penutup

Pantai Niyama merupakan salah satu wisata pantai yang berada di Tulungagung, Jawa Timur. Wisata pantai ini menawarkan pemandangan indah dengan hamparan pasir yang luas. Pantai ini memang masih tergolong sepi. Pantai Niyama menjadi salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi saat berada di Tulungagung.