Objek Wisata Yang Mulai Trend, Air Terjun Alas Kandung Atau Grojogan Sewu Alas Kandung

Jika di rumah kalian ada interior yang terbuat dari bahan marmer, kemungkinan itu berasal dari kota penghasil marmer terbaik di Indonesia, yaitu Kabupaten Tulungagung. Tapi artikel ini tidak akan membahas soal marmer mas bos… hehehe.

Di Kabupaten Tulungagung, terdapat sebuah destinasi wisata yang sedang berkembang yang bernama Air Terjun Alas Kandung atau disebut juga Grojogan Sewu Alas Kandung.

Air Terjun Alas Kandung
Air Terjun Alas Kandung. Sumber : www.hipwee.com

Lokasi Air Terjun Alas Kandung berada di kawasan Alas Kandung. Kata “alas” dalam bahasa jawa yang berarti hutan.

Dan Tulungagung merupakan daerah yang kaya akan potensi hutannya serta syarat dengan nilai-nilai sejarah dan legenda.

Air terjun dengan hutan bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan, begitupun dengan objek wisata Air Terjun Alas Kandung.

Air Terjun Alas Kandung Berada Di Hutan Atau Alas
Air Terjun Alas Kandung Berada Di Hutan Atau Alas. Sumber : kacamatawisata.blogspot.com

Lalu bagaimana dengan pesona kendahan Air Terjun Alas Kandung? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Pesona Keindahan Air Terjun Alas Kandung

Di sekitar lokasi air terjun terdapat banyak sumber mata air. Uniknya, aliran airnya akan bertemu pada satu titik yang sama dengan aliran air dari Air Terjun Alas Kandung.

Air Terjun Alas Kandung tidak pernah mengalami kekeringan, setiap tahun airnya selalu mengalir dengan kondisi yang sangat jernih.

Pesona Keindahan Air Terjun Alas Kandung
Pesona Keindahan Air Terjun Alas Kandung. Sumber : www.idntimes.com

Grojogan Sewu Alas Kandung selain sebagai objek wisata, namun menjadi salah-satu sumber air utama bagi masyarakat sekitar yang disalurkan melalui jalur irigasi.

Di samping jalur irigasi ini terkadang dijadikan sebagai spot melepas lelah, makan-makan, dan tempat bermain air untuk anak-anak. Tapi jangan sampai buang sampah sembarangan dan buang air kecil di aliran air tersebut ya…

Pemandangan di lokasi wisata Air Terjun Alas Kandung masih sangat alami, dan air terjun ini memiliki tiga tingkatan ketinggian yang berbeda.

Ketinggian Air Terjun Alas Kandung yang utama sekitar 15 meter dengan kedalaman sekitar 6 sampai 8 meter. Sehingga bagi kalian yang tidak bisa berenang, jangan coba-coba nyemplung di lokasi ini ya…

Dalamnya Kolam Air Terjun Alas Kandung
Dalamnya Kolam Air Terjun Alas Kandung. Sumber : www.bobobox.co.id

Lokasi Air Terjun Alas Kandung tidak jauh dari pusat pemukiman warga, hanya sekita 100 meter saja. Dan bagi para pengunjung yang membawa motor bisa langsung sampai di parkiran Air Terjun Alas Kandung.

Pada tahun 1990 lokasi ini pernah menjadi objek wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat. Sajian utama pada saat itu adalah kolam renang dengan bumi perkemahan.

Namun karena beberapa faktor, objek wisata tersebut menjadi terbengkalai. Dan kini muncul spot baru berupa air terjun yang perlahan-lahan mulai memikat mata para wisatawan.

Kolam Pemandian
Kolam Pemandian. Sumber : travellersblitar.com

Ragam Aktivitas Di Air Terjun Alas Kandung

Ada beberapa aktivitas yang dapat dinikmati para pengunjung saat berada di lokasi wisata Air Terjun Alas Kandung, yaitu :

1. Spot Foto

Hari gini nggak selfie, nggak ngevlog, bagaikan sayur tanpa garam, tanpa daging, dan tanpa nasi, hehehe… Kira-kira begitulah pernyataan kekinian dari kaum millenial yang menjadi sebuah trend dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, di lokasi Air Terjun Alas Kandung menjadi spot foto yang sangat cocok untuk menampilkan panorama alam yang masih asri, dan pesona air terjun tentunya.

Tetapi sekali lagi, kalian harus berhati-hati jangan sampai terpeleset ke kolam utama. Apalagi jika kalian tidak bisa berenang.

Spot Foto
Spot Foto. Sumber : mytourmu.blogspot.com

2. Berenang

Aktivitas ini hanya untuk mereka yang sudah pandai berenang saja ya…

Fasilitas Di Air Terjun Alas Kandung

Fasilitas di Air Terjun Alas Kandung diantaranya :

  • Area Parkir
  • Mushola
  • WC Umum
  • Warung

Tradisi Lokal

Sejatinya alam dan manusia harus mampu berharmoni demi menjaga keseimbangan kehidupan, dan harmoni tersebut sebagai bentuk rasa syukur terhadap sanga maha pencipta.

Simbol dari harmoni alam dan manusia bisa mewujud dalam sebuah tradisi atau budaya yang kental dengan nilai-nilai filosofis, seperti yang ada di Desa Tanen tempat Air Terjun Alas Kandung berada.

Nama tradisi tersebut dikenal dengan Ruwatan. Sebetulnya tradisi ini sudah sejak lama ada di Desa Tanen, namun sempat tenggelam sehingga tradisi tersebut menjadi tidak ada.

Tradisi Ruwatan Alas Kandung
Tradisi Ruwatan Alas Kandung. Sumber : jatim.antaranews.com

Munculah rasa kepedulian masyarakat sekitar bersama dengan para pemuda berusaha untuk menghidupkan kembali tradisi ruwatan ini. Dan akhirnya sudah beberapa tahun ini, tradisi ruwatan selalu dilaksanakan.

Tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur terhadap sang maha pencipta atas hasil bumi, serta anugerah alam yang telah diberikan seperti hutan dan sumber mata air.

Tradisi Ruwatan Alas Kandung menjadi sebuah wisata budaya yang ada di lokasi Air Terjun Alas Kandung.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Alas Kandung

Lokasi dan alamat Air Terjun Alas Kandung berada di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur – Indonesia.

Rute Menuju Air Terjun Alas Kandung

  • Rute untuk menuju objek wisata Air Terjun Alas Kandung jika dari Solo bisa melalui Jalan Tol Salatiga – Kertasono atau Jalan Tol Solo – Kertasono.
  • Total waktu tempuh dari Solo menuju Air Terjun Alas Kandung adalah sekitar 3 jam perjalanan, karena jaraknya sangat jauh sekitar 239 kilometer.

Terdapat juga jalan atau rute lain menuju Air Terjun Alas Kandung, yaitu :

  • Dari Solo menuju Karanganyar, kemudian menuju Jatipuro, lalu masuk ke Slogohimo. Setelah itu lanjutkan menuju Purwantoro, Ponorogo.
  • Masih belum sampai, lalu lanjutkan ke Trenggalek, dan yang terakhir masuk ke Tulungagung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Alas Kandung

Harga tiket masuk objek wisata Air Terjun Alas Kandung adaah :

  • Rp. 6.000 per orang.
  • Rp. 20.000 per mobil
  • Rp. 3.000 untuk biaya parkir.

Jam Operasional Air Terjun Alas Kandung

Jam operasional Air Terjun Alas Kandung dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Alas Kandung

Tidak ada penginapan di lokasi Air Terjun Alas Kandung, karena lokasi air terjun berada di kawasan Alas Kandung.

Tetapi bagi kalian yang ingin menginap, bisa mencarinya di luar area wisata tersebut. penginapan terdekat jaraknya sekitar 15 kilometer dari objek wisata Air Terjun Alas Kandung.

Adapun harga penginapannya berbeda-beda tergantung jenis penginapan serta fasilitas yang disajikan. Rata-rata harga penginapan yang dekat dengan lokasi Air Terjun Alas Kandung dibawah Rp. 250.000.

Tips Wisata Menuju Air Terjun Alas Kandung

Ada beberapa tips wisata bagi kalian yang berencana berangkat menuju Air Terjun Alas Kandung, yaitu :

  • Bawa baju ganti, perlengkapan mandi, dan alas kaki yang tidak licin saat berjalan di jalur menuju Air Terjun Alas Kandung
  • Senantiasa mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dalam berwisata
  • Bagi yang tidak bisa berenang, atau tidak biasa menguji adrenalin, baiknya jangan mencoba loncat dari atas tebing menuju kolam ataupun berenang.
  • Jangan merusak lingkungan sekitar objek wisata
  • Jangan membuang sampah sembarang
  • Selalu patuhi protokol keamanan dan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah maupun pihak pengelola.

Penutup

Demikian review tentang Air Terjun Alas Kandung atau disebut juga Grojogan Sewu Alas Kandung, semoga bisa menjadi referensi awal saat anda mempunyai rencana untuk berkunjung ke sana.

Selamat berlibur, dan selalu jaga kelestarian alam sekitar…

Baca juga:

Leave a Comment