Kampung Susu Dinasty, Wisata Alam dan Edukasi Peternakan di Tulungagung

Kampung Susu Dinasty (KSD) di tulungagung menjadi salah satu tempat wisata edukasi dan keluarga yang layak dikunjungi untuk mengisi liburan. Sebuah tempat yang menggabungkan keindahan alam dengan nilai edukasi. Tidak hanya menyajikan keindahan alam dan peternakan, tetapi juga layanan edukasi yang beragam.

wisata kampung susu dinasty
wisata kampung susu dinasty. google maps. sumber : Sudarso Kapongan

Kampung Susu Dinasty merupakan sebuah tempat wisata yang berwawasan lingkungan hidup. Tempat wisata alam ini dilengkapi dengan sarana pembelajaran seputar dunia peternakan yang dikemas secara menarik, kreatif, dan inovatif.

Destinasi wisata ini sudah ada sejak tahun 2008. Dulunya sapi perah yang ada di Kampung Susu Dinasty berjumlah sekitar 20 ekor. Saat itu, hasil susu hanya akan disetorkan ke Koperasi Unit Desa (KUD). Dan keuntungan yang diperoleh tidak terlalu banyak.

Hal tersebut membuat pemilik agrowisata terus menerus mengubah konsentrasinya. Dan pada tahun 2013 mulai mengolah susu pasteurisasi yang diberi merek Dinasty. Kemudian untuk meningkatkan nilai ekonomis susu yang dihasilkannya, muncul ide untuk membuka Wisata Edukasi Peternakan Kampung Susu Dinasty. Dilengkapi berbagai wahana seru dan menarik. Seperti wisata edukasi sapi perah, wisata berkuda hingga wisata kuliner produk olahan susu.

Wisata Kampung Susu Dinasty ini berada di perbukitan, udara yang sejuk dengan suasana yang asri. Menawarkan berbagai kegiatan edukasi yang mengasyikkan, mulai dari memerah susu sapi, memberi makan sapi secara langsung, pengolahan susu, berkuda, belajar menjadi dokter hewan, hingga wahana kolam renang.

Alamat Kampung Susu Dinasty

  • Jl. Raya Gondang, Bakalan, Desa Sidem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, 66263.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 08.00 WIB – 16.30 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.5.000 / orang.

Rute ke Kampung Susu Dinasty Tulungagung

Kampung Susu Dynasti berjarak sekitar 15 km arah barat daya dari pusat kota Tulungagung. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit berkendara.

  • Rute dari Taman Aloon-aloon Tulungagung : Ambil Jl. Ahmad Yani Barat dan Jl. Moch Yamin ke Jl. Nasional III di Tertek. Belok kanan setelah Nggrowo Jogging Track (di sebelah kanan). Ambil Jl. Kanigoro hingga sampai tujuan anda di Bakalan.

Transportasi

Untuk mencapai lokasi wisata Kampung Susu Dinasty (KSD). Perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti movil, sepeda motor hingga bus. Jalan sudah beraspal dan tidak terlalu menanjak, baik roda dua hingga bus bisa masuk.

Ada Apa di Kampung Susu Dinasty Tulungagung

kampung susu dinasty tulungagung
kampung susu dinasty tulungagung. google maps. sumber : MotoMideo Tulungagung (MotoMideoTV)

Destinasi wisata ini tidak hanya menarik untuk tempat rekreasi saja. Tempat wisata ini juga sebagai wisata edukasi yang menawarkan banyak hal bermanfaat untuk menambah pengetahuan terutama untuk anak-anak. Ada banyak kegiatan wisata seru untuk menambah pengetahuan, dan dipraktekkan secara langsung.

Wisata Edukasi Peternakan Sapi

edukasi peternakan sapi
edukasi peternakan sapi. google maps. sumber : Moch Fadholi

Tempat wisata ini merupakan kawasan wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan wisata yang memiliki peternakan sapi perah dan boleh dilihat secara langsung. Selain melihatnya juga bisa mengetahui bagaimana proses budidaya hingga pengolahan susunya menjadi olahan yang lezat. Menjadi aneka makanan yang enak dan bergizi tentunya.

edukasi pengolahan susu
edukasi pengolahan susu. google maps. sumber :  Kampung Susu Dinasty Tulungagung

Para pengunjung bisa menyaksikan proses pemerahan susu. Bahkan bisa mengetahui lebih jauh bagaimana tata cara beternak sapi perah yang baik dan benar. Kegiatan ini tentu saja sangat baik untuk menambah pengetahuan.

Ada banyak hewan ternak yang dirawat dengan sangat baik. Seperti sapi atau kuda di kandang. Termasuk kebersihan kandangnya karena sangat penting didalam sebuah peternakan apapun. Pengunjung bisa melihatnya dari dekat bahkan ikut memberinya makan.

Paket Wisata Edukasi

edukasi seputar peternakan sapi
edukasi seputar peternakan sapi. google maps. sumber : Kampung Susu Dinasty Tulungagung

Dibangun dengan mengusung konsep wisata edukasi. Kampung Susu Dinasty juga menyediakan paket wisata edukasi yang diperuntukkan bagi anak usia PAUD, TK, SD, hingga SMP. Paket edukasi dengan berbagai ragam kegiatan dengan jumlah peserta minimal 30 anak.

Adapun ragam kegiatan yang diberikan diantaranya senam gokil, memerah susu sapi, memberi pakan sapi, praktek memasak susu pasteurisasi, bermain menjadi dokter hewan dan memberi pakan kelinci, kemudian berenang dan naik kuda.

Selain itu, di Kampung Susu Dinasty juga terdapat kebun sayur hidroponik. Bisa dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran pertanian organik.

Biasanya pemesanan kegiatan edukasi minimal H-7 sebelum kegiatan edukasi dilaksanakan. Paket edukasi bisa dijadwalkan pada hari Senin sampai Sabtu. Untuk hari Minggu dan hari libur tidak melayani edukasi. Durasi edukasi kurang lebih sekitar 2 jam.

Kolam Renang Anak

kolam renang aak
kolam renang anak. google maps. sumber : wikwik asikenak

Kolam renang menjadi wahana yang baru di Kampung Susu Dinasty. Kedalamam kolam renang anak ini sekitar 50 cm.

  • Tiket kolam renang Rp.10.000,-

Taman kelinci

taman kelinci
taman kelinci. gogole maps. sumber : Mujib Bud Da’wah

Wahana Berkuda

wahana berkuda
wahana berkuda. google maps. sumber : Widia Ningsih

Di atas kolam renang terdapat satu wahana lagi yakni wahana berkuda. Di tempat tersebut tersedia beberapa ekor kuda yang bisa dinaiki pengunjung.

Wahana Mandi Bola

wahana mandi bola
wahana mandi bola. google maps. sumber : Diecy Franky Gandasuli

Wahana mandi bola disini cukup luas, berbentuk kolam permanen membuat balita bisa lebih aktif. Pengunjung dikenakan HTM lagi jika masuk ke wahana ini.

  • Wahana mandi bola Rp.10.000,-

Produk Olahan Susu Sapi

produk olahan susu sapi
produk olahan susu sapi. google maps. sumber : Kampung Susu Dinasty Tulungagung

Selain menjadi tempat wisata edukasi, Kampung Susu Dinasty juga memproduksi berbagai produk olahan dari susu. Seperti susu pasteurisasi yang dijual dalam kemasan. Tersedia juga yogurt dan permen susu yang menggugah selera. Selain itu, disini juga menyediakan susu segar asli murni.

Taman Bermain Anak

area bermain anak
area bermain anak. gogole maps. sumber : Toif Nawawi

Spot Foto

Untuk menambah daya tarik, ditempat juga terdapat spot foto yang menarik.

spot foto di kampung susu dinasty
spot foto di kampung susu dinasty.google maps. sumber : carol&nayla kurniawan
berswafoto di kampung susu dinasty
berswafoto di kampung susu dinasty. google maps. sumber : MotoMideo Tulungagung (MotoMideoTV)

Fasilitas Kampung Susu Dinasty Tulungagung

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersediadi Kampung Susu Dinasty Tulungagung.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Gazebo
  • Aula
  • Wahana permainan anak
  • Peternakan sapi dan kuda.
  • Foodcourt dan lain-lain.

Hotel Sekitar Kampung Susu Dinasty Tulungagung

Hotel, villa atau penginapan sekitar Kampung Susu Dinasty Tulungagung.

  • Jamboo Kingdom Hotel & Resort
    Berjarak 5,7 km dari Wisata Kampung Susu Dinasty.
    Jl. Wilis No.32, Srabah, Pucangan, Kec. Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66261. (0355) 333333.
  • Wonorejo Hotel & Resort
    Berjarak 6,1 km dari Wisata Kampung Susu Dinasty.
    Hotel bintang 3. Jl. Raya Waduk Wonorejo, Bantengan, Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66262. 0812-1747-8911.
  • Swaloh Resort & Spa
    Berjarak 6,8 km dari Wisata Kampung Susu Dinasty.
    Hotel bintang 2. Bendungan Wonorejo, Bantengan, Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66262. (0355) 335500.

Video Kampung Susu Dinasty Tulungagung

Video Kampung Susu Dinasty berikut dikutip dari channel : Silvy Nurmay Official

Penutup

Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk quality time bersama keluarga. Ditempat ini anda bisa menikmati panorama alam indah, sejuk dan tampak hamparan luas perbukitan yang masih hijau.

Kampung Susu Dinasty bukan hanya destinasi wisata yang indah, tetapi juga wadah bagi pengunjung untuk belajar langsung tentang peternakan. Sebuah tempat yang menggabungkan keindahan alam dengan nilai edukasi.