Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo, Bukit Batu Di Kendal

|

Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo salah satu destinasi wisata di Kendal yang pas banget untuk para penikmat keindahan alam. Apalagi lokasinya yang tersembunyi membuat tempat ini tak begitu ramai pengunjung.

Bukit cantik di Jawa Tengah ini, dapat menghipnotis setiap pengunjung ketika berada di puncaknya. Dengan sajian panorama alam yang indah tanpa batas.

Namun, jika kamu tak punya nyali besar sebaiknya urungkan niat untuk mengunjungi Bukit Selo Arjuno atau Bligo ini. Karena hanya yang berjiwa tangguhlah yang mampu tiba di ke dua puncak tersebut.

sajian alam yang cantik
sajian alam yang cantik. google maps. sumber: Kurniaji17 Ha

simak juga: danau banaran

Berikut review lengkap dari Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo, untuk kamu yang merasa tertantang dan menyukai tantangan.

Lokasi Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo

Lokasi Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo berada di Dusun Watulawang, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Rute Menuju Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo

Lokasi Puncak Selo Arjuno dan Bligo cukup jauh dari pusat kota, kamu harus menempuh sekitar 40 km dengan estimasi waktu 1 jam lebih.

Yakni dengan menuju Jl. Notomudigdo, belok kanan ke Jl. Raya Pantura arahkan kendaraanmu untuk menuju Jl. Raya Boja – Kaliwungu kemudian ke Jl. Limbangan.

Sebelum tiba di lokasi kamu akan melewati kawasan hutan karet yang masih asri. Untuk menuju Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo sebaiknya menggunakan motor ya.

glamping seru
glamping seru. google maps. sumber: Arya Kamandasmu

simak juga: pemandian air panas nglimut

Jam Buka Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo

Jam buka Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.45 wib.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo

Tiket masuk Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo sangat murah, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

Fasilitas Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo

Fasilitas wisata yang ada di kawasan Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo diantaranya:

  • Cafe,
  • Penginapan atau homestay,
  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Sedangkan di sekitar Puncak Bligo terdapat sebuah gazebo, yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat.
trekking yang tak biasa
trekking yang tak biasa. google maps. sumber: Agus Eko nugroho

simak juga: hutan pinus nglimut

Daya Tarik Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo

1. Trekking Hutan

Telah disebutkan di atas, bahwa tempat wisata alam Kendal yang satu ini hanya untuk kamu yang bernyali besar dan berjiwa tangguh. Karena akan melalui jalur trekking yang tak biasa.

Awal trekking akan melewati perkebunan warga, kemudian menanjak dengan kondisi jalan yang berbatu dilanjutkan dengan menaiki tangga yang berbatu pula.

Selanjutnya kamu akan menemukan persimpangan jalan yang terdapat papan arahan untuk menuju kedua puncak. Tinggal tentukan kamu mau ke Puncak Selo Arjuno atau Puncak Bligo.

Jalur trekking menuju Puncak Selo Arjuno sangat menantang, dimana ketika hendak tiba di puncak kamu harus menaiki anak tangga yang terpasang pada sebuah batu besar dengan kemiringan 90 derajat.

puncak bligo
puncak bligo. google maps. sumber: Budi Rizal

simak juga: promas greenland

Jika jalur trekking menuju Selo Arjuno butuh effort yang menantang, berbeda dengan jalur menuju Puncak Bligo yang kondisinya cukup lebar namun terus menanjak.

Kedua jalurnya memiliki kondisi yang berbeda, namun tetap memiliki tantangan yang berbeda pula. Pastikan saja badanmu dalam kondisi fit dan jangan lupa membawa air minum ya…

Serta harus senantiasa berhati-hati, karena setiap jalur menuju puncak bikin dag dig serr deh pokoknya. Tapi pemandangan yang tersaji menenangkan dan seakan memberi semangat bahwa kamu bisa tiba di puncak.

2. Buah Puncak

Daya tarik selanjutnya dari Wisata Alam Selo Arjuno dan Bligo ialah memiliki dua buah puncak batu, yakni:

  • Puncak Selo Arjuno
  • Puncak Bligo

Keadaan di Puncak Selo Arjuno hanya muat untuk 5 orang saja, sedangkan di Puncak Bligo lokasinya cukup luas. Hingga pengunjung lebih sering datang mengunjungi Puncak Bligo.

Dari ketinggian ini suasananya adem banget, jika datang di saat cuaca cerah pemandangan yang tersaji sangatlah sempurna. Dimana gunung-gunung yang tinggi, pepohonan yang rindang serta angin yang menyejukkan dapat kamu nikmati.

hunting foto di puncak
hunting foto di puncak. google maps. sumber: fitri lina

simak juga: lembah nirwana

Perjalanan yang panjang dan cukup menguras tenaga, terbayarkan sudah tatkala menyaksikan hadiah yang diterima. Jangan lewatkan untuk hunting foto kece ya….

Tips Wisata

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Datanglah disaat cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Bawalah persediaan air minum atau makanan yang memadai.
  • Jagalah kebersihan di sekitar puncak.
  • Hindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.