Curug Sewu, Hamparan Keindahan Alam di Kendal Jawa Tengah

Wisata alam merupakan pilihan yang terbaik untuk melepas penat kamu. Setelah sekian lama kamu di rumah saja, setelah sekian lama kamu merasakan kejemuan dalam beraktivitas.

Di daerah Kendal, Jawa Tengah terdapat tempat wisata yang sudah ramai diperbincangkan sejak tahun 1985. Tempat wisata tersebut selalu ramai dikunjungi para wisatawan, baik yang berasal dari daerah setempat maupun dari luar kota.

Landscape Curug Sewu
Landscape Curug Sewu. Sumber: jadwaltravel.com

Tepatnya berada di Desa Curug Sewu, oleh karena itu tempat wisata tersebut diberi nama Curug Sewu. Area tempat wisata Curug Sewu luas sekali sekitar 30 hektar, dan berada di atas ketinggian 650 mdpl.

Saat ini Curug Sewu dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, sehingga tertata dengan baik. Simak ulasan di bawah ini mengenai keseruan apa yang dapat kamu lakukan di Curug Sewu. Check this out!

Trekking Curug Sewu

Trekking di Curug Sewu berbeda dengan jalur air terjun pada umumnya, jalan setapak menuju lokasi Curug Sewu sudah sangat bagus, rapih, dan tertata dengan baik.

Saat kamu memasuki area pintu masuk lokasi Curug Sewu, kamu serasa memasuki sebuah taman. Dengan disambut oleh kolam air mancur yang berada tak jauh dari gazebo yang cukup luas. Di sampingnya terdapat patung vespa yang sangat besar.

Setelah itu kamu akan terus menapaki jalan setapak yang bagus dikelilingi oleh keindahan alam yang dipadukan dengan baiknya pengelolaan. Kamu akan sesekali mendapati beberapa monyet liar.

Di sepanjang jalan kamu akan menemukan deretan warung-warung yang berbaris dengan rapih, ditambah dengan beberapa tempat duduk.

Saat akan mendekati aliran Curug Sewu, kamu harus menuruni beberapa tangga. Dari taman di atas tadi menuju aliran Curug Sewu memerlukan waktu kurang lebih 10 menit lamanya.

Trekking Menuju Curug Sewu
Trekking Menuju Curug Sewu. Sumber: www.harianmerapi.com

Ragam wisata Curug Sewu

Berikut ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Sewu, yakni:

1. Menikmati Keindahan Alam Curug Sewu

Area Curug Sewu berada diketinggian 650 mdpl, dan dikelilingi oleh hutan yang masih sangat asri. Pepohonannya masih sangat lebat dan berwarna hijau pekat. Maka tak heran jika udara di area Curug Sewu ini sangat sejuk sekali.

Jauh dari polusi yang biasa kita dapatkan di perkotaan. Hawanya yang sejuk dihiasi dengan panorama alam yang indah, menatap dari arah ketinggian hamparan keindahan alam yang menakjubkan.

Meruntuhkan semua penat kamu setelah bekerja selama 5 hari tanpa jemu. Harap berhati-hati saat menikmati keindahan alam dari pinggir pagar, tetap waspada dan hati-hati ya!

2. Merasakan sejuknya Air Curug Sewu

Curug Cisewu merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Sebenarnya Curug Cisewu ini terdiri dari 3 curug, ada Curug Cisewu 1, Curug Cisewu 2, dan Curug Cisewu 3. Ketiga curug tersebut memiliki ketinggian yang berbeda-beda, ada yang memiliki tinggi 45 meter, 20 meter dan 15 meter.

Jika kamu beruntung kamu akan mendapati pelangi yang menghiasi indahnya curahan Curug Cisewu ini. Aliran airnya yang bersih dan jernih, mengalir dengan derasnya jika bukan pada musim kemarau.

Curug Sewu
Curug Sewu. Sumber: travelspromo.com

Kamu hanya dapat merasakan percikan airnya dari tempat yang sudah disediakan. Kamu tidak bisa melakukan aktivitas bermain air atau berenang di area jatuhnya Curug Cisewu, karena terlalu berbahaya.

Menikmati Curug Sawer Dari dekat
Menikmati Curug Sawer Dari dekat. Sumber: www.triptrus.com

Disamping itu Curug Cisewu tidak memiliki kolam yang lebar, airnya langsung mengalir melewati bebatuan yang berbaris di depannya.

3. Area Play Ground

Area Curug Sewu menyediakan area play ground untuk kamu yang membawa anak-anak. Wahana permainan yang ada seperti ayunan, becak air, kereta api mini, roller coaster mini, dan perosotan yang akan membuat anak-anak betah berada di Curug Sewu.

4. Kolam Renang

Karena kamu tidak bisa berenang di sekitar aliran Curug Sewu, kamu dapat berenang di kolam renang yang sudah disediakan. Kamu dan anak-anak dapat merasakan kesejukan air dengan berenang bersama.

Kolam Renang Curug Sewu
Kolam Renang Curug Sewu. Sumber: www.siklimis.com

Di area kolam renang Curug Sewu terdapat beberapa wahana permainan yang aman untuk anak-anak, meskipun area kolam renangnya tidak terlalu besar. Wahana kolam renang Curug Sewu selama pandemi Covid-19 ditutup sementara, sampai situasi kondusif.

5. Kolam Terapi Ikan

Kolam terapi ikan disediakan untuk kamu yang ingin mencoba gelinya digigit ikan kecil namun sangat bermanfaat.

6. Kebun Binatang

One stop holiday mungkin inilah jargon yang tepat disematkan pada area wisata Curug Sewu ini, karena di satu tempat banyak sekali wahana yang dapat kita lakukan. Wahana yang terakhir ialah kebun binatang.

Pada awalnya kebun binatang diisi oleh berbagai macam binatang, namun saat ini lokasi kebun binatang Curug Sewu ditutup.

7. Panggung Hiburan

Setiap dua bulan sekali selalu diadakan pagelaran musik di area Curug Sewu ini, apalagi jika malam tahun baru tiba terbayang akan sangat rame dan seru sekali. Acara hiburan seperti itu biasanya juga diadakan setelah hari raya Idul Fitri.

8. Spot Selfie

Terdapat beberapa spot selfie yang selalu menjadi incaran para pengunjung, yakni :

  • Munthuk Jambe, merupakan spot foto dengan panorama keindahan alam pegunungan di belakangnya.
Spot Foto Munthuk Jambe
Spot Foto Munthuk Jambe. Sumber: travelspromo.com
  • Tangan Raksasa, yaitu spot foto berupa tangan raksasa yang berwarna merah. Kamu dapat berfoto disini dengan berlatarkan keindahan Curug Sewu dari atas.
Spot Selfie Tangan Raksasa
Spot Selfie Tangan Raksasa. Sumber: travelspromo.com

Lokasi Dan Alamat Curug Sewu

Lokasi dan alamat Curug Sewu berada di Jl. Sri Wedari, Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Sewu

Rute menuju Curug Sewu dari Kota Kendal kamu harus melakukan perjalanan sejauh kurang lebih 40 kilometer, kamu akan melewati Weleri-Sukorejo terlebih dahulu kamu akan melewati Kota Cepiring.

Sedangkan jika dari arah Temanggung, kamu harus mengambil rute melewati Jl. Parakan dan Ngadirejo. Dan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan saja.

Tiket Masuk Curug Sewu

Tiket masuk Curug Sewu sangat murah, kamu hanya perlu membayar Rp. 9.200,- per orangnya. Dengan rincian sebagai berikut :

  • Tiket masuk Rp. 2.000,-
  • Tiket masuk Curug Rp. 7.000,-
  • Asuransi Rp. 200,-

Jam Operasional Curug Sewu

Jam operasional Curug Sewu dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari Jumat, mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Fasilitas Curug Sewu

Fasilitas yang ada di Curug Sewu sudah lengkap dan tertata rapih, yakni ditunjukkan dengan ketersediannya:

  • Area parkir yang luas
  • Tempat untuk duduk-duduk
  • Gazebo yang cukup besar cocok untuk acara gathering ataupun perkumpulan.
  • Warung-warung makanan dan Souvenir
  • Toilet
  • Area play ground untuk anak-anak
  • Area spot foto yang menarik

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang berencana mengunjungi Curug sewu, yakni:

  • Jika kamu ingin menikmati debit air terjun yang lebih besar maka jangan datang waktu kemarau melanda.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan menapaki tangga.
  • Pastikan cuaca saat kamu akan berangkat tidak mendung apalagi hujan, supaya lebih dapat menikmati keindahan Curug Sewu.
  • Jaga selalu anak-anak saat berada di lokasi Curug Sewu.
  • Suasana sepi akan kamu dapatkan jika kamu berkunjung dihari-hari biasa.
  • Selalu jagalah kebersihan dan keasrian lokasi Curug Sewu.
  • Siapkan gawai kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta.

Penutup

Keindahan alam yang dihadirkan oleh Curug Sewu merupakan keindahan yang lengkap. Perpaduan antara pengelolaan manusia yang baik dengan lukisan tangan Tuhan yang luar biasa.

Kebahagiaan, itulah yang tergambar disetiap wajah pengunjung Curug Sewu. Kebahagiaan yang terkadang sulit untuk kita dapatkan. Saatnya kamu menikmati keindahan Curug Sewu dengan mengajak serta seluruh anggota keluarga.

Karena kita masih diselimuti awan pandemi, maka alangkah baiknya jika kita teteap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah disarankan oleh pemerintah. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Sewu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment