River Tubing Bumi Parikesit, Ciblon di Irigasi Sungai Boja

|

River Tubing Bumiparikesit keseruan wisata sederhana di Boja, Kendal. Menghadirkan keseruan river tubing, atau ciblon di aliran irigasi, terdengar sederhana namun ternyata seru banget.

River Tubing merupakan kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan sebuah alat, biasanya sebuah ban bekas yang telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Bermain air memang selalu menjadi salah satu ragam wisata yang paling bisa bikin kita happy, bukan hanya anak-anak, kaum milenial pun pasti tersenyum bahagia.

saluran irigasi
saluran irigasi. google maps. sumber: River tubing bumiparikesit

simak juga: river walk boja

Kecamatan Boja merupakan salah satu kecamatan di Kendal yang memiliki destinasi wisata alam, yang layak untuk dikunjungi dan menjadi lokasi wisata akhir pekan.

Misalnya saja ada River Walk Boja, yang menjajikan tempat wisata keluarga dengan nuansa khas Eropa. Berikut review wisata River Tubing Bumiparikesit Boja, sebagai bahan referensi wisata akhir pekan ini.

Lokasi River Tubing Bumiparikesit

Lokasi River Tubing Bumiparikesit berada di alamat Desa Blimbing, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Rute Menuju River Tubing Bumiparikesit

River Tubing Bumiparikesit sangat dekat dengan River Walk Boja, yakni hanya sekitar 4 km dengan estimasi waktu kurang dari 15 menit.

Yakni dengan menuju ke Jl. Kaliwunungu lalu meneruskan ke Jl. Veteran, lalu kemudian meneruskan perjalanan untuk tiba di Jl. Raya Simbang – Blimbing. Selanjutnya tinggal mencari lokasi dari River Tubing Bumiparikesit.

menyusuri sungai
menyusuri sungai. google maps. sumber: Kartika Robiyanto

simak juga: kebun teh medini

Jam Buka River Tubing Bumiparikesit

  • Jam buka River Tubing Bumiparikesit mulai pukul 8 pagi sampai dengan 4 sore
  • Beroperasional setiap hari Senin hingga Minggu

Harga Tiket Masuk River Tubing Bumiparikesit

Tidak ada harga tiket masuk ketika memasuki River Tubing Bumiparikesit, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sewa ban saja sekitar Rp. 10.000,-

Fasilitas River Tubing Bumiparikesit

Fasilitas yang ada di sekitar River Tubing Bumiparikesit diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Gazebo atau saung tempat beristirahat,
ciblon di sungai irigasi
ciblon di sungai irigasi. google maps. sumber: River tubing bumiparikesit

simak juga: curug lawe secepit

Daya Tarik River Tubing Bumiparikesit

1. Ciblon Di Saluran Irigasi

Kata ciblon sangat familiar di tanah Jawa, yang dapat diartikan sebagai kegiatan bermain air. Ketika berkunjung ke sini salah satu ragam wisata yang harus dilakukan ialah ciblon atau tubing di saluran irigasinya.

Airnya bersih, dengan lebar saluran irigasi beragam mulai dari 2 meter dengan panjang sungai untuk river tubing sekitar 500 meter. Kedalamannya bervariatif antara 1 hingga 2 meter.

Saluran irigasi tersebut konon katanya sudah ada sejak Pemerintahan Kolonial Belanda, sehingga tak heran jika kondisinya masih kokoh. Lokasinya berada di tengah – tengah Desa, hingga ketika kamu menyusuri sungai kamu akan melihat sekitar Desa Blimbing.

Akan lebih seru jika datang bersama rombongan, lalu minta salah seorang pemandu untuk memberikan permainan yang seru – seru ketika River Tubing di Bumiparikesit.

santuy di samping sungai
santuy di samping sungai. google maps. sumber:  arsyila story

simak juga: tirto arum kendal

2. Wisata Sederhana

Suasana pedesaan yang menenangkan paling dicari saat ini, secara saat ini hampir seluruh wilayah di Indonesia sudah mengalami yang namanya modernisasi. Hal kecil saja seperti area pesawahan yang saat ini sudah mulai berubah menjadi perumahan atau pabrik.

Desa Blimbing masih memiliki pemandangan pedesaan, seperti area pesawahan yang masih luas serta pepohonan yang rindang di sekitarnya.

Menikmati senja hari di Desa Blimbing tempat dimana River Tubing Bumiparikesit berada merupakan keharusan, lokasi hulang – healing yang mantap deh pokoknya.

Terdapat deretan tempat duduk di sekitar sungainya, yang dapat dimanfaatkan untuk nyantuy sambil menikmati hidangan sederhana yang khas.

view yang mahal
view yang mahal. google maps. sumber:  AlfalikAlhafid23_

Penutup

River Tubing Bumiparikesit sempat viral beberapa waktu lalu, semenjak pandemi covid-19 tempat wisata Kendal yang satu ini masih sepi pengunjung. Yuk ramaikan kembali tempat air yang satu ini!