Tirto Arum Kendal, Oase di Tengah Panasnya Cuaca Jalur Pantura

Tirto Arum Kendal mengusung tagline Oase di Jalur Pantura. Objek wisata ini membawa suasana Alam asri yang menghadirkan kesejukan bagi pelintas Jalur pantura. Sesuai tagline sebagai Oase, maka wisata berhubungan dengan Air adalah suguhan utamanya.

Tirto Arum Kendal mengusung tagline Oase di Jalur Pantura. Objek wisata ini membawa suasana Alam asri yang menghadirkan kesejukan bagi pelintas Jalur pantura.
Tirta Arum Kendal. Image via: @apriliiasa

Tempat Wisata Terindah di Kabupaten Kendal banyak sekali menawarkan berbagai macam obyek wisata yang snagat mengasyikkan. Salah satu tempat wisata yag sekarang lagi banyak dinikmati para wisatawan adalah Agrowisata Tirto Arum Baru. Wisata Kendal ini banyak menyediakan berbagai macam fasilitas bermain dan outbound yang berada

Tidak hanya menawarkan kolam renang, obyek wisata Kendal ini pun juga dilengkapi dengan berbagai wahana menarik baik di area taman maupun di danau. Bahkan obyek ini pun juga dilengkapi dengan resto dan hotel yang bakal memanjakan pengunjung untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga atau rombongan.

Tirto arum kendal dilengkapid negan berbagai jenis kolam renang
Senja di Tirto Arum Kendal. Image via: reviensmedia.com

Simak juga: 11 lokasi wisata ngetop di Kendal

Lokasi Tirto Arum Kendal

Lokasi Tirto Arum Kendal berlokasi di Jl. Soekarno Hatta KM 2,7, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Lokasi ini sekitar 30 Km atau 45 menit dari Kota Semarang.

Rute Menuju Tirto Arum Kendal

Pengunjung bisa mengendarai kendaraan bermotor dari Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal selama 5 menit untuk tiba di lokasi wisata ini. Dari Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, ambil arah barat menuju Jl. Kyai Tulus setelah Jl. Tentara Pelajar.

Sejauh 650 m, akan sampai di perempatan dan belok ke kanan menuju Jl. Dodogan. Hingga 400 m dari jalan tersebut, di pertigaan, belok kiri menuju Jl. Sawojajar. Ikuti terus jalan tersebut hingga menjumpai pertigaan, lalu belok kanan menuju Jl. Tentara Pelajar. Pada pertigaan terakhir yang ditandai dengan Indomaret Purin, Anda harus belok kanan ke Jl. Soekarno Hatta.

Telusuri saja jalan tersebut, dan sejauh 500 m, akan menemukan bangunan bernama Hotel Tirto Arum Baru Kendal di sebelah kanan jalan. Pastikan Anda melewati KM 2,7 dengan memperhatikan setiap bangunan yang ada di sisi kanan jalan.

tirto arum kendal memeiliki beberapa jenis restoran yang disesuaikand negan selera konsumen
Lake Bar, Salah satu Restoran. Image via: @tirtoarumbaru

Jam Buka Tirto Arum Kendal

Tirto Arum Kendal terbuka 24 jam sehari, 7 hari sepekan. Hal ini dipengaruhi oleh keberadaan hotel di dalam kompleks wisata ini, sehingga tentu kegiatan nya jadi 24 jam.

Tiket Tirto Arum Kendal

Tarif tiket masuk kolam renang tirto arum baru kendal untuk hari senin sampai sabtu Rp. 15.000 sedangkan untuk hari minggu yakni Rp. 18.000. Tiket tersebut sudah termasuk akses untuk masuk ke area taman.

Fasilitas Tirto Arum Kendal

Tirto Arum Kendal dilengkapi dengan kolam renang ukuran besar, resto dengan lesehan-lesehannya, hotel dengan kelengkapan kamar barak untuk group.

Juga tersedia fasilitas outbound termasuk rakit, wahana permainan di sawah berlumpur, flying fox, arena futsal dan bola volli, ruang pertemuan terbuka dan tertutup, arena atv, kebun binatang mini dan juga jalan pijat refleksi.

Daya Tarik Tirto Arum Kendal

  1. Kolam Renang

kolam renang tirto arum kendal tersedia dnegan beberapa variasis esuai kebutuhan pengunjung
Kolam renang. Image via: seputarsemarang.com

Simak juga: Keberhasilan konservasi Manggrove Brebes

Kolam Renang Tirta Arum Kendal berukuran extra large. Di lokasi wisata ini Terdiri dari 3 (tiga) kolam. Yaitu Kolam Renang Prestasi, Kolam Renang Rekreasi, dan Kolam Renang Anak. Pengunjung akan merasa senang, nyaman karena bersih berenang dan berendam untuk relaksasi di kolam renang Tirto Arum Baru.

Pengunjung lokasi wisata ini akan merasa senang, nyaman karena bersih berenang dan berendam untuk relaksasi di Kolam Renang Tirto Arum Baru.

Selain diperuntukkan untuk umum, kolam renang Tirto Arum juga merupakan fasilitas gratis bagi penghuni di Hotel Tirto Arum Baru. Dengan suasana pepohonan kelapa yang rindang di dukung dengan kantin wisata kulinernya. Menjamin keceriaan perjalanan wisata.

Selain kolam renang, aktivitas air di Tirto Arum Kendal juga berupa wahana wisata ekreasi. Wahana Air yang terdapat di Argowisata Tirto Arum Baru menggunakan danau yang mengelilingi bangunan hotel “ Villa Bambu”.

Adapun permainan air yang bisa pengunjung nikmati beserta keluarga adalah Sepeda Air dan Dayung.

menyewa berperahu mengelilingi kanal di tirto arum kendal sungguhs ebuah kegiatan menyenangkan
Dayung. Image via: tirtoarumbaru.com
  1. Water Play Ground

Mini Water Boom salahs atu wahana yang mendukung keceriaan anak anak di tirto arum kendal.
Mini Water Boom. Image via: @tirtoarumbaru

Simak juga: Karangasem, Mutiara di ujung timur Bali

Untuk permainan air yang mengutamakan suka ria dan berbasah-basahan, Tirto Arum Kendal memiliki Mini WATER BOOM di area kolam renang. Wahana ini sungguh mengasyikkan untuk dijadikan arena bermain air bersama keluarga.

Main basah-basahan, diguyur tumpahnya air dari ember raksasa, suatu permainan yang sangat disukai anak-anak. Biarkan anak-anak Anda bermain air, dan orang tua bisa menikmati sajian kuliner yang disajikan pada restoran di dekat kolam.

Unutk orang dewasa juga ada water play ground nya. Itu adalah Kolam Lumpur. Bermain serta belajar menggunakan media permainan lumpur, sangat dianjurkan untuk meningkatkan team work serta rasa kesetiakawanan.

Back to nature yang saat ini sulit ditemukan di area perkotaan, diwujudkan oleh pengelola  Tirto Arum Kendal. Kolam lumpur kami banyak digunakan oleh perusahaan atau sekolah yang menginginkan peningkatan SDM serta motivasi anggotanya.

  1. Permainan Luar Ruangan

Out bound di tirto arum kendal
Out Bound. Image via: ihategreenjello.com

Untuk permainan luar ruangan atau biasa disebut Out Bound, pengelola juga memfasilitasi dengan menyediakan wahana yang sesuai. Yangpertama ada ATV. Permainan menggunakan ATV adalah salah satu favorit pengunjung wahana Tirto Arum Baru.

Pengunjung dan keluarga bisa bermain balap ATV mengelilingi area Agrowisata Tirto Arum Baru. Keceriaan, kegembiraan tentunya akan didapatkan. Tertawa bahagia bersama keluarga, sesuatu yang mahal yang kami wujudkan untuk anda nikmati bersama wahana ATV.

Ada juga wahana yang lebih menantang dan memompa adrenalin. Yaitu Flaying Fox. Permainan Flying Fox adalah game tantangan individu yang diadaptasi dari pelatihan militer. Game ini dilakukan dengan cara meluncur dari ketinggian tertentu melalui wire(cabel baja).

Meluncur melewati danau buatan yang terdapat di Area Agro Wisata TIRTO ARUM BARU yang tentunya menambah keseruan dan tantangan baru bagi semua tingkat usia. Wahana ini sangat aman dimainkan oleh Orang Dewasa maupun Anak – anak.

Ada juga wahana Bungee Trampolin. Diawasi oleh instruktur berpengalaman dengan harga yang terjangkau, pengunjung dan keluarga bisa menikmati sensasi berayun naik turun menggunakan Bungee Trampolin.

Untuk melatih konsentrasi dan fokus, ada wahana out bound berupa Arena Panahan. Wahana Permainan PANAHAN diharapkan dapat melatih konsentrasi bagi dewasa maupun anak-anak.

  1. Fauna

Berkuda keliling Kolam dan taman di tirto arumkendal sungguh menyenangkan.
Berkuda keliling Kolam. Image via: jateng.tribunnews.com

Simak juga: Kintamani, sisi Sejuk Pulau Dewata

Tirto Arum Kendal memiliki wahana kebun binatang mini. Atau yang biasa disebut dengan Bonbin Mini. Kebun Bonbin mini yang dikelola Tirto Arum adalah resmi mendapatkan sertifikat dari BKSDA Provinsi Jawa Tengah.

Hewan yang berada di bonbin mini antara lain adalah Rusa, Iguana, Merak, dan lainnya.

Selain hewan untuk diamati, juga ada hewan untuk ditunggangi, yaitu Kuda. Berkuda adalah pengalaman yang tentunya wajib dicoba oleh saat berkunjung ke lokasi ini. Putra putri yang ikut berkunjung tentu akan sangat menikmati kesempatan langka ini.

Kuda beserta instrukturnya siap melayani pengunjung  dan keluarga sembari berkeliling menikmati pemandangan Tirto Arum Baru yang begitu indah

  1. Penginapan

penginapan di tirto arum kendal ada yang berjenis rumah tardisional
Rumah Kendal. Image via: tribunnews.com

Tirto Arum kendal memiliki penginapan berupa hotel dengan design yang lebih modern, elegan dan nyaman. Hotel dilengkapi dengan fasilitas Sky Garden Cafe, tempat bersantai menikmati makanan lezat dan pemandangan indah kota Kendal

Ada juga fasiliotas penginapan Villa Bambu. Vila ini tampil unik dengan di kelilingi danau buatan. Pengunjung bersama keluarga akan diajak menikmati sensasi beristirahat dalam suasana yang tenang dan alami. Yang mana tentu saja dapat menghilangkan kepenatan dari rutinitas pekerjaan sehari – hari.

Ada juga rumah kendal. Sebuah Penginapan bernuansakan tradisional khas Kendal. Pada Rumah Kendal terdapat 2 kamar tidur single bed & double bed, dengan ruang keluarga yang sangat luas. Memiliki pemandangan hamparan persawahan. Sebuah nilai tambah bagi yang merindukan nuansa pedesaan yang alami dan tenang.

Roof Top Resto berada di atap dari hotel di dalam area tirto arum tegal
Roof Top Resto. Image via: tirtoarumbaru.com

Simak juga: 9 wisata malam ramah keluarga di Malang

Objek Wisata Dekat Tirto Arum Kendal

Kendal juga punya pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Jomblom. Puncak kaindahan Tempat Wisata Kendal ini bisa ditemui saat sunset. Tiupan angin pantai yang sepoi-sepoi semakin memanjakan para pengunjung untuk refreshing sejenak dari rutinitas.

Kendal jugapunya wisata dataran tinggi. Salah satunya adalah Air Terjun Curug Semawur. Verada pada ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut, Tempat Wisata Kendal curug Semawur membius para wisatawan yang mengunjunginya.

Curug Tempat Wisata Kendal ini terdiri dari 8 tingkat dengan airnya yang jernih dan tidak pernah kering di musim kemarau. di tingkat pertama air mempunyai ketinggian sekitar 25 meter, dan tingkat kedua berketinggian 50 meter.  Dari dasar lembah, hanya tiga tingkat air terjun yang bisa dilihat.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai keindahan Wisata Tirto Arum Kendal ini. Jadi jika berkunjung ke Kota Kendal, pastikan singgah ke Oase Pantura ini.

Baca juga:

Leave a Comment