9 Wisata Malam Malang, yang Menunjukkan Puncak Keromantisan Kota Wisata

Destinasi wisata malam Malang bisa dijadikan pilihan utuk melihat sisi yang lebih menarik lagi dari kota Malang. Pengunjung bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata malam di Malang yang memiliki keindahan lebih ketika dikunjungi saat malam hari.

Destinasi wisata malam Malang bisa dijadikan pilihan utuk melihat sisi yang lebih menarik lagi dari kota Malang.
Wisata Malam Malang. Image via: travel.detik.com

Indahnya pemandangan bintang berpadu dengan gemerlap lampu kota bisa dijadikan pilihan untuk mengahbiskan waktu di kota apel ini. Berkumpul bersama teman di beberapa tempat wisata malam di Malang ini bisa kamu jadikan pilihan agar kegiatan mu tidak membosankan.

9 Objek Unggulan Untuk Wisata Malam Malang

Berikut ini beberap alternatif tempat wisata malam di Malang yang cocok dikunjungi bareng teman-teman untuk menghabiskan waktu malam.

  1. Taman Kunang Kunang

Saat malam hari lampu LED di wisata malam malang ini menyala serta menghiasi taman seperti halnya kunang-kunang.
Taman Kunang Kunang. Image via: traveljuandamalangbatu.com

Simak juga: 19 Lokasi wisata Populer di Malang

Taman Kunang-kunang punya banyak lampu LED yang tersebar di area taman. Saat malam hari lampu LED di Wisata Malam Malang ini menyala serta menghiasi taman seperti halnya kunang-kunang. Taman ini terdapat di Jalan Jakarta hingga Simpang Ijen (Bakorwil) kota Malang.

Taman Wisata Malam Malang ini punya 5 bagian yang disebut dengan plaza. Pada setiap plaza anda akan menjumpai bentuk serta jumlah lampu LED yang ditata dengan berbeda-beda. Pengunjung dapat berjalan-jalan pada area taman ini sembari menikmati lampu-lampu LED yang tertata menghiasi taman.

Antara setiap plaza di Taman Kunang-kunang dipisahkan oleh jalan setapak. Bukan hanya itu, selain memberikan akses kenyamanan untuk bersantai, pengunjungjuga mendapatkan pengetahuan lebih dengan mengetahui jenis pohon di sekitar jalan setapak yang telah diberi tag nama.

Alamat: Jl. Jakarta, Oro Oro Dowo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia
Jam Buka: 24 jam Kedai Jajanan Ronde Titoni
Tiket: Gratis

  1. Kedai Ronde Titoni

wisata malam malang Kedai Ronde ini sudah ada sejak tahun 1982 dan untuk resepnya masih tetap terjaga.
Kedai Ronde titoni. Image via: wisatabaru.com

Wisata Malam Malang Kedai Ronde ini sudah ada sejak tahun 1982 dan untuk resepnya masih tetap terjaga. Rasa dari ronde ini juga sangat melegenda. Ronde ini tidak hanya enak di mulut, namun juga dijamin bisa membuat tubuh kamu hangat.

di Wisata Malam Malang ini, terdapat berbagai menu yang disajikan yaitu ronde kering, ronde basah, ronde campur, angsle, kacang kuah serta ada juga roti goreng dan cakwe yang bisa disantap dan dipadukan dengan berbagai minuman.

Ronde basah adalah ronde yang berisi bola-bola tepung ketan diisi kacang tanah yang disiram dengan kuah jahe hangat. Pada ronde kering, kuah diganti dengan adalah bubuk kacang itu sendiri. Sedangkan ronde campur adalah ronde kering yang kemudian disajikan dengan kuah jahe.

Alamat: daerah Kidul Dalem tepatnya di Jl KH. Zainul Arifin
Jam Buka: pukul 18.00 hingga 24.00
Harga: 4.000-12.000

  1. Kuliner Sate Landak

Sate Landak Bu Ria cara kenyang unutk menikmati wisata malam malang
Sate Landak Bu Ria. Image via: berita.baca.co.id

Simak juga: Rasa Bali di PAsir putih Situbondo

Di Wisata Malam Malang, warung Sate Landak Bu Ria, pengunjung bisa mencoba ragam menu yang cukup ekstrim untuk dicoba. Beberapa menu ekstrim yang bisa dipesan antara lain seperti sate dan krengsengan landak, sate dan krengsengan biawak, sate bulus, dan berbagai menu lainnya.

Konon, olahan makanan yang berasal dari hewan landak, biawak dan bulus tersebut dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Anda yang kebetulan menderita asma, masalah kejantanan, serta berbagai penyakit lainnya bisa juga mencoba untuk mencicipi menu di warung Sate Landak Bu Ria ini.

Soal rasa, pengunjung akan merasa ketagihan setelah satu kali mencoba. Menurut pemilik warung Wisata Malam Malang ini, atau yang biasa dipanggil Bu Ria, daging landak dan lainnya yang dihidangkan di rumah makannya cukup empuk dan sedikit kenyal. Racikan bumbu khas Bu Ria pun merupakan hasil eksperimen sendiri, sehingga citarasanya sungguh khas dan asli Malang.

Alamat: Jalan Raya Bugis 47 Saptorenggo Pakis Malang Utara.
Jam Buka: pukul 07.00 hingga 22.15
3Harga: 15.000-20.000

  1. Alun Alun Malang

wisata malam Malang ini menarik dikunjungikarena pencahayaan di alun-alun kota dikemas dengan bagus.
Alun-alun kota Malang. Image via: jejakpiknik.com

Alun-alun kota Malang tidak lepas dari pilihan wisata malam di malang. Tempat ini tetap menarik jika dikunjungi malam hari. Hal tersebut dikarenakan pencahayaan di alun-alun kota dikemas dengan bagus. Tempatnya yang strategis dan memiliki jalur transportasi yang mudah membuat alun-alun selalu ramai sebagai pilihan Wisata Malam Malang.

Air mancur yang ada di posisi tengah alun-alun hadir menghiasi suasana malam. Air mancur Wisata Malam Malang ini hanya menyala di saat-saat tertentu saja. Jadi, jika mengunjungi alun-alun di malam hari akan bersamaan dengan pemandangan air mancur yang menyala. Bisa dinikmati di tempat duduk yang disediakan atau duduk bersantai di rerumputan yang ada.

Alamat: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang.
Jam Buka: 24 Jam
Harga: Gratis

  1. Alun Alun Tugu

Begitu malam tiba, lampu di sekitar kolam akan dihidupkan. Suasana gemerlap pun mewarnai penampilan Monumen Tugu yang berdiri kokoh
Alun-Alun Tugu. Image via: ongistravel.com

Simak juga: Pantai Karang Bolong Kebumen

Penampilan Alun-Alun Tugu Malang saat ini begitu terawat. Selain Monumen Tugu dan air mancur sebagai daya tarik utamanya, terdapat beberapa replika bunga yang ditanam kanan kiri jalan menuju Monumen Tugu.

Suasananya Wisata Malam Malang ini asri dengan tambahan rerumputan hijau dan tanaman hias yang ditata sedemikian rupa untuk mempercantik wajah Alun-Alun Tugu Malang.

Saat malam hari, replika bunga yang ada di Alun-Alun Tugu Malang akan mengeluarkan cahaya lampu yang indah. Kamu pun bisa berfoto di sana. Sementara di area air mancur juga telah dihias instalasi lampu warna warni.

Begitu malam tiba, lampu di sekitar kolam akan dihidupkan. Suasana gemerlap pun mewarnai penampilan Wisata Malam Malang Monumen Tugu yang berdiri kokoh.  Salah satu momen terbaik untuk mendapatkan hasil foto yang keren.

Alamat: Jl. Tugu, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang,
Jam buka: Open 24 hours
Tiket: Gratis

  1. Jagung Bakar Polosari

Selain jagung bakar, pengunjung bisa juga pesan pisang bakar yang tersaji dengan beragam topping, seperti coklat, strawberry, keju, kacang coklat keju, coklat keju, dan lain-lain.
Jagung Bakar Polosari. Image via: d-culinarique

Salah satu tempat nongkrong Wisata Malam Malangyang direkomendasikan adalah Jagung bakar Polosari. Saat malam hari cocok sekali jika ditemani dengan jagung bakar. Dengan tercium aroma jagung bakar yang begitu khas membuat ngiler.

Setiap kedai menawarkan varian rasa jagung bakar original, keju, asin, pedas, pedas manis, coklat, barberque, atau campuran kombinasi rasa sesuai permintaan. Selain dalam bentuk jagung utuh, Pengunjung bisa meminta hasil bakaran jagungnya diserut. Cara makan jagung serutan ini lebih praktis.

Selain jagung bakar, pengunjung Wisata Malam Malang ini juga bisa pesan pisang bakar yang tersaji dengan beragam topping, seperti coklat, strawberry, keju, kacang coklat keju, coklat keju, dan lain-lain. Masih ada pula roti bakar yang tersedia dalam 15 pilihan rasa.

Alamat: Jl. Pulo Sari, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 15.00 – 01.00 WIB
Kisaran Harga: Rp 3.500 – Rp 7.000,-

  1. Rawon Pak Jenggot

Rawon hitam dari Pak Jenggot
Rawon Pak Jenggot. Image via: merahputih.com

Simak juga: Menyaksikan Lava Beku di Goa Lawa

Rawon djenggot konon telah berdiri sejak tahun ’70-an. Kini dijalankan oleh generasi kedua. Rawon djenggot tak ubahnya rawon pada umumnya. Hanya yang membedakan adalah kuahnya yang berwarna hitam pekat. Banyak yang menyebut kuliner ini dengan “sup hitam”.

Campuran lauk di kuah rawon djenggot yaitu potongan daging sapi. Penyajian rawon djenggot biasanya langsung dicampur dengan nasi. Campuran nasi kehitam-hitaman ini yang selalu bikin orang ngiler. Namun, bagi yang suka nasi dipisah, bisa kok memesannya agar tidak langsung dicampur dalam satu piring.

Kuah hitam rawon djenggot sekilas seperti cumi kuah hitam. Warna hitam rawon djenggot berasal dari keluak atau kepayang, di Sunda keluak ini biasa disebut picung atau pucung. Warung Rawong Pak Djenggot tak semberangan memilih keluak.

Alamat:  Jl. Simpang Kawi, Klojen, Malang
Jam buka: 16.00-24.00
Harga: Mulai Rp 25.000

  1. Batu Night spectacular (BNS)

Batu Night spectacular
Batu Night spectacular. Image via: tempatwisataindonesia.id

BNS tidak hanya dapat dinikmati kalangan muda, juga untuk segala usia. Karena letaknya di dataran tinggi, pengunjung Wisata Malam Malang ini akan disuguhi oleh pemandangan alam yang gemerlapan kota Malang. Ditambah dengan gemerlapnya lampu wahana unik sehingga pengunjung akan mendapatkan kenangan tak terlupakan.

Jika pengunjung hanya ingin dinner berkesan, disini disediakan foodcourt yang menyajikan berbagai kuliner lezat. Tidak hanya itu, sambil makan pengunjung akan dihibur dengan berbagai pertunjukan live konser dan musikal.

Ditambah dengan show time tarian air mancur berwarna warni yang akan memukau siapa saja yang menyaksikannya. Setelah menyaksikan air mancur, pengunjung Wisata Malam Malang ini disuguhkan pertunjukan laser show dengan layar raksasa di gelapnya malam.

Alamat:  Jl. Hayam Wuruk no 1, Oro-oro Ombo – Kota Wisata Batu
Jam buka: 15.00-24.00
Harga: Mulai Rp 30.000

  1. Malang Night Paradise

wisata malam malang yang romantis di Malang Night Paradise
Malang Night Paradise. Image via: kanalmalang.net

Simak juga: Saloka Park, Terbesar di Jateng

Malang Night Paradise memadukan aspek edukasi, seni dan teknologi. Banyaknya sarana edukasi menjadi satu keunggulan tersendiri bagi taman ini. Konsep yang diusung taman ini adalah Lantern and Dinosaur. Dipadukan dengan teknologi, tempat ini menjadikan Wisata Malam Malang ini sangat interaktif.

Saat memasuki taman wisata, pengunjung akan disambut oleh kehadiran air terjun berwarna-warni. Dikenal dengan sebutan Dancing Water Fountain, air terjun ini menjadi salah satu daya tarik utama. Dua tempat andalan dari tempat wisata ini adalah taman lampion dan taman dinosaurus.

Di taman lampion, pengunjung akan disuguhi oleh lampion dengan beragam bentuk. Terdapat banyak lampion bunga yang dapat mekar dan menguncup dengan sendirinya. Semakin berjalan ke dalam, pengunjung dapat menyaksikan lampion burung merak yang bisa berputar.

Alamat:  Jl. Graha Kencana Raya No.66, Karanglo, Balearjosari, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Jam buka: 18.00-23.00
Harga: Mulai Rp 50.000

Demikian kami sajikan referensi soal 9 tujuan wisata malam malang. Memilih malam hari untuk melakukan perjalanan wisata merupakan pilihan yang tepat. Alasannya adalah nuansa gelap di malam hari tidak akan kalah untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Baca juga:

Leave a Comment