9 Wisata Malam Malang, Spot Instagramable Sampai Wisata Kuliner Malang

Wisata Malang selalu mengalami kenaikan kunjungan dari tahun ke tahun, baik wisatawan asing, maupun wisatawan lokal, dan wisatawan dalam negeri.

alun alun kota malang
alun alun kota malang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kunjungan wisatawan ke Kota Malang pada tahun 2018 adalah:

  • 15.034 untuk wisatawan mancanegara
  • 4,8 juta wisatawan nusantara

Adapun kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang pada tahun 2018 mencapai angka 7 juta kunjungan. Angka – angka tersebut semakin menegaskan bahwa Malang menjadi lokasi wisata favorit bagi wisatawan.

Andaikan pandemi tidak menghantam dunia wisata di indonesia, maka kunjungan wisata ke Kabupaten Malang di tahun 2020, diprediksi mencapai 10 juta kunjungan.

Wisata Malang bukan hanya sekedar tentang wisata yang hanya buka saat mentari menyapa saja. Namun pesona keindahan Malang seolah tanpa batas.

Beberapa lokasi wisata menawarkan pesona keindahan malam Malang, dan selalu menjadi lokasi Favorit khususnya bagi kalangan milenial.

Tak lengkap juga rasanya jika membahas tentang wisata Malang terfavorit di malam hari, jika tanpa membahas juga wisata malam di Kota Batu.

alun alun kota batu
alun alun kota batu. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dan inilah info wisata malam Malang yang wajib anda kunjungi. Sebuah keindahan temaram sepanjang Batu dan Malang.

9 Wisata Malam Terfavorit Di Batu – Malang

Sebelumnya bagi anda yang belum tahu, kenapa di kebanykan artikel tentang wisata Malang selalu menyertakan juga wisata Kota Batu?

Salah-satu alasannya karena jarak Kota Malang ke Kota Batu hanya 15 kilometer saja. Dan pernah menjadi bagian dari Kabupaten Malang, sebelum akhirnya pada tahun 2011 menjadi otonom.

1. Taman Kunang-Kunang

Disebut sebagai Taman Kunang – Kunang bukan karena banyak kunang – kunang di lokasi taman tersebut. Tetapi dikarenakan banyaknya lampu LED, di tengah gelapnya malam, sehingga temaramnya sekan memberi kesan kunang-kunang.

taman kunang kunang
taman kunang kunang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tidak ada tiket masuk ke area Taman Kuang=Kunang, alias  gratis. Area taman ini menjadi favorit muda-mudi, karena dekat dengan kampus, dan dekat juga dengan café atau tongkrongan lainnya.

Lokasi dan alamat Taman Kunang-Kunang berada di Jalan Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Taman Kunang-Kunang buka selama 24 jam, dan saat sore hari suasana taman kota tersebut sudah mulai ramai dengan beragam aktivitas muda-mudi.

2. Kedai Ronde Titoni

Ronde adalah kuliner yang terbuat dari tepung ketang, serta diberi kuah manis, dan kacang. Ronde saat ini biasa disajikan dengan cakue, atau roti goreng.

Layaknya dua sisi mata uang, wisata malam tidak akan lengkap tanpa dibarengi dengan wisata kuliner. Dan Ronde Titoni, merupakan wisata malam Malang, yang berpadu dengan wisata kuliner Malang dalam satu tempat.

ronde titoni
ronde titoni. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik dari Kedai Ronde Titoni Malang ini bukan hanya terletak pada citarasa yang lezat saja. Namun Ronde Titoni sudah ada sejak tahun 1948.

Harga Ronde Titoni dari mulai Rp. 3.000 sampai dengan Rp. 10.000. Adapun lokasi dan alamat Kedai Ronde Titoni berada di Jalan Zainul Arifin No. 17 Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Kedai Ronde Titoni buka dari jam 18.00 sampai dengan pukul 24.00 setiap hari.

3. Kuliner Sate Landak

Wisata malam Malang selanjutnya masih tentang kuliner. Tetapi lokasinya berada di Kabupaten Malang, serta sebagai kuliner yang ekstrim.

Meskipun demikian, tetapi pengunjungnya sangat banya. Namanya Kuliner Sate Landak Bu Ria. Daging satenya berasal dari daging landak, yang telah dipotong kecil.

Bukan hanya itu, di Kuliner Sate Landak Bu Ria juga menyediakan daging dari hewan-hewan yang dianggap tidak biasa, seperti daging Biawak dan daging Bulus.

wisata kuliner sate landak
wisata kuliner sate landak. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi dan Alamat Kuliner Sate Bu Ria berada di Jalan Raya Bugis, No 47, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Pengunjung yang datang wajib reservasi terlebih dahulu. Dan tentu saja mentaati protokol kesehatan. Kuliner Sate Landak bu Ria buka dari jam 07.00 sampai dengan pukul 22.00, dan buka setiap hari.

4. Alun – Alun Malang

Alun – alun Kota Malang menjadi bagian dari wisata malam Malang yang tidak boleh dilewatkan. Karena lokasinya sangat cocok untuk anda dan keluarga.

pesona malam alun alun kota malang
pesona malam alun alun kota malang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Beberapa hal yang menjadi daya tarik dari alun – alun Kota Malang adalah:

  • Dekat dengan masjid agung
  • Dekat dengan pusat perbelanjaan, dan kuliner
  • Terdapat taman bunga yang indah
  • Air mancur
  • Wahana bermain anak
  • Spot selfie

Tiket masuk alun-alun Kota Malang gratis. Adapun lokasi dan alamat alun-alun Kota Malang berada di Jalan Merdeka Selatan, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Alun – alun Kota Malang buka selama 24 jam, setiap hari selama satu minggu.

5. Alun – Alun Tugu

Wisata malam Malang selanjutnya masih dengan tema taman. Nama lokasi wisatanya Alun-Alun Tugu. Sebuah taman yang tertata indah, dekat dengan pusat pemerintahan Kota Malang, dan sudah ada sejak tahun 1920.

alun alun tugu malang
alun alun tugu malang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Disebut sebagai Alun-Alun Tugu dikarenakan di taman tersebut terdapat sebuah tugu, yang dikelilingi oleh kolam. Dan saat ini, spot tersebut mampu menyajikan spot foto yang keren.

Tiket masuk Alun-Alun Tugu Malang gratis. Adapun lokasi dan alamat Alun-Alun Tugu Malang berada di Jalan Tugu, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Alun-Alun Tugu Malang buka selama 24 jam, dan Alun-Alun Tugu Malang buka setiap hari.

6. Jagung Bakar Pulosari

Jalan – jalan malam rasanya kurang pas jika tanpa hunting kuliner berupa jagung bakar. Begitupun saat berwisata malam di Malang.

Tempat tongkrongan sambil makan jagung bakar di Kota Malang yang terkenal bernama Jagung Bakar Pulosari. Kuliner di tempat tersebut sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Yang unik dari Jagung Bakar Pulosari selain dari rasanya yang lezat, dan beragam, tetapi dari cara penyajiannya.

jagung bakar pulosari
jagung bakar pulosari. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Penyajiannya tidak hanya terpaku dari kebiasaan, seperti membakar jagung batangan. Tetapi ada juga yang disajikan setelah dibakar, kemudian diserut.

Lokasi Jagung Bakar Pulosari berada di Jalan Pulosari No. 15, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Harga jagung bakar dari mulai Rp. 7.000 sampai dengan Rp. 15.000.

7. Rawon Pak Jenggot

Kuliner yang sangat terkenal di Kota Malang selanjutnya, sebagai bagian dari wisata malam Malang adalah Rawon Pak Jenggot.

Selain rasanya lezat, Rawon Pak Jenggot memiliki ciri khusus, yaitu kuahnya yang berwarna hitam. Dan Rawon Pak Jenggot buka dari pukul 16.00 sampai dengan pukul 24.00, setiap hari.

Lokasi dan alamat Rawon Pak Jenggot berada di Jalan Sulfat No. 5, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

rawon pak jenggot
rawon pak jenggot. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

8. Batu Night Spectacular (BNS)

Wisata malam Malang selanjutnya, kita bergeser ke Kota Batu. Terdapat wisata malam yang sangat populer di Kota Batu yang bernama Batu Night Spectacular (BNS).

bns kota batu
bns kota batu. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Data tarik dari Batu Night Spectacular (BNS) adalah :

  • Gemerlap lampu malam
  • Air mancur warna – warni
  • Festival
  • Konser
  • Foodcort
  • Spot foto instagramable

Lokasi dan alamat Batu Night Spectacular (BNS) berada di Jalan Hayam Wuruk 1, Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.

  • Batu Night Spectacular (BNS) buka dari pukul 15.00 sampai dengan pukul 23.00.
  • Harga tiket masuk Batu Night Spectacular (BNS) Rp. 35.000 per orang,
  • serta pengunjung dikenakan tiket terusan.

9. Malang Night Paradise

Wisata malam Malang tidak akan  lengkap jika tanpa mengunjungi Malang Night Paradise. Nama tersebut sebagai penggambaran yang luar biasa dari spot, serta arsitektur yang tersaji di Malang Night Paradise.

malang night paradise
malang night paradise. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Banyak sekali spot yang instagramable di Malang Night Paradise, yang berpadu dengan keindahan lampu-lampu, dan keindahan malam di Kota Malang.

Lokasi dan alamat Malang Night Paradise berada di Jalan Graha Kencana Raya No. 66, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

  • Malang Night Paradise buka dari pukul 17.30 sampai dengan jam 21.00.
  • Malang Night Paradise buka setiap hari.
  • Harga tiket masuk Rp. 50.000 per orang.

Penutup

Itulah info wisata Malang yang wajib dikunjungi saat malam tiba. Sebagai catatan tambahan, jam operasional bisa berubah, dikarenakan kebijakan protokol kesehatan, serta aturan di saat pandemi.


Tinggalkan komentar