Candi Singosari, Peninggalan Terakhir Kerajaan Singasari Di Malang

Candi Singosari bukan hanya sebagai tempat wisata saja, namun sekaligus menjadi bukti sejarah tentang keberadaan Kerajaan Singasari di masa lampau.

Candi Singosari menjadi bukti terakhir yang ditinggalkan oleh Kerajaan Singasari. Dan kini, masyarakat dapat menyaksikan bangunan tersebut dalam balutan wisata sejarah di Malang.

Candi Singosari menempati sebuah kawasan dengan luas sekitar 200 m x 400 m. Dan di area tersebut bukan hanya terdapat Candi Singosari saja dulunya, tetapi ada juga 2 candi lainnya. Namun, 2 candi tersebut kini telah lenyap tak tersisa.

candi singosari
candi singosari. google maps. sumber: Yaniec Aquarius

Oh iya, PPKM dilanjutkan kembali ke Level 4 terutama wilayah yang ada di Pulau Jawa, dan Bali. Dengan demikian, kemungkinan besar banyak tempat wisata yang tutup semenatara waktu, termasuk wisata di Malang.

Jadi, tahan dulu ya rencana liburannya hingga kebijakkan PPKM dicabut. Dan info tentang Candi Singosari telah kami siapkan sebagai referensi awal bagi anda yang berencana liburan ke tempat tersebut di saat liburan, dan kebijakkan PPKM telah selesai.

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang yang populer

Lokasi Dan Alamat Candi Singosari

Lokasi Candi Singosari terletak di antara Gunung Arjuna, dan Pegunungan Tengger. Adapun alamat Candi Singosari berada di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

salah satu candi bersejarah di malang
salah satu candi bersejarah di malang. google maps. sumber: Ignasius Apri

Rute Menuju Candi Singosari

Akses jalan menuju Candi Singosari dari Alun-alun Kota Malang bisa melalui Jl. Raya Lawang – Malang. Adapun jarak dari Alun-alun Kota Malang menuju Candi Singosari sekitar 13 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Jaln ke Candi Singosari sudah bagus, serta para pengunjung juga memilki opsi untuk menggunakan jasa transportasi umum, seperti:

  • Bus,
  • Kereta api.

Jika menggunakan bus, para pengunjung tinggal turun di Pasar Singosari, kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan delman hingga sampai di lokasi utama.

Para pengunjung tidak perlu takut tersesat, karena lokasi Candi Singosari berada di jalur jalan utama, yang selalu ramai dengan hilir mudik kendaraan.

deretan arca
deretan arca. google maps. sumber: Ela Garini

Harga Tiket Masuk Candi Singosari

Harga tiket masuk Candi Singosari Rp. 5.000 per orang.

Jam Buka Candi Singosari

Dalam kondisi normal, Candi Singosari buka dari pukul 08.00 – 16.00 setiap hari.

Fasilitas Di Candi Singosari

Fasilitas wisata di Candi Singosari adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Museum,
  • Area taman.
dihiasi taman yang rapih dan bersih
dihiasi taman yang rapih dan bersih. google maps. sumber: Ye MOS

Sejarah Candi Singosari

Menurut beberapa ahli sejarah, dan ahli purbakala, Candi Singosari diperkirakan dibangun pada tahun 1300 masehi. Adapun tujuan dibangunnya Candi Singosari untuk memperingati Raja Kertanegara yang telah wafat, serta untuk menghormati para pejabat Kerajaan Singhasari.

Candi Singosari pertama kali dilaporkan pada tahun 1803 oleh seorang Gubernur Pantai Laut Timur Jawa, berkebangsaan Belanda yang bernama Nicolaus Engelhardt.

Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1804, dilakukanlah pemindahan arca, dan reruntuhan candi. Kemudian pada tahun 1819, arca-arca tersebut dibawa ke Belanda.

Pada tahun 1930 pun sempat dilakukan pemugaran oleh pemerintah Belanda. Namun pemugaran tersebut ternyata baru sebagaian saja.

Dan kini, peningalan Candi Singosari bersatus sebagai Cagar Budaya Nasional yang pertama kali ditetapkan melalui SK Menteri 21 Juli Tahun 1998.

dijadikan tempat pageralan
dijadikan tempat pageralan. google maps. sumber: Lensa Om Bibi

Legenda Candi Singosari

Legenda tentang Candi Singosari terkait erat dengan sosok legendaris yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Timur. Yaitu :

  • Ken Dedes,
  • Ken arok.

Cerita ke dua sosok tersebut juga tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan keris sakti yang bernama Keris Mpu Gandring. Dari sinilah semua kisah bermula, dari mulai pergantian raja yang nasibnya tragis karena dibunuh, dan kutukan Keris Mpu Gandring.

Daya Tarik Candi Singosari

1. Candi Bersejarah

arca dwarapala
arca dwarapala. google maps. sumber: Roni Roni

Daya tarik yang pertama tentu saja keberadaan candi yang sangat bersejarah yang bernama Candi Singosari. Bangunan Candi Singosari berdiri pada Batur Kaki dengan ketinggian 1,5 meter.

Pahatan, atau relief di Candi Singosari sangat sederhana, berbeda dengan candi lain pada umumnya. Hal tersebut menunjukan bahwa pembangunan Candi Singosari masa itu belum rampung sepenuhnya.

Selain itu, di kawasan Candi Singosari terdapat beberapa arca, bahkan dimungkinkan menjadi patung penjaga terbesar di dunia. Karena arca tersebut bernama Arca Dwarapala.

2. Museum

Daya tarik yang ke dua adalah keberadaan Museum Singhasari. Di museum tersebut, para pengunjung bisa menyaksikan beberapa replika arca, serta senjata-senjata tradisional dari seluruh penjuru nusantara.

Senjata tradisional yang paling menyita perhatian adalah keris-keris. Tentu saja senjata tradisional tersebut dianggap memiliki kekuatan tertentu.


Tinggalkan komentar