Sumber Maron, River Tubing Terbaik Untuk Wisata Keluarga Di Malang

Sumber Maron adalah objek wisata yang bermetamorfosa dari kawasan alam yang biasa, menjadi sebuah objek wisata Malang yang mampu manarik perhatian masyarakat, serta menjadi destinasi wisata keluarga favorit di akhir pekan.

Daya tarik Sumber Maron bukan hanya sebatas wisata alam yang menyajikan view alam yang menawan saja. Namun, di Sumber Maron para pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana, terutama wahana river tubing yang bisa dicoba oleh semua usia.

sumber maron
sumber maron. google maps. sumber: Barizah L. Widyana

Simak juga lokasi wisata mempesona di Malang.

Selain itu, terdapat sebuh air terjun di tengah-tengah lokasi utama Sumber Maron. Nama air terjunnya adalah Grojogan Sewu.

Sebelum kita lanjutkan pembahasan lebih dalam tentang Sumber Maron, maka penulis perlu memberitahu bahwa saat ini Sumber Maron tutup.

Hal tersebut dikarenakan kebijakan PPKM, sebagai upaya mencegah penularan virus Covid-19. Namun Sumber Maron tutup hanya sementara saja ya…

Sejarah Sumber Maron

Sejarah Sumber Maron terkait erat dengan sungai yang ada di kawasan tersebut, sebagai ruh utama hadirnya objek wisata Sumber Maron Malang.

Sungai yang ada di kawasan Sumber Maron adalah sungai yang memiliki debit air yang berlimpah, dan bersih. Hanya saja, air yang mengalir terutama yang berada di bawah tidak bisa dimanfaatkan secara optimal untuk kebutuhan sehari-hari.

Pada tahun 2005, akhirnya kawasan Sumber Maron mendapatkan bantuan dari World Bank berupa Program Air Bersih, dan Program Sanitasi Untuk Masyarakat Miskin. Tahun 2005 menjadi momentum awal bagi penataan kawasan Sumber Maron.

bermainair di tepi sawah
bermainair di tepi sawah. google maps. sumber: Agung Bagus Pambudi 

Tidak berhenti sampai disitu saja, pada tahun 2011 kawasan Sumber Maron mendapatkan bantuan lagi untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Pada akhirnya kawasan tersebut semakin tertata secara baik, sehingga menyedot animo dari masyarakat untuk berkunjung ke kawasan tersebut. Padahal pada saat itu statusnya bukan sebagai objek wisata.

Sumber Maron diresmikan pada tahun 2012, dan berubah nama menjadi Taman Wisata Edukatif Sumber Maron. Dan pemberlakuan tiket masuk baru dilakukan di tahun 2013, hingga saat ini.

Sejarah Penamaan Sumber Maron

Penamaan Sumber Maron ternyata bukan hanya satu versi saja. Versi yang pertama mengatakan bahwa sejarah penamaan Sumber Maron terkait panci yang jatuh ke sungai yang ada di kawasan tersebut. Maron sendiri memiliki arti panci.

Versi yang ke dua menyatakan bahwa sejarah penamaan Sumber Maron mengacu kepada bentuk kawasan tersebut. Secara sekilas, kawasan tersebut bentuknya mirip sebuah maron.

Lokasi & Alamat Sumber Maron

Lokasi Sumber Maron beralamat di Dusun Adi Luwih, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

pintu masuk sumber maron
pintu masuk sumber maron. google maps. sumber: Muhammad Tajuddin

Rute Menuju Sumber Maron

Sumber Maron jika berangkat dari Kota Malang, akan memakan waktu sekitar satu jam perjalanan. Dengan mengarahkan kendaraan menuju Kecamatan Gondanglegi.

Kemudian dilanjutkan dengan menuju Desa Karangsuko hingga tiba di SDN 2 Karangsuko, sekitar 100 meter kemudian kamu akan menemukan perempatan jalan.

Di perempatan jalan belok ke arah kanan, tinggal melanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk arah yang sudah banyak tersedia.

Jam Buka Sumber Maron

Jam operasional Sumber Maron dibuka setiap Senin hingga Minggu, mulai dari pukul 07.00 sampai 18.00 WIB.

Namun untuk saat ini Sumber Maron ditutup sementara, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

trekking river tubing
trekking river tubing. google maps. sumber: Mayang Sunyoto

Lihat juga Candi Badut, Candi tertua di Jawa Timur.

Tiket Sumber Maron

  • Tiket masuk Sumber Maron dengan membayar Rp. 5.000,- per orang
  • Parkir motor dengan membayar Rp. 3.000,- per unit
  • Sedangkan untuk parkir mobil membayar Rp. 5.000,- per unit

Fasilitas di Sumber Maron

Fasilitas Sumber Maron cukup lengkap, yakni dengan adanya:

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar mandi
  • Ruang ganti pakaian
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
pembangkit listrik tenaga mikro hidro
pembangkit listrik tenaga mikro hidro. google maps. sumber: Fahmi Hakim

Salah satu fasilitas yang menarik ialah fasilitas listrik yang ada di Sumber Maron menggunakan pembangkit listrik micro hidro.

Daya Tarik Sumber Maron

Sebagaimana yang telah disinggung pada paragraf sebelumnya, bahwa ruh utama Sumber Maron adalah sungainya yang bersih, dan tertata secara baik.

Dari situlah kemudian muncul, dan berkembang wahana-wahana wisata, serta pesona keindahan lainnya di Sumber Maron. Di antaranya:

1. Air Terjun Grojogan Sewu

air terjun spot favorit pengunjung
air terjun spot favorit pengunjung. google maps. sumber: Ida Lutfiani

Lihat juga lokasi Cave Tubing.

Daya tarik yang pertama adalah air terjun di Sumber Maron. Letaknya berada di tengah-tengah aliran sungainya. Nama air terjun di Sumber Maron bernama Air Terjun Grojogan Sewu.

Sumber mata airnya berasal dari sungai Sumber Maron. Selain itu, bentuk air terjunnya tidak seperti air terjun pada umumnya yang berdiri tegak.

Air Terjun Grojogan Sewu memiliki kemiringan sekitar 60 derajat, serta memiliki ketinggian sampai 6 meter. Di air terjun tersebut terdapat bebatuan besar, terkadang dijadikan spot selfie para milenial.

Para pengujung harus berhati-hati saat berada di atas batu tersebut, karena dalam kondisi tertentu batunya menjadi licin.

2. River Tubing

river tubing
river tubing. google maps. sumber: Daniel Purnomo

Daya tarik selanjutnya dari Sumber Maron adalah wahana wisatanya. Sumber Maron terkenal sebagai objek wisata yang menawarkan wahana river tubing yang nyaman untuk anda dan keluarga.

Tentu saja titiknya tidak disamakan dengan river tubing orang dewasa. Selain itu, para pengunjung akan dipantau oleh petugas yang menjaga keselamatan pengunjung.

Fasilitas di Sumber Maron untuk wahana river tubing dilengkapi dengan penyewaan ban. Harga penyewaan ban di Sumber Maron juga sangat terjangkau.

3. Terapi Ikan

Spot favorit pengunjung lainnya di Sumber Maron adalah kolam ikan. Kolam tersebut bukan kolam biasa, karena saat berada di spot tersebut para pengujung bisa melakukan terapi.

Kolam terapi ikan di Sumber Maron biasanya dipadati oleh para orang tua. Ikan-ikan yang ada di kolam memakan kuman-kuman, atau bakteri yang ada pada kaki para pengujung.


Satu pemikiran pada “Sumber Maron, River Tubing Terbaik Untuk Wisata Keluarga Di Malang”

Tinggalkan komentar