Sumber Maron, Dengan 5 Aktivitas Pilihan yang Menyenangkan

Sumber Maron adalah wisata alam. Lokasi wisata ini merupakan perpaduan antara hamparan sawah yang hijau, sungai jernih, kolam sumber air alami, dan air terjun dengan ketinggian sedang. Primadonanya adalah sungai beriak yang bisa digunakan untuk river tubbing.


Sumber maron
Sumber Maron. Image via: @uwitzhaheho

Di tempat ini terdapat air terjun yang bernama Grojogan Sewu dan memiliki ketinggian 5 m saja. Destinasi ini juga termasuk ramah anak karena sungainya tidak terlalu dalam. Meski demikian, pengunjung  wajib tetap berhati-hati selama menjelajah kawasan wisata ini.

Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap. Pengunjung bisa menemukan kamar mandi dan ruang ganti. Saat lapar menyerang setelah asik bermain air, pengunjung bisa mampir ke penjual makanan yang ada di sekitar lokasi.

Cerita Mistis Sumber Maron

Dikisahkan pada jaman dahulu ada seorang puteri yang bertapa untuk mencapai kesempurnaan hidup. Di tengah pertapaannya dia berhasil mengalahkan hawa nafsu supiyahnya sendiri. Hawa napsu berupa godaan akan kecantikan dan jatuh cinta.

pesona Sumber Maron
Pesona Sumber Maron. Image via: @adi_mrizal

Simak juga lokasi wisata mempesona di Malang.

Nafsu yang sudah ditundukkan itu kemudian diwujudkan menjadi patrem. Keris kecil itu kemudian ditanam dibawah pohon beringin pemandian Sumber Maron. Bermula dari penanaman patren tersebut, hingga saat ini banyak orang yang mencoba untuk membuktikan kebenaran cerita tersebut.

Konon akibat dari penanaman patren itu, di masa dahulu Sumber Maron sering menjadi tempat pesugihan.

Latar belakang masa lalu itu, jejaknya masih terasa sampai saat ini. Tidak jarang muncul beberapa kejadian aneh di Sumber Maron. Salah satu hal aneh adalah munculnya sosok setan, hantu, dan segala jenisnya. Menurut para wisatawan yang mengambil foto beberapa kali menangkap sosok misterius pada hasil foto mereka.

Lokasi Sumber Maron

Objek wisata Sumber Maron terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Objek Wisata ini bisa dicapai dengan berkendara selama sekitar satu jam dari Kota Malang.

Start river tubing
Start point River tubing. Image via: radarmalang.id

Rute Menuju Sumber Maron

Untuk menuju Sumber Maron pengunjung bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika memilih angkutan umum, dari Kota Malang bisa menumpang angkot berkode AG, LG, GL, atau GA menuju Terminal Hamid Rusdi. Setelah itu, dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju Gondanglegi, kemudian diteruskan dengan naik ojek sekitar 10 menit.

Sementara, apabila menggunakan kendaraan pribadi, dari Kota Malang bisa mengarahkan kendaraan menuju Kecamatan Gondanglegi. Dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 10 menit menuju Desa Karangsuko sampai menemukan SDN 2 Karangsuko. Dari SD tersebut, lanjutkan perjalanan sekitar 100 meter sampai bertemu perempatan. Kemudian belok kanan. Selanjutnya, ikuti saja papan penunjuk arah sampai di Sumber Maron.

Jam Buka Sumber Maron

Tempat wisata Sumber Maron Malang ini buka setiap hari Senin sampai minggu dari mulai pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Cantik di atas Pelampung Sumber Maron
Cantik di atas Pelampung. Image via: @dzulnofel

Lihat juga Candi Badut, Candi tertua di Jawa Timur.

Tiket Sumber Maron

Untuk menikmati keseruan Sumber Maron, pengunjung dikenakan tarif Rp 3.000. Apabila berkunjung menggunakan sepeda motor, tarif parkirnya sebesar Rp 3.000, sedangkan untuk mobil Rp 5.000. Biaya tersebut bisa berubah saat libur panjang atau akhir pekan.

Sementara untuk menikmati river tubing, wisatawan cukup menambah Rp 5.000 untuk sewa ban dalam.

Fasilitas di Sumber Maron

Fasilitas di lokasi wisata Sumber Maron terbilang sudah cukup lengkap. Pengelola sudah menyediakan musala, toilet umum, ruang ganti pakaian, dan tempat parkir. Warung penjual makanan juga banyak terdapat di sini.

Ada hal yang unik dari warung makan di lokasi ini. Warung-warung tersebut menyediakan panganan khas Sumber Maron, yakni sempol. Sempol adalah panganan yang terbuat dari campuran tepung dan sedikit daging ayam yang sudah digiling, kemudian digoreng dengan baluran telur.

Hal menarik lain adalah Fasilitas listrik di lokasi ini sepenuhya ditenagai secara mandiri, yaitu dengan menggunakan pembangkit listrik micro hidro.

Aktivitas Menarik di Sumber Maron

  1. Berenang

renang di Sumber Maron
Renang. Image via: bangsaonline.com

Datang ke objek wisata yang berupa sumber mata air, tentu  tidak akan terlepas dari yang namanya berenang. Untuk bermain air maupun berenang disini terdapat spot yang sangat luas.

Saat pertama kali masuk ke dalam kawasan sumber maron, pengunjung disuguhkan dengan penampungan air yang bisa di gunakan untuk berenang. Pengunjung mesti berhati-hati jika berenang di pemandian ini. Permandian ini memiliki karakter semakin ke tengah semakin dalam. Kedalaman air maksimal bisa mencapai 2 meter.

Di dalam pemandian ini, terdapat juga ikan-ikan yang sengaja di pelihara. Jika pengunjung cukup tenang, pengunjung bisa berfoto dengan ikan. Sebuah pengalaman seru, bagaikan snorkeling di laut.

Untuk yang belum mahir berenang atau anak-anak, di sekitar area pemandian juga di sewakan ban untuk berenang. Harga sewanya Rp 3.000 untuk ban kecil dan Rp 7.000 untuk ban sedang.

  1. River Tubing Sumber Maron

river tubing Sumber Maron
River Tubing. Image via: ranselsibungsu

Lihat juga lokasi Cave Tubing.

Wisata river tubing di Sumber Maron berbeda dengan wisata lain yang menonjolkan keindahan. Susur sungai di Kabupaten Malang ini menawarkan kegiatan yang menantang adrenalin. Susur sungai di lokasi ini membuat pengunjung menikmati setiap keseruan yang menantang.

River tubing di Sumber Maron dapat dilakukan pada bagian bawah air terjun mininya. Untuk ban khusus river tubing juga tersedia di kawasan wisata ini. Bukan hanya deg-degan, pemandangan alami desa juga bisa dinikmati di sepanjang sungai. Hawa yang sejuk dengan pepohonan yang hijau sudah membuat mata nyaman.

Air sungainya sangat jernih. Panjang lintasan river tubing di sana sekitar 500 meter. Ada air terjun kecil yang semakin mempercantik lokasi wisata, yang tidak akan kalah dengan tempat wisata lainnya. Tersedia ban karet ukuran besar. Ban itu diikat dan pengunjung tinggal berbaring. Rangkaian ban itu akan mengikuti arus sungai.

Untuk menikmati kegiatan River Tubing pengunjung dikenakan pungutan sewa Ban river tubing seharga Rp 10.000,-

Bersiap River Tubing Sumber Maron
Siap Berangkat. Image via: ranselsibungsu
  1. Flying Fox

Atraksi lain yang juga memacu adrenalin adalah Flying Fox. Wahana spesial ini sangat diminati pengunjung Sumber Maron.

Flaying fox di kawasan ini mempunyai pengalaman berbeda. Pengunjung akan mengalami sensasi terbang diantara sawah dan mendarat mulus di sungai-sungai kecil. Sebelum berhenti pengunjung bisa merasakan kaki terseret di permukaan air dengan kecepatan konstan. Kalau dibayangkan, ini bagaikan burung elang yang mengamati dari ketinggian, lalu meluncur dan menangkap ikan di dalam air.

Dari atas anjungan start flying fox, sebelum meluncur pengunjung bisa menikmati pemandangan ketinggian. Menikmati melihat teras sering sawah desa-desa sekitar Sumber Maron, dan merasakan angin dingin Malang menyapu sela-sela tangan.

Pengunjung dapat memacu adrenalin dengan Flying Fox yang menyeberangi sungai berarus sedikit deras hanya dengan tarif Rp. 10.000. Perlengkapan di sini lengkap dan menjaga standar keamanan. Perlengkapan yang disediakan mulai dari pengaman badan hingga helm.

  1. Terapi ikan Sumber Maron

ikan di kolam alami Sumber Maron
Ikan di kolam. Image via: hargatiket.net

Terapi ikan ini merupakan salah satu terapi kesehatan yang memanfaatkan media kolam yang berisi ikan-ikan kecil di dalamnya. Pengunjung bisa mencelupkan kakinya, bisa langsung kedua kaki atau satu-persatu. Bersantai sejenak hingga ikan-ikan tersebut memakani sel-sel kulit mati yang ada di kaki.

Terapi ikan atau disebut iktioterapi. Terapi ini memiliki sejarah panjang sejak zaman Yunani dan India kuno.

Terapi Ikan digemari di kalangan pengunjung setengah baya dan anak-anak. Ikan-ikan kecil akan memakan sel-sel kulit mati. Selain itu ada efek untuk menyembuhkan kondisi tubuh yang pegal-pegal serta mencegah berbagai penyakit.

Selain berguna untuk menyembuhkan, terapi ikan ijuga sangat menghibur. Sensasi menggelitik dari gigitan ikan-ikan geli geli lucu. Corak warna ikan-ikan juga meriah dan terkesan lucu menggemaskan.

  1. Wisata Edukasi dan Teknologi Sumber Maron

PLTMH Sumber Maron
Pembangkit Listrik Mikro Hidro. Image via: unmuhmalang

Selain sebagai obyek wisata alam, Sumber Maron dijadikan obyek wisata edukasi teknologi untuk pelajar. Untuk mahasiswa juga bisa melakukan kunjungan edukasi ke area ini.

Keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) menjadi daya tarik utama untuk wisata edukasi di lokasi ini. Pengunjung mendapat kesempatan untuk mempelajari cara kerja PLTMH dalam memasok listrik untuk empat desa sekitar Sumber maron.

Pembangunan PLTMH dimulai sejak tahun 2005 dan sampai saat ini menjadi salah satu sumber listrik utama bagi Desa Karangsuko, Desa Sukosari, Desa Gondanglegi Kulon, dan Desa Panggungrejo.

Untuk pengunjung yang penasaran bagaimana cara kerja sumber mata air ini membantu menerangi lampu-lampu rumah warga disekitarnya cukup datang ke Sumber Maron. Disana pengunjung bisa melihat sendiri cara kerjanya. Sangat epik dan menginspirasi.

Objek Wisata Dekat Sumber Maron

Bagi pengunjung yang setelah bermain air di Sumber maron masih ingin melanjutkan main air lagi, bisa melanjutkan perjalanan wisata ke Sumber Taman. Pemandian air alam yang masih ada dalam 1 desa ini, letaknya sekitar 2 km dari Sumber Maron. Di sumber taman pengunjung bisa berenang dan berendam di segarnya mata air alam.

Sumber Sira Dekat Sumber Maron
Beningnya Sumber Sira. Image via: Google Maps

Dalam jarak 9 km, juga terdapat Sumber Sira Putukrejo. Sebuah pemandian alami yang airnya sangat bening. Sebening kristal. Pengunjung bahkan bisa berfoto di bawah air.

Itulah ulasan singkat mengenai Sumber Maron, wisata air ramah anak dan keluarga di sekitar Malang. Jika sahabat nativeindonesia.com  masih bingung menentukan destinasi liburan di akhir pekan atau bahkan mengisi liburan panjang, tempat ini bisa jadi salah satu alternatif.

 

Sumber Maron, Dengan 5 Aktivitas Pilihan yang Menyenangkan
4.5 (90%) 2 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment