Wisata Cisema, Pemandangan Indah Yang Buricak Burinong

Wisata Cisema merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan view dari Waduk atau Bendungan Jatigede. Setelah sebelumnya ada Puncak Damar dan Tanjung Duriat.

Dan sekarang yang akan kita ulas lebih jauh ialah mengenai Wisata Cisema, tempat wisata alam di Sumedang yang hadir dengan wajah baru dan kekinian.

Enak banget untuk dijadikan lokasi wisata bersama keluarga, teman, kerabat, komunitas, atau orang tersayang dalam menikmati indahnya Bendungan Jatigede.

view bendungan jatigede
view bendungan jatigede. google maps. sumber: Teh Ara

simak juga: puncak damar jatigede

Berikut ulasan lengkap dari Wisata Cisema untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata alam di Sumedang, yang akan dikunjungi weekend ini.

Lokasi dan Alamat Wisata Cisema

Lokasi dan alamat dari Wisata Cisema ini berada di Dusun Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Wisata Cisema

Akses menuju Wisata Cisema dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda dua, dengan kondisi jalan yang sudah bagus dan beraspal. Hanya dibeberapa bagian saja yang masih berlubang.

Jika kamu bergerak dari Alun-Alun Situraja Sumedang, terus saja lurus hingga tiba di pom bensin Situraja belok ke arah kiri. Terus saja lurus menuju Wado, Darmajaya, dan yang lainnya.

Jalan yang dilalui sudah bagus, namun kamu harus berhati-hati karena jalurnya berkelok-kelok dan juga terdiri dari tanjakan dan juga turunan.

Jika bertemu pertigaan jalan belok ke arah kiri, dari sini kamu akan melalui jalan yang teus menanjak. Di pertigaan jalan belok ke kanan untuk menuju Kampung Buricak Burinong. Jalurnya searah dengan rute menuju Puncak Damar, yang lokasinya memang berdekatan.

kampung buricak burinong
kampung buricak burinong. google maps. sumber: Fery Srilaelan

simak juga: wisata tanjung duriat

Jam Buka Wisata Cisema

Jam operasional dari Wisata Cisema buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 06.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Wisata Cisema

Karena masih dalam proses pengembangan, Wisata Cisema belum menerapkan tiket masuk kamu hanya diharuskan membayar biaya parkir kendaraan saja.

Fasilitas Wisata Cisema

Fasilitas yang ada di sekitar Wisata Cisema diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Restoran,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Amphitheater,
  • Toilet,
  • Mushola atau Masjid,
  • Spot foto,
pemandangan yang buricak burinong
pemandangan yang buricak burinong. google maps. sumber: mang kasep

simak juga: waduk jatigede

Daya Tarik Wisata Cisema

1. Pemandangan Yang Buricak Burinong

Buricak burinong berasal dari bahasa sunda yang artinya gemerlapan, terlihat gemerlapan dan penuh warna warni paling mencolok ialah dari rumah-rumah yang ada di perkampungan tersebut.

Dimana rumah-rumah yang ada dicat warna warni, begitu tertata dengan rapih dan cantik banget. Mirip seperti kampung warna warni yang ada di Malang.

Saat ini Wisata Cisema atau Buricak Burinong tampil dengan wajah baru, dan hadir menjadi sebuah tempat wisata Instagramable yang cukup diminati wisatawan.

ikon wisata cisema
ikon wisata cisema. google maps. sumber: Ayu Puspita

simak juga: kampung toga

View utama dari Wisata Cisema ini tidak lain dan tidak bukan ialah pemandangan dari Bendungan Jatigede yang sudah tak diragukan lagi.

Enak banget untuk dijadikan jalan-jalan santuy baik di pagi maupun sore hari, sambil merasakan sejuknya pemandangan di depan mata.

2. Paragliding

Wisata Cisema juga dapat digunakan untuk olahraga Paragliding atau Paralayang, dimana take-off nya berada di atas bukit sedangkan landingnya berada di sebuah jembatan kayu yang ada di bagian bawah.

Tempat landing tersebut menjadi ikon dari Wisata Cisema Jatigede, karena berada tepat di samping Waduk Jatigede sehingga tampak instagramable.

Maka tak heran banyak pengunjung yang datang ke area landing paragliding tersebut hanya untuk sekedar hunting foto-foto kece.

landasan paragliding
landasan paragliding. google maps. sumber: Dianto Sudreja

simak juga: nangorak camp

Karena memang view yang dihadirkan cantik banget, dimana kamu dapat berfoto bersama indahnya Bendungan Jatigede yang dihiasi dengan gunung-gunung yang gagah.

3. Spot Selfie

Wisata Cisema juga menyediakan beberapa tempat lainnya yang dapat digunakan sebagai spot untuk berfoto. Pokoknya berkunjung ke sini harus menyiapkan memory serta batu HP yang maksimal hehehe,,,

Karena memang kebutuhan akan selfie maupun wefie saat ini menjadi kegiatan utama ketika berwisata, apalagi jika diimbangi dengan hadirnya spot serta pemandangan yang kece banget.

Setelah puas hunting foto, kamu dapat mengisi perut di beberapa warung-warung yang ada di sekitar Wisata Cisema. Dengan menu makanan yang pastinya enak, dan nggak bikin kantong bolong.

sajian yang menggugah selera
sajian yang menggugah selera. google maps. sumber: Ian R

simak juga: alun-alun sumedang

Penutup

Wisata Cisema hadir dengan penampilan baru dalam menikmati indahnya Bendungan Jatigede Sumedang, enak banget untuk dijadikan tempat bersantai.


shopee