Gunung Batu Tanjungsari, Pemandangan Alam Sumedang Yang Memanjakan Mata

|

Gunung Batu Tanjungsari atau Wisata Gunung Batu salah satu tempat wisata di Sumedang yang menghadirkan pemandangan alam yang dapat memanjakan mata, dan menyejukkan jiwa.

Ada pepatah yang mengatakan “takkan lari gunung dikejar ada kalanya kita rehat sejenak”, yang dimana kita perlu merefresh pikiran dari kegiatan kita sehari-hari dan mencari ketenangan ke sekitar alam.

pemandangan yang memanjakan mata
pemandangan yang memanjakan mata. google maps. sumber: Lugina Suciati Putri

simak juga: pesona taman puspa

Bagi kamu para pecinta alam ataupun untuk yang suka naik gunung, Wisata Gunung Batu dapat menjadi salah satu pilihan wisata kamu ketika berada di Kabupaten Sumedang.

Wisata Gunung Batu ini sering pula disebut Gunung Batu Tanjungsari, jangan keliru dengan Gunung Batu yang berada di Kabupaten Bogor, atau beberapa Gunung Batu lainnya.

Nama tempat wisata Gunung Batu memang banyak, maka jika hendak mencari lokasi Gunung Batu yang ada di Sumedang ini yakni dengan menambahkan kata Tanjungsari, kecamatan dimana Gunung Batu ini berada.

Berikut deskripsi tentang Wisata Gunung Batu atau Gunung Batu Tanjungsari sebagai bahan referensi kamu yang hendak naik gunung di Sumedang, Jawa Barat.

Lokasi dan Alamat Gunung Batu Tanjungsari

Lokasi Gunung Batu Tanjungsari berada di kaki Gunung Geulis, tepatnya berada di alamat Kp. Rancabawang, Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

gerbang menuju gunung batu tanjungsari
gerbang menuju gunung batu tanjungsari. google maps. sumber: Herry Zhulk

simak juga: curug sabuk

Rute Menuju Gunung Batu Tanjungsari

Akses menuju Gunung Batu Tanjungsari dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, hanya saja lebih baik menggunakan kendaraan roda dua karena ketika mendekati kawasan Gunung Batu Tanjungsari kamu akan melalui jalan-jalan kecil.

Jika berangkat dari Rancaekek, Bandung kamu akan menempuh perjalanan sekitar 15 hingga 30 menit. Terus saja melaju hingga tiba di Kp. Rancabawang, Tanjungsari.

Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki menapaki tangga untuk menuju Puncak Gunung Batu.

Jam Buka Gunung Batu Tanjungsari

  • Jam operasional Gunung Batu Tanjungsari buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Dan terbuka selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk Gunung Batu Tanjungsari

Tiket masuk Gunung Batu Tanjungsari gratis.

berfoto bersama gunung batu
berfoto bersama gunung batu. google maps. sumber: BALAK GOWES

simak juga: kampung karuhun

Fasilitas Gunung Batu Tanjungsari

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Wisata Gunung Batu masih sangat minim, yang ada hanyalah:

  • Area parkir kendaraan,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Area untuk camping,

Data Tarik Gunung Batu Tanjungsari

1. View Yang Indah

berfoto bersama alamnya yang indah
berfoto bersama alamnya yang indah. google maps. sumber: Wandi Lesmana

simak juga: balong geulis

Gunung Batu Tanjungsari berada di ketinggian sekitar 1358 mdpl, view yang ditampilkan sangatlah indah. Dimana kamu akan menyaksikan pemandangan kota yang dihiasi dengan bangunan-bangunan khasnya hingga hamparan bukit hijau.

Maka tak heran jika banyak dimanfaatkan oleh mereka yang ingin refresh jiwa dan raga sambil menikmati udara yang segar juga sejuk.

Apalagi jika di malam hari, hijau dan birunya alam berganti dengan suasana gelap yang dihiasi kerlap kerlip lampu. Layaknya bintang di langit yang gelap.

2. Area Camping

menepi menikmati alam
menepi menikmati alam. google maps. sumber: Oki Adinegara

simak juga: wisata cisema

Jika hendak menikmati alamnya lebih lama, kamu dapat mendirikan tenda di sini. Dan jangan lewatkan untuk menyaksikan cantiknya sunrise di pagi hari dan indahnya sunset di sore hari.

Hanya saja kamu harus siap dengan segala keterbatasan yang ada, karena disini semua fasilitasnya masih sangat terbatas.

Banyak juga dari pengunjung yang datang dengan sepeda mereka, dan gowes bareng komunitas untuk menikmati keindahan serta hunting beberapa foto-foto yang keren banget.

gowes menuju gunung batu tanjungsari
gowes menuju gunung batu tanjungsari. google maps. sumber: BALAK GOWES

simak juga: wisata alam pangjugjugan

Penutup

Gunung Batu Tanjungsari ataupun Puncak gunung batu ini merupakan destinasi wisata alam yang indah dan di gemari orang orang dari berbagai usia, jangan heran juga ketika kamu berkunjung kesana banyak yang membawa anggota keluarga misalnya anak-anak.

Karena memang aksesnya yang cukup mudah untuk dijangkau baik itu orang tua maupun anak-anak. Jangan ajak ke mall terus, lebih baik bawa mereka menikmati keindahan alam yang telah Tuhan anugerahkan.