Pesona Taman Puspa, Wisata Tanjungsari Terbaru

|

Pesona Taman Puspa atau memiliki nama resmi Wisata Edukasi Pesona Taman Puspa, salah satu tempat wisata di Sumedang yang menyajikan keindahan alam yang menyejukkan.

Nggak ada habisnya kita membahas tempat wisata alam di Sumedang, yang semuanya memiliki keindahan ciri khasnya masing-masing.

pesona taman puspa
pesona taman puspa. google maps. sumber: erny susanty

simak juga: tempat wisata di sumedang

Begitupun dengan Pesona Taman Puspa yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga ramai dikunjungi oleh wisatawan yang hendak berlibur dengan nuansa alam, meski baru dibuka untuk umum pada bulan Desember tahun 2020.

Berikut gambaran tentang Wisata Edukasi Pesona Taman Puspa sebagai list wisata alam di Sumedang lainnya, untuk dikunjungi weekend ini.

Lokasi dan Alamat Pesona Taman Puspa

Lokasi Pesona Taman Puspa berdekatan dengan Wana Wisata Kampung Ciherang, tepatnya beralamat di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Pesona Taman Puspa

Rute menuju Pesona Taman Puspa untuk kamu yang berasal dari Bandung atau Jakarta, dengan keluar di pintu keluar Tol Cileunyi kemudian dengan menuju Jatinangor hingga tiba di Alun-Alun Tanjungsari.

Dari tempat tersebut akan menempuh jarak sekitar 12 km ke arah utara, dengan menuju Tanjungari untuk kemudian tiba di Desa Cijambu.

pintu masuk pesona taman puspa
pintu masuk pesona taman puspa. google maps. sumber: Agustina Sudarto

simak juga: wana wisata kampung ciherang

Lokasi dari Wisata Edukasi Pesona Taman Puspa cukup jauh dari jalan raya, dan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hanya saja jalannya tak begitu lebar, sehingga jika berpapasan dengan mobil lain dari arah yang berlawanan akan sedikit ribet.

Jam Buka Pesona Taman Puspa

  • Jam operasional Pesona Taman Puspa buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat.
  • Di kawasan Wisata Edukasi Pesona Taman Puspa ini terdapat sebuah café yang buka mulai pukul 08.00 hingga 21.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Pesona Taman Puspa

Tiket masuk Taman Puspa Tanjungsari sebesar Rp. 20.000,- per orang

salah satu fasilitas yang ada
salah satu fasilitas yang ada. google maps. sumber: Arief Huda

simak juga: mata air cikandung

Fasilitas Pesona Taman Puspa

Fasilitas umum yang ada di tempat wisata Pesona Taman Puspa diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Tempat bermain anak,
  • Gazebo,
  • Café,
  • Spot selfie,
  • Toko oleh-oleh,

Daya Tarik Pesona Taman Puspa

1. View Yang Indah

view yang indah
view yang indah. google maps. sumber: Bang Yazid

simak juga: museum prabu geusan ulun

Pesona Taman Puspa atau Taman Puspa Tanjungsari memiliki ciri khas utama yakni hadirnya kawasan hutan pinus yang sudah diketahui orang banyak dapat memberikan suasana yang tenang dan juga udara yang sejuk.

Pengelolaan dari Pesona Taman Puspa patut diacungi jempol, di setiap sudutnya kita akan dibuat takjub akan keindahan taman yang tersaji dengan epicnya.

Sejau mata memandang kita akan disuguhkan dengan rapihnya terasering sawah serta hijaunya alam yang ada di sekitar Pesona Taman Puspa.

Wisata Edukasi Pesona Taman Puspa berada di lahan kira-kira seluas 6 hektar dan berada di ketinggian sekitar 1.200 mpdl, sehingga sangat wajar jika pemandangannya bikin adem.

2. Spot Foto Instagramable

area kolam renang
area kolam renang. google maps. sumber: xbow 007

simak juga: mata air sirah cipelang

Tempat wisata alam di Sumedang ini sungguh sangat kekinian, meski kental akan suasana alam yang sejuk. Dimana banyak sekali spot-spot foto cantik yang wajib kamu abadikan.

Beberapa spot foto cantik yang disediakan oleh pengelola diantaranya:

  • Jembatan gantung,
  • Saung asmara yang mirip rumah pohon,
  • Jembatan besi yang saling terhubung antar sisi satu dengan yang lainnya,

View yang disajikan dari atas jembatan besi sungguh menakjubkan, mirip seperti Terasering Panyaweuyan yang berlokasi di Kabupaten Majalengka. Dan beberapa spot cantik lainnya yang layak untuk dijadikan sebagai lokasi berfoto yang epic dan instagramable.

jembatan besi
jembatan besi. google maps. sumber: budi dianakbb

simak juga: tahura gunung kunci

3. Kolam Renang

Berenang atau bermain air merupakan kegiatan seru yang paling diminati oleh anak-anak, Pesona Taman Puspa menyediakan wahana kolam anak yang dilengkapi dengan beberapa seluncuran atau perosotan.

Bentuk kolamnya mirip seperti kolam renang yang ada di Wana Wisata Kampung Ciherang tapi versi mininya. Terdapat seluncuran unik yang bentuknya memanjang dan dicat warna warni.

Untuk dapat berenang di sini kamu harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000,- per orang, selanjutnya silahkan menikmati sejuknya air pegunungan dengan pemandangan yang tak kalah indahnya.

Selain berenang, Pesona Taman Puspa juga menyediakan beberapa wahana permainan lain seperti:

  • Perahu,
  • Papalidan,
  • Kereta anak,

Dan dikenakan biaya tambahan untuk dapat menikmati wahana-wahana di atas.

suasana camping di malam hari
suasana camping di malam hari. google maps. sumber: Prima Aris Pradana

simak juga: curug gorobog

4. Camping Ground

Bermalam dengan alam yang sejuk merupakan kegiatan selanjutnya yang dapat kamu lakukan di Pesona Taman Puspa, dengan membayar biaya sebesar Rp. 40.000,- per orang dan sudah termasuk 1 ikat kayu bakar. Selain camping biasa, Pesona Taman Puspa juga menyediakan fasilitas Glamp Camp.

Penutup

Wisata Edukasi Pesona Taman Puspa dapat menjadi referensi wisata alam di Sumedang untuk dikunjungi weekend ini bersama teman, keluarga hingga komunitas yang kamu ikuti.