Mata Air Cikandung, Berendam Di Beningnya Air

Mata Air Cikandung merupakan tempat wisata air alami yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten Sumedang, tepatnya di Kecamatan Cimalaka.

Mata Air Cikandung berupa kolam penampungan dari sebuah mata air yang berasal dari pohon-pohon besar yang berada di balik bebatuan besar yang ada di sekitar kolam.

mata air cikandung
mata air cikandung. google maps. sumber: Yermia Tangguh

simak juga: tempat wisata di sumedang

Dan merupakan hulu dari Sungai Cikandung, oleh karena itu kolam penampungan ini disebut sebagai Mata Air Cikandung.

Wisata alam seperti ini nggak boleh kamu lewatkan, kapan lagi kamu merasakan segarnya mata air di tengah pemandangan yang indah.

Berikut merupakan deskripsi dari Mata Air Cikandung sebagai referensi dalam menentukan tempat wisata di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Lokasi dan Alamat Mata Air Cikandung

Lokasi Mata Air Cikandung berada di kaki Gunung Tampomas, tepatnya beralamat di Dusun Sukasari, Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Mata Air Cikandung

Akses menuju Mata Air Cikandung dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, jalannya pun bagus dan sudah beraspal.

Belum ada angkutan umum yang melewati Mata Air Cikandung, jadi sebaiknya menggunakan kendaraan sendiri enaknya sih menggunakan kendaraan roda dua.

bermain air di mata air cikandung
bermain air di mata air cikandung. google maps. sumber: steve christiantara

simak juga: gunung kareumbi masigit

Supaya dapat lebih menikmati pemandangan sepanjang jalan lebih maksimal. Rute yang dapat kamu tempuh menuju Mata Air Cikandung yakni dengan menuju Jl. Raya Cimalaka.

Atau supaya lebih mudah dapat mengakses aplikasi GPS yang ada di android, kamu tinggal mengikuti arahan yang diberikan.

Jam Buka Mata Air Cikandung

Jam operasional Mata Air Cikandung mulai pukul 07.00 hingga 17.00, dan buka setiap hari Senin hingga Minggu.

Tiket Masuk Mata Air Cikandung

Harga tiket masuk Mata Air Cikandung sangat murah dan terjangkau, yakni sekitar:

  • Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda dua
  • Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda empat
berfoto di dalam air
berfoto di dalam air. google maps. sumber: Indra Susandi

simak juga: curug cibareubeuy dan curug pandawa 5

Fasilitas Mata Air Cikandung

Meski masih asri, fasilitas di sekitar Mata Air Cikandung sudah memadai. Hal tersebut dibuktikan dengan tersedianya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Gazebo,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Penyewaan ban,

Daya Tarik Mata Air Cikandung

1. Air Yang Bening

airnya bening banget
airnya bening banget. google maps. sumber: Eka Koernia

simak juga: curug masigit

Mata Air Cikandung berada di kaki Gunung Tampomas, tepatnya di bagian sebelah barat. Mata air tersebut konon katanya berasal dari atas bukit yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Bukit tersebut berada di ketinggian sekitar 587 mdpl, so dapat dipastikan airnya bersih, jernih, juga menyegarkan. Dan mata air tersebut selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam di Sumedang, juga bermanfaat sebagai pengairan bagi sawah-sawah yang ada di sekitarnya.

Dan juga dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari masyarakat sekitar, seperti mandi bahkan mencuci.  Konon katanya Mata Air Cikandung ini tak pernah surut bahkan di musim kemarau sekalipun.

tempat wisata alam keluarga
tempat wisata alam keluarga. google maps. sumber: Ariefjoe800

simak juga: wanawisata kampung ciherang

Kolam penampungan dari Mata Air Cikandung tak begitu besar, namun kita akan disuguhkan air kolam yang sangat bening bahkan kita dapat melihat apa yang ada di dalam kolam tersebut.

Kolamnya tak begitu dalam hanya sekitar pinggang orang dewasa, sehingga sangat aman untuk anak-anak. Dimana mereka dapat berenang dan bermain air sepuasnya, dengan keadaan air yang bersih, jernih, juga menyegarkan.

Menurut mitos yang beredar, Mata Air Cikandung ini bermanfaat dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Namun hal tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya.

2. Pemandangan Yang Indah

Lokasi kolam penampungan Mata Air Cikandung berada di sekitar area pematang sawah, sehingga ketika kamu berenang atau bermain airnya sekaligus dapat menyaksikan pemandangan yang sangat indah.

Suasana khas pedesaannya kental banget, enak banget untuk dijadikan sebagai tempat refreshing. Dan jangan sampai ketinggalan tentunya hunting beberapa foto kece.

pemandangan di sekitar mata air
pemandangan di sekitar mata air. google maps. sumber: Indra Susandi

simak juga: situ cipanten

Baik di dalam kolamnya ataupun dengan pemandangan indah di sekitar kolam penampungan Mata Air Cikandung. Foto-foto yang dihasilkan pasti bagus dan instagramable banget.

Penutup

Mata Air Cikandung merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang yang layak kamu kunjungi bersama keluarga atau orang terkasih.

Nikmatilah anugerah Tuhan yang diberikan di Sukabumi khususnya di Desa Nyalindung ini. Dan jangan lupa untuk ikut menjaganya ya………


shopee