Pemandian Cipanas Cileungsing, Berendam Air Panas Di Kaki Gunung Tampomas

Pemandian Cipanas Cileungsing ialah tempat wisata yang menyajikan tempat pemandian air panas alami, yang airnya berasal dari Gunung Tampomas.

Gunung Tampomas merupakan salah satu gunung berapi di Provinsi Jawa Barat, dan juga termasuk gunung tertinggi yang ada di Sumedang.

Air panas alami dari Gunung Tampomas, memiliki dua buah titik sumber air panas yakni:

  • Cipanas Cileungsing, dan
  • Cipanas Conggeang
pemandian cipanas cileungsing
pemandian cipanas cileungsing. google maps. sumber: MRS Channel

simak juga: tempat wisata di sumedang

Yang kali ini akan dibahas ialah wisata Pemandian Cipanas Cileungsing, yang sempat ditutup sementara beberapa waktu lalu imbas dari diberlakukannya PPKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Sejak akhir tahun 2021 kemarin Pemandian Cipanas Cileungsing sudah mulai dibuka kembali, dan membuatnya menjadi tempat favorit untuk berendam di air panas.

Berikut deskripsi dari Pemandian Cipanas Cileungsing, sebagai bahan referensi kamu untuk berendam air panas di Sumedang akhir pekan ini.

Lokasi dan Alamat Pemandian Cipanas Cileungsing

Lokasi Pemandian Cipanas Cileungsing berada di kaki Gunung Tampomas, tepatnya berada di alamat Desa Cilangkap, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

tempat wisata air panas alami
tempat wisata air panas alami. google maps. sumber: Yaaro Telaumbanua

simak juga: gunung tampomas

Rute Menuju Pemandian Cipanas Cileungsing

Rute menuju Pemandian Cipanas Cileungsing dari pusat kota Sumedang sekitar 15 km, untuk kamu yang bergerak dari Jakarta atau Bandung dengan keluar di Tol Cileunyi.

Kemudian arahkan kendaraanmu menuju Jatinangor hingga tiba di Legok, lalu belok kiri untuk menuju Conggeang. Selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Pemandian Cipanas Cileungsing. Aksesnya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jam Buka Pemandian Cipanas Cileungsing

Jam operasional Pemandian Cipanas Cileungsing buka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk Pemandian Cipanas Cileungsing

Harga tiket masuk pemandian air panas Cileungsing sekitar Rp. 10.000,- dan parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 5.000,-

dengan pemandangan yang masih alami
dengan pemandangan yang masih alami. google maps. sumber: Muchamad Irvan

simak juga: kiarapayung camp

Fasilitas Pemandian Cipanas Cileungsing

Fasilitas yang ada di sekitar Pemandian Cipanas Cileungsing diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Pancuran air panas,
  • Spot foto,
  • Arena bermain,
  • Saung tempat beristirahat,
  • Penginapan,
  • Cafe,
penginapan cipanas cileungsing
penginapan cipanas cileungsing. google maps. sumber: Acep Aziz

simak juga: mata air sirah cipelang

Daya Tarik Pemandian Cipanas Cileungsing

1. Kolam Yang Banyak Dan Beragam

Pemandian Cipanas Cileungsing memiliki dua buah kolam air panas dan juga tiga buah kolam air dingin, sehingga kamu akan merasa betah dan nyaman.

Kolam air panas untuk anak-anak memiliki suhu yang tidak terlalu panas, berbeda jika dibandingkan dengan kolam rendam yang biasanya digunakan oleh para orang tua.

Kolam anaknya pun sudah dilengkapi dengan wahana seluncuran air, yang akan menambah keseruan anak-anak berenang di Pemandian Air Panas Cipanas Cileungsing.

Kolam rendam air panas tersebut memiliki suhu yang cukup panas, dan merupakan sumber penampungan air panas yang kemudian akan dialirkan menuju kolam-kolam yang ada. Sedangkan untuk mata air panas alaminya, berada tak jauh dari area atau kawasan pemandian air panas.

Supaya tidak monoton kamu juga dapat berenang di kolam air dingin, sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitar Pemandian Cipanas Cileungsing.

sumber mata air keramat
sumber mata air keramat. google maps. sumber: Mas Roni

simak juga: puncak damar jatigede

2. Air Panas Yang Bermanfaat

Air panas alami di Pemandian Cipanas Cileungsing memiliki beberapa manfaat, yang dipercaya oleh kebanyakan pengunjung yang datang. Beberapa diantaranya untuk:

  • Mengobati berbagai penyakit kulit,
  • Mengobati Rematik,
  • Patah tulang, dan lain sebaginya.

Hal tersebut diperkuat dengan kandungan zat besi dan belerang yang ada di air panas Pemandian Cipanas Cileungsing ini.

3. Spot Foto Yang Instagramable

spot foto favorit
spot foto favorit. google maps. sumber: ang asep

simak juga: curug ciputrawangi

Sumedang masih memiliki alam yang asri dan juga terjaga dengan baik, lokasi dimana Pemandian Cipanas Cileungsing dikelilingi oleh alam hijau yang menyejukkan.

Kegiatan berenang maupun berendam kamu akan dihiasi oleh hamparan sawah serta pepohonan yang rindang, juga udara yang sejuk dan bersih.

Selain itu, kawasan Pemandian Cipanas Cileungsing juga dilengkapi dengan berbagai spot foto yang menarik dan Instagramable yang sayang banget untuk dilewatkan.

Penutup

Mandi air panas dapat membuat tubuh kita menjadi lebih santai dan segar, berendam di Pemandian Cipanas Cileungsing dapat menjadi pilihan ketika berada di Sumedang.

Hanya saja airnya akan terasa sangat panas oleh sebagian orang yang belum terbiasa, sehingga lebih baik masukkanlah kakimu terlebih dahulu.


shopee