Curug Ciputrawangi, Pelepas Dahaga Di Gunung Tampomas Sumedang

|

Curug Ciputrawangi atau disebut juga Curug Narimbang salah satu curug yang ada di Kabupaten Sumedang, dimana lokasinya berada di kaki Gunung Tampomas. Dan merupakan salah satu jalur pendakian menuju gunung tertinggi tersebut.

Sumedang bukan hanya terkenal akan tahunya saja, tempat wisata di Sumedang pun memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi wisata alamnya yang banyak, dan juga masih alami.

Curug Ciputrawangi sempat ditutup beberapa waktu lalu, imbas dari diberlakukannya PPKM wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten Sumedang.

curug ciputrawangi
curug ciputrawangi. google maps. sumber: traveling lie fa min

simak juga: tempat wisata di sumedang

Padahal Curug Ciputrawangi termasuk salah satu objek wisata unggulan Desa Narimbang, dan selalu ramai dikunjungi pengunjung yang berasal dari berbagai daerah.

Curug Ciputrawangi saat ini sudah mulai dibuka kembali, dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang dicanangkan Pemerintah.

Berikut deskripsi atau gambaran dari Curug Ciputrawangi, sebagai bahan referensi tempat wisata alam yang ada di Sumedang.

Lokasi dan Alamat Curug Ciputrawangi

Lokasi Curug Ciputrawangi berada di salah satu jalur pendakian menuju Gunung Tampomas. Secara administratif berada di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Ciputrawangi

Akses menuju Curug Ciputrawangi dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun lebih baik menggunakan roda dua agar dapat terus melaju hingga ke titik selanjutnya.

Lokasi Curug Ciputrawangi berada sekitar 10 km dari pusat kota Sumedang ke arah Cirebon. Teruslah melaju hingga tiba di Simpang Legok.

wanawisata ciputrawangi
wanawisata ciputrawangi. google maps. sumber: Riki Septiawan

simak juga: gunung tampomas

Kemudian arahkan menuju Conggeang dengan melewati jalur Legok-Conggeang, hingga akhirnya kamu tiba di Ciporong. Yang terakhir ambil arah menuju Desa Narimbang.

Selanjutnya tinggal menemukan gerbang masuk Wanawisata Curug Ciputrawangi, dan parkirkan kendaraan yang digunakan di tempat yang sudah disediakan.

Jam Buka Curug Ciputrawangi

Jam operasional Curug Ciputrawangi buka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam.

Tiket Masuk Curug Ciputrawangi

  • Harga tiket masuk Curug Ciputrawangi sebesar Rp. 5.000,-
  • Parkir kendaraan membayar Rp. 5.000,-
hunting foto kece
hunting foto kece. google maps. sumber: Ridaul Jannah

simak juga: mata air cikandung

Fasilitas Curug Ciputrawangi

Fasilitas yang ada di sekitar Wanawisata Curug Ciputrawangi diantaranya:

  • Mushola,
  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,

Trekking Menuju Curug Ciputrawangi

Untuk menikmati keindahan Curug Ciputrawangi kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu, dengan menapaki jalur pendakian diantara rindangnya pepohonan.

Estimasi trekking menuju Curug Ciputrawangi sekitar 20 hingga 30 menit, tergantung pada kecepatan dan kekuatan kamu sendiri.

salah satu jalur pendakian gunung tampomas
salah satu jalur pendakian gunung tampomas. google maps. sumber: adang daimjb

simak juga: wanawisata kampung ciherang

Jalur trekkingnya masih berupa tanah dan bebatuan, diperjalanan kamu akan bertemu dengan dua buah aliran air itu bukan Curug Ciputrawangi ya….

Terulah lanjutkan pendakian, hingga kamu menemukan sebuah air terjun berundak yang lebar di tebing batu berwarna hitam.

Daya Tarik Curug Ciputrawangi

1. Air Terjun Yang Cantik

Curug Ciputrawangi berada diantara rimbunnya pepohonan, sehingga suasana yang dirasa teduh dan juga adem banget. Seperti telah disebutkan di atas Curug Ciputrawangi merupakan tipe air terjun berundak, dengan ketinggian sekitar 7 meter.

jernihnya air yang mengalir
jernihnya air yang mengalir. google maps. sumber: alzy aly

simak juga: tempat wisata di garut

Meski tak begitu tinggi, namun Curug Ciputrawangi tetap menawan. Air yang dialirkannya sangat jernih, hingga kamu dapat melihat ke dasar kolam penampungan yang ada di depannya.

Kolam penampungan tersebut juga tak dalam, sehingga kamu tidak bisa berenang di kolamnya. Yang dapat kamu lakukan hanyalah bermain air atau merasakan sejuknya air dengan duduk tepat di bawah aliran airnya.

Konon katanya Curug Ciputrawangi merupakan lokasi untuk minum kawanan macan tutul yang tinggal di Gunung Tampomas. Selain itu, hewan penghuni Gunung Tampomas lainnya pun menjadikan Curug Ciputrawangi sebagai tempat untuk melepas dahaga.

2. Alam Yang Indah

Wanawisata Curug Ciputrawangi memiliki alam yang masih sangat asri, hal tersebut ditandai dengan masih rindangnya pepohonan yang ada.

alam yang indah
alam yang indah. google maps. sumber: Papae Risky Channel

simak juga: curug orok

Selain rindang, pohon-pohon tersebut pun menjulang tinggi ke atas ikonik banget jika dijadikan spot untuk berfoto. Adem banget deh pokoknya, enak dijadikan tempat untuk beristirahat dari segala kesibukan yang ada.

3. Ciputrawangi Garden

Ciputrawangi Garden yakni sebuah taman cantik yang dilengkapi dengan beberapa spot foto Instagramable, cocok untuk kamu para Instaholic.

Untuk memasuki kawasan Ciputrawangi Garden, kamu harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-. Selain memberikan fasilitas berupa spot foto, Ciputrawangi Garden juga menyediakan penyewaan kostum kece dengan harga sewa:

  • kostum dewasa Rp. 20.000,- per jam
  • Kostum anak-anak Rp. 15.000,- per jam
ciputrawangi garden
ciputrawangi garden. google maps. sumber: YANA ADV

simak juga: sungai citarik

Tips Wisata

  • Hindari berkunjung terlalu sore, karena jalur trekking menuju curug belum dilengkapi penerangan jalan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Hati-hati melangkah di jalur trekkingnya, karena dapat licin apalagi setelah turun hujan.
  • Jaga kebersihan di sekitar curug.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Penutup

Yang menjadi daya tarik utama dari Wanawiata Curug Ciputrawangi ialah keindahan alamnya yang masih terjaga dengan baik. Mari kita jaga bersama kealamiannya, jangan biarkan rusak oleh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.